Rahasian Keuntungan Membangun Teamwork

Individualis dalam dunia kerja dimiliki oleh seseorang yang cenderung percaya diri atas kemampuannya, bahkan kadang mereka yang individual rela menerobos sesuatu yang dirasa menghalangi mereka. Dalam sebuah perusahaan Kamu yang terlibat dituntut untuk bekerjasama atau teamwork bersama dengan satu divisi, apalagi divisi tersebut memiliki jobdesk yang mengharuskan satu divisinya saling terikat dalam menjalankan pekerjaannya. Akan sangat terganggu jika satu diantara yang lain memiliki sifat individualis tanpa memikirkan anggota divisinya yang lain, bukankah itu suatu persoalan yang dapat  menghambat kinerja divisi tersebut untuk membantu mewujudkan tujuan perusahaan? Tahukan Kamu, bahwa membangun teamwork yang baik memiliki keuntungan tersendiri, lalu apa saja keuntungan yang didapat?

Membangun Teamwork

Untuk mencapai suatu kerjasama antara divisi yang baik bukanlah perkara yang mudah, perlunya memiliki sikap positif yaitu :

Hargai Orang dalam Team

Hal penting yang perlu kamu miliki untuk membangun teamwork dalam sebuah divisi yang baik adalah dengan menghargai teman satu team, khususnya ketika sedang mengeluarkan opini. Jika Kamu tidak menghargai teman dalam satu team, maka sebaliknya mereka akan sangat susah untuk menghargai Kamu. Akibat yang dihasilkan adalah turunnya kredibilitas Kamu di mata rekan yang lain.

Rendah Diri

Ketika pendapatmu diterima oleh anggota divisi yang lain, Kamu harus tetap rendah diri dan janganlah bersikap seakan-akan kamu yang paling pintar dari yang lainnya. Tim dibentuk dengan tujuan untung saling bekerjasaman dan bukan sebagai ajang memamerkan diri.

Semangat Teamwork

Manusia terlahir untuk hidup bersosialisasi dengan satu dan yang lainnya. Dalam dunia kantor-an Kamu tidak akan mampu untuk bertahan hidup sendiri tanpa mengandalkan orang lain. Bekerja sendiri mungkin anda berfikir akan menghasilkan kerja yang baik, namun bekerja bersama dengan team akan terasa lebih menyenangkan ketika sukses bersama-sama.

Sabar

Ketika rekan satu divisimu melakukan suatu kesalahan janganlah kamu memarahi tanpa memberikan suatu penjelasan. Setiap orang pernah melakukan suatu kesalahan, terimalah dan coba untuk memberitahu secara tegas tanpa memperumit permasalahan.

Dalam sebuah perusahaan, akan sangat wajar apabila sering terjadinya sebuah gesekan antara Kamu dengan rekanmu atau antara satu divisi dengan divisi yang lainnya. Namun untuk mengatasi hal itu, Kamu perlu menerapkan beberapa hal di atas sehingga kerja divisi yang baik akan terbentuk dan berjalan dengan lancar.

Manfaat Membangun Teamwork

team building

Two Heads are Better than One“, Kamu pasti pernah mendengar kata pepatah ini. Karyawan yang baik akan berkembang pesat apabila terlahir dari persaingan yang sehat. Teamwork dapat memberikan suatu manfaat yang akan kamu dapakan di luar dari yang kamu fikirkan, berikut adalah enam keuntungan dari teamwork :

Menumbuhkan Kreativitas dan Pembelajaran

Kreativitas tumbuh ketika Kamu bekerja bersama dengan rekan-rekan satu divisi. Gagasan brainstorming sebagai kelompok mencegah sudut pandang yang sering keluar dari bekerja sendiri. Menggabungkan perspektif unik dari setiap anggota tim menciptakan solusi yang lebih efektif.

Apa yang telah Kamu pelajari dari pengalaman pribadi akan sama sekali berbeda dari rekan kerja Kamu. Dengan demikian, kerja tim juga memaksimalkan pengetahuan bersama di tempat kerja dan membantu Kamu mempelajari keterampilan baru yang dapat Kamu gunakan untuk sisa karier Kamu.

Berkolaborasi dalam suatu proyek menciptakan antusiasme. Mampu berbagi penemuan dengan anggota tim Kamu yang lain membuat minat karyawan dan memupuk pengetahuan individu dan tim makin tinggi.

Memadukan Kekuatan

Bekerja bersama memungkinkan karyawan membangun bakat dari rekan satu tim mereka. Sementara kekuatan Kamu di pemikiran kreatif, rekan kerja mungkin bersinar dalam organisasi dan perencanaan. Jangan ragu untuk berbagi kemampuan Kamu dengan tim.

Seringkali sebuah tim bekerja dengan baik karena anggota tim saling mengandalkan untuk membawa bakat individu masing-masing. Dengan mengamati proses di balik keterampilan ini, Kamu dapat belajar bagaimana menggabungkan hadiah Kamu dan menjadi tim yang lebih kuat.

Setiap kali Kamu melihat rekan kerja menggunakan pendekatan yang berbeda dalam penjualan, Kamu memiliki kesempatan untuk menyesuaikan atau meningkatkan metode.

Membangun Kepercayaan

Mengandalkan orang lain membangun kepercayaan dan kerja tim menjalin hubungan yang kuat dengan rekan kerja. Meskipun kadang-kadang terjadi perselisihan, tim yang efektif senang bekerja bersama dan berbagi ikatan yang kuat. Ketika Kamu menaruh kepercayaan pada rekan kerja, Kamu membangun fondasi hubungan yang dapat bertahan dalam konflik kecil.

Mempercayai rekan setim  juga memberikan perasaan aman yang memungkinkan timbulnya gagasan. Ini membantu karyawan membuka diri dan saling mendorong. Komunikasi terbuka adalah kunci ketika bekerja dalam tim dan menghasilkan solusi yang efektif dalam proyek kelompok yang sulit.

Tanpa kepercayaan, tim akan hancur dan tidak bisa berhasil pada proyek yang ditugaskan. Tim-tim hebat saling membangun dan memperkuat anggota individu untuk menciptakan kelompok yang kohesif. Dengan bekerja bersama, karyawan belajar bahwa menang dan kalah memengaruhi semua orang di tim. Kerja tim membutuhkan kepercayaan diri pada kemampuan masing-masing yang berbeda.

Mengajarkan Keterampilan Resolusi Konflik

kesalahan email bisnis
Konflik pasti terjadi ketika Kamu mengumpulkan sekelompok orang unik. Karyawan berasal dari berbagai latar belakang dan memiliki gaya dan kebiasaan kerja yang berbeda. Sementara sudut pandang unik ini menciptakan karya paling sukses, mereka juga dapat menghasilkan kebencian yang dengan cepat berubah menjadi konflik.

Ketika konflik muncul dalam situasi kerja tim, karyawan dipaksa untuk menyelesaikan konflik itu sendiri alih-alih beralih ke manajemen. Belajar manajemen konflik secara langsung adalah keterampilan yang dapat digunakan karyawan untuk menjadi manajer yang efisien.

Mempromosikan Rasa Kepemilikan yang Lebih Luas

Proyek tim mendorong karyawan untuk merasa bangga dengan kontribusi mereka. Mengatasi hambatan dan menciptakan kerja sama yang penting membuat anggota tim merasa puas. Bekerja menuju pencapaian tujuan perusahaan memungkinkan karyawan merasa terhubung dengan perusahaan. Ini membangun kesetiaan, yang mengarah ke tingkat kepuasan kerja yang lebih tinggi di antara karyawan.

Kerja tim tidak hanya bermanfaat bagi karyawan. Ini juga menguntungkan atasan dalam jangka panjang. Karyawan yang terhubung langsung dengan tempat kerja mereka lebih cenderung tinggal di perusahaan. Sementara karyawan meninggalkan pekerjaan mereka sering mengutip gaji yang kurang, keluhan umum lainnya adalah bahwa kontribusi mereka tampaknya tidak penting. Kerja tim memungkinkan orang untuk terlibat dengan perusahaan dan menambah gambaran yang lebih besar.

Mendorong Pengambilan Risiko yang Sehat

Unity adalah kekuatan – konsep kerja tim. Seorang karyawan yang mengerjakan sebuah proyek sendirian mungkin tidak akan mau memaksakan diri untuk memberikan ide off-the-wall. Jika proyek gagal saat bekerja sendirian, karyawan itu yang bertanggung jawab penuh. Meskipun Kamu mungkin tidak mendapatkan kredit penuh untuk proyek tim yang sukses, bekerja dengan orang lain menyebarkan tanggung jawab untuk tugas yang gagal.

Bekerja sebagai tim memungkinkan anggota tim untuk mengambil lebih banyak risiko, karena mereka mendapat dukungan dari seluruh kelompok. Begitu sebuah tim berhasil bersama, sesi brainstorming mereka akan menghasilkan ide-ide revolusioner tanpa ragu-ragu. Dalam banyak kasus, ide paling berisiko ternyata merupakan ide terbaik. Kerja tim memungkinkan karyawan kebebasan untuk berpikir out of the box.

Mungkin tidak ada “Aku” dalam tim, tetapi kerja tim masih bisa menguntungkan karyawan secara pribadi. Jangan biarkan sifat kompetitif menghalangi pertumbuhan pribadi di tempat kerja. Alih-alih, pahami cara menyelesaikan konflik dan memercayai rekan setim untuk menyumbangkan gagasan terbaik mereka. Belajar dari anggota tim  dan kembangkan keterampilan masing-masing untuk menciptakan hasil yang lebih mengesankan di tempat kerja.

Mempercayai rekan satu divisi memang tidak mudah, kadangkala Kamu akan timbul curiga dia datang terlambat atau belum absen yang nantinya dapat merugikan perusahaan atau divisi kamu.

Namun, sekarang untuk melihat kerja peforma dari rekan satu divisi bukanlah hal yang sulit, dengan menggunakan Jojonomic semua kinerja, kehadiran, pengajuan cuti dan lain-lain, dapat dilakukan secara mobile.

Jojotimes memudahkan harimu untuk melihat kinerja divisi, staff dan lain-lain untuk memastikan bahwa tujuan dari perusahaan tercapai. Jojotimes sudah digunakan lebih dari +345 perusahaan di Indonesia. Mari gunakan Jojotimes dan rasakan kemudahannya.