Top of Mind : Pengertian, Cara, dan Strategi dalam Top Of Mind

top of mind

Saat membeli mi instan dan produk lainnya, merek mana yang Anda pikirkan pertama kali? Memori nama merek saat Anda membutuhkannya menunjukkan kedekatan hubungan antara perusahaan dan Anda (sebagai konsumen). Inilah pengaruh Top of Mind ternama.

Singkatnya, merek terkenal mencerminkan visibilitas tertinggi. Cobalah untuk mengalahkan merek terbaik dari merek lain, terutama dalam pemasaran dan penjualan. Menariknya, untuk mencapai level tertinggi tersebut dibutuhkan banyak kerja keras dari pihak perusahaan.

Apa itu Top of Mind?

top of mind

Tingkat pertama adalah pertimbangan utama. Kuncinya adalah: ketika Anda menyebutkan kategori produk seluler, merek mana yang Anda pikirkan pertama kali? Atau ketika saya menyebutkan produk sepeda motor, merek mana yang muncul di benak Anda?

Ketika seseorang menyebut suatu nama merek untuk pertama kali, itu berarti merek tersebut menempati posisi khusus. Posisi khusus inilah yang dinamakan “top of mind”. Dibandingkan dengan merek sejenis lainnya, inilah syarat suatu merek menjadi pemimpin di benak konsumen.

Misalnya ya, seperti saat melihat air mineral, banyak orang langsung mengaitkannya dengan “Aqua”. Padahal, ada merk air mineral lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa “Aqua” berhasil menjadi brand yang mencapai kesadaran tertinggi di masyarakat.

Bagaimana merek jadi Top of Mind?

top of mind

Seperti yang sudah dijelaskan di atas. Anda cukup mendeskripsikan merek yang memiliki kesadaran tertinggi, misalnya: Saat saya mengucapkan kata “mie instan”, merek mana yang pertama kali terpikirkan oleh konsumen?

Jika sebagian besar jawabannya adalah Merek X, berarti Merek X sudah memiliki kesadaran tertinggi. Dibandingkan dengan pesaing, kesadaran tertinggi biasanya dapat memberikan keunggulan pada suatu merek dalam penjualan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Masalahnya, ketika menjadi merek yang menarik perhatian tinggi, konsumen cenderung lebih sering memilih merek tersebut karena enggan membandingkannya lagi.

Sama seperti merek-merek ini yang sudah tertanam kuat di hati konsumen, sehingga mereka yakin bahwa merek ini adalah pilihan yang paling layak di antara merek lain.

Tingkat Brand Awareness dari Top of Mind

top of mind

Tingkatan “top of mind” seperti itu, adalah hal pertama yang muncul di benak Anda adalah merek. Misalnya dalam kasus ponsel, Nokia akan menjadi prioritas nomor satu. Sementara itu, untuk sepeda motor biasanya merek Honda muncul lebih dulu.

Tahap selanjutnya adalah brand recall atau merek terpenting. Misalnya pada kasus di atas maka brand recall yang dimaksud adalah merek Sonny Erricson (untuk handphone) atau merek Yamaha (untuk sepeda motor).

Tahap selanjutnya adalah pengenalan merek atau merek yang baru kita ketahui setelah orang lain menyebutkannya. Atau, kita hanya mengingat merek setelah orang lain menyebutkannya. Misalnya pada handphone, setelah orang lain menyebut dua merek tersebut, kita hanya mengingat merek iphone atau merek oppo. Anda baru saja “menangkapnya” dan menyadari bahwa ada dua merek ponsel setelah mendapat informasi dari orang lain.

Tahap terakhir adalah tidak mengetahui merek, jika tidak kita tidak pernah tahu atau mendengar tentang merek tersebut. Misalnya untuk handphone, kita mungkin pernah tahu ada handphone merek IMC atau HTC. Semua pemilik merek tentu berharap semua merek produknya dapat ditempatkan di kategori yang paling penting yaitu top of mind.

Strategi Produk menjadi Top of Mind

top of mind

Untuk menjadi merek pertama yang dipikirkan konsumen ketika ingin membeli suatu produk, perusahaan harus membuat merek teratas sebagai strategi mereknya. Membawa merek ke pasar disebut strategi merek.

Tujuannya agar konsumen sadar akan potensi dan kualitas produk yang disediakan. Oleh karena itu, doronglah kegiatan konsumsi skala kecil hingga menengah hingga besar. Untuk informasi lebih lanjut tentang strategi merek untuk meningkatkan kekuatan dan visibilitas merek, silakan lihat ulasan berikut ini:

Menilai kebutuhan konsumen

Sebelum meluncurkan suatu produk ke pasaran, perusahaan harus mengevaluasi dan mengujinya terlebih dahulu. Jangan sampai produk yang mereka jual lebih cacat dari merek lain.

Kecuali jika target pasarnya adalah konsumen kelas bawah, harga dan fitur produk yang mereka lihat lebih tinggi daripada kualitas. Misalnya, Anda mendirikan perusahaan smartphone dan meluncurkan telepon baru dengan harga Rp. 2 juta-Rp 3 juta.

Selain dibenamkan kamera profesional, layar lebar dan memori lebar. Apa lagi yang harus diperbaiki? Cobalah untuk mengevaluasi permintaan smartphone dalam kisaran harga ini. Oleh karena itu, Anda dapat mengusulkan produk yang dikenali dan disukai konsumen, bukan sebaliknya.

Bangun pengalaman merek untuk meningkatkan loyalitas pelanggan

Ketika sebuah merek berhasil memenuhi kebutuhan konsumen, loyalitas pelanggan biasanya meningkat. Semakin setia pelanggan yang membeli produk Anda, semakin tinggi kekuatan dan popularitas merek tersebut di mata konsumen.

Mereka tidak akan berpikir dua kali untuk menggunakan atau bahkan menawarkan produk kepada teman, kerabat atau bahkan rekan kerja. Bahkan jika tidak ada persyaratan, beberapa konsumen malah menjadi emosional dengan menjelaskan keunggulan produk yang dimaksud.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Terus berinovasi

Cara lain perusahaan untuk mempertahankan merek pada pelanggan mereka adalah dengan terus berinovasi. Rangkul teknologi modern alih-alih menghindarinya.

Semakin banyak informasi terbaru tentang perusahaan Anda, semakin banyak perhatian yang akan diterimanya dari konsumen. Seperti Samsung, Samsung telah membuat inovasi unik dengan menciptakan smartphone yang dapat dilipat. Semakin banyak inovasi yang Anda lakukan pada suatu produk, semakin mudah merek tersebut terdengar di benak pelanggan.

Gunakan iklan promosi kreatif

Menjadi merek papan atas adalah impian banyak perusahaan. Sebagai ranking tertinggi, ini berarti produk yang Anda jual dan jual akan diterima dengan baik oleh konsumen. Kalaupun harga naik, pelanggan tetap sangat puas dan menganggap ini hal yang wajar.

Cara terbaik untuk menciptakan dan mempertahankan kesadaran merek adalah dengan menampilkan iklan promosi kreatif. Jika memungkinkan, buatlah slogan unik yang mudah diingat konsumen.

Kampanye unik untuk produk baru

Sebagai perusahaan yang sering berinovasi, jumlah produk yang diluncurkan oleh brand Anda pasti lebih dari satu atau dua. Saat meluncurkan produk baru, coba kampanye unik.

Undang reporter dan pilih brand ambassador dengan image positif. Melalui kampanye periklanan yang unik, Anda tidak hanya dapat membangun merek kelas satu. Penjualan produk baru dapat ditingkatkan untuk memenuhi kuota yang direncanakan sebelumnya.

Kesimpulan

Ada beberapa cara untuk mencapai tingkat kesadaran tertinggi dalam pikiran konsumen anda. Salah satu caranya adalah dengan secara proaktif menyampaikan informasi kepada pasar atau audiens sasaran.

Kemudian pesannya harus kreatif agar memberikan kesan positif, tidak membosankan. Melalui metode komunikasi pemasaran terintegrasi, kita mengetahui bahwa informasi yang harus disampaikan dapat melalui media yang berbeda dan metode yang berbeda pula.

Anda dapat membuat dan mempertahankan merek teratas melalui strategi merek diatas bersama JojoExpense. Memang perjalanan bisnis tidak selalu menyenangkan, dan terkadang merek Anda harus kalah dari merek pesaing.

Bersama aplikasi JojoExpense dan tentunya dengan kerja keras, Anda bisa mendapatkan kembali gelar merek pertama di hati para pelanggan anda suatu saat nanti.