Tindakan Ekonomi; Definisi Hingga Hubungannya dengan Bisnis

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) tindakan merupakan suatu reaksi atau perbuatan. Maka, secara harfiah tindakan ekonomi dapat diartikan sebagai suatu tindakan yang dilakukan khususnya dalam bidang ekonomi.

Namun, kita tidak bisa asal mengartikannya seperti itu, lho! Karena tindakan ekonomi ini memiliki definisi hingga contohnya tersendiri. Untuk itu, di dalam artikel ini akan kita akan coba memaparkan beberapa hal penting terkait tindakan ekonomi yang perlu Anda pahami dengan baik. Berikut adalah jenis tindakan ekonomi dan cara mengaplikasikannya dalam bisnis. Baiklah langsung saja kita lihat bersama penjelasan di bawah ini !

Apa itu Tindakan Ekonomi?

Tindakan ekonomi bisa terjadi jika tindakan tersebut dilakukan dengan cara mempertimbangkan antara pengorbanan dan hasil untuk melakukan pilihan yang tepat dalam memenuhi suatu kebutuhan.

Untuk mendefinisikan atau memahami pengertian dari sebuah tindakan yang berkaitan dengan perekonomian. Terdapat beberapa penjelasan mengenai hal ini. Dimana salah satunya datang dari James C. Scott, yang berpendapat bahwa tindakan ekonomi merupakan refleksi langsung dari tindakan lainnya, selama tidak keluar dari etika subsistensi.

Kemudian, Hans Dieter Evers mengatakan tindakan ekonomi sebagai sintesis dari tindakan lain yang ada, serta kepentingan ekonomi yang dimiliki yaitu akumulasi modal dalam bentuk barang dan uang.

Oops! We could not locate your form.

Namun, jika diuraikan secara umum tindakan ekonomi dapat dikatakan sebagai segala sesuatu yang dilakukan setiap manusia dalam upaya memenuhi kebutuhannya, dilandasi oleh pilihan terbaik dan yang akan lebih menguntungkan bagi kehidupannya.

Tindakan ekonomi adalah suatu tindakan manusia yang didorong oleh usaha memenuhi suatu kebutuhan fisik untuk mencapai suatu kemakmuran. Tindakan ekonomi adalah tindakan yang dilakukan oleh semua manusia. Yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan fisik manusia agar dapat mencapai suatu kesejahteraan. Begitulah caranya manusia untuk bertahan hidup agar dapat memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Tindakan ekonomi tersebut sudah umum dilakukan oleh semua manusia.

Apa Saja Tujuannya?

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat dikatakan bahwa tujuan dari tindakan dibidang ekonomi akan dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun, di dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan hidup akan dihadapkan pada sumber daya yang terbatas.

Hal ini akan menyebabkan banyaknya pilihan yang harus dihadapi oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya tersebut. Merujuk pada hal tersebut, manusia harus selektif dalam memilih segala sesuatunya untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Tujuan dari tindakan ekonomi di atas adalah untuk membuat manusia agar lebih berhati-hati dan harus mempertimbangkan sesuatu sebelum melakukannya. Karena jika bertindak tanpa dipikirkan terlebih dahulu akan merugikan diri sendiri bahkan keluarga.

Oleh karena itulah, tindakan ekonomi ini diperlukan di dalam kehidupan manusia. Maka, dapat dikatakan, tujuan dari melakukan tindakan ini, dapat terlihat pada poin-poin di bawah ini:

  1. Supaya bisa memilih atau menentukan benda atau jasa seperti apa yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupmu.
  2. Untuk dapat membedakan kualitas barang atau jasa yang hendak digunakan
  3. Agar dapat memprioritaskan kebutuhan hidupnya.
  4. Supaya Anda dapat mempertimbangkan untung dan rugi terhadap pilihan yang hendak Anda buat.
  5. Agar dapat membedakan mana yang menguntungkan dan mana yang merugikan
  6. Untuk dapat membedakan kualitas dan harga barang dan jasa
  7. Agar dapat membedakan barang atau jasa yang dibutuhkan dan yang tidak dibutuhkan
  8. Agar bisa lebih memprioritaskan kebutuhan hidup

Berdasarkan poin-poin di atas, terlihat kan bahwa tindakan ekonomi ini memiliki peran yang signifikan di dalam kehidupan kita? Untuk itulah, kita perlu mengetahui, apa saja yang termasuk di dalamnya. Maka dari itu, scroll terus artikel ini untuk mendapat informasi selengkapnya ya!

Siapa Saja Pelaku yang Terlibat di Dalamnya?

Ketika hendak melakukan suatu kegiatan, tentu harus ada pihak yang terlibat di dalamnya. Tak terkecuali, tindakan ekonomi yang secara umum terbagi menjadi empat kategori. Secara umum, pelaku tindakan ekonomi dapat dibagi menjadi 4 (empat) kategori. Adapun, keempat kategori tersebut bisa Anda lihat pada penjabaran di bawah ini::

Perorangan

Pertama adalah perorangan. Di dalam tindakan dalam perekonomian yang dilakukan oleh perorangan, pada umumnya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Karena, sebagai mahluk ekonomi dan tidak bisa meninggalkan dirinya sebagai mahluk sosial.

Lembaga masyarakat

Tindakan ekonomi juga bisa dilakukan oleh lembaga masyarakat. Siapa saja yang termasuk di dalamnya? Pihak yang termasuk ke dalam lembaga masyarakat ini misalnya lembaga atau organisasi masyarakat seperti yayasan, perkumpulan, karang taruna, dan lain sebagainya. Mereka juga berhak melakukan tindakan ekonomi di dalam proses kerjanya.

Pemerintah

Peran pemerintah sangat dominan dan juga bisa turut ambil andil di dalam melakukan tindakan perekonomian ini. Salah satu hal yang dilakukan adalah bertujuan untuk memenuhi kebutuhan penduduk dan negara.

Antar negara

Dalam realisasinya ternyata, tindakan perekonomian ini juga bisa dilakukan antar negara. Dimana sebuah tindakan perekonomian ini biasanya dilakukan oleh dua negara atau lebih dalam rangka untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran warga negara masing-masing.

Jenis-jenis Tindakan Ekonomi

Hal yang sangat perlu Anda ketahui adalah mengenai jenis tindakan perekonomian. Dimana yang pertama adalah rasional, dan kedua adalah irasional. Lantas, apa saja yang membedakan diantara keduanya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda bisa menyimak penjelasannya di bawah ini ya!

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Tindakan Ekonomi Rasional

Menurut KBBI, rasional dapat diartikan sebagai menurut pikiran dan pertimbangan yang logis. Selain itu, dapat diartikan juga sebagai menurut pikiran yang sehat dan cocok dengan akal.

Tindakan ekonomi rasional merupakan tindakan yang didasari dari yang lebih menguntungkan. Oleh karena itu tindakan ekonomi rasional biasanya untuk memperoleh suatu yang kepuasan yang maksimal.

Tindakan yang rasional juga sangat penting bagi usaha Anda. misalnya seperti ketika Anda menjalankan bisnis Anda harus mengetahui produk atau harga apa saja yang akan menguntungkan bisnis Anda mau sekarang ataupun nanti. Oleh karena itu, tindakan rasional ini sangat penting diterapkan di bisnis Anda.

Selain itu, tindakan ini bukan hanya untuk usaha saja. Namun sangat berguna juga untuk perseorangan juga. Anda bisa menerapkannya ketika Anda ingin membeli sesuatu seperti baju. Anda harus memastikannya terlebih dahulu sebelum membeli.

Bagaimana tidak? dengan teknologi saat ini, Anda bisa berbelanja hanya dengan di rumah saja, dengan berbelanja online Anda bisa lebih mudah membedakan harga mana saja yang lebih murah dan kualitas yang bagus.

Maka, dapat dikatakan tindakan ekonomi rasional ini dilandasi oleh sebuah pilihan yang terbaik dan menguntungkan sehingga dapat mempengaruhi peningkatan kehidupan ekonomi. Dengan kata lain, mampu mencukupi kebutuhan sesuai dengan kebutuhan yang diperluakan dan tidak berlebihan.

Tindakan yang rasional ini diperlukan oleh manusia baik dalam sebuah kehidupan sehari-hari ataupun dalam melakukan usaha. Karena, pertimbangan yang rasional ini dimulai dari suatu hal yang kecil sampai hal yang besar.

Ciri yang Dimiliki

Setelah mengetahui penjelasan yang dimiliki, kita juga perlu mengetahui ciri-cirinya. Terdapat dua ciri pokok yang menggambarkan tindakan ekonomi rasional ini. Pertama ada prinsip ekonomi, dan yang kedua ada motif ekonomi. Penjelasannya bisa kamu lihat di bawah ini ya!

Prinsip Ekonomi

Di dalam kajian Ilmu Ekonomi, prinsip ini dapat dikatakan sebagai suatu tindakan ekonomi yang dilakukan untuk memperoleh kepuasan yang maksimum.

Motif Ekonomi

Masih di dalam kajian Ilmu Ekonomi, motif ekonomi dapat terjadi akibat adanya dorongan oleh sebuah kepentingan yang melatarbelakangi terjadinya sebuah tindakan ekonomi.

Dapat dikatakan, inti dari tindakan ekonomi rasional adalah adanya sebuah upaya untuk penghematan dengan mendapatkan keuntungan maksimal dan dilakukan dengan tepat.

Pengaplikasian dalam Dunia Bisnis

Jenis tindakan ekonomi ini harus dilaksanakan dengan tepat karena keuntungan yang diperoleh dapat berubah menjadi kerugian. Oleh karena itu, adanya tindakan ekonomi ini akan sangat mempengaruhi bisnis yang dikerjakan oleh sebuah perusahaan, Anda bisa melihat bagaimana pengaplikasiannya untuk perusahaan pada penjelasan di bawah ini.

Di dalam proses kerja perusahaan, bahwa Anda bisa menentukan jenis produksi yang tepat agar semua hasil produksi tersebut dapat terjual secara maksimal. Caranya bisa dengan menekan biaya produksi secara rasional tanpa mengurangi kualitas produk, dan dapat menggunakan tenaga kerja terampil. Selain itu, pemakaian bahan baku dan penolong secara efisien juga bisa dilakukan. Terakhir, perusahaan harus mampu untuk menentukan sistem distribusi yang tepat, serta melakukan promosi secara optimal untuk mendapatkan hasil terbaik.

Tindakan Ekonomi Irasional

Jenis tindakan perekonomian kedua ini, merupakan kebalikan dari yang pertama. Karena, berdasarkan KBBI, irasional dapat diartikan sebagai tidak berdasarkan akal (penalaran) yang sehat, dan juga tidak masuk akal.

Tindakan ekonomi adalah suatu tindakan yang dilakukan setiap manusia yang menurut mereka akan menguntungkan namun hasil akhirnya merugikan. Seseorang yang bertindak irasional biasanya tidak mempertimbangkan faktor, biaya, waktu dan tenaga yang dirugikan.

Untuk sebagian manusia, ada yang langsung melakukan tindakan irasional tanpa dipikirkan terlebih dahulu. Hal seperti itu biasanya akan merugikan mereka. Oleh karena itu Anda harus memastikan sesuatu yang ingin Anda beli terlebih dahulu.

Karena dengan kelalaian setiap orang bisa merugikan dirinya sendiri. Maka dari itu sangat penting untuk mempertimbangkannya sesuatu yang kita inginkan dengan yang kita butuhkan.

Maka, tindakan ekonomi irasional dapat diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan manusia yang didasarkan pada dugaan atau perkiraan akan menguntungkan. Akan tetapi, pada praktiknya, justu berlaku hal sebaliknya. Tindakan ini biasanya dilakukan oleh manusia karena tidak mempertimbangkan faktor biaya, tenaga dan waktu yang harus dikorbankan.

Contoh Tindakan Ekonomi

Berikut contoh-contoh dari tindakan ekonomi :

jika Anda membeli bahan pokok seperti beras di warung, lalu Anda pasti akan membandingkan harganya dengan warung yang lain dengan harga yang lebih murah dan kualitas yang lebih bagus. Dan setelah Anda mengetahui bawah warung sebelah lebih murah dan kualitasnya bagus pasti Anda lebih memilih untuk membeli di warung sebelah.

Contoh Rasional

Saat ini banyak sekali yang menjual baju dengan persaingan yang ketat dan harga yang relatif lebih murah. Dengan itu Anda bisa memilih dari yang lebih bagus dan lebih murah dari yang lain. Bahkan saat ini Anda sudah bisa berbelanja online yang lebih praktis dan lebih mudah membandingkannya.

Contoh Irasional

Misalnya saja ada seorang ibu yang ingin membelikan mainan anaknya di toko mainan dan setelah melihat harga mainan tersebut ibu ini mengira mainan ini sudah murah dan langsung membelinya, padahal si ibu ini belum mencoba untuk cek di toko sebelahnya yang ternyata lebih murah.

Itulah tadi pengertian beserta jenis, tujuan dan contohnya. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang membacanya. Ilmu ini bisa Anda terapkan di kehidupan sehari-hari, Karena sangat bermanfaat. Bukan hanya untuk diri sendiri tapi untuk bisnis juga.

Pengaplikasian dalam Dunia Bisnis

Meskipun terlihat memiliki konotasi yang negatif, ternyata masih banyak lho perusahaan yang masih mengambil tindakan irasional ini. Untuk melihat seperti apa, bisa Anda lihat contohnya pada penjelasan di bawah ini.

Terdapat sebuah perusahaan yang menetapkan harga tinggi terhadap sebuah produk tanpa memperhitungkan kualitas barang, biaya produksi, dan daya beli masyarakat terhadap produk tersebut. Hal ini akan menyebabkan kegagalan pasar. Jika sampai terjadi, pada akhirnya akan menimbulkan kerugian yang cukup signifikan bagi perusahaan.

Terdapat sebuah upaya yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk menghindari pengambilan tindakan irasional ini. Salah satunnya, perusahaan perlu memiliki pengelolaan keuangan yang baik. Misalnya, dengan mengelola sektor pembiayaan. Jika biaya produksi kecil, maka harga jual sebuah barang bisa ditekan lebih rendah jika dibandingkan dengan pesaing di pasar. Sehingga, barang produksi dapat bersaing, dan berkemungkinan menjadi barang yang profitable bagi perusahaan.

Jika Anda membangun bisnis, Anda bisa menerapkan ilmu ini untuk bisnis dan karyawan Anda. Agar Anda bisa lebih memilih mana yang berkualitas dan menguntungkan untuk bisnis Anda. Untuk membuat tindakan yang tepat Anda memerlukan software akuntansi untuk membantu bisnis Anda.

Untuk memperoleh pengelolaan keuangan yang baik dan laporan keuangan yang sehat agar dapat digunakan dalam berbagai analisis penjualan dan pengembangan usaha di masa depan, perusahaan perlu memiliki sistem akuntansi yang handal.

Software akuntansi dari Jojonomic adalah sistem akuntansi perusahaan yang bisa Anda gunakan untuk segala keperluan pengelolaan keuangan perusahaan dan membuat keputusan ekonomi secara rasional. Melalui aplikasi JojoExpense, Anda bisa mengetahui pembiayaan, sisa stok barang, pengelolaan aset, dan pembuatan faktur secara mudah dan profesional.

Untuk memperoleh pengelolaan keuangan yang baik dan laporan keuangan yang sehat agar dapat digunakan dalam berbagai analisis penjualan dan pengembangan usaha di masa depan, perusahaan perlu memiliki sistem akuntansi yang handal. Maka, gunakanlah JojoExpense! Salah satu aplikasi pengelola keuangan yang dimiliki oleh Jojonomic ini memiliki fitur yang menarik lho!

Platform bisnis all-in-one untuk permudah kelola perusahaan

Suite aplikasi yang unik dan canggih untuk menjalankan seluruh bisnis & membantu tiap tim memberikan hasil kerja terbaik. Aplikasi finance & expense terbaik yang akan disukai tim Anda. Produk Finance & Expense kami siap digunakan, mudah dipakai dan memiliki ROI besar untuk semua jenis bisnis.

Aplikasi JojoExpense

Solusi Manajemen Pengeluaran Perusahaan yang Fleksibel, JojoExpense memudahkan staf keuangan untuk memantau disbursement perusahaan secara real-time dan akurat. Hemat waktu hingga 77% dengan proses pelaporan pengeluaran otomatis!

Memiliki Fitur Populer

  1. Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  2. Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  3. Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Silahkan klik tautan berikut untuk Coba Gratis Sekarang !

Dengan aplikasi ini, Anda akan terbantu dalam pengelolaan pengeluaran perusahaan dengan lebih efisien dan hemat waktu. Selain itu, aplikasi ini akan meningkatkan efisiensi manajemen pengeluaran perusahaanmu hingga 76%! Sangat menggiurkan, bukan? Oleh karena itu, ayo pakai JojoExpense dan rasakan sendiri manfaat yang akan Anda dapatkan. Selamat mencoba!