Thrifting : Pengertian, Perbedaan, dan Tips & Triknya

thrifting

Apa itu Thrifting? Istilah Thrifting mungkin sudah tidak asing lagi di telinga pecinta retro. Bagi beberapa kalangan, Thrifting adalah budaya populer yang melampaui faktor kebersihan. Namun di Indonesia, Thrifting kini memiliki basis penggemarnya sendiri.

Banyak orang menganggap thrift sebagai barang bekas. Namun, pemahaman ini tampaknya kurang tepat. Dalam kamus, thrift adalah aktivitas belanja yang tujuannya agar harga barang dan barang tidak semurah selera pasar saat ini.

Selain itu, arti berhemat bisa juga disebut dengan aktivitas membeli barang bekas, asalkan bukan berarti kualitas barang yang dijual kurang baik. Di sisi lain, barang yang dijual di toko barang bekas biasanya dalam keadaan baik dan berkualitas terbaik. Nah, barang yang dijual di toko barang bekas sering disebut “preloved”.

Konsep Thrifting dalam mendukung gerakan nol sampah ini juga disambut baik oleh banyak kalangan, terutama kaum muda. Namun, meski sering mendengar kata ini, banyak anak muda masih salah paham tentang Thrifting. Berikut ulasan mengenai manfaat Thrifting, serta tips dan trik yang perlu diketahui saat melakukan aktivitas ini.

Pengertian Thrifting

thrifting

Anda mungkin mendengar seorang teman berkata dia ingin Thrifting. Anda mungkin bingung dan ingin tahu apa itu Thrifting? Lalu berapa lama kemudian, teman Anda pulang dengan membawa barang-barang unik di tas belanjaannya.

Thrifting adalah sekumpulan barang milik seseorang yang sudah tidak terpakai lagi, kemudian barang tersebut dijual dan bisa digunakan oleh orang lain. Thrifting juga bagian dari mencari mantan peminat dengan model yang tepat, harga yang pas dan ukuran yang pas, sehingga kita bisa puas mencari barang bekas.

Aplikasi HRIS No 1 di Indonesia

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Barang bekas harus membawa keuntungan bagi pemilik baru. Yang dijual secara ilegal bukanlah jenis produknya, dan belum bisa dipastikan apakah masih bisa digunakan. Jangan sampai dibiarkan, karena kita ingin mencari yang barang lama favorit ke tempat-tempat ilegal. Ini sama saja dengan menerima sampah dari luar yang masuk dan menjadi tidak terpakai.

Langkah Thrifting dilakukan di tempat-tempat yang dilakukan penjualan umum. Jika kita datang ke tempat legal, akan lebih nyaman, kita dapat menemukan barang yang kita suka dan akhirnya menggunakannya, karena barang tersebut masih layak.

Mengapa Anda ingin berbelanja secara Thrifting?

thrifting

Barang Thrifting yang paling populer adalah pakaian. Banyak penggemar OOTD yang terinspirasi dari pakaian dan melihat bahwa busana modis tidak hanya berasal dari barang mewah dan barang mahal. Namun, barang tersebut juga bisa didapatkan dengan hemat.

Dari sudut pandang pemakainya, tidak hanya keren, tapi barang-barang hemat biasanya terlihat menarik, unik, dan tidak ada di pasaran. Kalaupun beruntung, pembeli bisa menemukan produk branded dengan harga yang sangat terjangkau.

Keunggulan berhemat lainnya adalah karena pemilik sebelumnya telah membuktikan bisa membuat pakaian lebih awet dan tidak mudah rusak. Pembeli juga bisa menemukan barang langka. Bahkan pembeli bisa mendapatkan produk edisi terbatas yang sudah tidak diproduksi lagi.

Thrifting, yaitu menemukan barang bekas, merupakan ciri khusus. Karena Anda bisa menemukan sesuatu yang unik, seperti produk bermerek yang otentik. Memiliki beberapa item retro keren atau mengoleksi pakaian khusus akan membuat orang sangat puas. Bagian terbaiknya adalah tidak ada yang akan memilikinya.

Tips dan trik Thrifting

thrifting

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum thrifting adalah meneliti toko barang bekas yang akan dikunjungi. Pembeli dapat mencari rekomendasi dari toko barang bekas di Internet atau dari kerabat. Riset harga juga sangat penting. Bandingkan harga barang di toko. Sebelum membeli suatu produk, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kualitas produknya.

Harap periksa dengan cermat, agar tidak menyesali kerusakan yang ditemukan setelah pembelian. Setelah pembeli membeli barang yang ditemukan, yang terbaik adalah membersihkannya terlebih dahulu. Karena barang yang dibeli adalah barang bekas, coba bersihkan dengan disinfektan.

Thrift, Thrifting, dan Thrift Shop

hanger

Pentingnya mempelajari hal ini disebabkan semakin banyaknya toko barang bekas di berbagai media sosial (seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan situs E-Commers lainnya). Beberapa dari Anda mungkin tidak mengerti apa itu thrift, thrifting, dan thrift shop. Sebelum lanjut, yuk kita lihat apa perbedaan Thrift, Thrifting, dan Thrift Shop!

Thrift

Thrift adalah barang bekas atau bekas yang berasal dari barang impor. Karena produk Thrift adalah produk bekas, kondisinya tidak 100% stabil. Namun tidak jarang kita menemukan barang bekas yang masih terlihat seperti baru. Biasanya Thrift hanya ada satu item, jadi buat yang suka banget sama Thrift kamu bisa coba biar Thrifting menemukan Thrift item!

Sebelumnya, kami menyebutkan thrifting. Jadi, apakah thrifting itu? Thrifiting adalah “aktivitas” untuk menemukan barang-barang lama. Biasanya, thrifting bisa dilakukan secara online (melalui berbagai situs di Internet) atau secara langsung, yang akan memasuki pasar barang bekas.

Jika Anda ingin mencoba metode “berhemat” yang lebih “menantang”, maka Anda benar-benar harus langsung mencoba mengirimkan Thrifting ke pasar barang bekas. Anda akan merasa hemat di pasar panas yang sempit namun menantang. Namun, bagi yang tidak ingin ribet, Anda bisa mencoba “Thrift Online”. Anda hanya membutuhkan kuota atau jaringan internet untuk menjelajahi web di berbagai toko barang bekas yang telah tersebar luas di berbagai media sosial.

Thrift Shop

Pada saat yang sama, thrift shop adalah “pasar” atau “wadah” untuk menjual barang bekas. Ada terlalu banyak toko barang bekas yang bisa kita temukan secara online dan offline. Thrifting bukanlah hal yang luar biasa, bahkan kita bisa mendapatkan barang-barang bermerek dengan harga yang sangat terjangkau.

Thrifiting merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan, terutama bagi mereka yang sangat menyukai barang-barang vintage. Berhemat juga bisa membantu melatih kesabaran kita, misalnya ketika kita sedang berhemat di pasar, kita harus hati-hati dalam memilih dan memilih barang agar barang yang kita pilih bebas dari cacat atau noda.

Akhir-akhir ini Thrift Shop sangat populer di kalangan anak muda karena dengan harga yang sangat terjangkau ini, mereka dapat memenuhi kebutuhan fashionnya sendiri agar tetap fashionable, dan tentunya tidak perlu kantongnya meledak.

Kesimpulan

Semua hal tentang thrifting telah dijelaskan diatas. Perlu diingat, anda mesti mengelola budget anda sebelum bertransaksi dalam membeli barang-barang thrift tersebut. Anda pun dapat dengan mudah mengelola keuangan pribadi anda dan melihat slip gaji anda melalui aplikasi software JojoPayroll.

Akuntansi penggajian otomatis. Gaji bulanan perusahaan dapat dikelola dengan mudah menggunakan aplikasi otomatisasi JojoPayroll. Semua perhitungan telah disesuaikan dengan kebijakan ketenagakerjaan Indonesia, di mana database karyawan dapat diintegrasikan dengan pajak pribadi, asuransi, benefit dan reimbursement.

Cetak penggajian otomatis. Gunakan dasbor JojoPayroll terlampir untuk membawa pulang gaji, potongan, tunjangan, dan semua detail lain dari file pribadi Anda untuk mendapatkan gaji Anda dengan cepat. Daftarkan perusahaan anda sekarang dan nikmati uji cobanya!