Text To Speech Untuk Terjemahan Teks Cepat

soft selling

Text to speech atau yang juga disebut dengan istilah sistem TTS mungkin cukup asing bagi masyarakat awam. Sebaliknya mungkin banyak orang yang lebih mengenal Speech Recognition yaitu sistem yang menggunakan perintah kata dan menerjemahkannya hingga menjadi suatu data yang dipahami oleh komputer. Jadi Speech Recognition mengacu pada perubahan dari suara manusia hingga menjadi teks. Jadi pada dasarnya sistem ini berkebalikan dengan sistem TTS. Pada prinsipnya sistem TTS ini merupakan suatu sistem yang dapat melakukan konversi dari teks hingga menjadi ucapan. Mungkin saja hal ini belum banyak diketahui oleh beberapa orang. Walaupun di masa sekarang ini teknologi canggih semakin berkembang namun tidak semua orang mengerti benar tentang apa itu sistem TTS dan apa fungsinya.

Hampir sebagian orang belum mengenalnya karena tidak mengikuti perkembangan zaman yang begitu pesat di masa sekarang ini. Bahkan mungkin saja hanya sedikit orang yang memahaminya dan mengerti tentang arti dari sistem ini. Sebenarnya adanya sistem ini dapat memberikan keuntungan bagi user.

Apa itu Text To Speech?

Jika didefinisikan maka sistem TTS ini bisa diartikan sebagai suatu sistem yang dapat mengubah suatu teks hingga menjadi ucapan dan hal ini terjadi secara otomatis dengan cara fonetisasi. Yang dimaksud dengan fonetisasi disini adalah penyusunan beberapa fonem sehingga membentuk sebuah ucapan. Anda bisa menggunakan sistem ini untuk mengucapkan kata apa saja sebab kosa kata yang dapat diucapkan melalui sistem ini bersifat tidak terbatas.

Tentu saja sistem ini dapat dilakukan dengan adanya peran dari teknologi canggih sehingga penggunaannya dapat semakin mempermudah pekerjaan Anda. Sistem yang dapat mengubah teks hingga menjadi suatu ucapan ini umumnya banyak digunakan untuk sebuah layanan informasi otomatis yang dilakukan melalui telepon. Jadi Anda bisa menjumpainya pada call center. Namun sebenarnya apa yang bisa didengar dari call centre ini bukanlah sepenuhnya merpakan TTS karena kosa katanya terbatas sedangkan Anda bisa menggunakan kosa kata dengan jumlah yang tidak terbatas melalui TTS. Dengan adanya kecanggihan teknologi yang terwujud dalam bentuk TTS ini maka Anda bisa menggunakannya untuk berbagai macam keperluan Anda. Segala macam pekerjaan terutama di perusahaan diharapkan agar bisa berjalan dengan lebih mudah dan lebih baik sehingga perusahaan bisa berkembang dan mengalami kemajuan.

POIN PENTING

  • Text-to-speech (TTS) dapat memberikan pengalaman membaca multisensor yang menggabungkan penglihatan dengan pendengaran.
  • Menggunakan TTS tidak akan menunda perkembangan keterampilan membaca anak Anda.
  • Sekolah anak Anda dapat menyediakan TTS, tetapi Anda juga dapat mencobanya di rumah.

Leveraging Machine Learning in Text-to-Speech Tools and Applications. | by  Countants | GoBeyond.AI: E-commerce Magazine | Medium

Cara Kerja Text to Speech

TTS bekerja dengan hampir semua perangkat digital pribadi , termasuk komputer, smartphone, dan tablet. Semua jenis file teks dapat dibaca dengan lantang, termasuk dokumen Word dan Pages. Bahkan halaman web online dapat dibaca dengan keras.

Suara di TTS dihasilkan oleh komputer, dan kecepatan membaca biasanya dapat dipercepat atau diperlambat. Kualitas suara bervariasi, tetapi beberapa suara terdengar seperti manusia. Bahkan ada suara yang dihasilkan komputer yang terdengar seperti anak-anak berbicara.

Banyak alat TTS menyoroti kata-kata saat mereka dibacakan. Ini memungkinkan anak-anak untuk melihat teks dan mendengarnya pada saat yang bersamaan.

Beberapa alat TTS juga memiliki teknologi yang disebut pengenalan karakter optik (OCR). OCR memungkinkan alat TTS untuk membaca teks dari gambar dengan lantang. Misalnya, anak Anda dapat mengambil foto papan tanda jalan dan mengubah kata-kata pada papan nama tersebut menjadi audio.

Text to speech (TTS) - eBusiness Institute

Bagaimana Text-to-Speech Dapat Membantu Anak Anda

Materi cetak di kelas — seperti buku dan selebaran — dapat menjadi kendala bagi anak-anak dengan masalah membaca. Itu karena beberapa anak kesulitan

dan memahami kata-kata tercetak di halaman. Menggunakan teks digital dengan TTS membantu menghilangkan hambatan ini.

Tahukah Anda bahwa anak Anda mungkin memenuhi syarat untuk mendapatkan buku text-to-speech digital gratis? Belajarlah lagi.

Dan karena TTS memungkinkan anak-anak melihat dan mendengar teks saat membaca, TTS menciptakan pengalaman membaca multisensor . Peneliti telah menemukan bahwa kombinasi dari melihat dan mendengar teks saat membaca:

  • Meningkatkan pengenalan kata
  • Meningkatkan kemampuan memperhatikan dan mengingat informasi saat membaca
  • Memungkinkan anak-anak untuk fokus pada pemahaman daripada mengucapkan kata-kata
  • Meningkatkan daya tahan anak untuk tugas membaca

Membantu anak-anak mengenali dan memperbaiki kesalahan dalam tulisan mereka sendiri

Seperti buku audio, TTS tidak akan memperlambat perkembangan keterampilan membaca anak Anda.

Top Tips for Using Text-to-Speech (TTS) in Storyline 360

Jenis Alat Text to Speech

Bergantung pada perangkat yang digunakan anak Anda, ada banyak alat TTS yang berbeda:

Teks-ke-ucapan bawaan

Banyak perangkat memiliki alat TTS bawaan . Ini termasuk komputer desktop dan laptop, ponsel cerdas dan tablet digital, dan Chrome. Anak Anda dapat menggunakan TTS ini tanpa membeli aplikasi atau perangkat lunak khusus.

Alat berbasis web

Beberapa situs web memiliki alat TTS di tempat. Misalnya, Anda dapat mengaktifkan alat “Bantuan Membaca” situs web kami, yang terletak di sudut kiri bawah layar Anda, agar laman web ini dibaca dengan lantang. Selain itu, anak-anak penderita disleksia mungkin memenuhi syarat untuk mendapatkan akun Berbagi Buku gratis dengan buku digital yang dapat dibaca dengan TTS. (Bookshare adalah program dari mitra pendiri Understood Benetech .) Ada juga alat TTS gratis yang tersedia online .

Aplikasi Text-to-speech

Anak-anak juga dapat mendownload aplikasi TTS di smartphone dan tablet digital. Aplikasi ini sering kali memiliki fitur khusus seperti penyorotan teks dalam berbagai warna dan OCR. Beberapa contohnya termasuk Voice Dream Reader , Claro ScanPen dan Office Lens.

Alat Chrome

Chrome adalah platform yang relatif baru dengan beberapa alat TTS. Ini termasuk Baca & Tulis untuk Google Chrome dan Snap & Baca Universal . Anda dapat menggunakan alat ini di Chromebook atau komputer apa pun dengan browser Chrome. Lihat lebih banyak alat Chrome untuk membantu membaca .

Program perangkat lunak Text-to-speech

Ada juga beberapa program perangkat lunak literasi untuk komputer desktop dan laptop. Selain alat baca dan tulis lainnya, banyak dari program ini memiliki TTS. Contohnya termasuk Kurzweil 3000, ClaroRead dan Read & Write. Alat Microsoft’s Immersive Reader juga memiliki TTS. Itu dapat ditemukan di program seperti OneNote dan Word. Lihat lebih banyak contoh perangkat lunak untuk anak-anak dengan masalah membaca .

Spoken Dialogue Systems Technology and Design | Spoken Dialog System  Technology Workshop

Text To Speech VS. Sistem Respon Suara

TTS tidak sama dengan sistem respons suara atau voice respon system (VRS). Sistem respons suara, juga dikenal sebagai respons suara interaktif, mensintesis ucapan dengan menggabungkan kalimat dari database kata-kata yang direkam sebelumnya dan digunakan untuk tujuan yang berbeda dari sistem TTS, yang membentuk kalimat dan / atau frasa berdasarkan grafik dan fonem bahasa.

Sistem respons suara dibatasi untuk mensintesis kalimat yang hanya berisi kata-kata yang telah ditentukan sebelumnya oleh sistem. Sebaliknya, sistem TTS secara teoritis mampu “membaca” string karakter teks apa pun untuk membentuk kalimat asli.

Sederhananya, VRS adalah rekaman suara yang diputar saat penelepon masuk. Terdengar seperti suara manusia, dan suara tersebut memberikan opsi kepada penelepon, seperti menekan nomor tertentu pada keypad ponsel agar tindakan tertentu terjadi . Misalnya, VRS mungkin berkata, “Jika Anda ingin berbicara dengan departemen penagihan, tekan dua.” Setelah dua ditekan, ini memicu tindakan mentransfer panggilan ke departemen penagihan.

Namun, VRS tidak akan ada jika bukan karena sistem TTS. TTS bertanggung jawab untuk memberikan suara ke semua teks yang ditulis oleh layanan VRS. Untuk bisnis, memiliki sistem TTS dan VRS bermanfaat. Memiliki sistem TTS memungkinkan bisnis menjangkau demografi baru masyarakat yang mencakup mereka yang memiliki gangguan penglihatan atau kesulitan membaca. Panggilan dapat direkam sebelumnya dalam bahasa apa pun, yang berarti hambatan bahasa telah dihapus. Dengan kombinasi sistem TTS dan VRS, bisnis dapat mengirim pesan dalam format audio dan teks ke pelanggan, memungkinkan konektivitas yang lebih baik dan komunikasi yang lebih cepat.

Just Play With It - Speech Recognition Transparent PNG - 909x320 - Free  Download on NicePNG

Bagaimana Anak Anda Dapat Mengakses Text-to-Speech di Sekolah

Ada baiknya memulai percakapan dengan guru anak Anda jika menurut Anda anak Anda akan mendapat manfaat dari TTS. Jika anak Anda memiliki Program Pendidikan Individual atau rencana anak anda berhak atas teknologi pendukung yang perlu dia pelajari . Tetapi bahkan tanpa rencana IEP atau 504, sekolah mungkin bersedia menyediakan TTS jika dapat membantu anak Anda.

Anda juga dapat menggunakan TTS di rumah. Cobalah salah satu alat di atas, atau lihat opsi untuk buku audio gratis dan buku TTS digital. Dan pelajari lebih lanjut tentang teknologi pendukung untuk membaca.

Teknik Fonetisasi dalam Text to Speech

Bagi yang masih awam, ada beberapa teknik fonetisasi dalam Text to Speech. Umumnya teknik tersebut meliputi hal berikut ini:

  1. Perekaman suara manusia yang dilakukan oleh sistem TTS . Dalam hal ini suara Anda akan direkam untuk menghasilkan suatu ucapan. Kemudian beberapa potongan suara itu akan digabungkan namun hasil suara tersebut bisa saja kurang maksimal.
  2. Perekaman diphone artinya suara Anda saat sedang mengucapkan berbagai macam suku kata akan direkam. Kemudian suara yang direkam ini akan menghasilkan suatu ucapan. Rekaman atas berbagai suku kata yang Anda ucapkan tersebut kemudian akan digabungkan hingga hasil suara bisa lebih natural.
  3. Pembelajaran yang mengacu pada berbagai proses perekaman suara hingga bisa diolah untuk kemudian ditampilkan.
  4. Artikulatori dengan proses pita suara Anda dironsen. Hasil ronsen ini kemudian dikonversi ke persamaan matematis. Dalam hal ini akan diperoleh presentasi gelombang fisika sehingga Anda bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan.

Cara Menggunakan Text to Speech

Jika tertarik untuk menggunakan Text to Speech melalui aplikasi yang dimiliki, maka sebaiknya ikuti beberapa detail langkah yang diberikan berikut ini:

  1. Aktifkan Android Text to Speech dari menu Pengaturan pada Android. Setelah sistem TTS telah aktif pada smartphone Anda maka barulah Anda bisa menggunakannya.
  2. Pergi ke panel Bahasa. Setelah itu segera masukkan dan tekan pilihan Text to Speech yang terletak di bagian bawah layar.
  3. Klik pada Text Anda yang memang telah dipilih untuk mesin Speech. Setelah itu Anda akan menemukan Google Text to Speech engine dan juga satu dari produsen perangkat Anda jika memang tersedia.
  4. Di jendela yang sama tersebut kini Anda bisa menyesuaikan tingkat Speech. Selain itu Anda juga bisa mengubah default status bahasa dan kemudian mendengarkan contoh yang akan diberikan.
  5. Anda akan menemukan berbagai macam bahasa yang tentunya didukung pula oleh teknologi pada sistem TTS di smartphone anda.

Kecanggihan Text to Speech

Tampaknya masih belum banyak orang yang belum tahu benar tentang kecanggihan fungsi Text to Speech yang dipersembahkan Google. Kecanggihan ini antara lain terwujud melalui adanya sintesis ucapan fidelitas tinggi serta berbagai macam manfaat yang tidak kalah hebat dengan berbagai aplikasi lainnya. Fungsi Google TTS ini memungkinkan para user untuk menyintesis berbagai ucapan yang terdengar secara alami dan tersedia dalam berbagai bahasa dan varian. Bahkan fitur ini menawarkan pilihan kurang lebih 30 suara dalam berbagai macam bahasa dan varian. Fitur ini juga mudah untuk diintegrasikan dengan aplikasi dan perangkat lainnya yang ada. Fitur ini juga mendukung berbagai aplikasi atau perangkat apa saja yang dapat mengirim permintaan REST atau gRPC termasuk pada ponsel dan PC serta pada tablet atau perangkat lainnya. Jadi fitur atau sistem TTS ini dapat mengubah sebuah teks hingga menjadi audio yang dapat dikonsumsi berbagai audio.

Pada dasarnya sistem TTS dari Google ini merupakan suatu solusi yang fleksibel untuk menciptakan suatu pengalaman alami untuk berbagai macam kasus penggunaan. Fitur yang canggih dari Google ini dapat mempermudah pekerjaan Anda terutama jika Anda membutuhkan fitur yang dapat melakukan perekaman suara. Dengan adanya sistem TTS ini maka Anda bisa memiliki perangkat yang mampu berbicara kembali kepada Anda. Teknologi canggih yang ada pada fitur TTS ini bahkan bisa digunakan untuk membantu individu tunanetra agar bisa mendengar dan memahami suatu teks. Dengan adanya perangkat ini maka Anda bisa saja membaca buku dengan bahasa yang keras. Perangkat Android pada smartphone juga bisa menggunakan teknologi dari sistem Text to Speech ini sehingga Anda bisa menggunakannya dengan mudah.

JojoExpense

Penggunaan Text to Speech membantu mempermudah aktivitas teksting terutama melalui alat bantu seperti laptop atau telepon selular. Sama halnya jika menggunakan produk yang tepat untuk mendukung sistem keuangan perusahaan. Ada baiknya beralih pada JojoExpense supaya dapat memperoleh berbagai macam manfaat. Mulai dari manfaat pencatatan keuangan yang jelas, manfaat reimburse yang mudah, hingga penyediaan kas dan monitor keluar masuk keuangan secara mudah.

Semua ini berkat adanya fitur menarik yang terdapat pada JojoExpense. Beberapa di antaranya yaitu fitur Cash Advanced with Flexible Verification Flow, Cash Advance Partial Reporting, Restriction Policies for Cash Advance Request, Cash Advance Account Receivable Receipt, serta masih banyak fitur sejenis lainnya. Oleh sebab itu jangan ragu, segera dapatkan coba gratis pada JojoExpense dan rasakan berbagai macam manfaat yang telah disebutkan tadi.