Tujuan Promosi : Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya

tujuan promosi

Setiap hari, dari obrolan kecil dengan teman atau keluarga, dari media cetak, dari papan reklame atau baliho di jalan, dari radio, dari TV, dari Internet, dll, pasti mendengar kata-kata promosi. Namun mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu tujuan promosi, jenis promosinya, tujuan dan contoh spesifik dari promosinya. Pada artikel berikut, kami akan menjelaskannya.

Apa itu Tujuan Promosi?

tujuan promosi

Promosi sering disebut sebagai pertukaran antara pembeli dan penjual. Penjual mencoba membujuk pembeli untuk membeli barang atau jasanya melalui promosi. Kegiatan ini membantu orang atau pelanggan untuk mengetahui lebih banyak tentang produk, layanan atau perusahaan.

Ini juga membantu meningkatkan citra publik perusahaan. Cara pemasaran ini juga dapat menggugah minat pembeli dan menarik pelanggan setia. Promosi adalah salah satu elemen dasar bauran pemasaran, termasuk harga, produk, promosi, dan lokasi dan juga merupakan elemen dalam paket atau rencana promosi.

Promosi mencakup penjualan pribadi, periklanan, promosi, publisitas, pemasaran langsung, dan mungkin juga mencakup acara, pameran, dan pameran dagang. Kegiatan promosi biasanya menggabungkan beberapa bentuk promosi misalnya berupa usaha (iklan), konsep (diskon), dan merchandise (kaos branded).

Bahkan, misalnya, sebuah toko sepatu beriklan di koran, menawarkan harga diskon untuk sepatu merek terkenal, dan memberi tahu mereka kapan dan di mana harus menjual. Metode dan media promosi juga banyak, bahkan metode promosi selalu berkembang dari waktu ke waktu. Beberapa media promosi antara lain;

  • Media cetak (koran, majalah, tabloid, dll).
  • papan iklan.
  • radio.
  • TELEVISI.
  • Dan Internet (situs berita, blog, dll.).

Tujuan Promosi secara umum

tujuan promosi

Semua pihak yang terlibat dalam promosi harus mencapai tujuannya. Mengacu pada definisi promosi di atas, berikut adalah beberapa tujuan promosi secara umum:

  1. Menyebarluaskan informasi tentang produk (barang / jasa) kepada publik atau calon konsumen.
  2. Jangkau dan menangkan pelanggan baru dan pertahankan loyalitas mereka.
  3. Membantu meningkatkan angka penjualan sekaligus meningkatkan keuntungan.
  4. Membantu meningkatkan keunggulan dan membedakannya dari produk pesaing.
  5. Sesuai dengan keinginan perusahaan, branding merek atau menciptakan citra produk di benak konsumen.
  6. Mempengaruhi persepsi dan perilaku konsumen terhadap produk.

Oleh karena itu, secara keseluruhan, tujuan utama promosi adalah meningkatkan angka penjualan dan keuntungan bisnis.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Jenis dari Tujuan Promosi

tujuan promosi

Ada banyak jenis dan cara promosi, dan produk atau jasa yang berbeda juga dipromosikan dengan cara dan media yang berbeda. Berikut ini adalah jenis-jenis promosi yang biasa kami kutip di Wikipedia:

Promosi fisik

Promosi lingkungan fisik dapat dilakukan pada acara tertentu atau acara khusus yang biasa diadakan di pameran, bazar, festival, konser dan tempat lainnya. Biasanya penjual membuka semacam “booth” untuk memajang dan menyediakan produk atau jasanya.

Keunggulan fisik dan langsung dari promosi semacam ini adalah bisa langsung menghubungi calon konsumen, bisa langsung melihat produk atau jasa yang disediakan, dan bisa langsung menanyakan segala informasi tentang produk atau jasa, dan mereka sudah terbiasa.

Bujuk dan bujuk calon pelanggan untuk membeli produk atau layanan yang mereka tawarkan saat itu dari penjual. Ya, interaksi langsung memungkinkan orang melakukan pembelian dengan segera. Kekurangan dari promosi fisik adalah jumlah calon konsumen sangat terbatas karena hanya diadakan di lingkungan atau area tertentu (seperti perkantoran, kampus, sekolah, dll).

Promosikan melalui media tradisional

Jenis promosi melalui media tradisional mengacu pada penggunaan media cetak (seperti koran, majalah, tabloid, dll) dan media elektronik (seperti radio dan televisi) dan media luar ruang (seperti spanduk atau baliho atau baliho).

Keunggulan jenis promosi melalui media tradisional ini adalah dapat menarik lebih banyak konsumen potensial dibandingkan dengan penjualan fisik karena media memiliki pengaruh yang sangat luas. Kekurangan promosi melalui media tradisional adalah sangat mahal karena melibatkan media yang besar, seperti televisi, penyedia billboard, dll.

Promosi melalui media digital

Jenis promosi melalui media digital antara lain media internet dan media sosial atau jejaring sosial. Ini merupakan cara promosi yang modern karena memungkinkan orang untuk melihat produk atau jasa yang sedang dipromosikan melalui teknologi terkini (seperti handphone atau laptop).

Banyak pengusaha yang memilih menggunakan media digital sebagai strategi promosi, karena media digital saat ini menjadi cara paling efektif untuk menjangkau konsumen setiap hari. Lebih dari 2,7 miliar orang di seluruh dunia menggunakan Internet, terhitung sekitar 40% dari populasi dunia. 67% pengguna internet di seluruh dunia menggunakan media sosial.

Keuntungan menggunakan media digital untuk promosi adalah dapat menjangkau orang yang sangat luas dengan waktu dan biaya yang efektif. Kekurangan penggunaan media digital untuk promosi adalah banyaknya kompetitor atau kompetitor yang terlibat.

Bagi pemasar, beriklan di media digital untuk membuat mereka lebih kreatif dan lebih menarik dari pesaing adalah tugas yang sulit. Di antara jenis-jenis kegiatan promosi tersebut di atas, karena faktor efektivitas biaya dan penyebarannya yang luas dan relatif cepat, promosi saat ini dilakukan melalui media digital.

Contoh promosi

diskon

Padahal kita sering melihat dan mendengar informasi promosi melalui TV, smartphone, majalah dan berbagai media lainnya setiap hari. Berikut beberapa contoh promosi:

  1. Contoh promosi restoran: minuman dingin gratis saat beli makanan.
  2. Promosi retail: Beli 2 pasang kaus kaki, dapatkan 1 kaus kaki gratis.
  3. Contoh promosi penyedia telekomunikasi: nelpon 10 menit bisa mendapatkan nelpon gratis dengan provider yang sama selama 1 jam.
  4. Promosi real estat: beli rumah untuk mendapatkan lemari es dan AC.
  5. Kita masih bisa menemukan banyak contoh kegiatan promosi setiap hari. Berbagai promosi tersebut dirancang untuk mempengaruhi evaluasi calon konsumen agar dapat segera memutuskan untuk membeli.

Kesimpulan

Kita tahu bahwa strategi promosi yang Anda terapkan akan menentukan penjualan. Kami tahu Anda sangat berkomitmen untuk memahami konsep dan jenis promosi, yang bisa dibuktikan dengan membaca artikel ini. Singkatnya, kita dapat menarik kesimpulan sebagai berikut:

  • Promosi adalah proses strategi pemasaran dan cara untuk berkomunikasi dengan pasar dan membujuk pelanggan potensial untuk mempengaruhi keputusan pembelian.
  • Tujuan dasar promosi adalah menyebarkan informasi kepada calon pelanggan, sehingga meningkatkan penjualan.
  • Jenis promosi meliputi periklanan, penjualan langsung, penjualan pribadi, promosi / publisitas dan hubungan masyarakat.
  • Contoh kegiatan promosi antara lain kampanye yang dilakukan di Google, hadiah gratis, contoh produk, rabat / diskon, kupon dan kupon, beli satu dapat satu program loyalitas gratis.

JojoExpense hadir sebagai dukungan terhadap perusahaan anda dalam mengatur budget promosi dan mengelola laporan keuangan. Mulai sekarang, semuanya ada di tangan Anda. Anda dapat mengelola anggaran seluruh perusahaan hanya dengan smartphone Anda. Menyetujui atau menolak pengajuan reimbursement dan cash advance kapanpun, dimanapun. Ini juga memantau penggunaan anggaran oleh karyawan.

Anda tidak perlu lagi khawatir tentang penipuan finansial. Berkat penggunaan OCR intelijen dan geotagging real time, JojoExpense dapat memperingatkan Anda tentang penipuan dalam penggantian dan penarikan tunai.

Tunggu apalagi, daftarkan perusahaan anda sekarang juga dan nikmati uji coba gratis JojoExpense!