Pelaksanaan Unique Selling Point Dalam Suatu Bisnis

unique selling point

Unique selling point sering pula disebut dengan istilah unique selling proposition atau USP. Mungkin sebagian Anda masih merasaasing dengan istilah ini sekaligus merasa penasaran dengan istilah yang cukup asing ini. USP sebenarnya mengacu pada suatu ciri khas atau karakter dari sebuah produk baik berupa produk maupun layanan jasa. Dengan kata lain USP ini faktor pembeda suatu produk dari berbagai produk lainnya.

Faktor pembeda ini tentunya akan membuat produk keluaran perusahaan Anda menjadi berbeda dengan produk yang dikeluarkan oleh perusahaan kompetitor. Jadi dengan adanya USP ini maka produk perusahaan Anda bisa menjadi lebih spesial. Sebab hal ini berarti pula bahwa produk keluaran perusahaan Anda memiliki keunggulan kompetitif.

Menentukan Unique Selling Point

Mengetahui keinginan konsumen

Untuk dapat menentukan USP maka hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari kebutuuhan dan keinginan pasar. Dengan mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan pasar maka nantinya Anda bisa menentukan produk yang akan dikeluarkan. Tidak hanya itu saja tetapi produk yang dikeluarkan oleh perusahaan Anda tentu akan selalu diupayakan agar bisa memiliki ciri atau karakter khusus.

Dengan kata lain produk keluaran perusahaan Anda bisa memiliki suatu keunggulan yang bisa membuatnya semakin dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen. Keunggulan kompetitif yang terdapat pada produk Anda bisa saja dalam bentuk beraneka ragam. Mulai dari harga yang relatif murah atau kualitas tinggi serta hal lain bisa Anda tingkatkan hingga membuat produk perusahaan milik Anda tampak lebih unik dari yang lainnya.

Membuat konsumen puas

Mengeluarkan suatu produk baik dalam bentuk barang maupun layanan jasa sebenarnya tidakhanya bertujuan untukmenambah pendapatan perusahaan saja. Secara lebih luas sebenarnya pengeluaran produk juga ditujukan untuk melayani konsumen sehingga konsumen dapat memanfaatkan produk Anda. Pemanfaatan produk secara maksimal akan membuat konsumen merasa puas terhadap produk Anda. Kepuasan konsumen inilah yang sebenarnya juga turut menjadi tujuan dari sebuah perusahaan. Jika konsumen merasa puas terhadp produk Anda maka hal ini berarti bahwa produk Anda setidaknya telah memiliki USP. Keunikan pada produk perusahaan Anda inilah yang membuat konsumen merasa puas dan terus ingin menggunakan produk Anda.

Mempelajari perusahaan kompetitor

Melihat keunggulan produk yang dikeluarkan oleh perusahaan kompetitor sebenarnya tidak salah. Hal ini tentunya boleh saja dilakukan terutama bila bertujuan untuk memajukan dan mengembangkan produk Anda. Mungkin untuk menentukan USP maka terlebih dahulu Anda perlu melihat apakah keunggulan kompetitif yang dimiliki oleh produk keluaran perusahaan kompetitor. Mungkin Anda bisa mencipatkan ciri atau karakter produk yang berbeda dari produk milik perusahaan pesaing. Maka tentu produk Anda akan tampak unik karena berbeda dengan berbagai perusahaan pesaing lainnya. Jadi produk perusahaan kompetitor mungkin saja bisa menjadi inspirasi bagi Anda dalam memajukan dan mengembangkan usaha Anda. Namun tentunya persaingan atau kompetisi di dunia perdagangan atau wirausaha ini tetaplah harus dilakukan dengan persaingan secara sehat dan tanpa membuat perusahaan pesaing menjadi jatuh atau tercemar nama baiknya.

Manfaat Unique Selling Point

Menciptakan keunggulan kompetitif melalui unique selling point

Sutau produk tentu dikeluarkan oleh sebuah perusahaan dengan memiliki ciri atau karakter tertentu. Sebisa mungkin karakter produk ini diciptakan dengan berbeda dari berbagai produk yang lainnya. Produk diciptakan dengan keunikan yang berbeda dari produk milik berbagai perusahaan pesaing ataupun kompetitor. maka produk yang dibuat dengan ciri atau karakter tertentu tersebut akan membuat konsumen menjadi tertarik. Keunikan yang terdapat pada produk Anda bisa membuat konsumen menjadi penasaran sehingga terdorong untuk membeli produk Anda. Dalam hal ini produk Anda berarti telah memiliki suatu keunggulan kompetitif yang membuat konsumen menjadi lebih tertarik pada produk Anda dibanding dengan produk lainnya.

Mendapatkan customer loyal

Konsumen yang telah melakukan pembelian terhadap produk keluaran perusahaan Anda bsia saja merasa puas. Entah kepuasan itu didapat karena adanya kualitas produk atau mungkin karena harga produk yang relatif lebih rendah bila dibandingkan dengan produk lainnya. Yang jelas dalam hal ini produk Anda bisa memberikan nilai tersendiri bagi para konsumen. Nantinya konsumen yang merasa puas dengan produk Anda akan terus membeli produk Anda. Hal ini bisaa saja dikarenakan adanya kesan positif yang timbul dalam benak konsumen terhadap produk Anda. Maka perusahaan Anda akan mendapatkan customer loyal. Dengan adnaya customer loyal maka bisa dibilang produk Anda bisa diterima oleh masayarakat luas dan layak untuk berkompetisi  di dunia wirausaha.

Meningkatkan omset pendapatan

Produk yang hadir dengan keunikannya tersendiri tentu akan membuat konsumen menjadi semakin penasaran. maka konsumen bisa saja membeli produk tersebut. Bila produk tersebut dapat memberikan kesan positif di dalam benak konsumen maka bukan tidakmungkinkonsumen akan menjadi customer loyal bagi perusahaan Anda. Hal ini pada akhirnya akan membuat perusahaan Anda mendapatkan lebih banyak keuntungan. Sebab adnaya customer loyal dapat menambah omset pendapatan bagi sebuah perusahaan. Oleh karena itu pertahankan keunikan dan kualitas produk agar bsia terus menambah keuntungan bagi perusahaan Anda.

Pentingnya Unique Selling Point

 Unique selling point atau USP tentu merupakan salah satu hal penting bagi Anda dalam mengembangkan sebuah bisnis atau usaha. Sebab USP ini pada dasarnya berhubungan dengan apa yang menjadi keunggulan kompetitif dari produk keluaran perusahaan Anda. USP ini juga berhubungan dengan nilai yang diberikan oleh konsumen kepada produk Anda. Semakin baik dan tinggi nilai yang diberikan oleh konsumen pda produk Anda maka bisa dibilang USP produk Anda telah tercapai.

Dengan adanya unique selling point maka produk Anda juga bisa lebih mudah dipromosikan. Sebab keunikan produk umumnya banyak ditunjukkan pada konsumen melalui berbagai media promosi yang ada. Misalnya melalui pemasangan iklan di media sosial dan lainnya. Proses promosi  produk yang unik dari perusahaan Anda tentu akan membuat konsumen semakin penasaran dengan keunikan produk Anda. maka konsumen akan semakin tertarik dan ingin membeli berbagai produk Anda. Untuk melayani konsumen maka pastikan bahwa produk Anda memiliki kualitas terbaik sehingga bisa membuat konsumen merasa puas.

unique selling point

Pengertian Serta Faktor Penting Unique Selling Point

Sebuah unique selling point merupakan salah satu hal yang mampu membentuk suatu perusahaan, serta menentukan levelnya di pasar bisnis. Unique selling point merupakan bagian yang sangat penting bagi perusahaan untuk menentukan harga serta menjadi merek yang paling dipandang oleh kostumer.

Sebuah unique selling point yang kuat membuat perusahaan anda jauh lebih terkenal dibandingkan dengan perushaan lain. Dan secara tidak langsung akan membuat anda mampu memfokuskan energi pada upaya memenuhi kebutuhan segmentasi pembeli secara ideal.

Memiliki unique selling point atau nilai jual yang unik pada barang anda akan mampu meningkatkan keunggulan kompetitif yang memungkinkan perusahaan untuk terhindar dari jebakan ‘mendamba’ pasar market yang terlalu luas.

Mengapa Sebuah Bisnis Memerlukan Unique Selling Point?

Harap diketahui bahwa setiap calon pelanggan anda yang prospective akan mengalami yang Namanya ‘perang batin’ Ketika menentukan produk mana yang akan ia beli. Banyak faktor yang mendasari seorang pembeli dalam mempercayakan uangnya kepada produk atau jasa anda.

Proses ‘memilih’ ini bisa menjadi cukup membingungkan bagi pelanggan apabila tidak mengetahui perbedaan antara satu merek dengan merek lainnya. Itulah mengapa hal ini menjadi tugas anda untuk mampu membimbing pelanggan dengan menggunakan unique selling point.

Dimana ciri khas serta kelebihan dan keunikan produk anda harus cukup mengesankan hingga pelanggan dapat melihat apa saja yang produk anda tawarkan dibandingkan dengan produk lainnya. Apa yang produk anda miliki dan tidak dimiliki oleh merek saingan.

Untuk membuat produk yang stand out atau ‘bersinar’ diantara produk – produk lainnya, produk tersebut harus memiliki sesuatu yang berkesan dan pantas dikenang.

Sementara merek – merek besar memberikan service besar – besaran sebagai media penarik pembeli, terdapat jalan lain yang bisa anda gunakan untuk mampu bersaing di pasar bisnis, salah satunya adalah dengan menggunakan metode differensiasi sebagai competitive advantage dari produk anda itu sendiri.

unique selling point

Membuat Unique Selling Point yang Benar

Ketika berada pada tahap membentuk keunikan tersendiri pada bisnis anda, sangat tidak mungkin hanya menggunakan satu saran saja dalam mendapatkan semua keuntungan yang ingin anda capai.

Mendapatkan keunikan tersendiri bagi brand atau merek yang anda jual bisa dilakukan dengan melakukan banyak percobaan di dunia pasar bisnis. Nah, dibawah ini merupakan beberapa metode favorit beserta contoh perusahaan – perusahaan yang mencoba menemukan unique selling pointnya masing – masing.

Jangan Malu Untuk Menetapkan Kostumer Ideal

Menemukan kostumer ideal bisa menjadi pekerjaan yang melelahkan. Bahkan, Ketika anda telah menemukan calon potensial dari produk tersebut, Langkah berat selanjutnya adalah melakukan ‘apapun’ untuk membuat mereka tertarik dan membeli produk atau jasa yang kita tawarkan.

Jika anda menganggap bahwa kostumer ideal produk anda terlalu sempit dan pemilih, anda mungkin akan kaget setelah mendengar bahwa ada perusahaan lain yang jauh lebih spesifik lagi dalam memilih pelanggannya. Hukum ‘pembeli adalah raja’ seolah tidak berlaku disini.

CEO Abercrombie&Fitch Mike Jeffries mengidentifikasikan kostumer ideal mereka sebagai ‘orang yang keren dan cakep’ bahkan menolak menjual barangnya (read : fashion) kepada siapapun yang berada diluar standart yang mereka tetapkan.

Bahkan setelah mendapat kritikan pedas dari para ‘tetua’ yang menginginkan produk tersebut, penjualan A&F sama sekali tidak terpengaruh. Mereka hanya menargetkan pasar di kalangan muda dan berhasil.

Apakah saya merekomendasikan atau menyarankan perusahaan anda untuk seterbuka, seblak – blakan dan ‘sekasar’ A&F? tentu saja tidak. Poin yang ingin ditekankan disini adalah bahwa pemusatan atau sentralisasi kostumer itu bisa jadi sangat menguntungkan.

Tidak sedikit perusahaan yang bangkrut karna gagal mengidentifikasi ideal costumer dari produk atau jasa yang ditawarkan. Jebakan ambigu dengan prinsip ingin menjual barang kepada seluruh kalangan dan menggaet semua orang sudah harus dihentikan. Karna hal tersebut tidak lebih dari fatamorgana yang memabukkan.

unique selling point

Memanfaatkan Kepribadian Unik Dari Industri Anda

Mungkin terdengar aneh karna menyandingkan kata industry dengan personality. Mungkin anda juga berpikir bagaimana mungkin sebuah industry memiliki personality bukan?

Masalahnya, beberapa jenis industry meninggalkan citra uyang buruk dimata masyarakat bahkan Ketika citra tersebut tidaklah benar adanya. Contohnya, industry yang bergerak dibidang pemberian jasa SEO atau search engine optimation dianggap tidak lebih dari para ‘scammer’ atau penipu yang membuat polusi serta merusak mesin pencarian itu sendiri demi mendapatkan keuntungan semata.

Beberapa memang benar adanya, namun tidak semua pelaku SEO menggunakan cara kotor yang sama bukan?

Hal inilah yang terkadang mampu mempengaruhi citra dari produk atau jasa yang anda tawarkan itu sendiri. Dengan mengubah citra buruk menjadi sebuah keunikan hal tersebut mampu menjadi tambahan nilai jual bagi apapun yang anda tawarkan.

unique selling point

Pendekatan yang Mendalam Kepada Pembeli

Dapatkah seorang pelanggan yang mempunyai kepribadian yang ‘kuat’ menjadi modal enique selling point bagi suatu perusahaan? Jawabannya adalah iya. Namun dengan beberapa ‘batasan – batasan’.

Ketika suatu personality seseorang selaras dengan produk yang anda tawarkan, atau ambil contoh Ketika anda menyewa seorang influencer untuk memasarkan produk anda, hal tersebut bisa menjadi senjata makan tuan kalua tidak digunakan dengan benar.

Maksut saya dengan ‘benar’ adalah, terkadang, seorang influencer yang memiliki banyak penggemar dan dipercaya oleh banyak orang, menggunakan suatu produk hingga seolah – olah produk tersebut telah menjadi ‘bagian’ dari hidupnya.

Dan Ketika perusahaan atau vendor berhenti menggunakan influencer tersebut sebagai brand ambassador misalnya, jumlah pelanggan atau pembeli langsung jatuh secara drastic bahkan dalam waktu yang singkat.

Hal ini dikarenakan influencer bukan hanya sekedar memasarkan produk yang diminta namun secara sadar menggunakannya dan nyaman Ketika memakainya. Kesan nyaman dan ‘percaya’ itulah yang membuat public merasa tertarik dengan produk anda dan menambah unique selling point itu sendiri.

Seolah produk anda selama – lamanya akan dikaitkan dengan influencer yang anda sewa bahkan Ketika iklannya telah berhenti ditayangkan dalam waktu lama. Nah, apakah penjelasan yang diberikan sudah cukup membuktikan jika orang biasapun bisa menjadi sumber unique selling point?

Kesimpulan

Inti dari jebakan mematikan tersebut adalah Ketika suatu iklan bekerja dengan ‘sangat baik’ hingga mampu mengasosiasikan produk anda terhadap seorang influencer. Bayangkan saja jika porduk A dibintangi oleh aktris B, dan akhirnya setiap apapun yang produk A diucapkan atau diingat oleh pelanggan mereka akan lebih mengingat artis B yang menawarkannya.

Keuntungan baik dari peristiwa tersebut adalah bahwa produk akan selalu dibawa – bawa Ketika artis B juga masuk ke dalam berita. Namun terkadang, artis B terlalu popular hingga iklan yang seharusnya menawarkan produk A justru lebih menguntungkan artis B karna yang produk lihat bukan iklannya melainkan artis B itu sendiri.

Sama halnya dalam memilih sistem payroll paling tepat untuk perusahaan. Diperlukan sistem yang paling efektif dan efisien dalam pelaksanaannya. Misalnya dengan memilih untuk menggunakan JojoPayroll, dimana produk ini bisa membantu pembayaran payroll secara otomatis. Bukan hanya itu saja, tetapi juga membantu pencetakan slip gaji otomatis yang lebih mudah.

Hal ini berkat beberapa fitur menakjubkan yang dapat ditemukan pada JojoPayroll. Sebut saja fitur pembayaran payroll otomatis, fitur slip gaji otomatis, dan fitur integrasi kehadiran dengan sistem payroll. Sehingga dengan fitur-fitur tersebut tentu tidak perlu merasa ragu untuk menggunakan produk ini. Mari coba sekarang juga dan buktikan sendiri kehebatan produknya.