Cara Menghadapi Tantangan HR atau HRD di Era Digital

purchase order

Generasi Y dan sebentar lagi Generasi Z telah memasuki dunia kerja. Mereka mempunyai karakter yang berbeda dengan generasi sebelumnya, mereka menginginkan fleksibilitas, menyukai tantangan dan inovasi, ingin diperlakukan spesial dan egaliter, dan lebih menitik beratkan ke intagible benefit, dibandingkan insentif yang sifatnya materi.

Apabila dibandingkan dengan beberapa tahun lalu, tantangan yang dihadapi oleh divisi HR zaman sekarang tentu sangat berbeda. Perbedaan yang paling terasa adalah tingginya kebutuhan terhadap internet. Salah satu contoh paling sederhana adalah rekrutmen karyawan. Dulu, untuk bisa mendapatkan pekerjaan, kandidat harus melamar dengan datang langsung ke alamat perusahaan yang dituju. Sekarang, kandidat bisa melamar hanya dengan apply melalui internet.

Maka mau tak mau perusahaan dan bisnis harus merespon dengan mengubah budayanya agar bisa menyesuaikan dengan era yang telah berubah ini. Contoh yang nyata adalah Maybank Indonesia, mereka mengaku sekarang telah mentransformasi budaya perusahaan yang lebih mengakomodasi generasi milenial.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Tantangan HR Pada Era Digital

Pertarungan Dalam Mendapatkan Kandidat Terbaik

Menurut sebuah survey yang dilakukan XpertHR pada tahun 2018, salah satu tantangan terbesar HR adalah menemukan kandidat terbaik sebelum diambil oleh perusahaan lain. Persaingan ini akan sangat panas dengan berkembangnya pasar bisnis yang juga semakin besar. Beberapa perusahaan harus siap berperang demi mendapatkan kandidat terbaik yang akan menggantikan posisi – posisi pekerja yang sudah tua serta siap pensiun.

Peran dari human resources itu sendiri harus ikut ‘berubah’ sesuai dengan perkembangan jaman. Hal ini merupakan salah satu tantangan terbesar yang harus dihadapi oleh HR di era milenial.

Mematuhi Hukum Regulasi yang Berkembang

Perubahan dalam undang – undang ketenagakerjaan tentu akan berpengaruh terhadap bisnis yang sedang anda jalankan. Meski tidak sedikit pengusaha yang mencoba ‘mengabaikan’ isi dari undang – undang tersebut, namun tidak sedikit pula yang akhirnya justru menderita dikarenakan pura – pura tidak melihatnya.

Undang – undang ketenagakerjaan memiliki hukum yang mengingat semua komponen di dalamnya. Melanggar hukum yang ada dapat dikenai sanksi yang cukup berat mulai dari audit, tuntutan hukum hingga bahkan kehancuran dari perusahaan itu sendiri.

Tidak peduli seberapa besar atau kecil bisnis anda, penting untuk memastikan bahwa bisnis tersebut telah berlaku sesuai dengan undang – undang dan peraturan yang ada. Peraturan yang dimaksut adalah seperti proses perekrutan kerja, pembayaran gaji karyawan serta pembayaran tunjangan keselamatan kerja dan sebagainya.

Semua urusan ini biasanya ditangani oleh tim Human Resources dan seiring dengan perkembangan jaman, diperlukan studi yang mendalam terhadap hukum – hukum yang berlaku itu sendiri.

Mempertahankan Karyawan yang Berbakat

Seperti yang telah dijelaskan pada poin pertama bahwa tidak mudah mendapatkan seorang karyawan yang ‘layak’ dan benar – benar berpengalaman. Anda bisa menjadi orang yang beruntung bahkan hanya Ketika mendapatkan seorang pegawai yang ideal.

Meski telah melewati proses persaingan Panjang, tidak ada kepastian yang menjamin seorang karyawan akan tetap berada dibawah naungan perusahaan anda. Dikarenakan maraknya penawaran – penawaran yang lebih menarik di luar sana, tentu pegawai akan tergoda untuk pindah bahkan meninggalkan kantor yang lama.

Biasanya, perusahaan startup belum memiliki dana yang cukup untuk mencetak anggaran pensiunan, atau anggaran untuk tunjangan asuransi Kesehatan dan lainnya. Item – item ‘branded’ tersebut hanya dimiliki oleh perusahaan – perusahaan besar yang menjadi saingan anda.

Kepintara seorang HR sangat dibutuhkan dalam situasi ini demi menjaga karyawan tetap menjadi pegawai di kantor anda. Orientasi karyawan yang baik mampu menjaga suatu perusahaan untuk tidak ‘down’ Ketika ditinggal oleh karyawan ‘tumpuannya’. Buatlah orientasi yang terstruktur hingga karyawan akan memilih untuk tinggal selama tiga tahun atau lebih. Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa perusahaan besar di dunia.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HR Suites hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Cyber Security

Sepanjang tahun 2017 lalu, Anda mungkin sudah cukup sering mendengar berita tentang berbagai kebocoran data di beberapa perusahaan. Tahun ini, isu tersebut masih akan menjadi tantangan tersendiri, tak terkecuali di divisi HR dan merupakan salah satu tantangan HR terbesar. Survei dari XpertHR bahkan menunjukkan sebanyak 64% responden menganggap keamanan data dan ancaman cyber security sebagai hal yang sangat menantang. Namun, Anda tak perlu mengkhawatirkan apa pun jika sudah menggunakan software Sleekr HR. Seluruh data yang ada di Sleekr HR dienkripsi dengan standar kelas dunia. Infrastrukturnya di-host dan dikelola dalam pusat data Amazon, yang menggunakan teknologi Amazon Web Services (AWS). Selain itu, data juga selalu di-backup rutin setiap hari dan setiap minggu. Jika terjadi sesuatu pada server, aplikasi dan data akan dapat berfungsi kembali dalam hitungan menit.

Perencanaan Karyawan oleh Divisi HR

Dengan tren karyawan dan demografis yang selalu berubah, perencanaan karyawan (workforce planning) menjadi salah satu tantangan terbesar HR di era digital sekarang. Kini, lingkungan kerja global terus mengalami perubahan, membuat pelaku bisnis khususnya divisi HR dihadapkan oleh berbagai isu kritis seperti meningkatnya penggunaan teknologi. Apabila tidak disikapi dengan pikiran terbuka, hal tersebut bisa mengancam keberlangsungan bisnis karena artinya perusahaan menolak untuk melakukan perubahan. Karenanya, dibutuhkan suatu perencanaan yang matang. Terlebih, karyawan di perusahaan Anda pasti tak berasal dari satu golongan atau generasi. Gap antar generasi inilah yang harus dijembatani. Penggunaan software seperti Sleekr HR mampu membantu menangani hal tersebut. Karena berbasis cloud, Sleekr HR akan memudahkan karyawan untuk melakukan kolaborasi dari mana pun dan kapan pun. Tak hanya itu, cara ini juga bisa menjadi momen bonding bagi karyawan. Karyawan millennial dapat membantu karyawan dari generasi lebih tua dalam memahami penggunaan teknologi tersebut.

Tantangan HR

TIPS DAN TRIK UNTUK MENGHADAPI TANTANGAN HR DI ERA DIGITAL

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju dan semakin bertumbuhnnya era digital, hal ini berdampak dan berpengaruh besar terhadap Human Resource (HR). Tantangan yang di hadapi semakin besar dalam berbagai hal, membuat HR harus pandai dalam menyesuaikan diri dalam menghadapi tantangan tersebut. Berikut ini adalah tips dan trik yang dapat digunakan dalam menghadapi tantangan HR di era digital ini.

Merekrut Kandidat Terbaik

Dalam memilih dan merekrut bakat terbaik membutuhkan perhatian yang lebih. Dalam pemilihan individu yang memiliki bakat terbaik diperlukan beberapa hal termasuk jenis pekerjaan, persyaratan dan organisasi yang terlibat. Tugas pemilihan ini cukup sulit karena keadaan peran dan ekspektasi terhadap pekerjaan yang terus beubah seiring berjalannya waktu.

Tips yang tepat dalam mengahadapi tantangan satu ini adalah dengan lebih mengetahui dan memahami keadaan lingkungan tempat dimana anda memasarkan dan membuka lowongan pekerjaan. Ketika memasarkan lowongan pekerjaan pada media yang tepat sesuai dengan target kandidat yang anda inginkan berta kualifikasi yang telah ditetapkan, maka penyaringan pendaftar dalam memilih kandidat semakin mudah.

Dalam proses penyaringan ada beberapa hal yang penting dalam menetapkan kandidat seperti kesesuaian individu terhadap organisasi, kemauan belajar, mental kerja, kemampuan dalam terkait teknologi terbaru dan kemampuan berkomunikasi (umpan balik). Setelah melibatkan point-point khusus di atas, anda diharapkan dapat menciptakan tim kerja yang berkemungkinan besar dapat mencapai tujuan.

tantangan HR

Menciptakan Karyawan Berkualitas

Pergantian staf seringkali terjadi dalam perusahaan, terutama bagi staf yang memiliki kemampuan baik karena mengikuti pergerakan. Meski kita dapat merekrut staf dengan kemampuan terbaik, tetapi mempertahankan staf tersebut merupakan sebuah tantangan lain mengingat terbatasnya sumber daya manusia. Karena itu penting dalam menciptakan pengalaman yang baik bagi karyawan. Semakin baik kesan yang diterima karyawan terhadap perusahaan maka semakin kecil kemungkinan karyawan untuk melirik perusahaan lain.

Karna itu menciptakan pengalaman berkualitas untuk para karyawan dirasa merupakan hal yang cukup penting selain dapat meningkatkan dan menciptakan pengalaman karyawan sehingga lebih unggul dan siap dalam persaingan.

Tips dan trik yang dapat dilakukan adalah dengan membuat pelatihan yuang sekiranya dapat  bermanfaat bagi karyawan dan menarik tentunya. Pemberiuan intensif dan fasilitas juga merupkan hal yang cukup membantu. Tak lupa pentingnya pengaruh menejer dan pimpinan yang sekiranya dapat menjadi teladan yang sangat baik.

tantangan hr

Pengembangan Pengetahun

Tak sedikit karyawan saat ini yang berpikir mengenai pengembangan diri dalam pekerjaannya. Banyak yang memilih untuk keluar dari pekerjaannya atau bahkan pindah, hal ini dikarenakan mereka membutuhkan adanya pengembangan terhadap pengetahuannya sedangkan di tempat kerja mereka kurang adanya pengembangan tersebut.

Trik yang bisa dilakukan untuk permasalahan ini tentu saja dengan membuat pelatihan yang sekiranya sesuai dan berhubungan dengan pekerjaan yang dilakukan karyawan. Misalnya pelatihan dalam bentuk E-learning atau sebagainya, yang mana tidak hanya memberi dampat teradap pengembang pengetahuan karyawan namun juga fleksibilitas waktu yang membuat karyawan tidak merasa bosan.

Perubahan manajemen

Seiring dengan berjalannya waktu, tidak sedikit bahkan seringkali terjadi pergantian manajemen. Akibat dari pertumbuhan bisnis yang terjadi yang juga mempengaruhi strategi dari perusahaan tentu berdampak pula bagi para karyawan. Karyawan tentu saja selalu dituntut untuk mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan yang terjadi namun kendala tersebut tetap ada bahkan tak jarang berdampak pula bagi produktivitas.

Tips dan trik yang dapat dilakukan yaitu dengan memaksimalkan komunikasi di kantor atau perusahaan. Dengan adanya komunikasi yang maksimal maka akan memperkecil kemungkinan adanya kesulitan yang dirasakan karyawan ini. Pertemuan rutin mingguan dan rapat yang sering dilakukan dapat menjadi media yang tepat untuk berkomunikasi langsung dengan para karyawan dengan menjelaskan perubahan yang ada, sehingga kemungkinan adanya permasalahan dapat dihindari.

tantangan hr

Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan termasuk dalam hal pekerjaan. Negara sudah mengatur hal ini dalam undang-undang ketenaga kerjaan yang di dalamnya mencakup salah satunya kesehatan dan keselamatan kerja. HR harus memperhatikan hal ini dengan baik, karena seiring dengan berjalannya waktu saat ini ketidak sejahteraan psikologis karyawan banyak terjadi. Permasalahan seperti beban kerja, tuntutan pekerjaan, waktu kerja yang menyebabkan kelelahan dan stres sehingga mempengaruhi hasil kerja.

Pemantauan dan pengawasan HR sangat diperlukan disini, sehingga dapat menghindarkan karyawan dari stress dengan memperhatikan beban kerja karyawan. Pelatihan terhadap kecerdasan emosional diperlukan disini. Dengan adanya pelatihan tersebut diharapkan karyawan bisa lebih mengenal mengenai pentingnya kesehatan mental dan membantunya dalam mengatasi stress lewat pelatihan yang dilakukan sehingga akan berdampak dengan terbentuknya karyawan yang lebih tangguh dan lebih sehat.

Pengelolaan Keberagaman

Persaingan di era globalisasi menyebabkan semakin luas pula jangkauan perusahaan. Jangkauan produksi yang semakin luas tentu saja berdampak terhadap banyaknya penjualan. Dan hal ini juga terjadi di dalam perusahaan seperti perbedaan ide dan gagasan dari masing-masing karyawan yang beragam. Perbedaan ini pula mengharuskan HR untuk tetap jeli dan berusahan dalam menciptakan lingkungan kerja yang minim konflik akibat perbedaan yang ada.

Tips dan trik yan dapat dilakukan HR yaitu dengan membuat adanya pelatihan atau program mengenai keberagaman yang ada, sehingga karyawan mulai menyadari dampak positif dari adanya keberagaman tersebut. Baik dari segi semakin banyak ide yang dapat ditukarkan terkait inovasi-inovasi yang akan dibuat dan tentunya ini akan semakin berdampak terhadap semakin besar cakupan pemasaran sehingga berdampak lebih positif. Akibat adanya program ini karyawan mulai menyadari banyak sekali sisi positif dari adanya keberagaman yang akan berdampak baik apabila diarahkan untuk menuju satu tujuan yang sama.

INOVASI

Zaman yang semakin maju, membuat teknologi semakin maju pula. Tuntutan dan jenis pekerjaan juga bergerak sering dengan perubahan jaman ini. sebuah perusahaan tentunya harus peka terhdap perubahan yang ada. Mampu mengikuti perkembangan yang ada sehingga bisa bertahan bahkan harus mampu memanfaatkan kemajuan yang ada untuk semakin bergerak maju dengan melahirkan inovasi-inovasi terbaru. Lantas apa jadinya ketika sumber daya yang ada masih belum familiar dengan perkembangan teknologi yang ada.

Kemajuan teknologi yang ada selain menjadi ladang peluang namun juga menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan sehingga terus bergerak maju. Pelatihan dan pengenalan karyawan terhadap teknologi terbaru sangat dibutuhkan disini. Selain program pelatihanyang dilakukan, kegiatan komunikasi juga harus selalu dilakukan untuk memberi informasi terkait semua perbaharuan yang ada sehingga inovasi yang baru dapat didapatkan dan karyawan tetap merasa nyaman.

Kompensasi

Persaingan perusahaan tidak hanya terjadi dalam hal pemasaran produk. Persaingan juga terjadi dalam perekrutan karyawan. Gaji dan anggaran karyawan juga merupakan faktor penting dimana setiap perusahaan bersaing untuk mendapat karyawan yang baik. Namun juga tetap memperhatikan perusahaannya. Perhatian yang basar juga perlu diperhatikan tidak hanya mengenai gaji. Ada juga biaya tunjangan, pajak dan biaya pengeluaran lainnya yang harus dipikirkan.

Gaji merupakan hal penting bagi para karyawan saat mereka memuruskan melamar pekerjaan, namun tidak melulu menjadi hal utama. HR dapat mencoba mengatasinya menggunakan tips dan trik yaitu dengan memberikan adanya kompensasi. Bagi karyawan dengan gaji yang relatif rendah sedangkan kinerjanya terhitung baik, dibutuhkan adanya program kompensasi. Kompensasi yang dimaksud disini adalah insentif atau bonus yang diberikan kepada karyawan yang telah berhasil melakukan kinerja dengan baik. Sehingga secara tidak langsung antara karyawan dan perusahaan sama-sama diuntungkan.

Setiap orang memang tidak bisa mencegah terjadinya perubahan. Akan tetapi, kita selalu bisa mengontrol sikap dan reaksi terhadap perubahan tersebut. Tantangan divisi HR yang hadir di era digital akan membantu perusahaan Anda untuk beradaptasi dan menjadi lebih baik lagi. Maka dari itu JojoTimes adalah solusi untuk meningkatkan kinerja tim hingga 100% dengan sistem monitoring aktivitas real-time, anti-fraud dan pengelolaan administrasi HR otomatis. JojoTimes solusi untuk semua kebutuhan Mobile HR. Dengan JojoTimes Anda dapat memantau aktivitas karyawan remote, mendeteksi “late comers” dan “early leavers”, serta otomatisasi tugas administrasi HR. ayo tunggu apalagi silakan gunakan JojoTimes untuk mendukung efektivitas perusahaan anda.