Maksimalkan Tugas Marketing Para Karyawan

Memfasilitasi tugas marketing karyawan adalah sebuah hal yang bisa dilakukan perusahaan untuk memaksimalkan pemasukkan. Sebab hal ini akan peningkatan penjualan produk dari perusahaan. Seperti yang sudah diketahui bahwa aktivitas marketing adalah dasar dari meraup keuntungan. Jadi semakin maksimal pemasaran yang dilakukan perusahaan.

Maka perusahaan tersebut akan mendulang keuntungan yang lebih besar lagi. Secara garis besar aktivitas marketing memegang peranan yang cukup krusial dalam sebuah perusahaan. Tanpa berjalannya marketing dengan baik dalam sebuah perusahaan. Maka perkembangan yang akan dilakukan oleh perusahaan bisa terhambat.

Sangat jelas tugas marketing harus difasilitasi oleh perusahaan. Sebenarnya pada zaman ini marketing semakin mudah dilakukan oleh seluruh perusahaan. Dengan kehadiran berbagai penunjang yang bisa dipakai untuk pemasaran perusahaan. Berikut ini adalah sarana pemasaran yang bisa anda manfaatkan untuk meningkatkan profit perusahaan.

Tugas Marketing Sebagai Pemenuh Kebutuhan Konsumen

tugas marketing

Tentu saja tugas marketing yang utama adalah sebagai pemenuh kebutuhan konsumen. Tanpa adanya aktivitas marketing atau orang yang bertanggung jawab untuk melaksanakannya. Perusahaan akan berada diambang kebangkrutan jika sampai marketingnya gagal. Secara menyeluruh marketing memang bisa diartikan sebagai usaha pemenuhan kebutuhan.

Kebutuhan disini adalah dari dua pihak yaitu konsumen dan produsen. Produsen memproduksi produk yang untuk kemudian dipakai oleh konsumen. Flow sehatnya memang begitu dipasarkan produk itu akan laku terjual. Karena menjadi kebutuhan konsumen. Perlu digaris bawahi bahwa sebuah produk bisa laris manis di pasaran karena telah diminati oleh banyak konsumen.

Bagaimana agar hal ini bisa terjadi terhadap produk anda?. Tentu saja dengan menyasar konsumen dan pasaran yang tepat. Apabila anda tidak menempatkan produk pada pasar yang tepat. Kemungkinan produk tersebut tidak akan bisa terjual laris dan malah menumpuk di pasaran.

Ini adalah sebuah flow yang tidak sehat. Serta pemenuhan tugas marketing yang gagal. Untuk bisa terus berkembang sebuah perusahaan harus sebisa mungkin menjual produknya dengan baik. Tanpa melaksanakan marketingnnya dengan baik, perusahaan akan menderita berbagai kerugian. Tidak salah jika karyawan yang bertugas sebagai marketing dijuluki ujung tombak.

Tugas Marketing Sebagai Product Planner

tugas marketing

Product planner berarti perencanaan produk. Sebelum dipasarkan secara komersil sebuah produk harus direncanakan atau digodok dengan baik. Perusahaan tidak bisa merilis produk begitu saja tanpa melakukan perencanaan yang matang. Setidaknya harus ada dasar yang dimiliki oleh produk tersebut. Contohnya saja akan menyasar untuk kalangan apa produk tersebut dibuat.

Jika dikhususkan untuk kalangan menengah kebawah. Maka tugas marketing dalam perencanaan produk ini akan berfokus kepada harga. Dengan harga yang terjangkau perusahaan akan bisa menarik minat para konsumen dari kalangan menengah kebawah. Walaupun terkadang fungsi dari produk tersebut memang jauh jika dibandingan dengan yang harganya mahal.

Memang jika sebuah produk memiliki fungsi yang lebih efisien dan banyak. Walaupun harganya terhitung mahal tetap saja produk tersebut akan laku dipasaran. Misalkan saja smartphone dengan spesifikasi yang tinggi akan lebih mahal jika dibandingkan ponsel biasa. Kemudian berbagai fitur tambahan seperti tahan air akan menambah minat konsumen.

Lain cerita jika produk yang menjadi tugas marketing akan berfokus untuk kecepatan penjualan. Mungkin perusahaan akan membuat produk dengan kuantitas banyak dan harga terjangkau. Contohnya saja dengan makanan snack yang ditambah jumlah bersihnya dan dikenakan potongan diskon harga.

Meracik Harga Yang Tepat

Sebagai tugas marketing yang cukup tricky menentukan harga sudah menjadi tantangan tersendiri. Marketing harus melakukan perbandingan harga untuk produk sejenisnya sebelum bisa di pasarkan. Misalkan saja perusahaan akan mengeluarkan produk kecap baru. Dengan spesifikasi yang sama dengan kompetitor tapi dengan bonus jumlah lebih banyak.

Kompetitor menetapkan harga 1000 rupiah. Maka anda tidak bisa langsung menetapkan harga menjadi 5000. Ini tidak rasional dan hanya menghasilkan produk ini gagal laku di pasaran. Perbandingan harga paling besar yang bisa ditetapkan oleh perusahaan adalah berkisar setengah harga kompetitor.

Jika ingin memblow up produk tersebut pada pemasaran perdananya. Maka perusahaan bisa memasarkan dengan setengah harga dengan perhitungan keuntungan yang cukup kecil. Kemudian setelah konsumen merasakan keuntungan dari produk barulah. Kembali menaikkan harga asalnya, dengan syarat harga normal sudah diperkenalkan saat blow up tersebut.

Promotion Planning Tugas Marketing Utama

Seperti yang sudah dikenal oleh kebanyakan orang. Bahwa tugas marketing adalah melakukan pemasaran yang efisien. Salah satu bagian dari pemasaran tidak hanya menjual. Melainkan juga melakukan promotion atau promosi. Apa sebenarnya promosi itu?. Promosi adalah pengenalan produk ataupun memberikan informasi terkaitnya.

Metode promosi sangat banyak mulai dari konvensional sampai menggunakan media sosial. Bahkan dulu dikenal dengan promosi melalui door to door atau pintu ke pintu. Ini dimaksudkan karena begitu pentingnnya promosi produk. Tapi syukurlah dengan berkembangnya berbagai macam media sosial promosi ini semakin mudah untuk dilakukan.

Aturan dasar dari promosi adalah harus memperkenalkan produk dengan seefisien mungkin. Artinya tugas marketing tidak hanya memperkenalkan produk dari a sampai z. tapi mereka harus mengemas pembahasan didalam promosi tersebut menjadi lebih efisien. Dengan keefisienan tersebut marketing juga harus mampu menarik hati konsumen dan calon konsumen.

Memberikan Pelayanan

Hospitality adalah fungsi lain dari marketing. Pelayanan adalah jalan untuk terjadinya sebuah transaksi. Tanpa pelayanan yang baik maka konsumen akan cenderung tidak tertarik pada barang ataupun produk. Contohnya saja didalam sebuah supermarket, konsumen akan berbelanja. Tapi ia disambut dengan pelayanan tidak baik sehingga akhirnya konsumen memutuskan.

Untuk mencari supermarket lain yang akan memberikan pelayanan lebih baik. Kasus seperti ini sudah sangat sering terjadi. Untuk memberikan pelayanan yang maksimal. Maka karyawan juga harus diringankan beban kerjanya. Dengan memanfaatka software tentu saja adalah jawaban satu-satunya.

Ringankan Beban Kerja Perusahaan Dengan Software

Perangkat lunak yang berfungsi baik sebagai sarana marketing perusahaan adalah JojoExpense. Software ini akan mempersingkat setiap pengajuan cash advance di perusahaan anda. Seluruh hal berhubungan dengan finansial perusahaan bisa dihandle melalui perangkat lunak. Terutama untuk reimbursment dan juga cash advance.

Apa lagi yang bisa dilakukan perangkat lunak ini?. JojoExpense bisa dimanfaatkan untuk monitoring finansial perusahaan. Tanpa harus ribet, sebab anda cukup memonitor cash perusahaan melalui perangkat lunak ini saja. Kapanpun dan dimanapun anda berada, anda tidak akan kehilangan update cash perusahaan.

Biaya pengeluaran untuk pencetakkan dokumen kertas memakan modal anda?. Jangan takut, manfaatkan saja JojoExpense maka tidak akan ada lagi pendokumentasian melalui kertas. Modal akan terpakai secara efisien untuk perkembangan perusahaan.

Semudah inikah untuk mengelola cash advance semenjak menggunakan JojoExpense?. Jika tidak percaya langsung saja download demo dari perangkat lunak ini. Anda harus merasakan sendiri segala keunggulannya di perusahaan yang sedang dikelola sekarang.