Tips Cara Membuat CV yang Benar dan Menarik

Bagaimana perasaan Anda ketika dinyatakan lulus sekolah atau kuliah? Pasti senang sekali dan ingin melanjutkan tahap untuk berkarir. Nah, ketika ingin memulai karir, hal pertama pasti mencari lowongan pekerjaan sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki. Nah, salah satu syarat dalam melamar pekerjaan adalah dibutuhkan keterampilan cara membuat cv yang benar agar bisa menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan.

Cara membuat cv yang benar dan menarik memang terbilang tidak mudah. Jika yang diketahui CV hanya sekedar informasi data diri saja, hal tersebut masih kurang. Sangat tidak disarankan jika Anda membuat CV yang hanya sekedar memberi tahu identitas diri saja, karena perusahaan akan kurang mendapatkan informasi tentang diri Anda untuk kemudian dijadikan sebagai pertimbangan.

Untuk itu, Anda harus memastikan bahwa CV / Curiculum Vitae yang Anda buat sudah menjelaskan rincian pendidikan, pengalaman kerja, hingga organisasi yang Anda ikuti selama kuliah. Hal tersebut menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan yang kemudian dijadikan acuan. Jika Anda melihat contoh CV di internet, banyak sekali pilihan format curriculum vitae yang sering digunakan untuk melamar pekerjaan.

Dengan banyaknya pilihan tersebut, mungkin Anda masih bertanya-tanya apakah informasi di dalam CV ini sudah cukup dan sudah terbaik? Nah, untuk mengetahui cara membuat cv yang benar akan kami bahas selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Curriculum Vitae?

Curriculum vitae atau yang lebih dikenal dengan sebutan daftar riwayat hidup merupakan informasi data diri bagi calon pekerja. Dalam hal ini daftar riwayat hidup berisi tentang nama pelamar, tempat tanggal lahir, alamat, dan informasi-informasi lainnya.

Seringkali disebutkan bahwa curriculum vitae ini dapat dilampirkan menjadi satu di dalam surat lamaran kerja. Namun, CV ini lebih luas penjabarannya karena CV berfungsi sebagai identitas Anda, perusahaan akan dengan mudah mengetahui siapa diri Anda dari CV tersebut. Nah, masih berkaitan dengan cara membuat CV, nantinya daftar riwayat hidup Anda akan dijadikan sebagai acuan dalam wawancara.

Pada kenyatannya, HRD akan membaca Curriculum Vitae Anda dan mendalaminya. Untuk itu, Anda tidak perlu ragu untuk mengisi segala data diri Anda beserta pengalaman-pengalaman di CV Anda.

Mengapa Anda Harus Membuat Curriculum Vitae yang Menarik?

cv-indonesia

Jangan mengabaikan pembuatan Curriculum Vitae yang nantinya diberikan kepada perusahaan. Karena CV juga termasuk bagian yang menjadi pertimbangan perusahaan. Oleh sebab itu, jika Anda menginginkan pekerjaan yang Anda inginkan, pastikan Anda mengetahui cara membuat cv dengan benar dan menarik dengan tips-tips yang kami bagikan berikut ini.

·         Memberikan Kesan Pertama yang Baik

Tidak banyak orang mengetahui bahwa membuat CV yang menarik mampu memberikan kesan yang bagus kepada perusahaan. Bayangkan jika Anda tidak memahami cara membuat membuat curriculum vitae (CV) yang diterima perusahaan, sudah pasti curriculum vitae Anda akan amburadul dan membuat HRD enggan untuk membaca lebih detail tentang Anda.

·         Menunjukkan Profesionalitas Anda

Alasan lain mengapa Anda perlu mengetahui cara membuat cv agar diterima perusahaan adalah bahwa CV ini erat kaitannya dengan profesionalitas Anda sebagai pencari kerja. Dalam hal ini profesionalitas Anda adalah mencari kerja dengan diwujudkan dalam CV Anda.

·         Menunjukkan Apakah Anda Seorang yang Tertata

Menunjukkan CV Anda kepada perusahaan dapat memberikan gambaran kepada perusahaan bahwa Anda adalah seseorang yang rapid an tertata. Dimana CV terdiri dari letak-letak informasi yang dibuat dengan format yang sesuai dan menarik. Memperhatikan hal ini berarti menjukkan bahwa Anda adalah sosok yang tertata sehingga Anda bisa selalu mencoba  membuat format daftar riwayat hidup yang baik ketika melamar pekerjaan dan jangan lupa untuk selalu di upgrade pengalaman pekerjaan Anda.

·         Menonjolkan Kemampuan Seseorang

Dengan mengetahui cara membuat curriculum vitae (CV) yang diterima perusahaan, nantinya Anda bisa menonjolkan kelebihan pada diri. Namun tetap tunjukkan kemampuan yang benar-benar sesuai keahlian Anda dan jangan terlalu menonjol, karena hal ini bisa menjadi boomerang bagi diri Anda.

Tips dan Trik Cara Membuat CV

Bagi Anda yang ingin membuat sebuah curriculum vitae yang benar dan menarik agar para HRD tertarik untuk merekrut Anda. Pastikan Anda mengetahui cara membuat CV agar diterima perusahaan. Berikut tips dan triknya yang bisa Anda terapkan.

Cara membuat cv

1.      Cobalah Melakukan Job Research

Sebelum Anda memutuskan untuk memberikan CV Anda, pastikan Anda mengetahui informasi mengenai perusahaan yang akan Anda lamar. Dalam hal ini, pastikan latar belakang pendidikan sudah sesuai dengan posisi yang Anda lamar.

Pastikan Anda juga mengetahui kualifikasi dan posisi yang Anda lamar. Selanjutnya visi dan misi perusahaan tersebut. Dengan mengetahui hal ini dan di kombinasikan dengan cv, Anda bisa membuat curriculum vitae agar menarik HRD perusahaan.

2.      Ketahui Dengan Baik Isi Daftar Riwayat Hidup Secara Umum

Cara membuat cv

Ketika Anda membuat curriculum vitae, dalam cara membuat curriculum vitae (CV) yang diterima perusahaan Anda disarankan untuk membuat semuanya secara berurutan. Hal ini dilakukan supaya tidak membingungkan pihak HRD. Pihak HRD sendiri akan menilai kualitas dari Anda melalui curriculum yang Anda berikan. Beberapa diantaranya adalah identitas diri, keterampilan diri, pengalaman kerja, pelatihan terbaru, sekaligus informasi-informasi terbaru dari diri Anda sendiri.

3.      Cara Membuat CV

Selanjutnya, dalam cara membuat curriculum vitae (CV) adalah coba untuk menciptakan desain yang menarik namun tidak juga terlalu berlebihan. Dalam hal ini cobalah untuk menyeimbangkan isi dan desain cv. Pastikan desain cv tidak banyak menutupi informasi Anda, rapi, dan minimalis. Untuk patokan desainnya, Anda bisa melihat contohnya di internet.

4.      Mengecek Kembali Curriculum Vitae yang Anda Buat

Sebelum Anda memutuskan untuk memasukkan curriculum vitae, demi menghindari kesalahan – kesalahan kecil pada CV maka Anda bisa mengecek kembali CV yang sudah Anda buat. Jangan lupa menggunakan bahasa yang formal dalam membuat curriculum vitae.

5.      Lakukan Analisa CV yang Dibuat

Untuk menganalisa CV, disini Anda bisa berperan seolah-olah sebagai HRD dan cobalah untuk menjadi sosok yang objektif. Dengan menerapkan curriculum vitae agar diterima perusahaan nanti, pastikan Anda sudah mendapatkan sebuah CV yang memang sudah sesuai. Anda juga bisa meminta pendpat teman ataupun orang tua dengan curriculum vitae yang sudah Anda buat.

Demikian merupakan penjelasan singkat cara membuat cv agar anda dapat terhindar dari kesalahan. Wajib bagi anda untuk mengikuti aturan yang sudah ditetapkan. Misalnya saja dengan menggunakan aplikasi absensi berbasis Cloud dari Jojonomic yaitu Jojotimes.

Dengan menggunakan Jojotimes Anda bisa melakukan absensi secara online tanpa harus melakukan scan sidik jari ataupun secara manual di dalam kantor. Aplikasi ini terbukti mampu membantu Anda terutama dalam mengelola administrasi Human Resource secara otomatis. Anda bisa mencoba demo gratis dahulu dengan klik Link Coba Gratis Sekarang, Ayo coba sekarang!