Tahapan dan Proses Teknik Pengumpulan Data Secara Lengkap

teknik pengumpulan data

Teknik pengumpulan data menjadi suatu hal yang perlu untuk turut diperhitungkan dalam melakukan suatu penelitian. Dengan adanya teknik yang tepat maka nantinya pengumpulan data bisa membantu penelitian agar bisa berjalan dengan lancar. Oleh karena itu teknik yang akan dipilih untuk melakukan pengumpulan data haruslah dipertimbangkan dengan sangat baik.

Hal ini juga harus melihat kondisi agar teknik yang dipilih nantinya tidak membuat penelitian mennjadi berantakan. Sebaliknya melalui teknik yang tepat maka nantinya penelitian bisa memberikan hasil yang terbaik. maka dari itu segala hal yang berkaitan dengan teknik dalam proses pengumpulan data juga harus iperhatikan dan turut dipertimbangkan serta direncanakan secara matang.

Tahapan Teknik Pengumpulan Data

Tinjauan literatur

Hal pertama yang memang harus dilakukan oleh seorang peneliti sebelum melakukan pengumpulan data adalah meninjau literatur yang telah ada. Literatur ini bisa dari mana saja asalkan berfungsi menyajikan pengetahuan yang sekiranya dibutuhkan oleh peneliti. Literatur ini bisa berupa temuan substantif dan juga bisa berupa kontribusi teoritis serta metodologis.

Konsultasi pada ahli

Setelah melakukan tinjauan literasi maka peneliti dapat berlanjut ke tahap berikutnya yaitu berkonsultasi. tentu saja konsultasi ini dilakukan pada orang yang memang sudah ahli. Konsultasi dianjurkan untuk dilakukan pada orang yang memang ahli di bidang yang sekiranya sesuai dengan topik atau tema penelitian. Maka nantinya berbagai petunjuk untuk melakukan penelitian bisa diperoleh dan dijalankan.

Mendekati kelompok masyarakat

Jika memang telah mendapatkan literasi dan melakukan konsultasi maka selanjutnya Anda bisa menentukan metode penelitian untuk memperkirakan metode yang akan digunakan dalam mengumpulkan data. Hal ini bertujuan agar kondisi masyarakat yang akan dijadikan sebagai sumber data bisa dipahami secara lebih lagi. Maka nantinya penentuan sumber data bisa dilakukan sehingga bisa dijalankan proses pendekatan pada sumber data yang dibutuhkan.

Berhubungan baik dengan sumber data

Jika memang telah ditentukan kelompok masyarakat mana yang akan dijadikan sebagai bagian dari sumber data maka selanjutnya mulailah hubungan yang baik dengan kelompok masyarakat tersebut. Dengan adanya hubungan baik maka nantinya proses pengumpulan data yang Anda lakukan akan menjadi lancar.

Adanya uji coba

yang dimaksud dengan uji coba dalam hal ini adalah uji coba terhadap segala instrumen yang sekiranya dibutuhkan untuk melakukan proses pengumpulan data dalam suatu penelitian. Tentunya proses uji coba ini haruslah dilakukan dengan urutan langkah yang tepat. Maka nantinya setiap instrumen penelitian bisa berguna sesuai dengan fungsinya sehingga dapat endukung proses pengumpulan data.

Penyusunan pertanyaan

Tahapan selanjutnya adalah proses perumusan atau penyusunan pertanyaan. Proses penyusunan pertanyaan ini sudah seharusnya dilakukan dengan disesuaikan pada topik atau tema penelitian. Dalam membuat pertanyaan tentu saja susunan pertanyaan sebaiknya diuat semenarik mungkin. Selain itu pertanyaan yang diberikan juga harus sesuai dengan kebutuhan penelitian sehingga nantinya bisa diperoleh hasil penelitian yang memang berdasarkan jawaban dari sumber data.  

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Pencatatan data

Hal ini bisa dimaksudkan sebagai suatu proses yang dilakukan tepatnya setelah seluruh data telah terkumpul. Pencatatan data ini perlu dilakukan tepatnya sebelum dilakukan proses analisis data. Oleh karena itu proses pencatatan data haruslah dilakukan secara teliti dan cermat.

Cek data

Jika memang proses pencatatan data telah dilakukan maka selanjutnya Anda juga perlu melakukan proses cek data. Cek data ini bertujuan untuk mempersiapkan data sebelum dilakukan analisis. Dengan melakukan cek data inilah maka nantinya seluruh data bisa lebih dipastikan kebenarannya. Maka data akan membuat proses analisis menjadi lebih tepat dan terhindar dari berbagai acam kesalahan.

Proses  Teknik Pengumpulan Data

Observasi atau pengamatan

Dalam melakukan pengumpulan data rupanya teknik observasi atau pengamatan perlu dilakukan. Bahkan hal ini enjadi langkah awal bagi sebuah proses pengumpulan data. Melalui aktivitas observasi atau pengamatan inilah maka nantinya peneliti dapat mengetahui dengan lebih pasti kondisi masyarakat yang akan dijadikan sebagai responden ataupun nara sumber.

Pemberian kuesioner

Setelah melakukan tahap observasi maka selanjutnya bisa dilakukan proses pengumpulan data. Proses pengupulan data bisa dilakukan dengan cara pemberian kuesioner pada sejumlah responden yag dibutuhkan. Biasnaya pemberian kuesioner kepada responden ini dilakukan dalam menerapkan metode penelitian kuantitatif. Umumnya pula jumlah responden dalam hal ini sangatlah banyak agar bisa diperoleh hasil analisis data yang lebih valid.

Wawancara langsung

Selain teknik pemberian kuesinoer rupanya pengumpulan data juga bisa dilakukan dengan cara wawancara langung. Umumnya wawancara kepada beberapa nara sumber dilakukan pada jenis penelitian kualitatif. Wawancara ini dilakukan dengan tujuan untuk menggali informasi secara lebih dalam mengenai topik penelitian yang sedang dibahas. Dari hasil wawancara inilah maka nantinya akan diperoleh hasil data dan kemudian dilanjutkan dengan proses analisis data.

Pengumpulan dokumen

Proses terakhir yang bisa dilakukan dalam hal pengumpulan data adalah pengumpulan dokumen. Dalam hal ini dokumen yang dapat dikumpulkan antara lain meliputi hasil kuesioner dan hasil wawancara serta berbagai bukti lain yang mendukung proses penelitian. 

Pemilihan Teknik Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data pada dasarnya menjadi suatu hal yang sangat penting bagi seseorang atau bagi sebuah lembaga yang akan melakukan proses penelitian. Sebuah teknik dalam proses pengumpulan haruslah dipilih dengan tepat sebab hal ini nantinya berhubungan dengan data yang selanjutnya akan dianalisis. Teknik yang terdapat dalam proses pengumpulan data umumnya memang ada beberapa jenis dan teknik ini bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan peneliti.

Untuk memilih teknik pengumpulan data sebaiknya peneliti mengkaji ulang mengenai proses penelitian yang akan dilakukannya. Misalnya bagaimana metode yang akan diterapkan dalam hal mengumpulkan data. Apakah metode kuantitatif ataukah metode kualitatif yang akan dipilih untuk menjalankan proses pengumpulan berbagai data yang dibutuhkan.

Dari metode penelitian maka nantinya bisa ditentukan teknik apakah yang sebaiknya dipilih dan diterapkan untuk mengumpulkan data. Nantinya teknik yang dipilih untuk mengumpulkan data bisa ditentukan guna memberikan hasil tepat. Hingga akhirnya proses penelitian bisa memberikan informasi yang sekiranya memang diutuhkan oleh para pembaca.

Tentu saja teknik pengumpulan data ini seperti juga memilih absen terbaik yang dapat digunakan oleh perusahaan. Sebaiknya gunakan aplikasi absen yang memadai contohnya yaitu JojoTimes yang mampu membantu karyawan melakukan absen kapan saja dan dimana saja.

Hal ini karena JojoTimes sendiri didukung oleh berbagai macam fitur yang menarik, di antaranya yaitu sebagai berikut:

  • Pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat
  • Mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja
  • Tarif lembur yang dapat disesuaikan
  • Terintegrasi dengan sistem absensi yang sekarang, serta pengaturan izin cuti dan advance

Maka dari itu, yuk segera coba gratis aplikasi absen dari Jojonomic ini. Dapatkan demo selama 14 hari dan rasakan sendiri perbedaan manfaat dan fitur-fiturnya.