Seputar Tarif Mileage Mobil Perusahaan untuk Aktivitas Bisnis

Melakukan klaim atau tunjangan mileage mobil adalah hal yang umum dilakukan dalam suatu perusahaan, terutama kalau memiliki banyak aktivitas bisnis di luar kantor atau tempat kerja.

Kamu sudah tahu belum kalau tarif mileage mobil standar untuk bisnis didasarkan pada studi tahunan tentang biaya tetap dan variabel untuk mengoperasikan mobil, termasuk penyusutan, asuransi, perbaikan, ban, perawatan, gas dan minyak?

hal itu dikarenakan , ketika datang ke pajak dan reimbursement untuk karyawan, tarif untuk tujuan medis dan bergerak didasarkan pada biaya variabel, seperti gas dan minyak, dan semua ini ditentukan oleh hukum. Mau tahu lebih lengkap seputar tarif mileage mobil ini? Yuk, kita pelajari bersama dibawah ini!

  • Ratusan perusahaan menggunakan Jojonomic untuk mengelola kegiatan bisnis sehari-hari dan meningkatkan kinerja karyawan.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Apa yang dianggap sebagai perjalanan bisnis?

Pastinya kamu tidak dapat melakukan pekerjaan kecuali kamu melakukan perjalanan. Ini biasanya berlaku ketika mengemudi  atau menemui klien adalah salah satu tanggung jawab pekerjaan utama kamu. Misalnya, karena kamu adalah seorang pengirim barang atau pengemudi truk dan sales perusahaan.

Bahkan, kalau kamu harus berada di tempat lain selain dari tempat kerja biasa untuk menjalankan tugas. Ini biasanya berlaku dalam kasus di mana kamu  bekerja di lokasi yang ditentukan tetapi harus melakukan perjalanan karena alasan yang terkait dengan pekerjaan seperti pertemuan klien atau untuk menjalankan tugas terkait bisnis.

Apa Saja yang tidak dihitung sebagai perjalanan bisnis?

Komuter, yang bepergian antara kantor permanen kamu dan rumah kamu atau lokasi lain yang bukan tempat kerja.

Perjalanan terkait pekerjaan di mana tujuan kamu secara geografis sangat dekat dengan tempat kerja permanen kamu. Misalnya, karena itu berada di jalan yang sama.

Perjalanan di mana tujuan utama kamu tidak terkait dengan pekerjaan.

Kamu tidak dapat mengubah perjalanan pribadi menjadi perjalanan bisnis dengan berhenti untuk menjalankan tugas terkait pekerjaan di jalan. Jadi, kalau tujuan utama perjalanan kamu adalah pribadi, perjalanan itu adalah perjalanan pribadi dan tidak bisa diklaim ke perusahaan.

Bagaimana Menggunakan Mobil Perusahaan untuk Aktivitas Bisnis?

Pada dasarnya, biaya didasarkan pada harga mobil untuk keperluan pajak (biasanya harga daftar) dan aksesoris dikalikan dengan persentase yang sesuai berdasarkan tingkat emisi CO2 dan bahan bakar yang digunakan mobil.

Bagaimana kalau karyawan menggunakan mobil pribadi untuk keperluan bisnis?

Nah, seringkali mungkin lebih praktis bagi karyawan untuk menggunakan mobil pribadi mereka untuk perjalanan terkait bisnis. Dalam hal ini, mereka masih dapat mengklaim tunjangan jarak tempuh (mileage) untuk mobil pribadi mereka tetapi ada kondisi tertentu yang harus mereka penuhi untuk melakukan ini dengan cara yang paling efisien pajak.

  • Ratusan perusahaan menggunakan Jojonomic untuk mengelola kegiatan bisnis sehari-hari dan meningkatkan kinerja karyawan.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Tarif Mileage Mobil Perusahaan dalam Bisnis

Perlu kamu ketahui, kalau yang bisa di reimburse hanyalah kalau kamu menggunakan mobil pribadi untuk keperluan aktivitas bisnis perusahaan. Berikut ini adalah standar jarak tempuh atau mileage mobil pribadi yang bisa di reimburse oleh perusahaan:

Kendaraan mobil : IDR 2.000,-/km

Jadi, misalkan kamu melakukan aktivitas bisnis seperti bertemu dengan klien dengan jarak tempuh pulang pergi 10 km, maka perhitungannya :

10km  x IDR 2.000,- = IDR 20.000,-

Untuk melakukan reimburse mileage mobil ini, ada beberapa hal yang harus kamu siapkan, yaitu :

  • Informasi karyawan : nama, departemen, posisi
  • Tanggal kendaraan mobil digunakan selama periode reimbursement
  • Lokasi asal dan tujuan (sisipkan bukti atau screenshot dari googlemaps/yahoo)
  • Informasi lengkap dari pihak ketiga (klien, supplier, partnership,atau yang lainnya) harus disertakan dalam deskripsi.
  • Mileage yang sudah di hitung (total reimbursement)

Kebijakan Pengurangan Mileage Mobil untuk Wajib Pajak

Wajib pajak selalu memiliki pilihan untuk mengklaim pengurangan berdasarkan pada biaya aktual menggunakan kendaraan daripada tarif mileage mobil standar.

Wajib pajak tidak boleh menggunakan tarif mileage mobil standar bisnis untuk kendaraan setelah menggunakan metode penyusutan apa pun di bawah Modifikasi Sistem Pemulihan Biaya Akselerasi (MACRS) atau setelah mengklaim pengurangan Bagian 179 untuk kendaraan itu. Selain itu, tingkat jarak tempuh standar bisnis tidak dapat digunakan untuk lebih dari empat kendaraan yang digunakan secara bersamaan.

Selain itu, jumlah pengurangan dasar bagi mereka yang memilih tingkat jarak tempuh standar bisnis, serta biaya mobil standar maksimum yang dapat digunakan dalam menghitung tunjangan berdasarkan paket tarif tetap dan variabel dan biaya mobil standar maksimum yang dapat digunakan dalam komputasi tunjangan berdasarkan Rencana tingkat tetap dan variabel (FAVR) juga diumumkan oleh IRS.

JojoExpense

Supaya semua reimbursement dan pengeluaran perusahaan lebih aman dan terkontrol, sekarang ada aplikasi JojoExpense dari Jojonomic untuk semua laporan keuangan perusahaan kamu!

Dijamin laporan keuangan kamu bisa lebih lengkap, akurat, dan praktis dengan sistem otomatisnya yang bisa kamu cek kapan saja dan dimana saja dengan satu sentuhan jari.

Kamu bisa lebih produktif dan efisien karena hemat waktu dan biaya karena semuanya paperless lho! Penasaran dengan aplikasi ini? Yuk, coba sekarang jangan sampai ketinggalan!