Tugas Seorang Manager StartUp yang Ideal

Startup merupakan perusahaan yang baru saja di rintis dan sedang dalam masa pengembangan. Karena masih dalam tahap merintis, tentu sebuah startup pasti memiliki berbagai macam keterbatasan. Termasuk struktur organisasi beserta divisi-divisinya yang memiliki Tugas Seorang Manager StartUp dan menyesuaikan yang paling ideal bagi masing-masing strartup.

Sebuah startup merupakan suatu usaha baru dan tentu saja secara struktur organisasi masih sangat sederhana. Berbeda dengan perusahaan besar yang memiliki struktur organisasi yang kompleks yang terdiri dari level tinggi sampai level bawah. Karena masih tahap pengembangan dan minimnya sumber daya manusia sehingga tidak menutup kemungkinan satu orang bisa menempati satu posisi tertentu yang mengerjakan tanggung jawab yang sebenarnya diluar tugasnya.

Struktur organisasi perusahaan yang baik merupakan salah satu faktor yang bisa melandasi kelancaran bisnis perusahaan. Untuk itu, penting bagi perusahaan untuk memiliki pondasi organisasi yang kuat agar perusahaan bisa beroperasional dengan baik. Hal ini juga berlaku untuk perusahaan startup, struktur organisasi bagi startup juga perlu disusun dengan jelas agar memudahkan kegiatan operasional perusahaan dan membantu mendefinisikan peran dan tanggung jawab dengan lebih jelas.

Struktur Organisasi Perusahaan Startup yang Ideal

Tugas Seorang Manager StartUp

Menurut buku StartupPedia karangan Anis Uzzaman, dijelaskan bahwa terdapat 6 anggota yang perlu ada di perusahaan startup. Diantaranya yaitu CEO, CTO, CFO, CMO, COO, dan WP Penjualan (Wakil Presiden Penjualan). Apa saja Tugas Seorang Manager StartUp di struktur organisasi di dalam perusahaan ini? Berikut penjelasannya.

1.      CEO (Chief Executive Officer)

Posisi ini sudah sangat umum diketahui, terutama bagi sebagian besar perusahaan startup. CEO bertindak sebagai pemimpin perusahaan, sebagai pemimpin bisa dikatakan bahwa CEO merupakan posisi yang memiliki peran paling krusial. Kualitas seorang Chief Executive Officer bisa menentukan masa depan perusahaan yang dipimpinnya. Seorang Chief Executive Officer juga diharapkan bisa menjaga hubungan baik dengan pihak eksternal seperti investor dan banyak memiliki pengalaman dalam hal bisnis.

Secara umum, peran seorang Chief Executive Officer mencakup beberapa hal berikut:

  • Merancang dan mengkomunikasikan visi perusahaan
  • Memotivasi para tim
  • Merekrut tim
  • Memprediksi tren pasar
  • Menguraikan strategi bisnis perusahaan
  • Membangun hubungan yang baik dengan investor
  • Mengatur anggaran dan biaya

2.      CTO (Chief Technology Officer)

Dampak positif globalisasi

Tidak seumum posisi CEO, posisi CTO ini  memiliki tugas dan tanggung jawab atas produk yang dijual. Posisi ini biasanya belum terlalu di isi pada saat masa pembentukan awal perusahaan startup. Di masa-masa awal, perusahaan biasanya menyediakan  posisi untuk manager produk.

Tugas Seorang Manager StartUp Produk diantaranya meliputi :

  • Menyatukan pengembangan produk
  • Memahami dan mengadopsi perkembangan teknologi
  • Mengelola pengembangan produk

Product Manager memiliki tugas seperti melakukan riset dalam pengembangan dan pembuatan produk, mengatur strategi, dan menjalin komunikasi dengan pihak eksternal dan divisi lain. Ada banyak tugas seorang Product Manager. Berikut ini diantaranya : 

Ø  Melakukan Riset Produk

Sebuah produk dapat bersaing di pasar, oleh karena itu haruslah produk menawarkan kelebihan yang akan didapatkan oleh pengguna. Oleh sebab itu, manager produk perlu melakukan riset produk. Risetnya bisa bermacam-macam, mulai dari mengecek apa yang sedang menjadi tren di masyarakat. Selain melakukan riset, seorang manager produk juga perlu menganalisa kompetitor, karena dengan ini dapat membantu dalam melihat kekurangan apa yang bisa diatasi oleh produk yang dihasilkan.

Ø  Mengatur Strategi Produk

Setelah mendapat inspirasi produk yang akan dibuat, seorang manager produk perlu mengatur strategi dalam merealisasikannya. Mereka harus pandai dalam mengomunikasikan ide mereka di depan perusahaan. Jika perusahaan menyetujui ide tersebut, maka pembuatan produk bisa dimulai. Di dalam perusahaan startup terdapat juga manager product yang hanya mengerjakannya sendiri dan terdapat pula membagi skema kerja, dengan strategi yang telah disusunnya pada timnya. Semua tergantung ketersediaan sumber daya.

Ø  Menangani Masalah Produk

Tugas Seorang Manager StartUp

Saat proses pembuatan produk, tentu dapat hal yang diluar dugaan bisa terjadi. Seorang manager produk juga harus bisa menangani masalah yang muncul. Mereka diharapkan untuk bisa memberikan solusi terbaik atas masalah yang dihadapi tim kerja, dalam mewujudkan produk berkualitas.

Oleh sebab itu, pengetahuan mereka pun harus luas agar bisa menyelesaikan permasalahan yang dialami dengan pengetahuan teknis yang cukup memadai.

Ø  Jalin Komunikasi dan Kerja Sama

Komunikasi dan kerja sama yang baik akan mewujudkan produk yang berkualitas. Oleh karena itu, seorang manager produk perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan mampu menciptakan suasana kerja yang kondusif. Semua ini dilakukan supaya setiap detail produk yang dihasilkan sesuai dengan standar perusahaan.

3.      Chief Financial Officer (CFO)

Bicara soal perusahaan startup, salah satu hal yang tidak kalah penting yaitu peran Chief Financial Officer / CFO agar perusahaan bisa mengelola dana dan beroperasi dengan baik.

Tanggung jawab seorang CFO pada struktur organisasi perusahaan startup yaitu :

  • Membentuk strategi penggalangan dana
  • Membuat keputusan yang berhubungan dengan sumber daya manusia, seperti merekrut, memecat, menggaji, keuntungan, dan akuisisi
  • Merumuskan dokumen keuangan
  • Membahas kesehatan keuangan perusahaan dengan CEO

4.      CMO (Chief Marketing Officer)

prioritas Marketing

CMO bertanggung jawab atas semua aspek pemasaran, mulai dari strategi pasar dan kehumasan dalam menjaga citra perusahaan di mata publik. Berikut tugas dan tanggung jawab Chief Marketing Officer.

  • Mengembangkan strategi pemasaran
  • Melaksanakan riset pasar
  • Menjaga citra perusahaan
  • Menciptakan kampanye humas

Tugas Seorang Manager StartUp Pemasaran bisa saja mengembangkan tugas di bawah ini :

Copywritings

Menjadi copywriters yang bertanggung jawab atas konten promosi perusahaan melalui website, aplikasi, e-commerce, dan lain-lain.

Social Presence

Dengan terlibat dalam media sosial, manager pemasaran bisa menimbulkan kesadaran dan ketertarikan pada produk dari startup yang ditawarkan.

User Understanding

Seorang manager pemasaran juga perlu merasakan apa yang pengguna rasakan ketika menggunakan produk. Ketika merasakannya, maka semakin banyak keputusan yang dapat dibuat kedepannya dalam meningkatkan penjualan produk.

Public Relation

Public relation berarti menjadi pusat untuk media serta melebarkan jaringan pemasaran untuk lebih meningkatkan kesadaran dan ketertarikan terhadap produk yang sedang dipasarkan.

5.      COO (Chief Operating Officer)

Chief Operating Officer berhubungan erat dengan kegiatan operasional perusahaan. Biasanya di awal pembentukan startup, peran COO ini bisa diambil alih oleh CEO, jika perusahaan sudah berkembang barulah merekrut Chief Operating Officer.

6.      Wakil Presiden Penjualan

Wakil Presiden Penjualan bertugas untuk membantu perusahaan dalam menghasilkan keuntungan. WPP berhubungan erat dengan marketing dan penjualan.

Untuk memudahkan kinerja operasional bisnis stratup, JojoExpense bisa dijadikan salah satu software andalan. Aplikasi ini memungkinkan Anda dapat mencatat setiap pengeluaran perusahaan, melakukan approval reimbursement yang diajukan oleh karyawan hingga mengontrol seluruh budget dalam perusahaan dengan optimal.

Lewat penggunaannya, JojoExpense dapat membuat kinerja bisnis jauh lebih efektif dan efisien bahkan hingga 76%. Sehingga waktu yang seharusnya digunakan untuk menghitung anggaran perusahaan secara manual dapat dialihkan untuk menyelesaikan pekerjaan lain sehingga produktivitas bisnis pun terus meningkat.

Tak hanya itu, JojoExpense juga dilengkapi dengan teknologi modern seperti Intelligence OCR dan Real-Time Geotagging yang memungkinkan Anda dapat terhindar dari risiko terjadinya fraud finansial atau penipuan keuangan. Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan JojoExpense dan hemat waktu Anda dalam mengelola keuangan perusahaan.