Web Trik, Cara jitu, Tingkatkan Traffic Website-mu

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentunya kita memerlukan sebuah media promosi untuk meningkatkan penjualan produk. Dalam era modern seperti saat ini, terdapat banyak sekali media promosi yang dapat digunakan, salah satunya adalah melalui website. Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa dalam membuat website pun harus dikelola dengan baik dan semenarik mungkin untuk mengambil hati konsumen.  Nah, untuk itu, kamu datang ke artikel yang tepat! Karena, untuk pembahasan kali ini, kami akan membahas tentang web trik yang bisa kamu gunakan untuk membuat website bisnis dan bagaimana cara menyempurnakan kinerjanya. Langsung saja, yuk kita bahas bersama, dimulai dari cara membuat website bisnis yang menarik dan efisien!

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Tips dan Trik Membuat Website (Web Trik) untuk Bisnis

Sebuah website untuk perusahaanmu tentu bukanlah hal yang aneh, terutama di era digital seperti saat ini. Website merupakan salah satu hal krusial yang harus dimiliki oleh perusahaan, jika ingin mengembangkan usahanya. Oleh karena itu, sangat penting untuk memiliki website sendiri untuk bisnis yang kamu miliki. Nah, untuk kamu yang masih bingung bagaimana cara membuat website yang baik dan efisien untuk bisnis, berikut ini akan kami sajikan langkah-langkahnya!

Responsive Web Design

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam membuat website adalah kamu harus bisa membuat desain halaman website yang responsive. Responsive yang dimaksud adalah ukuran halaman website-mu harus bisa menyesuaikan dengan berbagai macam perangkat yang digunakan oleh konsumen. Jadi, konsumen bisa membuka laman situs perusahaanmu dari perangkat apapun dan masih tetap bisa mendapatkan akses secara menyeluruh. Hal ini harus diterapkan pada setiap situs bisnis, karena sekarang mobile dan tablet browsing sudah melebihi desktop browsing. Kamu bisa belajar membuat desain website yang responsive, salah satunya adalah melalui Bootstrap yang sangat mudah dipelajari untuk pemula. Jika sudah begitu, pastikan desain halaman pada website-mu responsive ya! Agar kamu paham, seperti apa contoh desain website yang responsive itu, berikut ini akan kami tampilkan contoh ilutrasinya.

web trik

Branding Merk (Logo, Font, dan Warna)

Selanjutnya, di dalam website perusahaanmu, harus memiliki branding produknya tersendiri. Branding bisa berupa Logo, Font, dan juga warna yang menggambarkan perusahaan atau produk yang akan kamu jual. Kamu juga harus menampilkan kekonsistenan pada branding yang akan kamu gunakan, terutama pada logo, font, warna, dan juga tata bahasa yang digunakan. Hal ini akan memunculkan keyakinan bagi para pengunjung website & membantu memperkuat identitas brand-mu. Seperti yang terlihat pada tampilan website Jojonomic berikut ini, memiliki bentuk branding konsisten di tiap laman yang tersedia di dalamnya.

Pilih Foto Ilustrasi yang Eye Catching

Tips selanjutnya yakni memilih foto ilustrasi yang menggambarkan perusahaan, atau produk yang akan kamu tawarkan. Hal ini sangatlah penting untuk kamu lakukan dalam memilih gambar yang sesuai dengan tujuan bisnismu untuk menyempurnakan desain serta layout website perusahaan. Bila website-mu menggunakan foto atau ilustrasi yang baik (sesuai), maka kamu akan mendapatkan angka konversi penjualan yang lebih tinggi. Hal ini, karena desain dan estetika website adalah salah satu area yang selalu ditinjau oleh konsumen ketika hendak mengunjungi situs perusahaan (bisnis). Maka dari itu, pastikan kamu memilih foto yang terbaik ya untuk website-mu! Jangan asal mengambil foto, dan memasukkannya ke situs usahamu. Seperti contoh website milik Jojonomic berikut ini, yang menggunakan ilustrasi vector untuk menggambarkan produk yang ditawarkan.

Navigasi yang Jelas, Tersusun Rapi, dan Intuitif

Website yang memiliki navigasi yang jelas membuat para pengunjung betah untuk mengekplorasi halaman isinya. Pengunjung juga akan mendapatkan lebih banyak informasi tentang barang atau jasa yang kamu tawarkan. Navigasi di dalam website yang jelas, akan menaikkan konversi penjualanmu, lho! Nah, kalau kamu masih bingung, kami kasih alasan mengapa kamu harus menyajikan navigasi yang jelas untuk situsmu ini.

Karena, ada beberapa tipe orang yang ingin berbelanja (baik di online, ataupun di offline) dan hal di bawah ini menjadi alasan mengapa kamu harus membuat navigasi web sejelas mungkin.

Pertama

Mereka yang suka muter-muter dulu di dalam sebuah website, setelah mendapatkan barang yang dia inginkan, barulah dia beli. Orang seperti ini tidak terlalu dikhawatirkan, karena memang mereka tidak mempermasalahkan navigasi.

Kedua

Mereka yang masuk ke toko (online ataupun offline) langsung ingin menuju ke tempat yang benar-benar ingin dituju. Tipe konsumen seperti inilah yang sangat membutuhkan navigasi di dalam sebuah situs.

Ketiga

Konsumen yang tertarik dengan display yang mencolok. Misalnya, mereka masuk ke dalam toko (online ataupun offline), mereka melihat ada promo tergantung di bagian atas yang biasanya menjadi navigasi di website.

Lalu, seperti apa sih, bentuk website dengan navigasi yang jelas menurut web trik? Agar kamu tidak bingung, kami akan menampilkan contoh sebuah situs yang memiliki navigasi untuk memudahkan para pengunjungnya berikut ini.

Detail Kontak yang Jelas

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Tips kelima, kamu harus mencantumkan kontak yang jelas di dalam website! Hal ini sangatlah diperlukan, terutama bagi pengunjung agar mereka dapat menghubungimu untuk pertanyaan atau bantuan lebih lanjut. Oleh karena itu, adanya menu kontak menjadi sangat krusial, agar website-mu menjadi lebih user-friendly, transparan dan dipercaya oleh konsumen. Kontak yang dicantumkan tidak harus berada di atas halaman web, yang terpenting adalah harus tertulis untuk memudahkan para konsumen. Seperti pada website Jojonomic yang mencantumkan kontak di bagian bawah halaman. Contohnya, bisa kamu lihat pada gambar di bawah ini,

Buatlah Headline yang Persuasif

Tips membuat website selanjutnya adalah memanfaatkan headline yang berada di setiap halaman. Headline yang persuasif dan menjelaskan manfaat dari tiap laman, akan membuat pengunjung berhenti dan langsung menjelajahi website-mu. Headline yang kamu buat akan menentukan apakah pengunjung akan bertahan, atau meninggalkan website karena kurang menarik untuk dikunjungi dan hanya membuang waktu saja. Sangat penting untuk diingat, apabila headline anda tidak menarik – konten anda tidak akan dibaca. Maka, kesempatanmu untuk menjual produk akan semakin sedikit. Berikut ini akan kami sajikan contoh headline menarik dan dirasa mampu membuat pengunjung tertarik, paling tidak untuk membaca produk yang akan ditawarkan.

Meletakkan Informasi Paling Penting di Bagian Teratas (Above the Fold), Tanpa Harus Scroll Halaman

Ketika kita hendak membuat website itu berarti, sama halnya dengan mendesain web itu sendiri. Di dalam web desain, istilah above the fold merujuk kepada area halaman web yang terlihat tanpa harus scrolling. Secara logis, pengunjung website akan memberikan perhatian lebih besar dan mengingat informasi terhadap hal yang muncul pertama dan terakhir pada website-mu. Sebagian besar pengunjung website tidak mau men-scroll ke bawah, dan hanya melihat bagian atas saja. Bila mereka merasa website-mu kurang jelas dengan produk apa yang hendak ditawarkan, serta tampilannya kurang rapi, mereka akan langsung menutup situsmu, lho! Jadi, harus diperhatikan dengan seksama ya! Seperti halnya website Jojonomic yang meletakkan informasi penting di bagian teratas, agar pengunjung bisa langsung mendapatkan informasi yang akan ditawarkan.

Masukkan Promosi Konten

Tips setelahnya adalah kamu harus memasukkan beberapa konten promosi di dalam situs perusahaanmu! Promosi konten yang biasanya dimasukkan dalam sebuah website antara lain, blog promosi, video, dan materi untuk di-download. Setiap web marketer mengetahui bahwa konten yang dibagikan akan menyebabkan terjadinya interaksi. Blog, video dan materi download dirasa akan sangat berpengaruh terhadap pengunjung website untuk mengenal, menyukai dan akhirnya percaya kepada perusahaanmu. Dengan adanya konten promosi ini, kamu akan mendapat jaminan bahwa produk yang hendak ditawarkan, akan mendapatkan peluang lebih tinggi untuk terjual. Agar kamu lebih mengerti dengan apa yang dimaksudkan, kamu bisa melihat contohnya dari website Jojonomic yang memiliki konten promosi blog, video promosi dan juga ebook materi, berikut ini.

Masukkan Call to Action (CTA) yang Kuat dan Menarik

Call-To-Action adalah teks atau desain grafis yang mendorong pengunjung untuk mengambil langkah spesifik berikutnya di website kamu. Langkah ini antara lain untuk subscribe newsletter, datang ke tempat anda atau meminta anda untuk menghubungi mereka. Menambah CTA button akan menaikkan traffic pengunjung website-mu. CTA button yang besar dan memiliki warna kontras, akan meningkatkan jumlah klik pada website-mu. Bingung seperti apa tombol CTA yang kuat itu? Yuk, lihat CTA button yang terdapat pada situs Jojonomic di bawah ini!

Masukkan Indikator Kepercayaan (Testimoni, dan Pihak yang Masih Menggunakan)

Tips terakhir, kamu harus memasukkan indikator kepercayaan, agar calon pembeli semakin yakin untuk membeli produk yang kamu tawarkan.  Selain itu, indikator kepercayaan memberikan mereka gambaran apa yang dapat mereka harapkan dari perusahaanmu. Karena, bagi para pengunjung website, ulasan positif membuat mereka lebih percaya terhadap perusahaan tersebut. Seperti yang tertera pada contoh website berikut ini, yang menampilkan perusahaan yang pernah atau masih menggunakan produk dari Jojonomic.

Setelah kamu berhasil membuat website berdasarkan tips di atas, maka langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menyempurnakan kinerjanya. Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan, lho! Langsung saja kita bahas satu persatu, yuk!

Cara Menyempurnakan Kinerja Website

Setelah membuat website, kamu juga harus mengerti bagaimana cara untuk memperbaikinya. Tips di bawah ini juga bisa kamu gunakan untuk mengatur, dan membangun website-mu, lho! Jadi, kamu kana lebih paham apa saja yang dibutuhkan untuk menyempurnakan website yang telah kamu buat. Langsung saja kita bahas satu persatu dari web trik berikut ini ya!

Update

Mempunyai website yang bagus sangatlah penting. Namun, bagus saja tidak cukup, kamu juga perlu melakukan update secara berkala agar memberikan kenyamanan pada pengunjung. Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan, seperti posting artikel baru yang dapat menarik para pengunjung dan membuat mereka dapat meninggalkan komentar pada website-mu. Kamu juga harus terus memperbarui informasi kontak, dan mengoreksi Terms of Service agar selalu sesuai dengan hukum yang berlaku.

Backups

Website error atau tidak bisa diakses sewaktu-waktu dapat terjadi. Oleh sebab itu, kamu harus rutin melakukan backup. Sehingga, saat website mengalami kerusakan, kamu dapat mengembalikannya seperti sedia kala. Dalam hal ini, kamu dapat memanfaatkan layanan backup yang diberikan oleh beberapa penyedia hosting secara online atau melakukan backup secara manual dengan menyimpannya pada perangkat komputer, CD, ataupun flashdisk.

Speed

Kamu juga perlu mengecek kecepatan website saat loading. Ketika pengunjung sudah melebihi kapasitas, mungkin sudah waktunya kamu meng-upgrade dan sesuaikan layanan hosting dari paket yang tengah kamu gunakan. Kamu juga bisa menyiasatinya dengan meminimalkan grafis pada setiap halaman, atau memperkecil file yang ditampilkan pada website agar proses loading dapat berjalan lebih cepat.

Search Engine Friendly (SEF)

Sebagian besar pengunjung menemukan website-mu melalui search engine, seperti Google. Untuk itu, buat website kamu untuk lebih friendly terhadap situs pencarian agar mendatangkan lebih banyak visitor. Untuk memulainya, kamu bisa melakukan web trik dengan menambah meta deskripsi, atau menyisipkan keyword tertentu pada artikel yang di-posting ke dalam website.

Gunakan Statistik

Tips selanjutnya adalah memantau statistik website kamu secara rutin. Kamu dapat menggunakan tools yang ada pada cPanel untuk memperoleh sejumlah data yang terkait seperti jumlah visitor, keyword yang sedang banyak dicari, dan sebagainya. Dengan melakukan web trik tersebut, kamu bisa menyusun strategi marketing selanjutnya untuk kelangsungan bisnismu.

Browser Friendly

Jangan lupa, lakukan pengecekan untuk melihat apakah website yang kamu buat dapat diakses dengan lancar pada berbagai browser. Untuk itu, kamu bisa membuka situs melalui beberapa aplikasi browser seperti Firefox, Internet Explorer, Google Chrome, Safari, dan Opera. Jika ditemukan sebuah kejanggalan, maka kamu perlu mengatur elemen tertentu agar website tersebut bekerja maksimal di berbagai jenis browser.

Bagaimana? Apa dengan tips dan trik di atas kamu sudah bisa membuat website yang menarik minat pengunjung? Jika belum, kamu bisa mengunjungi situ Jojonomic untuk dijadikan contoh website yang sesuai dengan tips di atas. Mengapa harus Jojonomic? Karena, Jojonomic memiliki tiga produk utama, yakni JojoExpense, JojoTimes, dan JojoPayroll yang akan mempermudah kinerja perusahaanmu! Mulai dari JojoExpense yang akan meningkatkan efisiensi manajemen pengeluaran perusahaan hingga 76%. Kemudian ada JojoTimes yang akan memantau kehadiran karyawanmu kapanpun dan di manapun. Hingga JojoPayroll yang menyajikan solusi Payroll otomatis, untuk mengelola penggajian kapan dan di mana saja. Jadi, dengan web trik yang sudah kami berikan masih ragu untuk membuat website-mu sendiri dan pakai produk Jojonomic?