Meningkatkan Toleransi Dalam Bekerja Pada Suatu Perusahaan

toleransi dalam bekerja

Toleransi dalam bekerja menjadi suatu sikap yang perlu dimiliki dan dikembangkan oleh setiap pekerja di suatu perusahaan atau instansi atau lembaga tertentu. Toleransi sendiri pada dasarnya merupakan gambaran mengenai sikap yang cenderung menghormati kebiasaan atau sikap orang lain. Maka orang yang memiliki toleransi terhadap orang lain tentunya tidak akan mencela orang lain.

Bersikap toleransi tentu merupakan suatu hal yang bernilai positif dan memberikan pengaruh yang baik pada diri sendiri dan pada orang lain serta pada lingkungan sekitar. Demikian pula sikap toleransi juga sebaiknya dikembangkan di dunia kerja. Anda yang saat ini sedang bekerja sebaiknya juga memiliki sikap toleransi kepada pekerja lainnya mulai dari pihak atasan sampai dengan bawahan.

Meningkatkan Toleransi Dalam Bekerja

Menerima perbedaan

Dalam bekerja sama dengan orang lain tentu akan didapati berbagai macamperbedaan. Baik perbedaan dalam hal pola pikir maupun sikap dan sebagainya. Perbedaan yang ada ini bisa saja menimbulkan adanya pertengkaran dan hubungan yang saling bersitegang. Maka itu sudah seharusnya Anda bisa menerima seluruh perbedaan yang ada. Dengan menerima berbagai perbedaan yang ada maka Anda akan terbiasa bersikaptoleran pada orang lain.

Bersikap sopan

Seringkali adanya perbedaan di antara Anda dan rekan kerja bisa berpengaruh terhadap pola perilaku masing-masing. Saat terjadi perbedaan pendapat dan juga perbedaan sikap maka bisa saja Anda merasa marah dengan rekan Anda. Saat marah bisa saja tutur kata menjadi tidak baik dan perilaku cenderung kasar. Untuk mengatasi hal ini maka Anda seharusnya terus mengembangkan sikap sopan pada orang lain. Dengan membiasakan diri untuk bersikap sopan maka Anda akan tetap bisa mengembangkan sikap toleransi.

Tidak melakukan diskriminasi

Diskriminasi pada dasarnya bisa terjadi di mana saja termasuk pula di lingkungan perusahaan atau tmpat kerja. Disikriminasi di tempat kerja bisa saja timbul karena berbagai hal. Misalnya saja karena adanya jabatan yang berbeda antara pegawai yang satu dengan pegawai yang lain. Selain itu diskriminasi juga bisa terjadi karena adanya masa kerja yang berbeda. Tentu hal ini bisa menimbulkan terjadinya perpecahan di dalam lingkungan kerja. Maka dari itu atasan dan juga karyawan sebaiknya tidak melakukan deskriminasi terhadap orang lain. Dengan demikian maka toleransi di lingkup perusahaan dapat semakin dipupuk dan berkembang.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Memupuk kepercayaan

Siakp toleransi tentu akan semakin berkembang jika sesama anggota di suatu perusahaan sama-sama saling percaya. Rasa percaya yang timbul baik antara atasan dan bawahan maupun antara karyawan yang satu dengan yang lain akan meningkatkan adanya toleransi antara yang satu dengan yang lain. Maka suasana kerja akan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan bagi Anda sekalian.

Manfaat Toleransi Dalam Bekerja

Meningkatkan rasa persaudaraan

Hubungan kerja yang tercipta antara masing-masing pekerja di suatu perusahaan tentu akan meningkatkan rasa persaudaraan di antara kalangan para pekerja. Sebab toleransi berarti adanya sikap menghargai yang diberikan oleh seorang pekerja kepada pekerja lainnya. Dengan adanya sikap yang seperti ini maka rasa persaudaraan yang timbul di antara para pekerja bisa semakin bertumbuh. Dengan adanya rasa persaudaraan maka akan timbul kesatuan misi dan visi dalam bekerja.

Mempermudah pencapaian mufakat

Kesatuan visi dan misi di antara para pekerja tentu akan semakin mempermudah proses pencapaian kata mufakat. Mungkin saja di sebuah perusahaan akan terjadi perbedaan pandangan yang menyebabkan Anda serta rekan kerja lainnya saling melontarkan pendapat yang berbeda. Namun perbedaan ini tidak akan menimbulkan masalah besar di antara Anda dan rekan lainnya. Justru melalui perbedaan pendapat ini maka Anda dan rekan bisa mencapai mufakat bersama.

Mengembangkan kerja sama

Kerja sama merupakan salah satu hal yang penting bagi eksistensi sebuah perusahaan. Tidak hanya bagi perusahaan saja tetapi kerja sama juga dapat membangun solidaritas di antara para karyawan. Tentu saja kerja sama dapat bertumbuh dan terjalin dengan baik jika setiap rekan kerja di suatu lingkup perusahaan dapat saling mengembangkan sikap toleransi. Artinya setiap orang yang ada di perusahaan bisa mengembangkan sikap menghargai dan menghormati orang lain. Maka kerja sama di antara para pekerja akan membuat perusahaan bisa terus berkembang dengan baik.

Mencapai tujuan bersama

Adanya toleransi yang dibina di antara para karyawan perusahaan akan selalu memberikan dampak positif. Dampak ini berlaku baik bagi perusahaan dan bagi para staf itu sendiri. Dampak positif dari adanya toleransi yang terwujud si perusahaan tentunya akan membuat tim menjadi lebih mudah dalam melakukan misi perusahaan untuk mencapai target. Dengan kata lain tujuan perusahaan bisa dengan lebih mudah dicapai. Jika tujuan dan target perusahaan bisa tercapai maka kesejahteraan karyawan juga akan tercapai.

Penerapan Toleransi Dalam Bekerja

Toleransi dalam bekerja bisa Anda tunjukkan misalnya pada saat terjadi perbedaan pendapat antara Anda dengan rekan kerja Anda. Atau bisa juga perbedaan pendapat dan pola pikir terjadi antara Anda dengan atasan atau bisa juga terjadi antara Anda dengan orang yang memiliki jabatan kerja di bawah Anda. Tentu pendapat atau opini serta pandangan dan sikap yang diberikan orang lain haruslah dihargai dan dihormati. Namun tidak mungkin jika Anda harus terus sependapat dengan staf lainnya.

Sekali waktu mungkin Anda memiliki pandangan yang benar mengenai apa yang ahrus dilakukan dalam pekerjaan Anda sedengkan rekan Anda memiliki pandangan yang salah. Maka Anda harus tetap menyatakan hal yang dipandang lebih baik dan lebih tepat sekalipun hal ini bisa menyakiti rekan Anda. Sebab hal yang berhubungan dengan pekerjaan pada dasarnya menyangkut kepentingan perusahaan dan juga kepentingan orang banyak. Maka jika rekan Anda tidak bisa menghargai perusahaan atau rekan yang lainnya tentulah Anda bisa tidak sependapat dengannya.

Walaupun begitu penyampaian yang tidak sependapat dengan rekan Anda haruslah diungkapkan dengan sikap sopan dan tanpa mencela. Sebab penyampaian yang baik tentu akan menimbulkan kesan yang baik pula pada orang lain. Maka orang lain akan tetap merasa bahwa dirinya dihargai oleh Anda.

Sistem yang Tepat untuk Menunjang Pekerjaan

Tentu saja hal di atas seperti juga halnya saat memilih sistem keuangan yang paling tepat di dalam perusahaan. Sebisa mungkin beralih saja pada penggunaan JojoExpense. Karena produk ini terbukti dapat membantu efisiensi keuangan perusahaan secara optimal. Selain itu juga membantu pekerjaan tim keuangan perusahaan yang lebih efektif dan efisien.

Semua manfaat tersebut berkat beberapa fitur menarik pada JojoExpense. Beberapa fitur tersebut antara lain yaitu sebagai berikut.

  • Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  • Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  • Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Jadi, jangan ragu untuk beralih pada JojoExpense. Daftarkan perusahaan Anda sekarang juga serta dapatkan coba gratis selama 14 hari untuk membuktikannya.