Alasan Perusahaan Perlu Melakukan Transformasi Bisnis

Transformasi bisnis merupakan salah satu solusi dalam menyikapi berbagai tuntutan di dunia usaha saat ini. Apalagi seiring dengan kemajuan teknologi di dunia bisnis saat ini semakin bersaing. Setiap perusahaan perlu melakukan berbagai inovasi baru supaya tidak tergerus dengan perkembangan zaman. Lalu, apa langkah yang harus diambil oleh perusahaan untuk melakukan perubahan? Langkah tersebut dinamakan pengertian transformasi bisnis yang dilakukan sebagai reaksi dari perusahaan.

Transformasi Bisnis

Business group showing ethnic diversity in a meeting. Business concept.

Transformasi bisnis merupakan sebuah upaya yang dilakukan oleh perusahaan atas suatu keadaan yang tidak menguntungkan. Dengan melakukan sebuah transofrmasi bisnis maka secara langsung perusahaan perlu mengubah seluruh strategi perusahaan, dengan kata lain transformasi bisnis dilakukan demi perubahan perusahaan yang signifikan.

Pengertian Transformasi bisnis di dalam sebuah perusahaan merupakan proses perubahan menyeluruh supaya bisa memposisikan usaha ke arah yang lebih baik, sehingga perusahaan bisa menghadapi tantangan di masa sekarang dan di masa depan. Perubahan tersebut diantaranya seperti transformasi di lingkungan perusahaan, mengubah struktur organisasi, dan berbagai langkah lainnya bagi perusahaan kedepannya.

Proses dalam melakukan perubahan tentu membutuhkan waktu yang tidak singkat. Dengan kata lain, masa peralihan ke suatu sistem perusahaan lama ke sistem perusahaan yang baru. Proses inilah dinamakan transformasi bisnis. Hal tersebut dilakukan semata-mata demi perkembangan perusahaan agar terus bertahan.

Meskipun melakukan transformasi bisnis merupakan suatu hal yang wajib dilakukan dan termasuk tuntutan di era globalisasi agar perusahaan dapat berkembang lebih maju. Namun, sayangnya tidak semua perusahaan perlu melakukan hal ini. Masih banyak perusahaan yang hanya stuck dan tidak melakukan perubahan, namun ada juga perusahaan yang sudah sukses melakukanya. Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi kesuksesan perusahaan dalam melakukan transformasi bisnis antara lain kami bahas berikut ini.

1.      Intensitas

Salah satu faktor kesuksesan perusahaan dalam melakukan transformasi bisnis adalah saat perusahaan memutuskan untuk mengimplementasikan program-program barunya. Yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Evaluasi terhadap implementasi program transformasi
  • Tingkat produktivitas pekerja
  • Proses sosialisasi perubahan atau Change management

2.      Fokus

Untuk bisa mendapatkan tujuan seperti yang diharapkan maka perusahaan perlu konsisten dan fokus dalam merealisasikannya. Contohnya adalah dengan memperkerjakan tenaga professional baru yang sudah ahli di bidangnya. Atau contoh lainnya seperti agar karyawan lebih produktif, maka perusahaan dapat mengeluarkan kebijakan SOP baru bagi karyawan agar hasilnya lebih maksimal. Karyawan makin produktif dan aktif untuk segala project perusahaan. Contohnya adalah Project Management Office.

3.      Konsisten

Transformasi dalam bisnis akan berhasil jika perusahaan menjalankannya secara konsisten. Contohnya adalah dengan mengubah budaya kerja karyawan agar lebih produktif. Karena yang harus diingat adalah Anda tidak bisa mengubah segala hal secara instan, untuk itu perlu dilakukan perlahan seiring waktu namun tetap konsisten supaya karyawan dapat beradaptasi.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Mengapa Transformasi Bisnis Itu Perlu?

Melakukan perubahan dalam bisnis memang bukanlah suatu hal yang mudah. Hal ini memang memerlukan waktu yang cukup panjang dan tidak bisa dilakukan hanya dalam waktu beberapa hari saja. Perlu waktu Anda bisa melihat apakah hasilnya sukses atau gagal.

Pengertian transformasi bisnis adalah proses mengubah sistem, proses usaha, dan teknologi secara menyeluruh untuk mencapai peningkatan yang dapat terukur dalam hal efisiensi, efektivitas, dan kepuasan pelanggan maupun karyawan. Mengapa transformasi itu perlu? Dari definisi yang sudah dibahas sebelumnya dapat dilihat bahwa transformasi bisnis bukan hanya sebuah pilihan namun juga sebuah keharusan yang memanglah harus dilakukan oleh perusahaan. Jika perusahaan tidak melakukan transformasi dalam usahanya maka perusahaan harus siap tertinggal dari kompetitornya karena menjalani bisnis yang tidak efektif dan tidak efisien sesuai dengan keinginan pelanggannya.

Lalu tahapan apa saja yang harus dilakukan ketika perusahaan berniat untuk melakukan transformasi?

1.      Rencana

Pada tahapan rencana, maka perusahaan melakukan berbagai perumusan tentang berbagai inovasi baru yang akan dilakukan perusahaan di masa depan. Setelah perumusan tentang inovasi sudah selesai dilakukan, maka tahap selanjutnya adalah memikirkan solusi terbaik yang dapat mendukung bisnis mencapai inovasi baru tersebut. Dalam hal ini inovasi seperti teknologi menjadi bagian dari strategi bisnis. karena kedepannya perusahaan tentu akan sangat bergantung dengan teknologi.

2.      Implementasi

Yang kedua adalah tahap implementasi dari inovasi yang sudah direncanakan sebelumnya. Kini saatnya perusahaan memulai mengimplementasikannya. Mencari vendor penyedia solusi teknologi terbaik adalah proses penting pada tahap ini. Implementasi teknologi baru pada bisnis tidak bisa dilakukan asal-asalan saja, perusahaan perlu memilih penyedia solusi teknologi yang sudah berpengalaman yang bisa  memberi dampak yang sangat positif bagi bisnis.

3.      Transformasi

Terakhir, Anda sudah tiba pada proses transformasi, di tahap ini perusahaan sudah masuk ke penerapan strategi teknologi ke proses operasional bisnis. Setelah sampai pada tahap ini, penerapan strategi teknologi baru harus selalu dipantau untuk memastikan bahwa nilai bisnis yang didapatkan meningkat secara optimal.

Banyak yang harus dipertimbangkan untuk melakukannya, agar perusahaan menuju yang lebih baik di masa depan. Melakukan transformasi adalah cara yang sangat baik untuk meningkatkan nilai bisnis dan menjadi unggul dalam industri. Bisnis yang dijalankan dituntut untuk dapat beradaptasi dengan zaman, dan transformasi dalam bisnis dengan dukungan solusi teknologi merupakan jawaban atas segala bisnis yang selama ini menghambat hasil bisnis, dengan transformasi yang dilakukan maka bisnis akan lebih optimal.

Alasan Perusahaan Perlu Melakukan Transformasi Bisnis

komunikasi bisnis

Di era globalisasi seperti sekarang ini, setiap perusahaan memang dituntut untuk bergerak lebih dinamis supaya bisa bertahan. Salah satu caranya adalah dengan melakukan transformasi bisnis, baik secara spesifik maupun menyeluruh. Meskipun begitu, kesuksesan dalam transformasi tidak bisa didapatkan secara instan. Karena membutuhkan proses dan kerja keras untuk mewujudkannya.

Menerapkan cara efektif untuk melakukan transformasi pada bisnis tidaklah mudah. Karena faktor teknologi dan SDM adalah kuncinya. Sebagai pemilik bisnis, Anda harus menerapkan cara efektif ini jika menginginkan perubahan yang sukses. Pemilihan solusi teknologi yang tepat, dan bantuan SDM berkualitas dapat dijadikan acuan utama dalam menerapkannya.

transformasi bisnis

Tipe Transformasi Bisnis

Transformasi bisnis bisa diibaratkan sebagai ‘payung’, sebagai dasar dalam membuat suatu perubahan fundamental yang menyeluruh pada bagaimana perusahaan atau organisasi itu bekerja. Perubahan yang dimaksut bisa jadi merupakan perubahan yang berfokus pada personel perusahaan, proses produksi serta perubahan teknologi dari perusahaan itu sendiri.

Fungsi utama dari transformasi bisnis, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, adalah memperbaiki sistem dari perusahaan atau organisasi tersebut agar mampu bersaing dengan competitor melalui persaingan yang efektif.

Biasanya, sifat dari transformasi bisnis itu sendiri selalu disaratkan dengan ‘berani’ – ‘besar – besaran’ serta ‘menyeluruh’. Dimana hal tersebut dapat membuat perusahaan mampu melaju lebih cepat – tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan perusahaan atau organisasi lainnya.

Kata ‘Berani’ dalam kamus perubahan bisnis ternyata tidak hanya sekedar berganti alat atau perubahan minor lainnya, ‘berani’ yang dimaksut bisa jadi sangat besar cakupannya hingga bahkan sampai dengan mengganti tipe bisnis atau membuat model operasi yang jauh berbeda dari model bisnis sebelumnya.

Perusahaan akan melakukan yang namanya transformasi bisnis untuk menciptakan nilai tambah dari produk yang mereka pasarkan. Nilai tambah yang dimaksut bisa diperbesar dengan memaksimalkan potensi karyawan, mempertajam kekayaan intelektual, serta meningkatkan teknologi dari perusahaan itu sendiri.

Semua upaya tersebut dilakukan semata – mata hanya untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Dengan memiliki potensi yang maksimal, keuntungan yang didapatpun akan naik dengan significant.

Perlu diketahui bahwa transformasi bisnis biasanya tidak bisa terjadi hanya dalam satu atau dua bulan saja. Ia merupakan proses yang melelahkan sekaligus memakan waktu yang cukup lama. Memahami bahwa transformasi bisnis merupakan suatu perubahan besar yang akan berjalan bertahun – tahun adalah hal yang wajar, semua demi mengubah aspek – aspek mendasar dari perusahaan atau organisasi itu sendiri.

Beberapa Tips Untuk Meningkatkan Transformasi Bisnis

Dilihat dari jumlah – ukuran serta kerangka waktu proses pelaksanaan perubahan bisnis itu sendiri biasanya dimulai dari bagian paling atas suatu perusahaan atau organisasi. Yaitu CEO dan dewan direksi.

Percayalah bahwa perubahan tersebut akan memakan waktu yang cukup lama hingga mungkin bertahun – tahun. Tergantung dari bagaimana perusahaan mampu mempercepat perubahan itu terjadi atau tidak. Bukan kemustahilan suatu perusahaan bisa benar – benar berubah hanya dalam waktu hitungan bulan.

Meski cakupan dari bisnis transformasi itu sendiri cukup luas, namun terdapat banyak cara untuk memecah perubahan tersebut kedalam bagian – bagian tertentu. Berikut adalah tipe – tipe dari transformasi bisnis itu sendiri, antara lain adalah :

Transformasi Bisnis Proses

Proses perubahan dengan metode satu ini lebih berfokus pada bagaimana suatu perusahaan akan mengalami yang namanya transformasi. Dikarenakan fokus transformasi yang dikehendaki adalah tentang bagaimana cara perubahan tersebut bekerja, proses ini biasanya tidak memakan waktu yang lama.

Business process transformation melibatkan banyak aspek dalam sistem pengoptimalannya, dengan melibatkan otomasi yang terus berulang sehingga perusahaan dapat terfokus pada jenis proyek yang memiliki skala nilai lebih tinggi.

Perlu diketahui bahwa tipe satu ini merupakan proses yang berkelanjutan yang dimulai dari bagian atau aspek paling umumnya, untuk kemudian dirunutkan berlanjut hingga proses dengan hasil yang lebih sedikit. Final purpose atau tujuan akhir dari tipe pertama ini adalah pembebasan perusahaan dari tugas – tugas yang harus diselesaikan. Dimana, setelah tugas – tugas tersebut selsai – berhasil dikerjakan inovasi dalam memberikan harga terbaik bagi pelanggan dapat dicapai dengan mudah.

transformasi bisnis

Perubahan Informasi – Data – Digital Perusahaan

Tipe transformasi yang kedua ini lebih berfokus pada penggunaan teknologi serta sumber daya alat dalam membuka kunci penambahan nilai produk yang dihasilkan. Maksut dari perubahan yang diinginkan adalah dengan menggunakan atau mengumpulkan data – data yang ada untuk meningkatkan efisiensi. Proses ini juga termasuk kedalam pemanfaatan teknologi serta data untuk menawarkan produk yang benar – benar baru.

Produk baru tersebut bisa terbuat dari teknologi – teknologi yang telah anda rubah atau perbarui untuk merancang, membangun serta mendistribusikan produk tersebut dengan lebih cepat. Anda juga bisa menempatkan penggunaan teknologi terbaru ini sebagai salah satu bentuk kelebihan produk yang anda miliki dibandingkan dengan produk atau merk lainnya.

Organizational Transformation

Beberapa perusahaan atau organisasi melakukan perubahan besar – besaran dengan memindahkan atau mengubah alokasi sumber daya perusahaan. Sumber daya yang dimaksut tidak hanya mencakup alat atau bahan dasar perusahaan saja, namun juga pegawai yang ada.

Perubahan pada bagian organisasi suatu perusahaan biasanya melibatkan penilaian tentang bagaimana suatu departemen dikelola, serta bagaimana struktur departemen itu bekerja. Perubahan struktur organisasi dalam suatu perusahaan juga memerlukan Analisa serta pengamatan yang mendalam tentang ketrampilan plus pengalaman karyawan, bagaimana penempatan karyawan itu sendiri apakah sesuai atau tidak serta struktur proses pelaporan yang ada untuk memaksimalkan potensi perusahaan dalam mengidentifikasi peluang yang ada.

Peluang yang dimaksut adalah pembangunan serta ‘perampingan’ asset perusahaan untuk mencapai pertumbuhan yang baik dan sukses. Tujuan lain yang bisa dicapai dalam menggunakan tipe perubahan bisnis ini adalah menghancurkan silo dalam perusahaan, meratakan organisasi serta memaksimalkan jumlah karyawan yang ada.

transformasi bisnis

Transformasi Management

Di saat semua perusahaan tengah berjuang untuk mendapatkan nilai pertumbuhan pasar yang baik dan kompetitif, ternyata hierarki birokrasi ‘turun temurun’ tidak selalu berjalan baik. Sistem yang ada mungkin tidak selalu yang terbaik dalam memfasilitasi pengambilan keputusan yang tanggap serta cepat.

Anda mungkin perlu memikirkan perubahan management sebagai salah satu solusi untuk menghadapi yang namanya ‘gagap’ kalah saing dengan perkembangan jaman yang berlaku. Sangat penting untuk memiliki seorang karyawan yang professional dan berpengalaman dibidangnya untuk menyelamatkan perusahaan anda dari jurang kehancuran.

Memberikan sumber informasi yang terpercaya dan akses yang luas merupakan salah satu cara dalam membangun saluran komunikasi yang baik dengan karyawan. Dengan menggunakan informasi tersebut, diharapkan karyawan mampu memberikan feedback yang baik serta membantu perusahaan untuk mampu bersaing di pasar bisnis.

transformasi bisnis

Transformasi ‘Budaya’

Digadang – gadang sebagai jenis transformasi bisnis paling sulit yang pernah ada. Mengapa demikian?

Hal ini dikarenakan oleh sebuah budaya atau culture akan sangat susah dirubah bahkan secara organic sekalipun. Semuanya tergantung dari setiap sendi perusahaan itu sendiri mulai dari sifat pemimpinnya, bagaimana pegawainya, serta bagaimana proses pemberian ‘hadiah’ karyawan itu bekerja.

Perubahan budaya dalam suatu bisnis bisa jadi merupakan proses transformasi yang membutuhkan waktu paling lama diantara tipe – tipe transformasi lainnya. Faktanya, memang sangat susah untuk menerapkan konsep serta ide – ide cemerlang yang sudah disusun susah – susah kedalam perbuatan sehari – hari.

Transformasi budaya juga memiliki peluang tingkat keberhasilan yang jauh lebih rendah bahkan jika dibandingkan dengan transformasi management. Dasar dari keberhasilan suatu transformasi budaya adalah dengan memegang teguh visi perusahaan. Pastikan visi yang dibuat telah dipersiapkan secara menyeluruh dan wajib untuk dipatuhi siapapun yang menjadi anggota dari perusahaan atau organisasi itu sendiri.

Kesimpulan

Pada intinya, semua bagian dalam perusahaan harus sama-sama bersinergi untuk menciptakan transformasi yang sukses. Mari terapkan cara efektif untuk melakukan transformasi bisnis dan jadikan JojoTimes sebagai partner perusahaan Anda.

JojoTimes merupakan sebuah aplikasi yang dapat meningkatkan kinerja tim hingga 100%. Anda bisa memantau tiap pekerjaan karyawan dengan mudah. JojoTimes juga tersistem dengan canggih.

Dengan pengenalan wajah dan fitur GPS yang akurat, Anda dapat mengetahui apa yang sedang dilakukan karyawan Anda di mana pun mereka berada. Apakah mereka di kantor, pergi ke pertemuan atau bekerja dari jauh. Jangan khawatir, Anda bisa memantaunya langsung lewat smartphone Anda. Dengan ini Anda bisa mengenal perilaku organisasi di perusahaan Anda.

Laporan kehadiran bulanan yang dihasilkan secara otomatis memungkinkan karyawan Anda menggunakan waktu mereka untuk pekerjaan lain yang lebih mendesak. Hal ini akan lebih efisien dalam mengatur waktu.

Tidak perlu lagi mengantre atau check-in untuk melapor ke kantor sebelum dan sesudah rapat. Karena dengan JojoTimes, karyawan dapat mengoptimasi waktu lebih baik. Biarkan karyawan Anda fokus pada passion mereka, sehingga hal tersebut juga akan meningkatkan produktivitas karyawan Anda.