Strategi Viral Marketing yang Efektif untuk Memajukan Bisnis

viral marketing

Dalam dunia pemasaran atau Marketing, Viral Marketing atau pemasaran viral adalah sebuah proses pemasaran yang bertujuan mempromosikan ataupun menyampaikan pesan mengenai produk maupun jasa dengan cara pesan berantai atau dari “mulut ke mulut”.

Viral marketing ini merupakan strategi yang sebenarnya sudah lama ada. Namun, semakin gencar setelah teknologi berkembang pesat. Terutama hadirnya media sosial yang kerap dijadikan perantara utama dalam memviralkan sebuah konten baik berupa tulisan, audio maupun video.

Nah, apa itu viral marketing? seperti apa bentuk strateginya dalam bisnis? kita simak saja langsung informasi lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Viral Marketing

Viral marketing adalah strategi promosi untuk membuat iklan yang viral. Tersebar lebih cepat dalam waktu singkat, dan yang membuatnya sedikit berbeda dari strategi lainnya ialah viral marketing mengandalkan audiens untuk menjadi promotor-nya.

Para audiens itulah yang secara suka rela menyebarkannya ke orang lain, entah itu karena pengalaman mereka sebagai pengguna produk tersebut atau karena membantu memviralkan karena merasa diuntungkan dengan promosi tersebut. Dalam konteks internet marketing, hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara ataupun metode. Tergantung dari kreatifitas marketer itu sendiri.

Tujuan strategi Viral Marketing

Dikarenakan penyebarannya yang mudah dan cepat, media sosial seringkali menjadi medium utama untuk melakukan strategi ini. Namun sebenarnya, banyak medium offline lainnya yang bisa dimanfaatkan. Seperti billboard, majalah, televisi dan lain-lain. 

Bisa kita ambil contoh adalah meme yang banyak tersebar di Instagram, twitter ataupun media sosial lainnya. Meme tersebut bisa sangat viral karena memiliki jumlah share yang cukup banyak. Dengan cara itulah viral marketing bekerja. Hal ini dikaitkan dengan istilah Word of Mouth (WOM) atau dari mulut ke mulut. Hasilnya pun lebih efektif untuk menunjang brand awareness. Bahkan, bisa berujung ke hal yang lebih menguntungkan lagi yaitu sales. 

Fungsi Viral Marketing

Fungsi Viral Marketing adalah cara mendorong seseorang untuk menyampaikan sebuah pesan ataupun informasi produk dari seorang sales marketing yang dilakukan secara massive, berkala dan berkelanjutan. 

Otomatis dengan metode seperti ini maka secara tidak langsung knowledge produk Anda akan diingat publik. Proses ini jugalah alasan mengapa disebut viral marketing. Bila strategi ini berjalan sukses, bisnis Anda bisa melejit dengan sangat cepat. 

viral marketing

Kelebihan Viral Marketing

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari strategi marketing. Apa saja? Berikut beberapa di antaranya:

1. Menghemat Biaya Iklan

Sebenarnya masalah biaya iklan itu relatif, tergantung medium apa yang Anda gunakan dan jenis konten apa yang ingin Anda sajikan. Namun, jika iklan Anda viral dan sukses, keuntungan yang didapat bisa jauh lebih besar tanpa keluar biaya mahal.  Bahkan keuntungannya bisa berlipat hingga menutupi biaya modal awal saat membuat iklan tersebut.

2. Meningkatkan Brand Awareness 

Ini adalah alasan terbesar mengapa banyak pebisnis menyukai strategi ini. Yup, dengan konten yang viral, otomatis bisnis Anda semakin banyak dikenal. Apalagi kalau iklan Anda bisa menyampaikan pesan yang bermanfaat dan solutif.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

3. Kesempatan Diliput oleh Berbagai Media

Ini juga salah satu keuntungan yang masih berkaitan dengan poin pertama, yaitu hemat biaya. Saat iklan berhasil viral, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk press release atau memasang iklan di berbagai media. Seperti koran, televisi, radio, dan lain-lain.

Kekurangan Viral Marketing

Tak ada satupun strategi yang berjalan tanpa resiko, termasuk viral marketing. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengenali apa saja kekurangan dari strategi ini, yaitu:

1. Berpotensi Mendapatkan Citra Negatif

Kenapa bisa berpotensi? Karena roda utamanya adalah word of mouth dari audiens atau konsumen. Bisa saja, mereka mengambil sudut pandang berbeda dari yang sebaliknya ingin Anda sampaikan. Ambil contoh iklan Grab yang di tahun 2016 sempat dikecam banyak masyarakat.

2. Dianggap Spam

Penyebaran konten viral yang terlalu intens tidak selamanya baik. Ketika sedang menjadi pusat perhatian, kemungkinan besar iklan Anda akan sering muncul di berbagai tempat.

Hal ini bisa saja menimbulkan kesan berbeda di beberapa orang. Salah satunya dianggap sebagai spam. Alih-alih membuat terkesan, mereka justru merasa bosan karena selalu terekspos di mana-mana.

3. Sulit Diprediksi

Viral marketing memiliki skenario hit or miss, alias bisa berhasil bisa tidak. Walaupun ada strategi tertentu untuk membuat konten viral, tetapi strategi ini lebih sulit diprediksi dibanding strategi lainnya. 

Beberapa iklan bisa saja viral dalam waktu singkat. Tetapi, ada pula beberapa diantaranya yang membutuhkan waktu berbulan-bulan. Atau bahkan tidak viral sama sekali. Dengan begitu, perlu mempertimbangkan strategi yang maksimal agar tidak menjadi campaign yang sia-sia. 

viral marketing

6 Cara Memaksimalkan Strategi Viral Marketing

1. Tentukan Target Audiens dan Channel yang Tepat

Tidak ada sesuatu yang bisa viral begitu saja, karena itu, pastikan Anda menyampaikan pesan yang menarik perhatian target audiens. Kemudian, tentukan channel atau platform yang tepat.

2. Gunakan Tools Social Media Analytics

Tools ini bisa memudahkan Anda untuk mengumpulkan data dari setiap aktivitas di media sosial. Termasuk melacak performa dari setiap campaign.

3. Ciptakan Kesan Emosional dan Berkualitas

Penting untuk diingat, bahwa viral marketing tidak akan berhasil kecuali konten Anda memiliki daya tarik tersendiri. Salah satunya adalah dengan menciptakan konten yang memancing emosional atau perasaan audiens. 

4. Gunakan Hashtag untuk Menyebarkan Konten

Tidak kalah penting yaitu menggunakan hashtag pada iklan Anda. Hashtag juga menjadi cara efektif untuk membuat konten Anda populer, serta meningkatkan brand awareness.

5. Gunakan Strategi Trend Jacking

Trend Jacking (pembajakan tren) merupakan salah satu strategi marketing yang memanfaatkan situasi atau isu yang tengah naik daun untuk bahan promosi. Strategi ini sering digunakan sebagai cara untuk melakukan viral marketing.

6. Social Outreach

Strategi Social outreach ini merupakan langkah lain yang efektif untuk memviralkan konten Anda. Caranya yaitu dengan menjangkau orang-orang yang berpengaruh di dalam industri Anda seperti influencer.

Konten dengan 4 jenis emosi pendorong sebuah konten menjadi viral, yaitu:

1. Suasana gembira/Senang

Anda bisa menciptakan konten yang membuat audiens tersenyum, tertawa, bahagia dan merasa positif.

2. Perasaan Sedih/haru

Menggunakan emosi seperti rasa sedih atau haru membuat konten yang bisa membangun rasa empati untuk menarik perhatian audiens. 

3. Rasa Takut

Perasaan takut juga dapat menjadi alat jitu untuk membuat konten Anda viral. Ketakutan membuat orang untuk bermawas diri atau menghindari sesuatu hal yang buruk.

4. Rasa Marah

Menciptakan kesan yang membuat audiens merasa marah. Artinya bagaimana rasa marah tersebut bisa menggerakkan mereka untuk melakukan sesuatu hal yang baik.

Strategi Viral Marketing dalam perusahaan 

Pada prisnsipnya dari sekian banyaknya strategi pemasaran online, viral marketing menjadi salah satu yang menjadi prioritas banyak pebisnis. Terlebih lagi saat ini bisnis online tengah menjadi bisnis yang menjanjikan, apalagi didukung dengan strategi pemasaran yang beragam sehingga dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar.

Strategi ini juga dapat diaplikasikan oleh semua bisnis, baik besar maupun kecil. Banyak keuntungan yang bisa diraih oleh bisnis bila berhasil melakukan strategi ini. Seperti menghemat biaya iklan, meningkatkan traffic, leads, kredibilitas, hingga kesempatan untuk diliput berbagai media massa secara cuma-cuma.

viral marketing

Tidak kalah menariknya dan trik yang sangat menguntungkan adalah ketika strategi viral marketing di aplikasikan pada promosi produk IT. Seperti halnya software yang diluncurkan oleh Jojonomic, sebuah platform yang mampu menaikan kinerja perusahaan dibidang pengeluaran keuangan perusahaan, yaitu JojoExpense. Sehingga dengan bantuan JojoExpense Anda cukup memantau manajemen keuangan melalui platform yang terintegrasi pada aplikasi keuangan JojoExpense.

Anda tinggal fokus pada promosi produk melalui viral marketing, sementara laporan keuangan dan pengeluaran biaya-biaya biarkan aplikasi JojoExpense yang bekerja, simpel, canggih dan sangat akurat.

viral marketing

JojoExpense
Solusi Manajemen Pengeluaran Perusahaan yang Fleksibel, JojoExpense memudahkan staf keuangan untuk memantau disbursement perusahaan secara real-time dan akurat. Hemat waktu hingga 77% dengan proses pelaporan pengeluaran otomatis!

Fitur yang paling populer

  1. Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  2. Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  3. Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Coba Gratis Sekarang