Teks Konsultan Adalah – Tips dan Trick Memulai Karir

teks konsultan adalah
Sumber : odydive.com

Teks Konsultan Adalah – Banyak sekali jenis pekerjaan yang ada di dunia ini. Mulai dari yang paling umum dan mungkin sering anda temui di kehidupan sehari – hari. Hingga pekerjaan – pekerjaan yang mungkin belum pernah anda bayangkan sebelumnya. Salah satunya adalah profesi konsultan.

Secara garis besar, konsultan dapat diartikan sebagai orang atau individu yang memberikan layanan berupa masukan secara professional terkait dengan suatu bidang yang ia kuasai kepada perusahaan atau organisasi tertentu. Boleh juga kepada individu lainnya. Tergantung siapa klien yang ia kehendaki.

Seorang konsultan memang dibayar untuk menyampaikan opini atau pendapatnya terkait suatu permasalahan. Dimana pihak pencari konsultan tersebut berharap dengan adanya masukan yang diberikan akan memberikan dampak yang menguntungkan. Konsultan merupakan pihak ketiga yang bekerja dengan memberikan saran serta solusi yang bersifat objektif.

Beberapa Jenis Konsultan yang Ada di Masyarakat

Biasanya, para teks konsultan adalah sudah memiliki PT – nya masing – masing. Mereka biasanya membentuk sebuah biro atau korporasi yang menawarkan jasa konsultasi. Meski tidak selamanya demikian. Terkadang pekerjaan konsultan juga bisa dilakukan secara mandiri atau bahkan freelance. Bekerja secara mandiri atau freelance memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Dimana dengan bekerja secara freelance, anda bisa menjadi bos untuk usaha yang anda kerjakan. Anda bisa jadi juga memiliki jam kerja yang fleksible dan tidak harus selalu direpoti dengan berbagai aturan – aturan.

Pekerjaan sebagai konsultan ternyata tidak harus selalu berhubungan dengan yang namanya hukum. Banyak pekerjaan – pekerjaan konsultan lain yang bisa anda pelajari. Mulai dari konsultan keuangan dan marketing hingga bidang – bidang lain seperti teks atau tax pajak dan sebagainya.

Konsultan Pajak atau Tax (Teks) Konsultan

Banyak perusahaan atau organisasi yang memang sudah memiliki departemennya sendiri yang menangani maslaha pajak dan sebagainya. Namun belum tentu mereka tidak membutuhkan yang namanya konsultan pajak dari pihak ketiga. Hal ini dilakukan semata – mata untuk mendapatkan lebih banyak opsi yang bisa membawa keuntungan yang besar bagi perusahaan.

teks konsultan adalah
sumber : www.7layers.com

Perpajakan sendiri biasanya sudah menjadi tanggungan untuk mereka yang lulusan mata kuliah akuntansi atau mungkin hukum. Anda tidak perlu selalu terpatok dengan pekerjaan akuntan yang harus bekerja di perusahaan. Nyatanya, anda juga bisa mengembangkan karir dengan berdiri sendiri untuk memberikan jasa konsultasi pajak yang baik.

Namun hal ini tidak bisa dilakukan dengan hanya memiliki gelar sarjana atau ijazah saja. Pemerintah emwajibkan seorang konsultan pajak yang ingin membuka ‘pelayanannya’ sendiri untuk mendapatkan ijin terlebih dahulu dengan memiliki izin praktik.

Izin praktik yang dimaksut harus berupa sertifikat konsultan pajak yang telah disetujui dan diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pajak di Indonesia. Anda harus mengikuti ujian yang Bernama USKP atau Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak untuk bisa mendapatkan izin praktik tersebut. Jika berminat, anda bisa menghubungi pihak Komite Pelaksana Panitia Penyelenggara Sertifikasi Pajak untuk mengikuti ujian yang berlaku.

Konsultan Bisnis

Bukan tidak mungkin bagi pebisnis untuk mendapatkan sebuah saran bisnis. Konsultan bisnis itu sendiri memiliki cakupan yang luas. Bahkan, berdasarkan bidangnya saja, konsultan bisnis dibagi menjadi konsultan bisnis untuk managemen dan strategi, konsultan bisnis untuk bagian operasional, IT atau Teknologi, Human resources atau HR serta konsultan bisnis untuk bagian pemasaran.

Berikut adalah beberapa daftar oerusahaan – perusahaan besar yang memang bergerak dalam memberikan layanan konsultasi bisnis, antara lain adalah :

  • IBM
  • PwC atau PricewaterhouseCoopers
  • McKinsey & Company
  • Robert Walters dan masih banyak yang lainnya.
teks konsultan adalah
Sumber : rarnetwork.com

Konsultan Komunikasi

Bagi anda yang sednag atau telah lulus berkuliah di jurusan Public Relations, anda musti tahu bahwa pekerjaan komunikasi tidak melulu harus masuk ke dalam perusahaan. Seorang sarjana Public Relations bisa membuat biro ‘layanan’ komunikasinya sendiri dengan membentuk konsultan komunikasi.

Beberapa hal yang menjadi tanggung jawab seorang kansultan PR atau konsultan Komunikasi adalah menangani masalah kebutuhan branding perusahaan atau klien. Mereka juga bertanggung jawab dalam mengadakan atau mengurus event – event yang akan dilakukan. Konsultan Komunikasi juga wajib mampu menyediakan jasa – jasa seperti menjaga relasi dengan media – media cetak maupun elektronik, Menyusun strategi pemasaran atau strategi sosial media yang tepat hingga membuat konten komunikasi yang baik sebagai sarana untuk membangun opisi public yang bersifat positif.

Konsultan Hukum

Beberapa saat yang lalu lagi heboh – hebohnya berita mengenai seorang konsultan Hukum yang terkenal. Banyak sekali biro atau penyedia jasa konsultan hukum yang sudah menjamur di Indonesia atau dunia. Hal ini terkadang membuat persaingan pembukaan konsultan hukum menjadi cukup riweh dan banyak saingan. Anda harus mamou memberikan kelebihan – kelebihan yang tidak dimiliki oleh konsultan hukum lainnya. Pertimbangkan baik – baik apa yang akan anda jual dan apa kelebihannya.

teks konsultan adalah
sumber : www.ipsdb.com

Anda bisa mengukur kemampuan atau merencanakan karir konsultan anda apabila mampu menjawab pertanyaan – pertanyaan sebagai berikut :

  • Apakah jenis jasa – produk dan kemampuan yang anda tawarkan benar – benar mampu menyelesaikan suatu permasalahan?
  • Dapatkan anda menjelaskan secara rinci mengenai target klien yang anda inginkan?
  • Maukah klien tersebut membayar untuk mendapatkan konsultasi dari anda?
  • Berapa tingkat persaingan dari bisnis atau jasa yang anda tawarkan?
  • Apakah ada competitor lain yang perlu anda waspadai?
  • Seberapa unik dan berbeda jasa konsultasi anda dibandingkan dengan yang lain?
  • Apa kelebihan penyelesaian masalah yang anda tawarkan?
  • Pentingkah jasa konsultasi yang anda tawarkan?

Apabila anda mampu memberikan jawaban yang kuat dari berbagai pertanyaan yang telah disebutkan sebelumnya, maka bisa jadi membuka bisnis konsultasi adalah jalan terbaik untuk mengasah kemampuan. Pun memperoleh pundi – pundi uang sesuai dengan bidang yang anda kerjakan.

Kesimpulan

Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi financial consultant atau Tax atau Teks konsultan, pastikan bahwa Anda telah cukup menguasai hal-hal terkait literasi keuangan baik yang dibidang personal maupun bagi perkembangan suatu bisnis itu sendiri. Hal ini juga dapat dijadikan sebagai modal awal untuk Anda dalam menggapai profesi impian Anda demi menjadi seorang konsultan yang handal.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengelola keuangan perusahaan dengan baik dan menggunakan JojoExpense dari Jojonomic. Terlebih lagi ketika saat ini Anda sedang menjabat atau berprofesi sebagai staff accounting atau pekerjaan apapun yang berkaitan dengan bidang keuangan dalam sebuah perusahaan atau organisasi.

JojoExpense dari Jojonomic merupakan sebuah aplikasi yang berisikan manajemen pengeluaran Teks Konsultan adalah yang digadang-gadang dapat meningkatkan efektivitas serta efisiensi perusahaan hingga 76 persen. Aplikasi ini didesain dengan menggunakan tampilan yang mudah dipahami serta fitur-fitur yang mudah digunakan kapanpun dan dimanapun. Hanya dengan genggaman tangan!

Pun Dengan sistem teknologi canggih berupa Intelligence OCR dan Realtime Geotagging, JojoExpense dari Jojonomic memungkinkan Anda untuk terhindar dari yang namanya risiko kecurangan finansial yang kerap dilakukan oleh karyawan kurang bertanggung jawab serta menjawab mengenai teks konsultan adalah. Bagaimana, Tertarik bukan?

Jadi, jangan tunggu lama – lama. Yuk, Segera gunakan JojoExpense dan dapatkan kemudahan cara pengelolaan keuangan perusahaan sekarang juga! Dapatkan Free Trial Sekarang Juga!