Unicorn Startup Perusahaan Baru Dengan Segudang Potensi

Secara keseluruhan unicorn startup memiliki nilai kekayaan perusahaan yang begitu spektakuler. Perusahaan-perusahaan ini memegang nilai kekayaan lebih dari 1 miliar dollar jika kita langsung konversikan kedalam mata uang rupiah. Maka nilainya mencapai 14 trilliun lebih, ini bukan nilai yang mudah untuk didapatkan oleh perusahaan. Mereka harus menjalani beberapa trial dahulu untuk bisa mendapatkan nilai kekayaan perusahaan seperti ini.

Jika sebuah perusahaan baru berkembang kemudian menyandang gelar unicorn ini. Maka perusahaan tersebut pasti otomatis akan menyandang banyak sekali pujian. Sekaligus penanaman modal dari berbagai pihak. Inilah keuntungannya bisa menjadi sebuah perusahaan start up yang telah mencapai tahap unicorn.

Perkembangan teknologi juga mendukung banyaknya kehadiran unicorn startup di Indonesia ini. Belakangan juga sudah semakin banyak perusahaan yang menyadari peluang dari pemberdayaan teknologi. Demi mencapai tahapan unicorn ini, dalam aplikasinya sebenarnya para perusahaan ini menggunakan konsep yang cukup simple. Berikut ini adalah beberapa konsep untuk bisa mencapai tahapan unicorn pada sebuah perusahaan.

Unicorn Startup Hadir Sebagai Sebuah Pemecah Masalah

unicorn startupDitengah persaingan pasar yang semakin sulit serta dinamika bisnis. Pasti akan terjadi sebuah masalah yang belum tentu bisa dipecahkan oleh setiap orang maupun perusahaan. Contohnya saja dengan fenomena Go-Jek dan berbagai jasa transportasi online lainnya. Pengusaha ini sebenarnya mereka berhasil untuk melihat peluang serta solusi dari masalah yang dihadapi di pasaran.

Masalah utama dari sebuah bisnis yang dijalani oleh setiap pengusaha transporatsi seperti ojek dan taxi ini ada pada bagian transaksi. Mungkin jasa yang ditawarkan sama saja tapi perbedaannya sangat jauh berbeda jika sudah membicarakan tarif. Disadari atau tidak konsumen juga butuh kejelasan tagihan yang harus mereka bayar.

Terkadang penyedia transportasi seperti ojek maupun taxi mematok harga selangit yang bisa berubah-ubah setiap saat. Ketika hal ini terjadi maka konsumen merasa dirugikan. Sehingga daya jual merekapun berkurang, berbeda dengan unicorn startup yang sudah memiliki konsep matang terkait pemecahan masalah tersebut.

Wajarlah jika banyak yang melontarkan opini bahwa masalah bagi orang lain maka itu adalah peluang. Khususnya permasalahan yang muncul pada pasar, maka hal ini menjadi peluang yang sangat jelas bagi setiap pelaku bisnis. Jika mentalitas pengusaha tersebut memang baik, maka otomatis ia akan mengerti seberapa pentingnnya mengetahui peluang ini.

Jangan Takut Untuk Memulai

Menanamkan pemikiran untuk selalu berani untuk mengambil resiko tampaknya merupakan hal yang sangat penting. Contohnya saja perusahaan unicorn startup Bukalapak. Dengan modal awal yang terbilang sedikit yaitu berkisar puluhan juta sekarang mereka mampu untuk mendulang profit besar. Ini karena mereka menekuni sebuah bisnis dengan baik, jadi walaupun start bisnis mereka memang memerlukan biaya yang besar.

Tapi keuntungan yang akan diraihnya juga tidak kalah besarnya. Semakin pintar anda dalam memahami situasi pasaran maka peluang untuk mendapatkan profit sudah bisa dipastikan. Beberapa permasalahan dasar yang sering muncul di pasaran saja bisa dijadikan sebuah peluang bisnis. Jadi sekarang adalah zamannya anda mengambil aksi bukan hanya merumuskannya saja.

Resiko itu memang akan selalu terus ada. Tapi hal yang terberatnya adalah bagaimana anda dapat menangani permasalahan yang mungkin terjadi kedepannya. Tidak akan ada perusahaan yang bebas dari masalah maupun resiko. Karena sudah menjadi hukum dasar ketika anda mengincar profit maka selalu akan ada resiko yang harus dihadapi.

Semua bisnis itu pada dasarnya berasal dari spekulasi. Jadi tidak ada bisnis yang benar-benar murni memberikan profit. Serta jalan untuk menjalani bisnis juga memanglah terjal. Ada beberapa orang yang menjalani bisnis, mereka pasti belum memahami konsep terjalnya bisnis ini sehingga masih terus mengalami penurunan profit setiap saatnya.

Ciptakan Trend Tersendiri

unicorn startupSebuah unicorn startup sejatinya adalah perusahaan-perusahaan yang mampu untuk membuat trendnya sendiri. Artinya perusahaan ini mampu menciptakan sebuah pusat perhatian sendiri. Tanpa mengikuti yang lainnya. Nilai plus inilah yang kemudian membuat banyak orang semakin percaya untuk memilih perusahaan tersebut. Memang jika dilihat secara umum, menciptakan sebuah trend itu terlihat mudah.

Tapi sejatinya untuk membuat sebuah trend bukanlah hal yang mudah. Mereka ini harus mengkaji sebuah hal dengan sangat dalam. Serta tidak bisa dalam waktu dekat bisa menghasilkan beberapa ide yang bisa langsung digunakan oleh seorang pebisnis. Mungkin penelitiannya membutuhkan waktu yang cukup lama. Tapi hasil dari penilitan ini justru membawa angin segar untuk pengusaha tersebut.

Jadi jangan berharap menjadi sebuah unicorn startup ketika anda masih mengcopy trend yang sedang hype. Bisa-bisa anda hanya akan menjadi seorang pengusaha karbitan. Dimana hanya mengcopy berbagai hal yang sudah ada dan memodifnya. Jika seperti ini harapan untuk menjadi sebuah unicorn bisa sirna begitu saja.

Kenali Peluang Dan Kemungkinan Resiko

Mungkin resiko selalu ada, tapi begitu juga dengan peluang. Dengan efisiensi seluruh pekerjaan dengan teknologi ini maka berbagai peluang juga ikut tercipta. Jadi seharusnya pengusaha bisa dengan mudah untuk menangkap sebuah peluang. Dari hal kecil saja contohnya Go-jek ini bisa memperluas skala perusahaannya ke ranah unicorn.

Maka harapan unicorn startup adalah dengan mempelajari kemungkinan resiko serta peluang. Jangan terlalu teguh untuk mendapatkan profit dari peluang. Serta juga jangan terlalu terikat dan takut oleh resiko. Anda harus stabil ketika melakukan manajemen bisnis. Jangan sampai berat sebelah dimana nantinya perusahaan hanya menderita kerugiaan saja.

Tidak ada salahnya untuk mengambil langkah mundur. Demi melakukan riset pasar, asalkan anda selanjutnya bisa bangkit dari kemunduran itu. Menyediakan teknologi pendukung untuk seluruh pekerjaan karyawan juga menjadi hal wajib. Apabila perusahaan anda ingin mulai menaiki tangga unicorn. Jojonomic dengan senang hati akan membantu anda memanje perusahaan.

Permudah Akselerasi Perusahaan Dengan JojoExpense

Penggunaan JojoExpense yang sudah menyebar di Indonesia. Membuktikan perangkat lunak ini memang menjadi sebuah software yang dibutuhkan. Dengan software ini manajemen cash advance perusahaan akan terasa lebih mudah. Anda bisa menyetujui cash advance dimanapun serta pada waktu kapanpun. Tanpa harus terikat melakukan persetujuan di kantor.

Ketahui seluruh aliran dana perusahaan dengan baik. Karena JojoExpense akan memberikan informasi pemberitahuan mengenai seluruh alur finansial perusahaan secara lengkap. Tidak akan ada lagi misskomunikasi terkait finansial perusahaan. Ketika anda sudah menggunakan perangkat lunak ini.

Laporan keuangan akan terasa ringan saat perusahaan sudah mengaplikasikan JojoExpense. Jadikan seluruh kebutuhan yang anda perlukan terpenuhi saat menginstal JojoExpense. Rasakan kemudahan ini sesegera mungkin dengan melakukan download versi demonya secara langsung di situs resmi Jojonomic.

Manajemen keuangan perusahaan serasa mengerjakan tugas sekolahan. Ketika anda telah memanfaatkan seluruh kemudahan yang ditawarkan oleh perangkat lunak ini. Pastikan sudah menggunakan perangkat lunak dengan tepat agar anda tidak tertinggal.