Teknologi Artinya – Pengertian, Manfaat, dan Sistem Informasi

Teknologi Informasi telah mengubah hidup kita. Teknologi informasi seakan telah melekat dalam alam bawah sadar kita, Karena saat ini semua menggunakan teknologi untuk memudahkan dalam mengerjakan segala pekerjaan. Tak ayal lagi,  perangkat yang kita gunakan sudah di lengkapi dengan aplikasi yang begitu canggih. Teknologi artinya bukan saja di terapkan dalam dunia bisnis, namun pemanfaatannya sudah merabah ke individual, baik dari kalangan pelajar, konglomerat.

Untuk kemudahan dan kenyamanan dalam aktivitas sehari-hari tentunya kita tidak bisa terlepas dari penggunaan aplikasi terbaru. Hari ini, dengan satu sentuhan saja, Anda dapat bertransaksi online dimanapun anda berada selama terkoneksi dengan internet. Mulai dari membayar tagihan atau hanya sekedar kepoin sang mantan.

Pengertian Teknologi

Teknologi Informasi adalah suatu studi perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi yang berbasis komputer, terutama pada aplikasi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) pada komputer. Secara sederhana, Teknologi artinya adalah fasilitas-fasilitas yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak yang ada di dalam komputer dalam mendukung dan meningkatkan kualitas informasi untuk setiap lapisan pengguna komputer secara cepat dan berkualitas.

Menurut Wikipedia, bahwa pengertian teknologi artinya istilah umum teknologi untuk membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan menyebarkan informasi kepada brainware (pengguna komputer). Tujuan teknologi artinya adalah untuk memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam setiap aktivitas manusia.

Pengertian Teknologi Informasi (IT) Menurut Para Ahli

Berikut ini dijelaskan pengertian teknologi informasi yang dirangkum menurut para ahli.

Haag dan Keen (1996): Pengertian teknologi informasi menurut Haag dan Keen bahwa teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi yang dihasilkan untuk melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.

Oxford English Dictonary (OED): Pengertian teknologi informasi menurut Oxford English Dictionary adalah hardware dan software dan bisa termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya sudah dalam konteks bisnis atau usaha.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Williams dan Sawyer (2003): Menurut williams dan sawyer, bahwa pengertian teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi dengan kecepatan yang tinggi yang membawa data, suara, dan juga video.

Martin (1999): Menurut martin bahwa teknologi informasi merupakan teknologi yang tidak hanya pada teknologi komputer atau yang terdiri dari (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi yang dihasilkan, melainkan mencakup dengan teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebarluaskan suatu informasi.

Manfaat Teknologi Informasi

Teknologi informasi membantu kita melaju lebih cepat,  berikut ini manfaat teknologi informasi.

1.      Akses Jarak Jauh

Apakah anda seorang pekerja kantoran? Atau seorang businessman yang super  sibuk? Kemajuan sistem teknologi informasi tentu akan sangat membantu anda. Ketika tugas kantor sedang menggunung, anda tidak perlu lagi lembur di kantor untuk menyelesaikannya. Cukup anda memiliki koneksi internet untuk terhubung ke jaringan elektronik kantor anda.

Dengan teknologi informasi anda tidak akan ketinggalan makan malam bersama keluarga tercinta di rumah. Anda bisa menyelesaikan pekerjaan kantor dari rumah, atau bahkan anda bisa keluar jalan-jalan bersama keluarga tercinta sebari menyelsaikan tugas kantor yang begitu padat.  Dengan teknologi informasi telah meningkatkan produktivitas seseorang dalam menyelesaikan tugas, bahkan rapat bisa terlaksana tanpa langsung bertatap muka dengan bos anda di kantor.

2.      Terciptanya Lapangan Pekerjaan Baru

Permintaan tenaga ahli dalam bidang IT kian meningkat, Meningkatnya permintaan tenaga ahli IT di seluruh sendi kehidupan menciptakan peluang baru bagi setiap orang.  Beberapa negara berkembang di seluruh dunia kini berpacu dalam mengembangkan keahlian mereka dalam bidang teknologi. Sejumlah besar orang menunjukkan minat dalam pekerjaan ini, seperti pemrograman komputer, analisis sistem, pengujian, pengembangan perangkat lunak dan perangkat keras dan desain aplikasi web.

3.      Teknologi Informasi dan Pendidikan

Penerapan teknologi informasi dalam bidang pendidikan telah mengubah cara belajar mengajar tradisional menjadi lebih modern. Hampir semua lembaga pendidikan  menggunakan gadget modern ketika menyampaikan materi kepada anak didiknya. Siswa dengan sangat mudah mengakses materi yang di sampaikan oleh gurunya, kita tidak akan lagi menemukan buku catatan yang berhalaman-halaman banyaknya. Tentu semua ini membantu mereka dalam memahami konsep secara efisien tanpa membuang banyak waktu.

4.      Kemajuan Ekonomi

Karena teknologi informasi membuat bisnis lebih efisien, transaksi pembelian dan penjualan secara keseluruhan tidak lagi dibatasi oleh waktu dan jarak. Perusahaan dari berbagai belahan dunia kini dapat saling terhubung satu sama lain dengan nyaman. Hari ini, kita bisa belanja di luar negeri tanpa harus berkunjung ke negera tersebut, lihat saja contohnya seperti ebay, alibaba dan banyak lagi yang lainnya. Tidak ketinggalan juga di dalam negeri, sudah banyak bermunculan situs untuk kita transaksi secara online. Sebut saja Bukalapak, Tokopedia, Shopee dan masih banyak yang lainnya.

5.      Komunikasi yang Efektif

Teknologi informasi telah membuat komunikasi menjadi lebih mudah, cepat, dan jauh lebih unggul daripada sebelumnya. Mengirim e-mail, panggilan video atau biasa di sebut VC (video call), mengirim pesan teks melalui berbagai aplikasi online seperti facebook, twitter, BBM, dan Whatsapp dengan begitu mudahnya bisa berkomunikasi dengan keluarganya dari luar kota maupun luar negeri dengan ribuan kilo jaraknya. Mereka selalu terhubung satu sama lain secara instan dan realtime. Dalam bidang bisnis, tentu ini sangat menguntungkan bagi perkembangan usaha mereka.

Sistem Informasi

Sistem informasi memanfaatkan perangkat keras dan perangkat lunak komputer, prosedur manual, model manajemen dan juga basis data.

– Pemrosesan informasi yang efektif

– Manajemen informasi yang efektif

– Keluwesan

– Kepuasan pemakai

Sistem informasi pada dasarnya merupakan bagian/komponen dari sebuah organisasi, oleh karena itu komponen-komponen sistem informasi juga merupakan komponen dari organisasi. Dalam suatu organisasi sistem informasi merupakan suatu alat yang dapat memberikan informasi yang diperlukan kepada semua pihak yang berkepentingan dalam pemakaiannya.

– Perangkat keras(hardware)

– Perangkat lunak (software)

– Prosedur

– Orang

– Basis data (database)

– Jaringan komputer dan komunikasi data

Pentingnya Teknologi Informasi

Memanfaatkan teknologi bisa menjadi solusi bagi Anda dalam mempermudah segala bidang pekerjaan. Memang teknologi hadir dengan rancangan khusus yang disesuaikan pada kebutuhan manusia. Oleh karena itu pemanfaatan teknologi bisa dilakukan dengan semaksimal mungkin. Dengan adanya pemanfaatan teknologi ini maka diharapkan agar segala kendala atau kesulitan yang dialami oleh manusia dapat diatasi.

Melalui pemilihan sistem JojoExpense yang membantu keuangan perusahaan supaya lebih efektif dan efisien. Dengan produk ini maka pemasukan serta pengeluaran perusahaan dapat dimonitor lebih baik. Administrasi keuangan juga lebih sistematis dan terhindar dari resiko kecurangan di dalam keuangan perusahaan.

Hal ini berkat fitur-fitur andalan yang ditawarkan oleh JojoExpense. Mulai dari fitur monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun, proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan, hingga peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance.

Karena itu jangan berpikir lebih jauh, segera daftarkan perusahaan Anda dan coba gratis JojoExpense ini sekarang juga!