Tunjangan : Jenis, Tujuan, dan Perhitungannya dalam Perusahaan

Tunjangan

Tunjangan adalah penghasilan tambahan selain upah, yang digunakan sebagai bantuan bagi perusahaan, organisasi, atau organisasi tempat Anda bekerja. Biasanya, tunjangan digabungkan dengan gaji bulanan.

Uang ekstra ini diberikan atau dibagikan secara berkala untuk tujuan tertentu. Rincian jenis dan jumlahnya biasanya dirinci dalam laporan penggajian atau pendapatan perusahaan atau organisasi pemberi kerja.

Ada 2 jenis manfaat Tunjangan

Tunjangan

Tunjangan pekerja secara umum dibagi menjadi dua kategori, yaitu tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap.

  1. Tunjangan tetap. Adalah bantuan bulanan yang diberikan kepada pekerja dan keluarganya. Pembayaran ini dilakukan bersamaan dengan pembayaran gaji pokok. Seperti subsidi perumahan, subsidi keluarga dan sebagainya. Tunjangan tetap ini tidak dipengaruhi oleh faktor kehadiran, kinerja atau prestasi.
  2. Manfaat tunjangan tidak tetap. Tunjangan tidak tetap adalah pemberian upah kerja secara langsung atau tidak langsung kepada pekerja dan keluarganya. Besarannya dipengaruhi oleh jam, harian atau dihitung sesuai kesepakatan. Seperti tunjangan transportasi dan tunjangan makan. Kedua tunjangan ini biasanya diberikan berdasarkan jumlah karyawan yang hadir.

Tujuan tunjangan karyawan employee

Perusahaan yang memberikan tunjangan kepada karyawan harus memiliki tujuan tertentu. Karena kesejahteraan dapat mempengaruhi kesejahteraan karyawan dan perusahaan. Maksud dan manfaat subsidi antara lain:

Meningkatkan produktivitas karyawan

Dengan memberikan benefit, karyawan akan merasa bahwa pekerjaannya dihargai. Selain itu, hal ini dapat membuat karyawan lebih nyaman dalam bekerja. Maka produktivitas karyawan dalam bekerja akan meningkat dengan sendirinya.

Jika demikian, karyawan akan berlomba-lomba untuk meningkatkan dan mempertahankan kinerjanya guna menjaga produktivitas dan fokus dalam bekerja.

Menarik pencari kerja baru

Ketika masa rekrutmen tiba, perusahaan tentu akan lebih mudah menarik pencari kerja baru untuk bergabung dengan perusahaan. Karena banyak pencari kerja yang mencari pekerjaan, selain melihat gaji pokok, mereka juga melihat keuntungan dari perusahaan yang mereka lamar.

Pertahankan karyawan yang berkualitas

Karyawan dengan kualitas dan loyalitas tinggi biasanya mudah diincar oleh perusahaan pesaing. Kemudian perusahaan pesaing akan membujuk karyawan untuk pindah ke perusahaannya.

Nah manfaat tunjangan disini adalah perusahaan dapat dengan mudah mempertahankan posisi karyawan yang berkualitas ini. Karena karyawan merasa nyaman dan dihargai saat bekerja di perusahaan saat ini.

Menjaga kesehatan mental karyawan

Hal-hal tentang stabilitas keuangan dapat memicu kesehatan mental seseorang. Jika kesehatan mental karyawan terganggu, perusahaan bisa jadi korban.

Sekarang peran tunjangan karyawan dapat untuk memecahkan masalah stabilitas keuangan karyawan. Dengan cara ini, karyawan akan terhindar dari masalah kesehatan mental karena merasa aman dengan keuangannya.

Mendukung proses bisnis perusahaan

Fakta membuktikan bahwa selain memberikan keuntungan bagi karyawan, perusahaan juga dapat memperoleh keuntungan dari pemberian tunjangan tersebut. Keuntungannya adalah dapat meningkatkan kualitas perusahaan itu sendiri, sehingga bisnis relatif lancar. Karena kedua belah pihak sama-sama merasakan keuntungan, maka secara otomatis akan tercipta suasana yang harmonis antara karyawan dan perusahaan.

Perhitungan tunjangan

Tunjangan

Menurut aturan PTKP (penghasilan tidak kena pajak) dalam Pasal 17 (1) huruf a Undang-Undang Nomor 36 Republik Indonesia Tahun 2008, dijelaskan bahwa jika gaji Anda sama atau lebih dari Rp. 54 juta atau Rp per tahun. 4. 5 juta per bulan.

Menurut peraturan tersebut, jika total gaji Anda adalah 6 juta rupiah per bulan, maka berikut ini adalah contoh perhitungannya.

  • Gaji bulanan adalah Rp 4.000.000 atau Rp 48.000.000 (per tahun).
  • Tunjangan tetap sebesar Rp 1.000.000 atau Rp 12.000.000 (per tahun).
  • Tunjangan variabel sebesar Rp 1.000.000 atau Rp 12.000.000 (per tahun).
  • THR selama setahun adalah 4.000.000 Rupiah.
  • Bonus satu tahun sebesar Rp 4.000.000.
  • Iuran pensiun bulanan sebesar Rp 600.000.
  • PTKP 54.000.000 Rp.
  • Penghasilan kena pajak adalah Rp6.820.000.
  • Pajak penghasilan 21 terutang Rp409.200.
  • PPh 21 rata-rata Rp34.100 per bulan.
  • Laba bersih yang diterima tahun ini sebesar Rp71.190.800.

10 tunjangan karyawan

Tunjangan

Setiap perusahaan dan organisasi memiliki kebijakan masing-masing mengenai jenis imbalan kerja. Berikut ini adalah beberapa contoh tunjangan yang diberikan kepada pekerja swasta dan pegawai negeri sipil.

  1. Tunjangan makan siang
    Tunjang-an makan siang dapat berupa uang atau makanan yang disediakan oleh perusahaan. Biasanya jumlah makanan yang diberikan akan disesuaikan dengan kehadiran karyawan. Dengan cara ini, jika karyawan tidak hadir, tunjang-an akan dianggap hangus.
  2. Tunjangan kinerja
    Tunjang-an kinerja biasanya berkaitan erat dengan kinerja periode sebelumnya. Oleh karena itu, tunjang-an ini hanya akan diberikan ketika kinerja ditingkatkan atau ketika tujuan yang telah ditentukan tercapai.
  3. Manfaat pensiun
    Manfaat pensiun dirancang untuk memberikan manfaat bagi karyawan lanjut usia. Tujuannya agar uang saku ini bisa digunakan sebagai tabungan hari tua. Biarkan pensiunan karyawan menjalani kehidupan yang layak bahkan jika mereka tidak lagi bekerja.
  4. Tunjangan beras
    Tunjang-an khusus pembesar beras diberikan kepada pegawai negeri yang masih menjabat dan pensiunan. Ini dihitung 10 kilogram per orang, jika keluarga inti maksimal empat orang yaitu orang tua dan dua anak.

Lanjutan:

  1. Tunjangan umum
    PNS tanpa jabatan terstruktur atau fungsional tetap mengikuti PP No. 12 Tahun 2006. Jumlahnya antara Rupiah Indonesia. 175.000 adalah Rp. 190.000, dibagi berdasarkan pangkat.
  2. Manfaat Kesehatan
    Kesehatan karyawan adalah salah satu prioritas dari manfaat ini. Hal ini untuk melindungi produktivitas karyawan. Cara menjaga kesehatan karyawan adalah dengan melakukan pemeriksaan dan pemeriksaan fisik secara berkala.
  3. Tunjangan hari raya
    Dalam rangka menyambut hari raya, THR diberikan kepada PNS dan Polri sebagai gaji di samping gaji. Ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan liburan keluarga.
  4. Tunjangan anak dan istri
    Ini hanya berlaku bagi pekerja yang sudah menikah dan memiliki anak. Tunjang-an anak untuk PNS dibatasi maksimal tiga anak. Namun, biasanya perusahaan swasta memiliki kebijakan sendiri dalam hal ini. Bagi PNS, menurut SK No. 7 Tahun 1977 besarnya tunjang-an istri adalah 10% dari gaji pokok. Biaya tunjang-an anak adalah 2% per orang.
  5. Tunjangan kerja
    Memberikan tunjang-an kerja kepada karyawan untuk menunjang tugasnya. Nama lainnya adalah tunjang-an fungsional. Tentu saja, semakin tinggi posisinya, semakin besar pendapatannya. Pengertian kesejahteraan beserta jenis dan tujuannya Bagi pegawai negeri, tunjang-an tersebut telah diatur dalam PP No. 26 Tahun 2007 tentang tunjang-an jabatan struktural dan fungsional. Besaran tunjang-an struktural bagi pegawai negeri sipil berkisar antara Rp. 500.000 adalah Rp. 5 juta tergantung kelas dan jabatan.
  6. Tunjangan transportasi
    Seperti tunjang-an makan siang, tunjang-an transportasi hanya diberikan kepada karyawan yang berangkat kerja. Karena tunjang-an ini untuk memudahkan karyawan mencapai tempat kerja. Manfaatnya bisa berupa uang atau jasa antar jemput.

Kesimpulan

Dari segi makna, upah dan tunjang-an adalah dua hal yang berbeda. Karena gaji adalah sejenis balas jasa atau penghargaan yang rutin diberikan perusahaan kepada karyawannya. Dan gaji ini adalah yang utama atau harus diberikan oleh perusahaan setiap bulan selama karyawan masih terikat dengan perjanjian kerja.

Sementara itu, tunjang-an merupakan salah satu unsur remunerasi dalam mata uang rupiah yang bertujuan untuk meningkatkan semangat kerja pegawai. Selain gaji pokok karyawan, tunjang-an juga diberikan. Dengan kata lain, tunjang-an adalah bonus yang Anda dapatkan, hasil kerja Anda.

Organisir perusahaan Anda dengan lebih baik, tingkatkan produktivitas karyawan dan pertumbuhan perusahaan Anda—semua hanya dengan satu kumpulan aplikasi, yaitu JojoPayroll.

Ucapkan selamat tinggal pada kekacauan kertas yang konvensional, dan ucapkan selamat datang pada manajemen efisien, hanya dengan menggunakan satu rangkai alat-alat yang terintegrasi dengan satu sama lain untuk membantu meningkatkan produktivitas dan kepraktisan.

Serahkan kebutuhan administratif Anda pada proses-proses otomatis dan biarkan karyawan Anda fokus pada tugas-tugas yang lebih penting yang akan membantu perusahaan Anda tumbuh secara eksponensial. “Yuk pakai aplikasi payroll dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari”