5 Teknik Upselling Efektif Dalam Bisnis Yang Patut Diperhitungkan

Banyak orang sering kali tidak memahami bagaimana langkah yang tepat dalam teknik upselling efektif. Sering kali dalam hal memasarkan produk ini sebagian berpikir akan sisi keberuntungan dalam bisnis saja. Sehingga melupakan bahwa sejatinya ada teknik yang paling tepat dan sesuai untuk diaplikasikan. Oleh sebab itu mempelajari cara yang tepat ini cukup penting. Supaya nantinya dapat memastikan produk yang dipasarkan bisa berhasil dan sukses. Supaya lebih jelasnya, berikut ini beberapa informasi berkaitan dengan teknik upselling yang bisa dilakukan dan dicontoh dalam suatu perusahaan.

Tentang Teknik Upselling

Hal pertama yang harus dipahami tentu mengetahui apa sebenarnya teknik upselling tersebut. Bila banyak orang yang mengatakan hal ini, tetapi bisa jadi tidak banyak yang tahu persis apa arti dan maksud dari metode upselling tersebut. Oleh karena itu sangat penting mengetahui lebih dulu arti dari teknik yang satu ini.


Teknik upselling ini adalah salah satu strategi pemasaran dan penjualan produk yang dibuat menjadi lebih besar sehingga memiliki harga yang lebih mahal. Umumnya hal ini untuk memastikan kenaikan profit atau untuk memastikan pemasaran berjalan lebih efektif. Sehingga bisa mendorong banyak pelanggan atau konsumen untuk membeli produk yang ukurannya lebih optimal dibanding berukuran kecil.

Oops! We could not locate your form.

Langkah Upselling

Pastinya banyak yang bertanya-tanya, bagaimana sebaiknya teknik langkah upselling yang tepat. Atau bagaimana seharusnya menciptakan teknik upselling efektif. Tentu saja ada beberapa langkah kunci yang perlu dilakukan. Sehingga nantinya dapat memastikan produk mencapai sasaran pemasaran seperti yang diinginkan. Berikut ini beberapa langkah upselling yang bisa dicontoh untuk berbagai macam produk di pasaran.

  • Lakukan Pengujian (Market Test)
    Sebelum memastikan keyakinan hendak melakukan upselling pada produk tertentu, sebaiknya lakukan pengujian atau market test yang diperlukan. Sehingga nantinya proses upselling ini bisa memberikan manfaat sesuai dengan tujuan dan ekspetasi perusahaan. Ada banyak perusahaan sering kali melupakan hal yang satu ini sehingga membuat proses upselling tidak berjalan secara maksimal. Oleh sebab itu rencanakan lebih dulu waktu yang tepat untuk menguji proses upselling yang sedang direncanakan. Sehingga dapat memperoleh feedback yang baik dari proses tersebut, apakah berhasil atau tidak.
  • Ambil Resiko
    Setelah melakukan pengujian pasar, sebaiknya jangan ragu untuk mengambil resiko apapun. Biasanya suatu teknik yang dilakukan dengan percaya diri akan lebih mudah untuk berhasil. Lain halnya jika melakukan hal tersebut dengan keraguan yang timbul. Otomatis tidak akan melakukan hal tersebut secara optimal. Oleh sebab itu selalu pastikan untuk berani mengambil langkah lebih lanjut saat sudah memutuskan untuk melakukan upselling pada produk andalan perusahaan Anda.

  • Jaga Kualitas
    Bila melakukan teknik upselling efektif, sebaiknya pastikan untuk selalu berusaha menjaga kualitas produk. Bukan berarti saat melakukan upselling lantas produk menjadi lebih buruk dan kualitasnya tidak terjaga. Tetapi sangat penting memastikan bahwa kualitas produk minimal tetap sama sehingga pasar tetap tertarik untuk mendapatkan produk tersebut.
  • Sesuaikan Harga
    Bila melakukan upselling maka jangan takut untuk menyesuaikan harga yang baru kepada pelanggan. Umumnya produk favorit tidak mengalami masalah saat melakukan upselling. Sehingga kenaikan harga ini hanya memiliki pengaruh yang minim pada produk yang dipasarkan tersebut.
  • Pertahankan Metode
    Apabila teknik yang dipakai atau cara upselling tertentu cukup berhasil, maka sebaiknya usahakan untuk mempertahankan metode tersebut. Sehingga pada akhirnya bisa sukses memasarkan produk yang sedang dipromosikan serta meningkatkan pendapatan perusahaan jauh lebih maksimal.

Manfaat Upselling

Tentu saja ada beberapa manfaat yang diharapkan melalui proses pelaksanaan upselling di atas. Sehingga ada tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam hal pemasaran produk pada intinya. Berikut ini beberapa manfaat penting yang bisa diperoleh saat suatu perusahaan melakukan upselling pada produk tertentu perusahaan.

  • Membantu mempromosikan produk tertentu yang sedang menjadi bahan pemasaran utama dari perusahaan. Sehingga dengan tidak langsung mempermudah konsumen mengenali produk tersebut lebih cepat.
  • Menarik minat konsumen untuk setia melakukan transaksi pada perusahaan Anda. Dengan melakukan upselling umumnya banyak yang ingin merasakan keuntungan dari produk yang lebih besar namun dengan harga yang bisa jadi tidak meningkat. Sehingga hal ini bisa dijadikan langkah yang tepat dalam memasarkan produk yang laris.
  • Teknik upselling efektif juga salah satu cara meningkatkan laba perusahaan secara optimal. Makin banyak yang tertarik untuk mendapatkan produk yang diupselling otomatis makin besar pendapatan yang bisa diperoleh perusahaan. Sehingga dengan demikain secara tidak langsung juga makin meningkatkan laba.

Kelemahan Upselling

Tidak hanya memiliki manfaat dan kelebihan, tetapi sebaiknya hati-hati terhadap resiko terjadinya kelemahan dan kerugian yang tidak diinginkan. Meskipun pada dasarnya banyak yang memandang teknik ini sebagai langkah promosi dan pemasaran efektif, namun ada juga yang melihat ada sisi kelemahan dari teknik yang satu ini. Adapun bagi yang belum mengerti benar, cermati beberapa kemungkinan terjadi kelemahan dan sisi buruk atau resiko yang ditempuh saat melakukan upselling berikut ini.

  • Terdapat resiko pelanggan jadi beralih karena harga yang meningkat tanpa mempedulikan kuantitas yang juga meningkat. Sehingga bisa jadi teknik upselling justru membuat pelanggan beralih pada produk lainnya.
  • Teknik ini juga bisa gagal manakala kualitas yang ada tidak atau lupa dipertahankan. Sehingga pola pikir konsumen yang ada di awal menjadi berubah dan berpikir penurunan kualitas pada produk yang dipasarkan. Otomatis pelanggan enggan untuk tetap membeli kembali.

Memastikan teknik upselling yang tepat memang bukan hal yang mudah dilakukan. Oleh sebab itu selalu pastikan untuk mencari tahu bagaimana langkah yang tepat dalam hal ini. Melakukan pengaturan yang seusai sangat penting bagi keberlangsungan sebuah perusahaan. Demikian juga melakukan pengawasan yang maksimal pada pengeluaran perusahaan. Keduanya berpotensi untuk memastikan menghindari kerugian dari perusahaan. Sehingga harus dilakukan secara terpadu, misalnya melalui penggunaan program JojoExpense. Dengan program tersebut, tentunya akan lebih mudah untuk karyawan dalam memastikan reimbursement yang diberikan sesuai dengan kondisi asli yang ada. Selain itu dari sisi perusahaan juga membantu terciptanya pemantauan kondisi keuangan yang jauh lebih kondusif dan bebas dari resiko penipuan keuangan. Menggunakan JojoExpense secara tidak langsung membantu mempermudah kerja tim keuangan dalam melakukan pemantauan pengeluaran perusahaan secara maksimal.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Tentu saja hal ini tercapai berkat beberapa fitur menarik yang diberikan oleh JojoExpense. Misalnya saja fitur-fitur berikut di bawah ini:

  • Mobile Approval
  • Capture Expenses
  • Budget Controlling
  • Reimburse via App & Web
  • Cash Advanced

Serta masih banyak lagi fitur dari JojoExpense yang bisa membantu memberikan proses reimburse yang lebih mudah bagi perusahaan. Karena itu segera putuskan untuk beralih pada program tersebut. Dapatkan coba gratis pada perusahaan Anda. Dijamin tidak akan menyesal dan pastinya perusahaan Anda memiliki sistem yang jauh lebih sempurna, lebih efektif, serta lebih efisien. Yuk, buktikan sendiri!