Mengenal apa itu Virtual Private Network serta Bagaimana Cara Kerjanya

virtual private network

Jika diartikan satu persatu istilah virtual merupakan hal yang tidak nyata atau semu, yang ada di dunia maya atau internet. Arti dari private adalah hal yang bersifat pribadi, tidak bisa diakses sembarang orang. Virtual Private Network atau biasa disebut VPN adalah cara aman dalam berkomunikasi atau saaat pertukaran data, dimana tidak memungkinkan pihak lain untuk menyusup ke traffic atau lalu lintas jaringan yang tidak semestinya.

Sebelum internet begitu umum digunakan seperti sekarang, di zaman dulu VPN atau Virtual Private Network diciptakan untuk menghubungkan jaringan secara aman misalnya antar divisi di perkantoran saja. Mungkin VPN seperti sebuah solusi sempurna dari banyak permasalahan privasi online.

Apa saja kelebihan dan kekurangan VPN bagi kebutuhan keamanan dan kestabilan jaringan internet, selengkapnya akan kita bahas dalam artikel dibawah ini.

Apa itu Virtual Private Network ?

Program pada VPN mampu mengautentikasi sumber pengirim data yang akan diterima. VPN memastikan dan mengecek data yang akan masuk dari sumbernya. Jika proses autentikasi berhasil, maka informasi atau data dapat disetujui. Dalam hal ini VPN berguna untuk menganalisis sumber-sumber data yang tidak kredibel sehingga dapat mencegah kiriman file virus atau malware.

Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa VPN dapat menghubungkan PC, tablet, laptop, serta smartphone Anda ke computer lain yang disebut VPN server pada tempat yang terkoneksi dengan internet sehingga memungkinkan Anda untuk browsing di internet dengan memanfaatkan jaringan internet computer. Apabila server berada di Negara luar Indonesia, koneksi Negara itulah yang Anda pakai saat Anda mencoba mengakses suatu situs yang bisa saja tak dapat dijangkau dari Negara asal.

virtual private network

Fungsi jaringan Virtual Private Network

Teknologi VPN mempunyai tiga fungsi utama yaitu :

1. Data Integrity (Keutuhan Data)

Ketika melewati jaringan internet, sebenarnya data telah berjalan sangat jauh melintasi berbagai negara. Pada saat perjalanan tersebut, berbagai gangguan dapat terjadi terhadap isinya, baik hilang, rusak, ataupun dimanipulasi oleh orang yang tidak seharusnya. Pada VPN terdapat teknologi yang dapat menjaga keutuhan data mulai dari data dikirim hingga data sampai di tempat tujuan.

2. Authentication (Autentikasi Sumber)

Teknologi VPN memiliki kemampuan untuk melakukan autentikasi terhadap sumber-sumber pengirim data yang akan diterimanya. VPN akan melakukan pemeriksaan terhadap semua data yang masuk dan mengambil informasi dari sumber datanya. Kemudian, alamat sumber data tersebut akan disetujui apabila proses autentikasinya berhasil. Dengan demikian, VPN menjamin semua data yang dikirim dan diterima berasal dari sumber yang seharusnya. Tidak ada data yang dipalsukan atau dikirim oleh pihak-pihak lain.

3. Menjaga dari kebocoran data

VPN juga berguna untuk menyelamatkan data dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Program VPN akan memastikan proses transmisi data selesai dan diterima oleh penerima yang sesuai dengan permintaan user tanpa adanya perubahan sedikitpun atau manipulasi dari data yang dikirim. Jika proses autentikasi berhasil, maka informasi atau data dapat disetujui. Dalam hal ini VPN berguna untuk menganalisis sumber-sumber data yang tidak kredibel sehingga dapat mencegah kiriman file virus atau malware.

4. Mampu menjaga kerahasiaan akses data

Teknologi VPN merupakan teknologi yang memanfaatkan jaringan publik yang tentunya sangat rawan terhadap pencurian data. Untuk itu, VPN menggunakan metode enkripsi untuk mengacak data yang lewat. Dengan adanya teknologi enkripsi itu, keamanan data menjadi lebih terjamin. Confidentiality ini dimaksudkan agar informasi yang ditransmisikan hanya boleh diakses oleh sekelompok pengguna yang berhak.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

5. Biaya murah dan penggunaan mudah

Walaupun ada pihak yang dapat menyadap data yang melewati internet bahkan jalur VPN itu sendiri, namun belum tentu dapat membaca data tersebut, karena data tersebut telah teracak.

Untuk itu VPN ini sering digunakan oleh perusahaan untuk menjaga kerahasiaan data atau informasi penting yang dimiliki perusahaan tersebut selain karena penggunaanya mudah , biaya yang dikeluarkan pun tidak begitu besar.

virtual private network

Konsep dan cara kerja VPN

Konsep kerja VPN pada dasarnya VPN membutuhkan sebuah server yang berfungsi sebagai penghubung antar PC. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah jalur yang bisa digambarkan VPN yaitu :

Internet <–> VPN Server <–> VPN Client <–> Client.

Bila digunakan untuk menghubungkan dua komputer secara private dengan jaringan internet maka gambarannya:

Komputer A <–> VPN Client <–> Internet <–> VPN Server <–> VPN Client <–> Komputer B.

Intinya alur tersebut menggambarkan bahwa semua koneksi diatur oleh VPN Server, sehingga dibutuhkan kemampuan VPN Server yang memadai agar koneksinya bisa lancar. Selain itu penggunaan VPN dapat menghindari adanya penyusup saat melakukan transmisi data yang sewaktu-waktu bisa masuk ke lalu lintas jaringan pengguna.

Apa saja Kelebihan dan Kekurangan VPN ?

Pada umumnya ketika memakai VPN, maka tidak ada yang bisa menyusup pada jaringan pribadi Anda sehingga tingkat keamanan transmisi sangat tinggi. Untuk lebih jelasnya, masih ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari penggunaan VPN, kita akan bahas satu persatu dibawah ini.

Kelebihan memakai layanan VPN

  1. Mobilitas perusahaan dan karyawan akan lebih baik dan lancar dimana para pekerja dapat terhubung dengan jaringan kantor melalui perangkat pribadi di rumah.
  2. VPN solusi Bagi perusahaan yang membutuhkan jaringan khusus yang aman, maka VPN adalah solusi dengan biaya yang lebih murah.
  3. VPN bisa menyembunyikan alamat IP Anda, mengenkripsi data Anda, dan membuka blokiran konten yang dilindungi alamat IP. Singkat kata, VPN menyediakan keamanan, anonimitas, dan kebebasan untuk Anda.

Kekurangan umum dari jasa layanann VPN

Kekurangan yang mungkin dimiliki VPN serta perbedaan nyata yang ditemukan antara VPN gratis dan yang bayar. Selain itu koneksi VPN dapat mempengaruhi penggunaan internet Anda dengan beberapa cara, diantaranya :

  1. Jaringan internet yang lamban
  2. Blokir terhadap jasa VPN secara spesifik
  3. Penggunaan VPN yang ilegal
  4. Tidak mengetahui seberapa kuat sistem enkripsi yang disediakan oleh VPN Anda
  5. Pencatatan dan kemungkinan adanya penjualan informasi perihal pola perilaku online Anda ke pihak ketiga
  6. Jeda saat koneksi
  7. Free VPN: terkadang lebih buruk dibanding saat tidak menggunakan VPN
virtual private network

Tidak hanya menjaga kerahasiaan jaringan server internet pribadi. Bahkan saat menyediakan akses ke karyawan secara global, ketika faktor keamanan menjadi resiko tersendiri karena informasi sensitif perusahaan dapat diakses, inilah gunanya VPN. Cara kerjanya mengamankan sistem dan mampu terintegrasi dengan aplikasi keuangan perusahaan, aplikasi tersebut adalah JojoPayroll.

Keuntungan menggunakan server VPN pada jaringan komputer perusahaan mampu mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pada kasus-kasus pencurian data yang sering terjadi.

virtual private network

Apa saja kelebihan dari JojoPayroll ?

Solusi Penggajian terbaik

Memakai JojoPayroll perusahaan bebas masalah, hanya dengan sentuhan jari Anda, kapan saja dimana saja. Sistem payroll berbasis Cloud ini mendukung bisnis Anda, karena terintegrasi dengan sistem akuntansi Anda serta transfer bank yang real-time.

Memiliki Fitur yang Populer

  1. Sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis.
  2. Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis.
  3. Integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini, Basis Data Komprehensif untuk Analisis.

Coba Gratis Sekarang