Teknologi Komunikasi Serta Beberapa Fungsinya Yang Cukup Penting

teknologi komunikasi

Teknologi komunikasi pada dasarnya merupakan suatu peralatan perangkat keras atau hardware. Biasanya teknologi komunikasi ini hadir di dalam struktur organisasi yang mengandung berbagai nilai sosial dan memungkinkan tiap individu untuk saling bertukar informasi dengan individu lainnya. Teknologi komunikasi ini lebih ditekankan pada penyaluran dan penyampaian hasil data ke tempat yang ingin dituju. Dengan demikian maka hadirnya teknologi komunikasi mampu memberikan dampak terwujudnya kehidupan yang lebih praktis. Informasi yang disampaikan dengan cepat ditambah dengan komunikasi tanpa kendala akan membuat setiap orang menjadi lebih mudah melakukan aktivitasnya. Dengan adanya kemajuan ini maka kehidupan bisa menjadi lebih mudah.

Fungsi Utama

Ada beberapa fungsi yang bisa didapatkan dari teknologi komunikasi yang memadai saat ini, misalnya berikut ini.

Memudahkan pekerjaan

Dengan adanya teknologi komunikasi maka setiap individu manusia pasti akan melakukan pekerjaannya dengan semakin mudah. Teknologi komunikasi yang berkembang pesat tampaknya semakin memberi cara yang praktis bagi setiap orang dalam menyelesaikan segala pekerjaannya.

Mempermudah proses transfer data

Kehadiran teknologi komunikasi juga dapat mempermudah Anda dalam melakukan transfer data. Penyaluran data yang berisi informasi bisa jadi lebih cepat dan mudah untuk dilakukan karena adanya bantuan dari teknologi. Transfer data bisa dengan mudah dikirim dari perangkat yang satu ke perangkat yang lain.

Memanajemen sistem

Pengaturan atau manajemen sistem tentu akan menimbulkan kinerja yang baik bagi para tenaga kerja. Akibatnya sistemyang ada di perusahaan bisa berfungsi dengan baik pula. Untuk mendukung manajemen sistem yang baik ini maka dibutuhkan bantuan dari teknologi komunikasi yang canggih.

Membawa suatu nilai

Teknologi komunikasi rupanya juga mampu membawa berbagai macam nilai dari berbagai struktur yang ada. Mulai dari struktur pada bidang ekonomi dan sosial hingga politik dan lain sebagainya. Seluruh bidang ini memang melibatkan teknologi komunikasi sehingga struktur di dalamnya bisa berfungsi dengan baik.

Meningkatkan kemampuan indera manusia

Beberapa indera manusia terkadang masih saja tidak difungsikan dengan maksimal termasuk pada saat bekerja atau melakukan aktivitas lainnya. Maka dengan kehadiran teknologi komunikasi diharapkan agar indera manusia ini bisa ditingkatkan fungsinya. Mulai dari indera untuk melihat dan mendengar serta lainnya.

Perkembangan Teknologi Komunikasi

Surat

Pada awalnya komunikasi antara individu yang satu dengan yang lain dilakukan melalui surat. Berkirim surat umumnya dilakukan agar para individu bisa saling berkomunikasi sehingga informasi tetap bisa disampaikan. Surat yang ditulis pada secarik kertas bisa digunakan untuk menyampaikan informasi dan hal lainnya.

Telegraf

Dari surat kemudian berkembang menjadi telegraf yang sedikit lebih canggih. Beberapa orang mulai mengenal telegraf untuk bisa berkomunikasi dengan orang lainnya. Mesin telegraf ini memang biasa digunakan untuk mengirimkan pesan atau berita atau informasi yang disebut dengan telegram.

Radio

Radio menjadi alat dan sarana komunikasi yang hanya bisa didengar. Sekalipun demikian radio sangat berfungsi dalam menyampaikan informasi. Bahkan penggunaan radio sebagai sarana penyalur informasi ini sudah dilakukan sejak dulu. Radio pada awalnya digunakan dengan menggunakan listrik dan kemudian beralih menggunakan baterai.

teknologi komunikasi

Televisi

Pada awalnya siaran televisi di tanah air ini hanya ada saluran dari TVRI saja. Namun lambat laun bermunculan berbagai televisi swasta yang kemudian mulai berkembang. Hingga kini semakin banyak jumlah stasiun televisi di seluruh Indonesia yang bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Telepon

Telepon menjadi alat komunikasi dua arah secara langsung. Anda bisa berbincang dengan orang lain secara langsung sekalipun posisi Anda dan lawan bicara Anda berjauhan yaitu dengan menggunakan telepon. Pada awalnya telepon yang digunakan adalah telepon kabel hingga kemudian berkembang menjadi telepon berjeni wireless.

Smartphone

Teknologi semakin berkembang hingga komunikasi bisa dilakukan degan menggunakan handphone yang kini berkembang menjadi smartphone. Jika awalnya handphone hanya bisa digunakan untuk berkomunikasi melalui telepon dan sms saja kini smartphone bisa digunakan untuk melakukan apapun.

Komputer

Penggunaan komputer mulai dikenalkan pada masyarakat Indonesia di sekitar dekade 1990an. Komputer yang semula menjadi benda asing lama-kelamaan menjadi benda yang dibutuhkan oleh setiap orang. Bahkan sekarang ini sistem yang ada pada komputer hadir dalam bentuk laptop atau notebook.

Internet

Dengan adanya komputer maka internet mulai bisa digunakan oleh masyarakat Indonesia. Kehadiran internet bisa membantu manusia untuk mendapatkan informasi hingga ke penghujung dunia. Kini masyarakat bisa menikmati layanan internet melalui smartphone yang dimilikinya. Internet bahkan saat ini menjadi kebutuhan bagi setiap orang.

Kelebihan Teknologi Komunikasi

Tentu saja adanya teknologi di bidang komunikasi juga memberikan kelebihan, misalnya yaitu:

Memperoleh informasi dengan cepat

Teknologi komunikasi yang berkembang sampai sekarang ini rupanya bisa membantu Anda untuk mendapatkan informasi dengan sangat cepat. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan bagi Anda terutama bila informasi yang diterima tersebut berhubungan dengan pekerjaan Anda.

Mempermudah proses pembelajaran

Tidak hanya dalam bidang ekonomi saja tetapi teknologi ini juga sangat berguna untuk mendukung sistem pendidikan di Indonesia. Siapa saja bisa memperoleh ilmu dan pengetahuan melalui adanya internet. Tidak hanya itu saja tetapi teknologi tersebut juga mampu membangun anak Indonesia yang milenial dan modern serta melek teknologi.

Memperlancar sistem administrasi

Administrasi di berbagai perusahaan kini bisa dilakukan dengan lebih baik karena adanya teknologi komunikasi yang semakin berkembang. Segala pekerjaan yang di dalamnya terkandung administrasi tentu bisa dilakukan dengan lebih mudah dan lebih praktis.

teknologi komunikasi

Tips dan Trik Menggunakan Teknologi Komunikasi Dengan Efektif

Semakin majunya zaman juga memacu perkembangan teknologi yang ada. Salah satunya yaitu teknologi komunikasi yang saat ini menjadi tak terpisahkan dari setiap orang. Banyak sekali jenis teknologi komunikasi yang saat ini dapat digunakan, berikut ini adalah tips dan trik yang dapat anda lakukan untuk memaksimalkan sejumlah teknologi komunikasi yang ada.

Power Point

Tentu saja kita sudah tidak asing dengan jenis teknologi komunikasi satu ini yang sering kali kita gunakan untuk melakukan kegiatan presentasi. Dengan adanya teknologi power point ini tentu saja mempermudah kita dalam melakukan presentasi jika sebelumnya kita harus melakukannya dengan cara manual yang tentu saja lebih ribet ditambah dengan efek yang ada didalamnya membuat presentasi menjadi lebih indah.

Tips dan trik yang dapat anda lakukan disini adalah mempresentasikan berdasarkan poin penting yang ingin anda sampaikan. Jangan karena ini merupakan teknologi komunikais untuk mempresentasi maka anda dapat menulis semua presentasi anda kedalamnya. Namun disini anda tetap harus mengusai apa yang ingin anda komunikasikan dan menuliskan hanya pointnya saja power point.

Hanya data dan fakta yang penting yang anda isikan kedalamnya, namun anda juga perlu untuk mamastikan presentasi anda tidak terlalu jenuh karena hanya berisi data. Pahami materi anda, persiapkan dengan baik hal – hal lain seperti misalnya peralatan yang akan menunjang presentasi anda dengan baik. Hal lain yang perlu anda pelajari juga yaitu bagaimana anda mengkomunikasikan presentasi anda, kontak mata dan pembawaan anda dalam mengkomunikasikan presentasi anda.

Sosial Media

Teknologi komunikasi satu ini merupakan teknologi komunikasi yang paling sering digunakan kebanyakan orang saat ini. bahkan saat ini media sosial merupakan trend dan menjadi bagian dari keseharian kebanyakan orang. Media sosial merupakan teknologi komunikasi yang memiliki banyak sekali kegunaan dan fitur didalamnya. Dari mulai fitur untuk memposting keseharian yang anda lakukan, hingga melakukan komunikasi prifat pesan dengan orang yang anda tuju.

Karena teknologi komunikasi yang satu ini  marak sekali digunakan oleh banyak sekali orang, maka memunculkan kegunaan – kegunaan lain yaitu misalnya saat ini banyak sekali orang yang memanfaatkan sosial media untuk kepentingan bisnis. Tips dan trik yang dapat anda lakukan saat menggunakan sosial media yuaitu untuk tetap profesional dan berhati-hati dalam menggunakannya. Terutama untuk akun – kaun bisnis tentu dituntut untuk tetap profesional. Sedangkan untuk akun pribadi agakanya harus tetap waspada karena sosial media berisi banyak orang yang tidak semua anda kenal.

Untuk akun bisnis yang menggunakan teknologi komunikasi media sosial agaknya dapat juga memanfaatkan kegunaan dan fitur media sosial yang ada. Misalnya untuk memposting sesuatu secara lebih estetik sehingga menarik perhatian banyak orang. Anda dapat memanfaatkian sosial media sebaik mungkin untuk menjalin komunikasi dan menjangkau konsumen atau pelanggan anda.

teknologi komunikasi

Video Konferensi

Perkembangan zaman membawa perkembangan teknologi komunikasi yang semakin maju pesat. Salah satunya teknologi komunikasi yang berupa video konferensi yang memungkinkan seseorang untuk tidak bertemu dengan orang lain secara tatap muka langsung, namun dapat melakukannya secara virtual menggunakan video konferensi. Banyak sekali yang menambahkan layanan vidoe konferensi saat ini karena ini memang sangat diperlukan sehingga orang dapat lebih mudah melakukan komunikasi walau berda dalam tempat yang berbeda.

Tips dan trik yang dapat anda laukan untuk melakukan komunikasi menggunakan video konferensi yaitu dengan membuat gestur, bahasa tubuh dan kesiapan yang sama matangnya dengan ketika melakukannya secara langsung. Disini alangkah baiknya anda melakukan video konferensi sedemikian rupa sama ketika anda melakukan pertemuan komunikasi secara langsung.

Gestur, bahasa tubuh dan tatapan mata harus anda lakukan sedemikian rupa sama seperti ketika anda melakukannya dalam keadaan langsung. Hal lainnya yang perlu anda lakukan dan cermati dalam melakukan video konferensi yaitu dengan terlebih dahulu memperhitungkan tempat dimana anda melakukan video konferensi. Pastikan anda melakukannya ditempat yang strategis dan memastikan keadaan sekitar yang nantinya akan menggangu video konferensi anda karena suara yang ada.

Pada dasarnya tips dan trik terbaik yang dapat anda lakukan untuk menggunakan teknologi komunikasi dengan efektif yaitu dengan mempelaarinya terlebih dahulu. Karena dengan anda mempelajarinya terlebih dahulu anda akan semakin mendapatkan kemudahan dalam menggunakan teknologi komunikasi yang ada. Berikut diatas adalah tips dan trik yang dapat anda lakukan ketika menggunakan teknologi komunikasi seperti yang ada diatas, semoga bermanfaat.

Segala sesuatu memiliki dampak positif dan negatif masing – masing. Tidak mungkin seesuatu hanya memiliki sisi negatif tanpa adanya dampak negatif didalamnya. Berikut ini adalah dampak atau kerugian yang bisa anda dapatkan dalam menggunakan teknologi komunikasi yang ada .

teknologi komunikasi

Kemungkinan Error Lebih Besar

Dari sekian banyak kelebihan yang dimiliki oleh teknologi komunikasi tentu saja memiliki kekurangan. Salah satunya yaitu adanya kemungkinan error yang lebih banyak, hal ini dikarenakan banyak teknologi komunikais yang bergantung pada jaringan. Semakin banyak orang yang menggunakan layanan teknologi komunikasi yang sedang anda lakukan tentu saja akan berdampak terhadap komunikasi yang sedang anda lakukan.

Kemungkinan Salah faham Semakin Besar

Ketika kita menggunakan teknologi komunikasi saat initentu saja terdapat batasan yang akan anda dapatkan saat menjalin komunikasi dengan orang lain. Berbeda cerita ketika anda melakukan komunikasi secara langsung bertatap muka yang tentu saja menyebabkan anda dapat mengkomunikasikan segalanya secara gambalang, menyeluruh dan dapat merespon lawan bicara dengan lebih mudah.

Misalnya saat anda melakukan komunikasi menggunakan fitur pesan sering kali terjadi kesalah pahaman disini terkait bagaimana orang menginterpretasikan isi dari chat. Banyak sekali orang yang mengalami kesalah pahaman setelah emmbaca chat hanya karna lupa pemberian atau penempatan tanda baca bahkan emoticon. Masalah lain yang sering terjadi adalah ketika kita menggunakan aplikasi tambahan berupa penerjemahan otomatis yang membuat terjadinya kesalah pahaman.

teknologi komunikasi

Kurang Personal

Mungkin kita memang dimudahkan dalam berkomunikasi dengan banyak orang menggunakan teknologi komunikasi yang ada, namun hal ini tentu saja tidak menutup adanya keinginan untuk melakukan komumikasi secara langsung dengan bisa lsaling bertatap muka. Karena sebaik apapun teknologi komunikasi yang ada, tetap saja ada batasan didalamnya yang membuat komunikasi tersebut tidak seperti berkomunikasi secara langsung tatap mata. Karena hal ini, banyak orang yang lebih memilih menggunakan komunikais secara langsung sehingga lebih memiliki tempat komunikasi secara privat.

Berikut diatas adalah dampak atau kekurangan yang dapat anda rasakan saat menggunakan teknologi komunikasi. Tentu saja semuanya memiliki sisi positif dan negatif masing-masing. Dengan kekurangan – kekurangan diatas diharapkan setelah anda membaca dan memahaminya dapat menyebabkan anda lebih waspada untuk menghindari hal tersebut atau lebih berjaga – jaga saat melakukan komunikasi menggunakan teknologi komunikasi saat ini terutama dalam hal yang anda anggap penting.

Peran Dalam Kehidupan Manusia

Teknologi komunikasi pada dasarnya semakin berkembang terutama di era milenial seperti sekarang ini. Tentunya kehadiran hal ini memberikan kemudahan di berbagai bidang di segala aspek kehidupan manusia mulai dari bidang pendidikan dan industri hingga aspek lainnya. Terutama dalam hal pekerjaan di sektor apa saja. Pengiriman data bisa dilakukan dengan lebih cepat sehingga informasi bisa tersampaikan secara lebih efektif dan efisien. Tidak hanya itu saja tetapi komunikasi juga bisa berlangsung dengan lebih intens dan kontinyu serta tidak ada hambatan. Oleh karena itu bantuan dari teknologi ini sebenarnya sangat dibutuhkan terutama di masa kini. Segala pekerjaan bisa menjadi lebih cepat untuk diselesaikan dengan adanya bantuan dari hal tersebut.

Tentunya hal ini tidak jauh berbeda dengan pentingnya menggunakan sistem payroll yang tepat. Salah satunya dengan memilih menggunakan JojoPayroll. Produk ini membantu sistem penggajian karyawan yang lebih mudah dan otomatis. Sehingga tim keuangan perusahaan dapat bekerja lebih cepat dan efektif dalam pembayaran gaji. Tentu saja hal ini berkat fitur yang menarik seperti misalnya slip gaji digital, absensi otomatis yang terhubung, serta masih banyak lagi. Oleh sebab itu segera dapatkan coba gratis JojoPayroll di perusahaan Anda. Rasakan perbedaannya dan dapatkan manfaatnya yang maksimal sekarang juga.