Teknologi Komunikasi Serta Beberapa Fungsinya Yang Cukup Penting

teknologi komunikasi

Teknologi komunikasi pada dasarnya merupakan suatu peralatan perangkat keras atau hardware. Biasanya teknologi komunikasi ini hadir di dalam struktur organisasi yang mengandung berbagai nilai sosial dan memungkinkan tiap individu untuk saling bertukar informasi dengan individu lainnya. Teknologi komunikasi ini lebih ditekankan pada penyaluran dan penyampaian hasil data ke tempat yang ingin dituju. Dengan demikian maka hadirnya teknologi komunikasi mampu memberikan dampak terwujudnya kehidupan yang lebih praktis. Informasi yang disampaikan dengan cepat ditambah dengan komunikasi tanpa kendala akan membuat setiap orang menjadi lebih mudah melakukan aktivitasnya. Dengan adanya kemajuan ini maka kehidupan bisa menjadi lebih mudah.

Fungsi Utama

Ada beberapa fungsi yang bisa didapatkan dari teknologi komunikasi yang memadai saat ini, misalnya berikut ini.

Memudahkan pekerjaan

Dengan adanya teknologi komunikasi maka setiap individu manusia pasti akan melakukan pekerjaannya dengan semakin mudah. Teknologi komunikasi yang berkembang pesat tampaknya semakin memberi cara yang praktis bagi setiap orang dalam menyelesaikan segala pekerjaannya.

Mempermudah proses transfer data

Kehadiran teknologi komunikasi juga dapat mempermudah Anda dalam melakukan transfer data. Penyaluran data yang berisi informasi bisa jadi lebih cepat dan mudah untuk dilakukan karena adanya bantuan dari teknologi. Transfer data bisa dengan mudah dikirim dari perangkat yang satu ke perangkat yang lain.

Memanajemen sistem

Pengaturan atau manajemen sistem tentu akan menimbulkan kinerja yang baik bagi para tenaga kerja. Akibatnya sistemyang ada di perusahaan bisa berfungsi dengan baik pula. Untuk mendukung manajemen sistem yang baik ini maka dibutuhkan bantuan dari teknologi komunikasi yang canggih.

Membawa suatu nilai

Teknologi komunikasi rupanya juga mampu membawa berbagai macam nilai dari berbagai struktur yang ada. Mulai dari struktur pada bidang ekonomi dan sosial hingga politik dan lain sebagainya. Seluruh bidang ini memang melibatkan teknologi komunikasi sehingga struktur di dalamnya bisa berfungsi dengan baik.

Meningkatkan kemampuan indera manusia

Beberapa indera manusia terkadang masih saja tidak difungsikan dengan maksimal termasuk pada saat bekerja atau melakukan aktivitas lainnya. Maka dengan kehadiran teknologi komunikasi diharapkan agar indera manusia ini bisa ditingkatkan fungsinya. Mulai dari indera untuk melihat dan mendengar serta lainnya.

Perkembangan Teknologi Komunikasi

Surat

Pada awalnya komunikasi antara individu yang satu dengan yang lain dilakukan melalui surat. Berkirim surat umumnya dilakukan agar para individu bisa saling berkomunikasi sehingga informasi tetap bisa disampaikan. Surat yang ditulis pada secarik kertas bisa digunakan untuk menyampaikan informasi dan hal lainnya.

Telegraf

Dari surat kemudian berkembang menjadi telegraf yang sedikit lebih canggih. Beberapa orang mulai mengenal telegraf untuk bisa berkomunikasi dengan orang lainnya. Mesin telegraf ini memang biasa digunakan untuk mengirimkan pesan atau berita atau informasi yang disebut dengan telegram.

Radio

Radio menjadi alat dan sarana komunikasi yang hanya bisa didengar. Sekalipun demikian radio sangat berfungsi dalam menyampaikan informasi. Bahkan penggunaan radio sebagai sarana penyalur informasi ini sudah dilakukan sejak dulu. Radio pada awalnya digunakan dengan menggunakan listrik dan kemudian beralih menggunakan baterai.

Televisi

Pada awalnya siaran televisi di tanah air ini hanya ada saluran dari TVRI saja. Namun lambat laun bermunculan berbagai televisi swasta yang kemudian mulai berkembang. Hingga kini semakin banyak jumlah stasiun televisi di seluruh Indonesia yang bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Telepon

Telepon menjadi alat komunikasi dua arah secara langsung. Anda bisa berbincang dengan orang lain secara langsung sekalipun posisi Anda dan lawan bicara Anda berjauhan yaitu dengan menggunakan telepon. Pada awalnya telepon yang digunakan adalah telepon kabel hingga kemudian berkembang menjadi telepon berjeni wireless.

Smartphone

Teknologi semakin berkembang hingga komunikasi bisa dilakukan degan menggunakan handphone yang kini berkembang menjadi smartphone. Jika awalnya handphone hanya bisa digunakan untuk berkomunikasi melalui telepon dan sms saja kini smartphone bisa digunakan untuk melakukan apapun.

Komputer

Penggunaan komputer mulai dikenalkan pada masyarakat Indonesia di sekitar dekade 1990an. Komputer yang semula menjadi benda asing lama-kelamaan menjadi benda yang dibutuhkan oleh setiap orang. Bahkan sekarang ini sistem yang ada pada komputer hadir dalam bentuk laptop atau notebook.

Internet

Dengan adanya komputer maka internet mulai bisa digunakan oleh masyarakat Indonesia. Kehadiran internet bisa membantu manusia untuk mendapatkan informasi hingga ke penghujung dunia. Kini masyarakat bisa menikmati layanan internet melalui smartphone yang dimilikinya. Internet bahkan saat ini menjadi kebutuhan bagi setiap orang.

Kelebihan Teknologi Komunikasi

Tentu saja adanya teknologi di bidang komunikasi juga memberikan kelebihan, misalnya yaitu:

Memperoleh informasi dengan cepat

Teknologi komunikasi yang berkembang sampai sekarang ini rupanya bisa membantu Anda untuk mendapatkan informasi dengan sangat cepat. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan bagi Anda terutama bila informasi yang diterima tersebut berhubungan dengan pekerjaan Anda.

Mempermudah proses pembelajaran

Tidak hanya dalam bidang ekonomi saja tetapi teknologi ini juga sangat berguna untuk mendukung sistem pendidikan di Indonesia. Siapa saja bisa memperoleh ilmu dan pengetahuan melalui adanya internet. Tidak hanya itu saja tetapi teknologi tersebut juga mampu membangun anak Indonesia yang milenial dan modern serta melek teknologi.

Memperlancar sistem administrasi

Administrasi di berbagai perusahaan kini bisa dilakukan dengan lebih baik karena adanya teknologi komunikasi yang semakin berkembang. Segala pekerjaan yang di dalamnya terkandung administrasi tentu bisa dilakukan dengan lebih mudah dan lebih praktis.

Peran Dalam Kehidupan Manusia

Teknologi komunikasi pada dasarnya semakin berkembang terutama di era milenial seperti sekarang ini. Tentunya kehadiran hal ini memberikan kemudahan di berbagai bidang di segala aspek kehidupan manusia mulai dari bidang pendidikan dan industri hingga aspek lainnya. Terutama dalam hal pekerjaan di sektor apa saja. Pengiriman data bisa dilakukan dengan lebih cepat sehingga informasi bisa tersampaikan secara lebih efektif dan efisien. Tidak hanya itu saja tetapi komunikasi juga bisa berlangsung dengan lebih intens dan kontinyu serta tidak ada hambatan. Oleh karena itu bantuan dari teknologi ini sebenarnya sangat dibutuhkan terutama di masa kini. Segala pekerjaan bisa menjadi lebih cepat untuk diselesaikan dengan adanya bantuan dari hal tersebut.

Tentunya hal ini tidak jauh berbeda dengan pentingnya menggunakan sistem payroll yang tepat. Salah satunya dengan memilih menggunakan JojoPayroll. Produk ini membantu sistem penggajian karyawan yang lebih mudah dan otomatis. Sehingga tim keuangan perusahaan dapat bekerja lebih cepat dan efektif dalam pembayaran gaji. Tentu saja hal ini berkat fitur yang menarik seperti misalnya slip gaji digital, absensi otomatis yang terhubung, serta masih banyak lagi. Oleh sebab itu segera dapatkan coba gratis JojoPayroll di perusahaan Anda. Rasakan perbedaannya dan dapatkan manfaatnya yang maksimal sekarang juga.