Video Conferencing, Teknologi Dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Video conferencing atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan konferensi video merupakan suatu perangkat teknologi komunikasi interaktif. Dalam hal ini tentu saja telekomunikasi terjadi antara dua pihak atau lebih. Berbagai pihak yang terlibat dapat melakukan interaksi melalui pengiriman dua arah audio dan video secara bersamaan walaupun para pelaku interaksi sedang berada di tempat yang berbeda. Dengan adanya perkembangan teknologi komunikasi ini maka terjadilah perubahan terutama dalam hal penyampaian informasi.

Sebenarnya bentuk yang disampaikan tidak hanya dalam bentuk audio saja tetapi juga dalam bentuk visual. Adanya telekomunikasi audio dan video ini bisa membawa beberapa orang di berbagai tempat yang berbeda untuk mengadakan rapat bersama. Jadi dengan adanya teknologi ini maka akan terjadi percakapan antara dua orang di tempat yang berbeda dengan melibatkan beberapa tempat. Percakapan antara dua orang ini akan disertai pula dengan adanya orang yang berjumlah lebih dari satu orang di suatu ruangan besar pada tempat yang berbeda. Tampaknya perangkat teknologi komunikasi interaktif ini tidak hanya berfungsi untuk pengiriman audio dan visual dalam suatu kegiatan pertemuan saja. Namun perangkat ini juga dapat digunakan untuk saling membagi dokumen dan juga saling berbagi informasi yang diperlihatkan oleh komputer atau mungkin oleh papan tulis.

Teknologi Pada Video Conferencing

Perangkat video conferencing ini menggunakan teknologi inti yang berupa sistem kompresi digital audio dan video stream secara nyata. Sedangkan perangkat keras dan perangkat lunak yang mendukung adanya kompresi biasanya disebut kodek. Selain itu penerapan teknologi ini disertai pula dengan adanya modem audio terutama dalam saluran pengiriman. Tidak hanya itu saja tetapi masih ada pula komponen lainnya yang juga turut digunakan untuk menjalankan atau menerapkan sistem konferensi video ini.

Beberapa komponen ini antara lain meliputi video input yang umumnya berupa kamera video atau bisa juga webcam. Selain itu ada pula video output seperti misalnya monitor komputer dan televisi atau mungkin juga bisa proyektor. Ada pula audio input seperti mikrofon dan audio output yang biasanya berupa pengeras suara dan berkaitan dengan perangkat layar atau telepon. Selain itu diperlukan pula data transfer yang berupa jaringan analog atau digital dan juga LAN atau internet.
Kelebihan dan Kelemahan Video Conferencing

Seperti hal lainnya maka video conferencing juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu kelebihan dari perangkat ini adalah adanya produktivitas yang meningkat karena adanya kemampuan VTC. Dalam hal ini VTC mampu digunakan untuk berbagi dokumen dan juga berbagi ide atau gambar dengan langkah dan cara yang lebih mudah. Selain itu perangkat ini cenderung dapat menghemat biaya. Dengan sistem teknologi yang canggih rupanya penerapan sistem ini membutuhkan biaya yang yang lebih hemat dan irit.

Tidak hanya penghematan dalam hal biaya saja tetapi sistem ini juga bisa lebih menghemat waktu. Berbagai kelebihan yang ada ini tentu akan semakin memikat kebanyakan orang sehingga memilih untuk menggunakannya. Rapat besar yang bisa dilakukan walaupun sedang berada di lokasi yang berbeda tentu menarik dan sangat dibutuhkan oleh kebanyakan ornag terutama di masa sekarang ini. Sistem yang canggih dan ada pada perangkat ini tentu akan semakin mempermudah Anda dalam melakukan rapat besar sehingga hal penting dalam rapat tidak akan terlewatkan sekalipun Anda hanya bisa berjumpa dengan rekan melalui visual saja. Namun bagaimanapun juga terdapat pula beberapa kelemahan pada sistem perangkat ini.

Salah satu kelemahannya adalah harganya yang masih bisa dibilang cukup mahal. Oleh karena itu hanya perusahaan tertentu saja yang bisa memilikinya. Dengan kata lain hanya perusahaan atau organisasi atau lembaga tertentu saja yang mempunyai dana dalam jumlah cukup yang bisa memiliki perangkat ini. Di samping itu ada pula kelemahan lainnya yaitu peralatan pendukung yang sulit didapatkan. Peralatan untuk mendukung proses penginstalan terbilang sulit untuk didapatkan sehingga penginstalan haruslah dilakukan dengan sangat hati-hati agar tidak sampai terjadi kesalahan. Beberapa kelebihan dan kelemahan dari perangkat konferensi video ini tampaknya bisa menjadi pertimbangan bagi beberapa perusahaan yang memiliki kebutuhan dengan melibatkan sistem perangkat ini di dalamnya.

Manfaat Video Conferencing Pada Berbagai Aspek

1. Masyarakat

Kini banyak orang yang bisa mengakses perangkat lunak berbasis konferensi video ini sehingga perangkat ini bisa digunakan oleh siapa saja. Tentu saja masyarakat kinibisa saling melakukan percakapan walaupun sedang berjauhan. Percakapan juga disertai dengan adanya informasi visual yang menjadi unsur sangat penting dalam sebuah percakapan. Percakapan yang bisa dilakukan tanpa harus hadir di tempat yang sama tentu akan memudahkan masyarakat untuk saling berkomunikasi.

2. Pendidikan

Dalam bidang pendidikan rupanya video conferencing juga memberikan dampak yang bersifat positif. Sebab para siswa bisa melakukan komunikasi dua arah. Pembelajaran juga bisa dilakukan walaupun antara pengajar dan anak didik berada di tempat yang mungkin saja terpencil. Penyampaian ilmu dan materi pelajaran akan tersampaikan dan tidak mengalami kendala sehingga dunia pendidikan menjadi lebih maju dengan hadirnya sistem perangkat canggih ini.

3. Bisnis

Para pebisnis bisa melakukan rapat dengan klien atau lainnya dalam waktu yang cukup singkat. Bahkan rapat tidak memerlukan waktu yang panjang untuk melakukan perjalanan. Kini pertemuan bisnis yang dilengkapi dengan tatap muka bisa dilakukan secara lebih mudah dan tentunya lebih hemat. Bahkan pertemuan bisa dilakukan kapan saja dan saat Anda sedang berada di rumah sekalipun sehingga bisnis bisa berjalan lancar.

4. Kesehatan

Telemedicine mungkin saat ini semakin dibutuhkan sehingga pasien bisa berkomunikasi dengan ahli medis kapan saja dan dimana saja. Bahkan dalam keadaan darurat sekalipun tentunya perangkat video conferencing ini akan membantu dan memudahkan Anda untuk menghubungi dokter atau perawat Anda.

Penggunaan video conferencing ini rupanya memang memberikan banyak manfaat pada masyarakat luas. Oleh sebab itu tidak ada salahnya mencoba aplikasi sistem tersebut. Sama halnya dengan mencoba menggunakan produk untuk mendukung sistem keuangan perusahaan yang jauh lebih efektif dan efisien. Gunakan saja JojoExpense. Dengan produk ini tentu ada jaminan keuangan perusahaan yang lebih transparan dan mudah diakses kapan saja. Selain itu juga membantu pencatatan pengeluaran dan pemasukan secara detil dan akurat. Sehingga resiki penipuan bisa dihindari lebih maksimal, termasuk adanya resiko fraud pada keuangan yang tidak diinginkan.

Semua ini berkat berbagai macam fitur menarik dari JojoExpense. Mulai dari fitur Cash Advance Partial Reporting, Restriction Policies for Cash Advance Request, Cash Advance Account Receivable Receipt, Direct Bank Transfer (Virtual Account), Multi-Currency Transaction, dan beberapa fitur menarik lainnya. Oleh sebab itu jangan tunda lagi, segera saja beralih pada produk tersebut dan dapatkan coba gratisnya sekarang juga. Biarkan sistem keuangan perusahaan Anda berjalan lebih efektif, efisien, dan bebas resiko kecurangan maupun penipuan. Yuk, pakai JojoExpense!