Total Cost of Ownership Dengan Berbagai Komponen Pentingnya

total cost of ownership

Total cost of ownership atau yang sering disebut dengan singkatan TCO mungkin saja terasa asing di kalangan masyarakat awam. Namun bagi Anda yang merupakan pemilik dari suatu aset atau teknologi tentu sudah tidak merasa asing lagi dengan istilah ini. Bahkan Anda mungkin selalu melibatkan TCO ini dalam perencanaan bisnis karena hal ini berhubungan dengan budget. TCO sendiri memiliki arti yang sama dengan total biaya kepemilikan. TCO atau total biaya kepemilikan merupakan suatu perkiraan keuangan dalam menjalankan bisnis. Dengan kata lain perkiraan dari semua biaya langsung dan juga biaya tidak langsung dibahas dalam TCO. Oleh karena itu TCO ini tentunya sangatlah bermanfaat untuk turut menentukan besarnya nilai sebuah produk ataupun sebuah sistem.

Komponen Dalam Total Cost Of Ownership

Ada beberapa komponen-komponen penting dalam Total Cost of Ownership yang harus diperhatikan, misalnya saja sebagai berikut.

Biaya langsung

Dalam TCO atau total biaya kepemilikan dikenal biaya langsung. Biaya langsung ini merupakan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan atau pemilik bisnis untuk melakukan pembelian. Dalam hal ini pembelian yang dilakukan adalah pembelian perangkat yang dibutuhkan dan akan digunakan. Selain itu ada pula biaya instalasi perangkat yang tentunya juga membutuhkan biaya langsung dari perusahaan. Sebab instalasi ini memang tidak bisa dipisahkan dari perangkat sehingga instalasi perangkat akan selalu dibutuhkan dan menimbulkan biaya.

Biaya operasional

Selain biaya langsung rupanya TCO juga terdiri dari biaya operasional. Biaya operasional ini merupakan segala biaya yang dikeluarkan untuk dapat mengoperasikan perangkat lunak dan perangkat keras yang sudah dibeli dan sudah diinstalasi. Biaya operasional juga meliputi biaya yang dikeluarkan untuk mengadakan pelatihan bagi para karyawan yang akan melakukan operasional perangkat. Sebab para karyawan yang hendak mengoperasikan perangkat memang harus dibekali dengan keahlian atau ketrampilan dalam menjalankan perangkat. Selain itu biaya operasional juga meliputi biaya listrik atau lainnya yang juga selalu dibutuhkan untuk mendukung operasional perangkat pada perusahaan.

Biaya jangka panjang

Komponen terakhir dalam total biaya kepemilikan adalah biaya jangka panjang. Jika Anda membeli sebuah perangkat maka tentunya perangkat tersebut memiliki masa aktif tertentu. Saat penggunaan perangkat yang telah dibeli tersebut melewati masa aktif maka perangkat tersebut akan mengalami penurunan kualitas. Maka perangkat tidak bisa lagi berfungsi secara optimal sehingga perusahaan Anda membutuhkan perangkat yang baru. Untuk mengganti perangkat yang baru dan menonaktifkan perangkat yang lama tentu saja dibutuhkan biaya yang dinamakan sebagai biaya jangka panjang. Biaya jenis ini umumnya dikeluarkan untuk melakukan pembaharuan dan pergantian perangkat sampai dengan perangkat tersebut sudah tidak dapat berfungsi lagi.

Cara Melakukan Penghitungan Total Cost of Ownership

Adapun perhitungan total cost of ownership ini juga tidak dilakukan sembarangan, sebaiknya perhatikan beberapa caranya yang tepat berikut ini.

Membuat komponen

Saat Anda melakukan analisis perhitungan TCO tepatnya saat Anda akan membeli perangkat maka Anda harus melakukan pembedahan terhadap segala komponen yang ada pada perangkat tersebut. Anda bisa membagi setiap komponen menjadi biaya awal dan biaya operasi hingga biaya perawatan. Selain itu ada pula biaya kerugian di masa perawatan dan biaya produksi. Komponen lainnya meliputi masa aktif pemakaian perangkat yang kemudian dikonversikan ke dalam satuan rupiah. Jadi dalam hal ini TCO meliputi seluruh biaya dimulai dari biaya awal pembelian perangkat sampai dengan proses operasional dan berakhir dengan biaya perawatan. Dengan membuat komponen maka Anda bisa mendapatkan rincian biaya yang harus dikeluarkan.

Memperhitungkan nilai total cost of ownership

Jika Anda telah melakukan pembedahan terhadap perangkat yang dibeli maka sebaiknya Anda segera menentukan nilai dari masing-masing komponen tersebut. Dalam hal ini yang dimaksud dengan nilai masing-masing komponen adalah besarnya prosentase dari setiap komponen terhadap nilai dari TCO secara keseluruhan. Nilai tersebut memang tidak memiliki angka yang cukup mutlak sebab tentunyasetiap pembeli memiliki perhitungan nilai masing-masing terhadap perangkat yang dibeli. Jadi nilai komponen yang tidak mutlak ini bergantung pada penilaian masing-masing orang saat melakukan pembelian perangkat yang kemudian dibedah hingga didapatkan setiap komponen yang ada di dalam perangkat tersebut.

Membuat formula

Jika komponen dari perangkat telah dibedah serta telah dibuat presentasinya maka selanjutnya Anda bisab membuat formula. Pembuatan formula ini umumnya digunakan untuk melakukan perhitungan TCO. Formula dari TCO ini umumnya terdiri dari setiap komponen yang tentunya sudah dibuat sebelumnya. Formula yang bisa digunakan dalam hal perhitungan TCO ini meliputi biaya awal yang ditambahkan dengan biaya operasional dan ditambahkan lagi dengan biaya perawatan serta biaya kerugian. Keseluruh biaya yang telah dijumlahkan ini kemudian dikurangi biaya masa pakai. Namun untuk komponen yang mendetail maka formula bisa disederhanakan dengan hanya memperhitungkan harga awal ditambah biaya perawatan dan ditambah biaya operasional. Kemudian biaya yang telah dijumlahkan ini dikurangi masa pakai.

Melakukan perhitungan

Cara terakhir untuk melakukan perhitungan TCO adalah dengan melakukan perhitungan. Perhitungan ini dilakukan dengan berdasarkan pada berbagai nilai komponen dari perangkat yang sudah dibedah. Pembedahan tentunya dilakukan dengan menggunakan formula yang tentunya sudah dibuat. Melakukan perhitungan tentunya akan membuat Anda bisa tahu secara lebih rinci mengenai nilai TCO dari beberapa perangkat yang telah dibeli. Jadi apabila Anda membeli suatu perangkat maka Anda perlu melakukan perhitungan akhir agar Anda bisa melakukan perbandingan biaya. Dengan demikian maka Anda bisa megetahui perangkat mana yang lebih menekan kerugian dan perangkat mana yang justru menimbulkan kerugian untuk perusahaan Anda. Pada akhirnya pembelian perangkat untuk ke depannya akan dilakukan dengan mengacu pada formula sebelumnya.

Manfaat Dari TCO

Total cost of ownership rupanya memberikan beberapa manfaat pada Anda selaku pemilik bisnis dari suatu aset atau teknologi tertentu. Dengan melakukan perhitungan TCO maka Anda bisa menjadikan perhitungan tersebut sebagai patokan harga. Mungkin saja Anda bisa melakukan penawaran harga perangkat terhadap suplier perangkat sehingga Anda bisa membeli perangkat dengan harga yang lebih rendah. Selain itu perhitungan TCO juga bisa dimanfaatkan untuk bisa meningkatkan kinerja keuangan. Tentunya kinerja keuangan ini diharapkan agar dapat meningkat dalam jangka wkatu yang cukup panjang. Tidak hanya itu saja tetapi diharapkan pula agar perhitungan investasi berupa suatu perangkat pada akhirnya dapat kembali sekalipun dalam jangka waktu yang cukup lama.

Dari sini dapat dilihat bahwa total cost of ownership memberikan banyak manfaat pada bisnis. Sama halnya dengan memastikan keuangan perusahaan yang lebih baik. Salah satunya dengan menggunakan JojoExpense. Dimana produk ini memberikan banyak fitur hebat seperti misalnya:

  • Mobile Approval
  • Capture Expenses
  • Budget Controlling
  • Reimburse via App & Web
  • Cash Advanced 

Oleh sebab itu jangan ragu, segera beralih pada JojoExpense. Dapatkan coba gratis di perusahaan Anda dan pastikan sistem keuangan yang lebih baik bersama JojoExpense.