Transparansi Gaji Dengan Segala Opini Didalamnya

Setiap karyawan tentu memiliki jumlah gaji yang saling berbeda sesuai dengan jabatan serta lamanya berkerja di perusahaan. Transparansi gaji sering menjadi bahan pembicaraan tersendiri saat waktu senggang di perusahaan, besarnya gaji bisa jadi motivasi ataupun sumber masalah karena iri dan lain sebagainya.

Keterbukaan dari transparansi upah kerja ini bisa menjadi sebuah sistem untuk membangun kepercayaan kepada seluruh karyawan yang ada di perusahaan. Tapi harus selalu diingat bahwa transpararansi juga bisa menjadi penyebab konflik internal.

Memanfaatkan keterbukaan informasi ini tergantung dari bagaimana setiap karyawan menyikapinya, tapi pada kenyataan informasi gaji biasanya menjadi sebuah rahasia perusahaan. Jenis perusahaan seperti ini mungkin bertujuan agar privasi setiap karyawannya terjaga.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Ditempat saya dulu berkerjapun begitu saling bertanya tentang gaji adalah hal yang tabu dan tidak diperbolehkan. Alasan utamanya karena setiap orang pasti menjalani waktu kerja yang berbeda sehingga wajar mendapatkan lebih besar atau kecil belum lagi jabatan serta lamanya ia berkerja sangat memperngaruhi.

Penerapan Transparansi Gaji Bangun Kredibilitas

Menurut hasil beberapa riset bahwa keadaan tranparansi gaji bisa membangun kredibilitas sebuah perusahaan, alasannya karena para pegawai didalamnya mampu menentukan sikap dan berfokus kepada karir serta produktifitas optimal.

Keterbukaan tentang gaji juga membantu ketika pegawai membutuhkan bantuan rekan kerja, karyawan dengan gaji lebih besar berati telah memberikan kontribusi yang besar dan telah memahami pekerjaanya. Sehingga ketika dimintai bantuan ia akan dengan senang hati memberikan.

 

Studi yang dilakukan huet-vaugh juga mendapatkan hasil bahwa kerahasian gaji bisa memberikan efek negatif kepada karyawan serta perusahaan. Perusahaan akan kehilangan karyawan unggulnya apabila tetap mempertahankan kode etik seperti ini.

Sebenarnya tidak transparan terhadap besaran gaji sudah menjadi sebuah cara kuno didalam sebuah perusahaan. Zaman sekarang justru keterbukaan akan menghasilkan dampak yang lebih baik, justru karena disembunyikan pegawai akan membandingkan gajinya dengan hasil pencarian melalui internet.

Tentu ini akan sangat jauh dan fatal, karena hasil pencarian dari internet belum tentu memberikan data yang jelas dan valid. Lebih baik informasi seperti gaji diberikan berdasarkan tempat kerja asal, apabila membandingkan dengan perusahaan lain tentu perhitungannya akan berbeda lagi.

Menerapkan Transparansi Gaji Merupakan Perkembangan Zaman

Mudahnya mengakses segala informasi memaksa perubahan berbagai nilai didalam kehidupan, termasuk saat berada dalam pekerjaan. Sudah sifat manusia untuk selalu tidak puas dengan apa yang telah dimiliki.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Lalu manusia juga memiliki kebiasaan penasaran terhadap urusan orang lain, alasannya bisa memicu kepada hal baik dan juga buruk. Perbedaan didalam gaji bisa menjadi sebuah tamparan yang keras agar berkerja lebih baik dan mendapatkannya.

Apabila seseorang tidak bisa mengakses informasi seperti gaji tentu akan timbul berbagai perasaan negatif seperti benci, iri dan dengki. Solusi menghindari berbagai sifat itu menjangkit karyawan anda melakukan transparansi gaji sebagai sarana penyelsaian.

Seharusnya perusahaan membangun sebuah jaringan informasi yang bisa diakses oleh setiap karyawan agar mengetahui besaran gaji perorangannya. Sehingga nanti apabila ditemui perbedaan mereka bisa mendiskusikan apa saja yang kurang dan memperbaikinya.

Jaringan ini juga sudah diterapkan dibeberapa perusahaan besar dengan memberikan hasil yang baik. Contohnya adalah ketika pegawai A ternyata mengetahui gajinya lebih rendah dari si B, tapi jabatan yang mereka emban sama.

Tentu akan timbul pertanyaan didalam diri pegawai A mengapa penghasilan saya berbeda. Selanjutnya ia akan konsultasi dengan karyawan B bagaimana cara mendapatkan besaran gaji yang sama, pada akhirnya pegawai A ini akan memperbaiki produktifitasnya agar menyamai B.

Kenyataan Dalam Bisnis

Fakta bagi pemenggang saham adalah untuk memperkerjakan sumber daya manusia dengan kualitas terbaik tapi bayaran serendah mungkin agar mendapatkan keuntungan berlimpah. Ini yang kadang memicu pemikiran ketidakadilan bagi karyawan dan membuat mereka keluar.

Melakukan transparansi gaji bisa menghilangkan pemikiran seperti ini didalam perusahaan, para karyawan akan mengerti bahwa upah yang diberikan memanglah setara dengan kerja kerasnya. Kepercayaan dari karyawan akan membuahkan hasil produk dan jasa terbaik bagi perkembangan perusahaan.

Karena untuk bisa bergerak perusahaan tidak bisa hanya mengandalkan satu atau dua karyawan saja, semua individu didalam perusahaan harus satu nada dalam melangkah. Apabila terdapat berbagai ketidak puasan ini akan sangat menganggu perkembangannya.

Mengklasifikasikan besaran gaji karyawan sebagai rahasia perusahaan merupakan sikap yang sangat kuno dan sudah tidak layak lagi dizaman ini. Karena sudah banyak cara untuk bisa mendapatkan informasi itu dimasa kini.

Lebih baik karyawan mendapatkan kejelasan tentang semua informasi mengenai perusahaan termasuk gaji setiap karyawan yang berkerja. Daripada ia harus membandingkan dengan gaji diperusahaan lain yang akan berakibat hilangnya kepercayaan terhadap pekerjaannya.

Selain Membangun Jaringan Masih Banyak Cara

Membangun jaringan untuk mengakses informasi besaran gaji adalah salah satu cara untuk transparansi, tapi ada cara lain yang lebih mudah. Yaitu dengan menyempatkan waktu untuk sharing berbagai masalah yang dialami perusahaan.

Agendakan didalam sharing itu juga membahas besaran gaji setiap karyawan dan apa saja yang diperlukan untuk mendapatkannya. Bila perlu sebagai pembuktian sertakan juga slip gaji agar informasi yang diberikan lebih terpercaya.

Pada waktu sharing juga karyawan terkait yang merasa dirugikan karena mendapat besaran gaji lebih kecil bisa mendapatkan motivasi agar upahnya lebih layak. Sharing terbuka ini bisa menghindari rasa iri terhadap sesama rekan kerja karena permasalahan gaji yang berbeda.

Bagi HR perhitungan gaji berserta seluruh komponen didalamnya merupakan tugas yang harus dilakukan secara maksimal. Salah perhitungan dalam payroll maka tidak ada toleransi untuk anda, semuanya mengharapkan payroll dibayarkan dengan baik tapi dalam prosesnya tidak semudah itu.

Untuk membantu anda gunakanlah software yang dapat membantu kalkulasi payroll, yaitu jojopayroll. Jadi anda tidak perlu lagi pusing mengerjakan payroll, apalagi jika didalam perusahaan anda banyak jenis karyawan selain pegawai tetap.

Kemudahan menggunakan jojopayroll anda bisa memasukan setiap add-ons atau komponen gaji yang diperlukan setiap karyawan dan bisa mencabutnya untuk menyesuaikan dengan data asli. Semua proses dilakukan hanya dengan klik pada software.

Penyimpanan berkas dengan real akan menghamburkan biaya pencetakan, sedangkan jojopayroll menawarkan solusi murah pemberkasan serta slip gaji digital untuk memangkas habis anggaran yang dikeluarkan untuk percetakan.

Hemat waktu juga biaya jika anda memakai software jojopayroll, semua proses perhitungan dilakukan oleh software secara otomatis. Anda bisa menggunakan waktu menunggu untuk kegiatan lain, kalkulasi yang digunakan oleh software ini juga sangat akurat.

Hilangkan beban pekerjaan membuat payroll dengan menggunakan software jojopayroll sekarang juga. Berminat ingin merasakan manfaatnya?. Download demo dari software ini sekarang juga di website jojonomic, walaupun demo manfaat yang diberikan tidak berbeda jauh dengan versi full jadi anda bisa langsung memanfaatkannya untuk keperluan payroll.