Video Marketing : Pengertian, Manfaat, dan Cara Buat Video Marketing

video marketing

Perusahaan membutuhkan video marketing sebagai strategi pemasaran. Memang ide ini bukanlah ide baru. Yang baru adalah jenis media ini baru-baru ini menjadi fokus terbesar di setiap platform dan saluran. Oleh karena itu, strategi pemasaran tidak lagi hanya menjadi bagian dari teknik meningkatkan penjualan.

Pemasaran video memainkan peran yang sangat penting dalam memperluas aktivitas pelanggan dan merek potensial Anda. Pernahkah Anda memperhatikan bahwa merek terkenal akhir-akhir ini lebih sering mengunggah konten video di berbagai media sosialnya? Ini karena para ahli dan manajer yang mengerjakan sendiri berbagai platform media sosial juga mengatakan bahwa video belakangan ini menjadi populer.

Google sendiri mencontohkan bagi setiap perusahaan yang ingin memasarkan di era digital ini, membuat konten video memang merupakan pendekatan yang bijak. Di mesin pencari seperti Google, konten video biasanya mendapat peringkat yang sangat tinggi, dan orang cenderung mengkliknya. Sekarang setelah memahami pentingnya video marketing, mari kita mulai memahami langkah-langkah yang harus Anda ambil.

Apa itu Video Marketing?

video marketing

Video marketing merupakan strategi pemasaran yang disajikan dalam bentuk video. Video Marketing merupakan salah satu metode pemasaran baru dalam pemasaran online dengan menggunakan media video. Di era digital ini, pemasaran video adalah strategi terbaik untuk memasarkan bisnis / merek Anda.

Mengapa? Karena jika Anda mengkonsep video marketing dan mendapatkan hasil yang menarik, maka video tersebut sekaligus dapat menampilkan gambar dan audio yang mudah diserap oleh penonton dan mengubah penonton menjadi pelanggan Anda. Dibandingkan dengan konten lain, video marketing ini memiliki beberapa keunggulan. Beberapanya adalah:

Video Marketing Memiliki daya tarik tertinggi

Dalam survei yang dilakukan oleh tim HubSpot pada tahun 2017, video menduduki peringkat pertama dalam hal jenis konten yang ingin dilihat publik. Hasil survei menunjukkan bahwa konten video memiliki peluang lebih besar untuk ditemukan. Dengan tujuan tersebut maka peluang pencapaian tujuan pemasaran menjadi lebih tinggi.

Konten video memiliki efek ingatan merek

Manusia lebih mudah mengingat gambar daripada kata-kata. Tidak hanya itu, manusia juga lebih mudah mengingat gambar bergerak dengan suara atau audio. Video Marketing memiliki keduanya. Oleh karena itu, kemampuan brand recall atau video untuk mengingatkan penonton tentang merek juga lebih tinggi.

Dapat memperkuat citra merek

Di mata konsumen, brand yang menggunakan content marketing video cenderung mendapatkan apresiasi yang lebih tinggi. Kepercayaan pelanggan semakin tinggi ketika memasarkan merek melalui konten video. Pemasaran video merupakan salah satu strategi pemasaran yang dapat meningkatkan citra merek. Tak heran, banyak brand besar yang menerapkan strategi pemasaran ini.

Jenis Video Marketing

video marketing

Sebelum Anda mulai merekam video, Anda harus menentukan dulu jenis video yang ingin Anda buat. Silahkan simak daftar jenis video marketing berikut agar Anda bisa lebih memahami pilihan video marketing:

  1. Demo Video. Jenis pemasaran video ini menunjukkan bagaimana produk / layanan Anda bekerja. Selain itu, Anda dapat lebih menekankan nilai merek daripada pesaing bisnis Anda.
  2. Video Event. Saat perusahaan Anda mengadakan seminar, diskusi produk, acara sosial atau berbagai jenis acara lainnya, video pemasaran ini bisa berisi rekaman tersebut.
  3. Video pengajaran. Video instruksional / pendidikan ini dapat digunakan untuk mengajarkan pengetahuan baru kepada pelanggan atau audiens Anda, atau untuk membangun pengetahuan dasar yang mereka butuhkan untuk lebih memahami solusi bisnis dan merek Anda.
  4. Brand Video. Video semacam itu biasanya digunakan untuk membantu audiens Anda lebih memahami mengapa mereka membutuhkan produk / layanan Anda. Banyak video merek dari merek terkenal sering kali berisi pesan yang menunjukkan bagaimana produk mereka memecahkan kesulitan seseorang.

Membuat Video Marketing

video marketing

Setelah memahami berbagai video marketing yang bisa dijadikan sebagai strategi pemasaran, yuk ikuti langkah-langkah di bawah ini!

Lakukan beberapa penelitian

Jangan menerapkan strategi tanpa penelitian. Penelitian adalah tahap paling awal dan sangat penting sebelum memulai tindakan apa pun (termasuk pemasaran). Tapi apa yang harus Anda teliti? Pertama, tentukan dulu jenis khalayak sasarannya.

Dapatkan gambaran umum tentang audiens Anda, seperti usia, jenis kelamin, dan minat di tempat mereka biasanya berbelanja. Informasi ini sangat penting untuk menentukan jenis konten video yang akan diproduksi nantinya.

Tidak hanya menjualnya, tetapi juga menonjolkan nilainya

Pemasaran video adalah penggunaan konten video untuk memasarkan produk atau layanan. Namun Anda juga perlu ingat bahwa pemasaran lebih dari sekedar penjualan. Pemasaran adalah tentang mengkomunikasikan nilai suatu produk atau layanan.

Ada banyak sekali iklan video di sana. Namun, di antara iklan video yang tak terhitung jumlahnya, seberapa banyak yang benar-benar Anda ingat? Jika video marketing Anda kurang menonjol, akan sulit bagi penonton Anda untuk mengingatnya.

Untuk ini, jangan hanya fokus pada penjualan. Fokus pada mengkomunikasikan nilai produk atau layanan yang Anda berikan. Misalnya, jika Anda menjual produk pakaian, tunjukkan bahwa pemakainya bisa tampil modis dan tetap menjadi dirinya sendiri.

Untuk menekankan nilai, Anda juga harus mengetahui kebutuhan atau persyaratan audiens target Anda. Dari sini, akan lebih mudah menentukan nilai-nilai yang harus ditekankan.

Manfaatkan 5 detik pertama

Saat membuat konten apa pun, ada aturan yang selalu diikuti oleh pembuat konten. Beberapa detik pertama sangat menentukan. Apakah pemirsa terus menonton pemasaran video tergantung pada seberapa banyak Anda menarik perhatian mereka dalam 5 detik pertama.

Ingat, pemasaran video adalah konten video yang dibuat untuk menarik pemirsa dan mengambil tindakan tertentu setelah menonton. Jadi, jika mereka belum menonton video pemasaran Anda, bagaimana mereka akan mengambil tindakan yang Anda harapkan?

Untuk itu, buatlah 5 detik pertama pemasaran video semenarik mungkin. Dalam 5 sampai 10 detik pertama, ada beberapa cara untuk menarik perhatian penonton. Salah satunya adalah dengan menjentikkan sisi atau kehidupan seseorang. Anda bisa mulai dengan mengangkat masalah yang mungkin mereka hadapi, atau mengangkat masalah yang menarik perhatian mereka.

Memilih media pemasaran video juga sangat penting.

Jika Anda sudah menyelesaikan riset Anda, memilih media pemasaran ini akan jauh lebih mudah. Media pemasaran video biasanya disesuaikan dengan tempat-tempat sering berkumpulnya target pasar. Jika target pasar Anda sering menonton TV, jual video yang dibuat di media TV.

Namun, jika target pasar Anda lebih sering menonton video di media sosial seperti Instagram, Facebook atau YouTube, silakan pasarkan video di media tersebut. Untuk media sosial, perlu juga Anda ketahui bahwa setiap jenis media sosial memiliki tipe pengguna yang berbeda-beda. Oleh karena itu, untuk lebih fokus pada sasaran, Anda juga harus memahami karakteristik dan kebiasaan pasar sasaran.

Memasarkan video di waktu yang tepat

Tidak hanya menampilkan video marketing. Jika target pasar Anda menonton lebih banyak TV, cari tahu jam berapa mereka biasanya menonton TV. Jika target pasar Anda lebih sering menonton YouTube, cari tahu kapan mereka biasanya menonton video di YouTube.

Pemasaran video adalah cara paling efektif untuk menarik perhatian penonton. Namun, jika Anda menyiarkan pada waktu yang salah, Anda tidak akan mendapatkan hasil yang diharapkan.

Kesimpulan

Sebenarnya, Anda harus mempertimbangkan berbagai alasan untuk menggunakan video sebagai alat pemasaran. Bahkan pemasaran video yang bagus dan menguntungkan memang membutuhkan waktu dan proses. Setidaknya Anda bisa merekrut jasa edit online dan jasa pemasaran JojoExpense untuk mempermudah pekerjaan Anda. Karena dengan JojoExpense ada tim yang siap membantu anda dalam melakukan share video marketing anda. Tunggu apalagi, daftar sekarang juga dan dapatkan uji coba gratis!