Tempat Kursus Pemograman C Untuk Setiap Tingkat Keahlian

Affiliate Programs

Bahkan dengan begitu banyak bahasa tingkat sistem lain untuk dipilih, C tetap menjadi pilihan populer pada tempat kursus pemograman.

Banyak proyek utama seperti kernel Linux dan runtime Python masih menggunakan C, dan kemungkinan besar akan melakukannya tanpa batas waktu. Untuk beberapa bidang komputasi, seperti pemrograman tertanam, C adalah suatu keharusan.

Dan tidak pernah ada waktu yang lebih baik untuk belajar C. Sumber daya berlimpah, dari buku hingga kursus terpandu.

Di sini kita akan melihat empat penawaran kursus online utama untuk mempelajari pemrograman C, masing-masing ditujukan untuk tingkat pengguna yang berbeda dan menawarkan pendekatan yang berbeda.

Misalnya, satu menggabungkan belajar C dengan belajar Linux, sementara yang lain mengajarkan C dan C++ bersama-sama.

tempat kursus pemograman

Apa itu pemrograman pada tempat kursus pemograman?

Ada banyak definisi tentang apa itu pemrograman komputer, tetapi yang saya gunakan adalah:

“Pemrograman adalah bagaimana Kamu mendapatkan komputer untuk memecahkan masalah.”

Ada dua frase kunci di sini yang penting:

  • kamu : tanpa programmer (kamu), komputer tidak berguna. Ia melakukan apa yang Kamu perintahkan.
  • memecahkan masalah : komputer adalah alat. Mereka adalah alat yang kompleks, harus diakui, tetapi mereka tidak misterius atau ajaib: mereka ada untuk membuat tugas lebih mudah.

Program komputer (atau perangkat lunak) adalah apa yang membuat komputer bekerja. Tanpa perangkat lunak, komputer modern hanyalah mesin rumit untuk mengubah listrik menjadi panas. Ini adalah perangkat lunak di komputer Kamu yang menjalankan sistem operasi, browser, email, game, pemutar film Kamu hampir semuanya.

Pemrograman adalah tugas kreatif: tidak ada cara yang benar atau salah untuk memecahkan masalah, sama seperti tidak ada cara yang benar atau salah untuk melukis gambar.

Ada pilihan yang harus dibuat, dan satu cara mungkin tampak lebih baik daripada yang lain, tetapi itu tidak berarti yang lain salah! D

engan keterampilan dan pengalaman yang tepat, seorang programmer dapat membuat perangkat lunak untuk memecahkan masalah dalam jumlah tak terbatas mulai dari memberi tahu Kamu kapan kereta berikutnya akan tiba hingga memainkan musik favorit Kamu.

Kemungkinan hanya dibatasi oleh imajinasi Kamu. Itu sebabnya saya suka pemrograman.

Ketiga konsep ini adalah struktur logis dasar dalam pemrograman komputer:

  • Urutan : menjalankan instruksi secara berurutan
  • Seleksi : membuat pilihan
  • Pengulangan : melakukan hal yang sama lebih dari sekali

Tambahkan ke konsep-konsep ini kemampuan untuk menangani input dan output dan untuk menyimpan data, dan Kamu memiliki alat untuk memecahkan sebagian besar semua masalah komputasi.

tempat kursus pemograman

Tempat kursus pemograman C untuk setiap tingkat keahlian

1.      Udemy: Pemrograman C untuk Pemula

C belum tentu bahasa pemrograman yang paling mudah untuk dipelajari terlebih dahulu, tetapi itu tidak berarti itu bukan bahasa pertama yang cocok, atau tidak bisa diajarkan sebagai satu. 

Pemrograman C Udemy untuk Pemula membuktikannya, mengambil pendekatan “dasar-dasar dulu”. Kursus ini tidak hanya mencakup seluruh bagian yang dikhususkan untuk menginstal perangkat lunak yang diperlukan pada sistem Kamu.

Baik itu Windows, Linux, atau Mac, tetapi juga menggunakan Code:Blocks yang ramah-pemula sebagai editor kode pilihan. Kursus ini juga tersedia dengan teks tertutup dalam berbagai bahasa: Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Portugis, Polandia, dan Spanyol.

Durasi: 24 jam, serba cepat.

2.      DartmouthX dan IMTx: Pemrograman C dengan Linux

Satu hal yang biasanya Kamu pelajari dengan bahasa pemrograman adalah perangkat yang menyertainya. Kursus DartmouthX dan IMTx C Programming with Linux mengajarkan pemrograman C bersama-sama dengan toolset yang disediakan untuk C di Linux.

Ini masuk akal, mengingat Linux itu sendiri dibangun dengan C, dan distribusi Linux menyertakan kompiler C. (Windows kurang bersahabat dengan pemrogram C karena Kamu harus mendapatkan semua alat di tempat lain.)

Perhatikan bahwa ini bukan kursus sederhana. Ini terdiri dari beberapa modul selama satu tahun, dengan perkiraan tiga atau empat jam seminggu.

Durasi: Satu tahun (tiga hingga empat jam per minggu), serba cepat.

3.      Duke University: Pengantar Pemrograman dalam Spesialisasi C

Serangkaian kursus empat bulan lima bulan ini ditujukan untuk pendatang baru dalam pemrograman. Ini tidak lengkap seperti beberapa kursus lain di sini. Itu tidak mencakup penggunaan C di Linux, misalnya.

Melainkan dimulai tepat di awal, mengambil seluruh kursus pertama untuk berbicara tentang pemrograman sebagai teknik pemecahan masalah umum.

Dari sana urutan membagi ke dasar-dasar C (kursus 2), kemudian mencakup pointer dan rekursi (kursus 3), dan manajemen memori dan interaksi sistem (kursus 4).

Kursus terakhir juga menyentuh perbedaan penting antara proyek pemrograman ukuran ruang kelas dan dunia nyata termasuk ruang lingkup dan tantangan manajemen mereka.

Empat kursus diberikan dalam bahasa Inggris, tetapi juga diberi teks dalam bahasa Prancis, Portugis (Brasil), Vietnam, Rusia, Spanyol, dan Inggris (untuk orang yang memiliki gangguan pendengaran).

Durasi: Lima bulan, mandiri.

4.      MIT Open Courseware: Pemrograman Efektif dalam C dan C++

Tidak setiap kursus pemrograman C adalah pengantar awal untuk pemecahan masalah atau pemrograman komputasi.

Pemrograman Efektif dalam C dan C++ , yang ditawarkan oleh MIT Open Courseware, mengasumsikan siswa sudah memiliki beberapa pengalaman pemrograman dan nyaman bekerja dengan baris perintah, jadi ini adalah pilihan yang baik untuk pengembang Python, Java, atau JavaScript yang ingin menambahkan C ke keahlian.

Kursus ini juga memberikan banyak materi tentang C++, termasuk pemrograman berorientasi objek dan penggunaan fitur-fitur baru pada stkamur C++11.

Untuk itu, ini cocok untuk orang yang mempertimbangkan C++ dan juga C, dan ingin mengetahui bagaimana C++ memperluas dan meningkatkan C.

Durasi: Empat minggu, mulai minggu pertama di bulan Januari. Namun, courseware terbuka juga dapat digunakan secara mandiri.

tempat kursus pemograman

Bahasa pemrograman pada Tempat Kursus Pemograman

Sayangnya, komputer tidak mengerti bahasa seperti bahasa Inggris atau Spanyol, jadi harus menggunakan bahasa pemrograman yang mereka mengerti untuk memberi mereka instruksi.

Ada banyak bahasa pemrograman yang berbeda, semuanya memiliki kelebihannya sendiri, dan bahasa tertentu lebih cocok untuk jenis tugas tertentu, tetapi tidak ada satu bahasa pun yang ‘terbaik’.

Dalam kursus ini Kamu akan memprogram menggunakan bahasa yang disebut Python. Python adalah salah satu dari sekelompok bahasa yang disebut “bahasa pemrograman tujuan umum”, yang dapat digunakan untuk memecahkan berbagai macam masalah. Bahasa populer lainnya dalam kategori ini adalah C, Ruby, Java dan BASIC.

Kamu tidak perlu menjadi seorang programmer komputer untuk dapat membaca kode ini. Ini berisi kata-kata bahasa Inggris dan dapat dibaca (jika tidak mungkin dimengerti). Namun, pada akhir kursus ini Kamu akan memahami kode ini, apa fungsinya, dan konsep yang digunakannya.

Program sering disebut sebagai kode dan karenanya pemrograman juga dikenal sebagai pengkodean.

Perusahaan membutuhkan database untuk merekam informasi karyawan? Untuk mengelola database karyawan, ada baiknya perusahaan menggunakan bantuan aplikasi HR yang sudah tepercaya dan memiliki berbagai fitur pengelola administrasi karyawan. Salah satu aplikasi tersebut adalah JojoTimes. Ketahui fitur-fitur JojoTimes yang dapat membantu Anda mengelola administrasi karyawan secara real time.

Penutup

Jojo Times

Onboarding sendiri merupakan hal penting yang harus dilakukan perusahaan terutama untuk para karyawan baru. Karena dengan proses onboarding yang baik kaan menjadikan karyawan yang potensial dan berkualitas kedepannya. Salah satu yang dapat anda lakukan untuk memantau karyawan baru adalah menggunakan sistem absensi dari Jojo Times

Jojo Times merupakan aplikasi absensi online yang berbasis cloud sehingga sangat cocok sekali untuk digunakan pada perusahaan. Perangkat lunak yang satu ini mempermudah Anda dalam memantau absensi karyawan secara realtime kapan dan dimanapun.