Teks Prosedur Sederhana : Pengertian, Tujuan, dan Contohnya

teks prosedur sederhana

Pemberian bimbingan kepada orang lain dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menggunakan teks dalam bentuk teks proses. Dalam dunia industri, jenis teks ini biasa digunakan dalam setiap kegiatan produksi dan pemasaran. Namun, banyak dari kita tidak tahu apa itu teks prosedur sederhana? Apa fungsi dari teks prosedur? dan apa saja contohnya?

Dalam hal ini, kami akan mengajak semua pembaca untuk memahami semua konten yang terkait dengan teks prosedur dengan cara yang kompleks sehingga Anda dapat menulisnya. Selain itu, penulis akan memberikan beberapa contoh teks prosedur.

Pengertian Teks Prosedur Sederhana

teks prosedur sederhana

Teks prosedur sederhana adalah panduan teknis yang berisi deskripsi, langkah, atau langkah yang harus dilakukan untuk melakukan suatu operasi secara sederhana. Dalam teks prosedural, kita mengenal langkah-langkah yang harus diambil, batasan materi atau tindakan yang diambil, dan langkah-langkah yang dijelaskan secara berurutan.

Dalam “Strategi dan Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0” (2019) karya Ida Widaningsih, teks prosedur sederhana hanya memuat tiga hingga empat langkah. Misalnya saja cara membuat teh, cara membuat kopi, cara menanak nasi, cara membersihkan sepatu, cara menyalakan kipas angin, dll.

Fitur-fitur teks prosedur sederhana

teks prosedur sederhana

Terdapat beberapa ciri khusus pada teks prosedural, sehingga dapat membedakan jenis teks ini dari beberapa jenis teks lainnya, seperti teks eksplanasi, teks eksplanasi, teks anekdot, dan jenis teks lainnya. Berikut instruksinya:

  • Pola kalimat yang digunakan adalah imperatif atau imperatif.
  • Kata kerja yang digunakan adalah tipe aktif.
  • Kata gabungan atau kata majemuk.
  • Gunakan kata keterangan untuk menunjukkan tempat, waktu, dan cara agar lebih akurat.

Tujuan teks prosedur sederhana

teks prosedur sederhana

Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk menunjukkan kepada pembaca proses dari kegiatan tersebut, dengan harapan agar pembaca dapat melakukan seperti yang dilakukan penulis dalam teks prosedur yang kompleks dan harus mudah dipahami, memenuhi harapan penulis dan pembaca, dan logis.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.


Oleh karena itu, penulis harus memperhatikan pilihan kata yang digunakan, pilihan kalimat yang valid dan penggunaan paragraf yang benar. Banyak penulis menggunakan teks proses yang kompleks ini untuk memberikan instruksi untuk melaksanakan atau membuat kegiatan. Ketika pembaca melihat teks program yang kompleks (semua tahapan saling terkait), maka akan mudah untuk memahami petunjuk pelaksanaan atau pembuatan kegiatan.

Contoh teks prosedur sederhana

buku

Berikut adalah beberapa contoh teks program sederhana, termasuk yang berikut ini:

Cara memasak mie instan

Cara memasak mie instan adalah sebagai berikut:

  1. Rebus mie dengan air mendidih.
  2. Setelah matang, tiriskan mie selama beberapa menit, lalu tuangkan mie air mendidih.
  3. Setelah ditiriskan, tuangkan air panas baru untuk sup.
  4. Masukkan bumbu yang tersedia.
  5. Nikmati mie rebus favoritmu.

Struktur teks prosedur sederhana

Dari salah satu contoh teks prosedur di atas, dapat dilihat kerangkanya. Saat membuat teks prosedur yang sederhana harus memuat beberapa bagian yaitu bagian tertarget, bagian material dan bagian langkah, yang akan kami uraikan secara singkat di bawah ini:

Mulai: Tujuan

Pada awal proses penulisan teks, penulis biasanya memberikan penjelasan terkait tujuan pencapaian atau pelaksanaan kegiatan yang dijelaskan. Uraian tujuan pelaksanaan atau pelaksanaan suatu kegiatan meliputi penjelasan tentang kegiatan itu sendiri dan penjelasan tentang hasil akhir yang diharapkan atau manfaat yang dapat direalisasikan.

Bagian 2: Bahan

Setelah penulis menjelaskan kegiatan dan hasil akhir yang diharapkan, penulis memberikan penjelasan tentang apa saja yang perlu disiapkan dan apa saja yang perlu disiapkan saat melakukan atau pembuatan kegiatan tersebut. Bahan dan alat adalah contoh hal-hal yang perlu dipersiapkan.

Bagian Tiga: langkah-langkah

Bagian terakhir penulis memberikan penjelasan tentang langkah-langkah atau tahapan yang diperlukan untuk melaksanakan suatu kegiatan. Tahapan ini harus sistematis, logis dan mudah dipahami oleh pembaca.

Kumpulan sampel teks prosedur sederhana (singkat)

Teks proses sederhana adalah teks proses yang menunjukkan tahapan singkat dari proses kerja eksekusi. Teks ini biasanya disebut juga teks program pendek. Dengan artikel ini, pembaca akan lebih mudah memahami tahapan yang harus dilakukan di tempat kerja.

Biasanya juga dijelaskan bahwa pada artikel ini, proses ini hanya menampilkan 2 sampai 3 langkah untuk mendapatkan hasil. Dan sering kali sangat pendek. Namun, sebagian orang berpendapat bahwa teks prosedur sederhana ini hanya menggunakan kurang dari 10 tahapan. Karena lebih dari itu, dapat dikatakan sebagai teks program yang kompleks. Di sini, kami memberikan beberapa contoh teks proses sederhana yang dikompilasi khusus untuk membuat Anda lebih terbiasa.

Cara mendaftar / membuat akun Twitter

Twitter adalah media sosial seperti Facebook. Twitter tidak hanya digunakan di Indonesia saja, tetapi Twitter telah banyak digunakan di seluruh dunia. Pengguna Twitter menjangkau hampir semua lapisan masyarakat, dari kelas menengah hingga kelas atas, dan sebaliknya. Bagaimana cara mendaftar akun Twitter? Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mendaftarkan akun Twitter dengan benar.

  1. Sebagai langkah pertama, silakan buka halaman Twitter atau gunakan tautan berikut https://twitter.com/.
  2. Selanjutnya Anda akan melihat kolom untuk registrasi Twitter, silahkan isi semua kolom dengan benar.
  3. Tahap selanjutnya adalah melakukan konfirmasi data registrasi dan memasukkan data nama pengguna.
  4. Pada tahap ini, Anda akan diperkenalkan dengan Twitter. Silakan klik “Ayo!” Untuk masuk ke tahap berikutnya.
  5. Kemudian, pada tahap selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih minat, dan minat yang dipilih akan menentukan halaman yang akan Anda jelajahi untuk pertama kali.
  6. Anda akan diminta untuk melihat 40 daftar untuk Anda ikuti. Jika sudah selesai, silahkan klik “Follow and Continue” untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.
  7. Kemudian, Anda akan diminta untuk mengupload foto profil.
  8. Pada tahap ini, Anda diminta untuk memasukkan email Anda, kemudian Anda harus memverifikasi email tersebut. Setelah itu, akun Twitter Anda akan berhasil digunakan.

Cara membuat akun Instagram di ponsel Android

Instagram adalah aplikasi yang digunakan untuk berbagi foto atau video. Di Instagram pasti kamu tahu banyak sekali konten yang menarik. Di zaman sekarang ini, Instagram sangat populer di semua kalangan. Ada 2 akun Instagram yaitu Instagram via PC dan Android. Lalu, bagaimana cara membuat akun Instagram di HP Android? Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama, cari di playstore dengan mencari Instagram, lalu instal.
  2. Klik Instal, tunggu sebentar, dan klik Buka.
  3. Klik Daftar.
  4. Isi data Anda dengan benar.
  5. Kemudian, Anda akan diminta untuk menghubungkan Instagram dengan Facebook.
  6. Pada tahap ini, sistem meminta Anda untuk bergabung dengan grup, promosi, atau seseorang yang Anda kenal.
  7. Akun anda telah berhasil dibuat.

Cara mudah membuat slime

Slime adalah salah satu mainan anak favorit kita yang bisa kita beli di toko mainan. Namun sebenarnya Anda bisa membuat slime sendiri di rumah, sebagai berikut:

Alat dan bahan:

  • 1 botol mucus activator, tersedia di toko terdekat.
  • 1 botol minyak bayi cusson.
  • Pewarna makanan (warna sesuai selera).
  • 1 botol lem Povinal.
  • Sendok dan piring.

Bagaimana cara melakukannya :

  1. Campur povinal gum dan pewarna makanan dalam wadah hingga warnanya merata.
  2. Setelah tercampur, tambahkan aktuator lendir ke dalam wadah dengan cara dituangkan ke dalam wadah sedikit demi sedikit sambil diaduk, hingga adonan membentuk gel dan tidak menempel pada wadah.
  3. Selanjutnya tambahkan cusson baby oil agar lendir tidak menempel saat kita menyentuhnya.
  4. Slime bisa digunakan.

Kesimpulan

Teks proses sederhana adalah teks yang berisi langkah-langkah sederhana, biasanya hanya 2-4 langkah untuk menyelesaikan operasi, misalnya, cara masuk ke akun JojoExpense, yang merupakan software akuntansi laporan keuangan terbaik yang banyak dipercaya pebisnis di Indonesia dalam menangani pengelolaan laporan keuangan.

Kontrol anggaran kapan saja, di mana saja. Mulai sekarang, semuanya ada di tangan Anda. Anda dapat mengelola anggaran seluruh perusahaan hanya dengan hp Anda melalui JojoExpense. Menyetujui atau menolak pengajuan reimbursement dan cash advance kapan pun, di mana pun. Ini juga memantau penggunaan anggaran karyawan. Daftarkan sekarang juga dan nikmati uji coba gratisnya!