Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Wirausahawan agar Jadi No 1

Pernahkah kamu mendengar istilah wirausaha atau entrepreneur? Pastinya istilah ini sudah sangat familiar di telingamu, bukan? Karena, istilah ini sudah sangat sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari teman, atau mungkin dirimu sendiri adalah seorang entrepreneur.

Akan tetapi, tahukah kamu sebenarnya apa itu wirausahawan? Apa saja hal yang harus dilakukan untuk menjadi wirausahawan terbaik?

Untuk membantumu menjawab pertanyaan tersebut, di dalam artikel ini kami akan membahas tentang entrepreneur ini secara menyeluruh.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HR Suites hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Apa itu Wirausahawan?

Istilah ini juga biasa dikenal dengan sebutan entrepreneur. Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) biasa disebut dengan wiraswasta yang memiliki arti orang yang pandai atau berbakat menentukan cara produksi teranyar, mengenali produk terbaru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Seseorang bisa disebut sebagai wirausahawan, ketika ia mempunyai gagasan dan ide-ide yang bagus dan unik, dan bisa membuat sebuah produk. Tidak hanya itu, mereka juga mempunyai keahlian atau skill maupun insting untuk dapat memberikan produk sesuai dengan minat pasar, dan dapat melakukan sebuah riset pasar.

Wirausahawan dalam Kewirausahaan

Entrepreneur ini, memiliki hubungan yang erat dengan kewirausahaan. Hal tersebut disebabkan oleh arti kewirausahaan sendiri sebagai materi atau pembahasan mengenai wirausaha dan wirausahawan.

Bisa juga mengenai penerapan keinovasian dan kreatifitas seseorang dalam melakukan wirausaha. Sehingga dapat memecahkan masalah dan dapat bermanfaat sebagai peluang wirausahawan.

Teori Utama Kewirausahaan

Masih pada pembahasan kewirausahaan, kita juga harus memahami teori-teori apa yang terkandung di dalamnya.

Teori ini akan sangat mempengaruhi seorang wirausahawan dalam menjalankan proses bisnisnya. Kamu bisa melihat 3 (tiga) teori utama pada pembahasan di bawah ini.

Neo Klasik

Teori pertama dalam kewirausahaan adalah neo klasik. Teori ini akan memandang perusahaan sebagai teknologis. Di mana management sebuah perusahaan hanya untuk mengetahui biaya yang akan dibutuhkannya.

Kirzerian Entrepreneur

Teori Kirzer ini mengenai kinerja manusia, kesungguhan dan keseriusan manusia untuk bekerja mandiri. Untuk menyimpulkan kemajuan atau kegagalan usaha tergantung pada pengusahanya. Jika pengusaha serius menjalankan usahanya, maka bisnis akan dipastikan berjalan lancar.

Teori Perilaku

Terakhir, ada teori perilaku yang merupakan inti dari kewirausahaan. Teori ini akan melihat bagaimana seorang wirausahawan memiliki kecakapan dalam pengorganisasian usahanya.

Hal tersebut meliputi pengaturan keuangan, pembangunan jaringan, dan pemasaran produk baru yang diciptakan.

Ciri-ciri Seorang Wirausahawan

Setelah mengetahui tentang pengertian dan teori yang mendasari seorang entrepreneur, sekarang saatnya kamu melihat apakah dirimu sudah bisa disebut sebagai seorang wirausahawan. Kamu bisa melihat ciri-ciri seorang entrepreneur pada poin-poin di bawah ini.

Memiliki Keberanian dalam Mengambil Keputusan Dan Risiko Serta Daya Kreasi yang Tinggi

Seorang wirausahawan yang sukses adalah seseorang yang memiliki keberanian tinggi untuk berkreasi dan mengeksekusi semua ide yang ada di otaknya. Karena kreativitas saja tidak cukup untuk menuju kesuksesan berbisnis.

Orang yang memiliki keberanian akan lebih sukses dibandingkan mereka yang hanya punya ide tanpa eksekusi. Karena ide tanpa eksekusi tentu akan percuma dan kamu tidak akan bisa menjadi seorang wirausahawan yang sukses.

Kamu harus berani mengambil keputusan dan menerima risiko yang akan didapat. Karena, dengan mengetahui risiko kamu akan mengetahui apa yang kurang dari bisnismu dan bisa segera memperbaikinya. Proses trial and error ini akan sangat berguna untuk mengembangkan bisnis milikmu!

Memiliki Semangat Serta Kemauan yang Keras

Tak hanya daya kreativitas saja yang diharuskan dimiliki oleh seorang wirausahawan. Akan tetapi seorang wirausahawan yang ingin membangun bisnis juga harus memiliki semangat yang tinggi dan kemauan yang keras dengan tujuan bisnismu.

Hal tersebut perlu dilakukan dalam rangka membantu menumbuhkan rasa percaya diri bahwa apa yang akan dikerjakan nantinya harus bisa membawa keberhasilan.

Kemauan yang keras juga sangat dibutuhkan karena hal tersebut dapat membuat seseorang memiliki tekad yang kuat demi mewujudkan apa yang diinginkan.

Memiliki Jiwa Kepemimpinan dan Memiliki Sifat Hemat atau Tidak Konsumtif

Seorang wirausahawan atau calon entrepreneur haruslah memiliki jiwa pemimpin tidak hanya untuk dirinya sendiri melainkan juga untuk bawahannya. Maksudnya, seorang wirausahawan harus mampu memimpin dan mengendalikan diri sendiri dan anggotanya. Terutama untuk pengambilan keputusan.

Selain itu, seorang pemimpin tak seharusnya memiliki perilaku konsumtif. Karena pengeluaran harus lebih kecil dibandingkan dengan pendapatan mereka.

Dengan jiwa yang seperti ini tentu saja bisnis yang tengah dibangun akan semakin berkembang terus menerus dan keuntungan bisa diputar kembali menjadi tambahan modal. Dengan cara ini, bisnismu bisa semakin berkembang dari waktu ke waktu.

Mampu Menganalisis Secara Tepat dengan Visi Berpikir Jangka Panjang Untuk Masa Depan

Terakhir, seorang entrepreneur harus memiliki sifat analitis, khususnya untuk menganalisis bisnis yang sedang dilakukan. Dengan menganalisis bisnis, baik dari sisi pesaing ataupun pengembangan usahamu.

Selain itu, ketika menganalisis sebuah bisnis, kamu juga harus mampu berpikir jangka panjang. Karena, hasil dari analisis itu bisa kamu gunakan untuk mengembangkan usahamu ke depannya. Jika kamu tidak berpikir jangka panjang, maka jangan harap bisnismu bisa berjalan long lasting.

Karakteristik Wirausahawan

Setelah kamu tahu ciri seorang entrepreneur, selanjutnya akan timbul pertanyaan, bagaimana karakteristik yang dimiliki oleh wirausahawan? Untuk menjawabnya, kamu bisa melihat pada poin-poin di bawah ini.

Mempunyai Sifat yang Jujur

Karakteristik pertama yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur adalah kejujuran. Dengan sifat yang jujur merupakan salah satu modal yang terpenting dari diri seorang wirausahawan.

Oops! We could not locate your form.

Di mana dengan kejujuran tersebut akan dapat membawa seorang entrepreneur menjadi sukses karena dapat menyampaikan amanah yang sudah diberikan. Kepadanya sebagai seorang pemimpin dari sejumlah karyawan dan juga konsumen-konsumennya.

Disiplin dalam Segala Hal

Seorang wirausaha, bekerja tanpa atasan, karena ia berperan sebagai Chief Executive Officer (CEO). Jadi, ia tidak memiliki boss untuk menegurnya apabila melakukan kesalahan.

Maka dari itu, kedisiplinan adalah hal yang paling penting ketika dalam melakukan pekerjaan sebagai wirausahawan.

Sifat disiplin juga merupakan sifat yang paling mendasar untuk dapat menggerakkan semangat maupun motivasi ketika tengah menjalankan suatu usaha. Jadi, pastikan kamu memiliki kedisiplinan dalam segala hal ya!

Inovatif dan Kreatif

Selanjutnya, seorang entrepreneur harus memiliki inovasi dan kreativitas yang tinggi. Inovatif sendiri merupakan suatu pintasan atau ide terbaru dari seorang wirausahawan.

Selain itu, seorang enterpreneur juga wajib mempunyai terobosan baru serta dapat meninggalkan cara yang sudah lama ketika didalam suatu pekerjaan. Sedangkan kreatifitas adalah suatu kemampuan dari seseorang ketika menciptakan suatu yang berbeda.

Berkomitmen Tinggi

Seorang entrepreneur harus berkomitmen tinggi. Berkomitmen tinggi ini harus kamu pegang karena merupakan suatu prinsip yang harus kamu miliki ketika akan memulai suatu usaha. Tanpa adanya komitmen, usahamu tidak akan berjalan dengan lancar, karena kamu akan menjalaninya setengah hati.

Realistis dan Mandiri

Sifat relaistis harus dipunyai dari seorang wirausahawan, yang mana dapat menjalani segala usaha yang sedang dilakukannya.

Sedangkan mandiri adalah suatu sifat yang dapat memutuskan segala sesuatu yang sudah terjadi pada dirinya sendiri. Tidak boleh menggantungkan sebuah keputusan pada orang lain.

Mempunyai Keterampilan

Seorang wirausaha harusdapat mencari dan juga dapat menangkap peluang yang dapat menguntungkan usahanya. Seorang wirausahawan juga harus mampu untuk dapat menfaatkan peluang tersebut, mampu  berkomunikasi dengan orang lain.

Selain itu, juga dapat menangani semua usaha dengan sangat terencana. Serta dapat bekerjasama denan segala pihak yang bida menguntungkan perusahaannya.

Hal-hal yang Perlu Dilakukan Seorang Wirausahawan

100+ Businessman Pictures | Download Free Images & Stock Photos on Unsplash

Kamu sudah tahu karakteristik dan ciri yang dimiliki oleh seorang entrepreneur. Jika kamu ingin menjadi seorang wirausahawan, kamu tidak boleh melupakan hal-hal berikut ini ya!

Menggali Potensi

Setiap individu memiliki karakter, potensi, bakat yang berbeda. Dalam memulai wirausaha, sesorang perlu menggali potensi yang ada pada diri masing-masing. Jangan hanya berorientasi dengan usaha apa yang sedang naik daun namun melupakan bisa tidaknya kita dalam mengelolanya.

Potensi diri menjadi faktor pengembangan usaha yang akan dilakukan, karena ketika seseorang sudah mengetahui apa bakatnya, dimana potensinya, maka dalam menjalankan usaha akan lebih mudah dan cepat berkembang. Wirausahawan perlu memiliki enam karakter utama yaitu:

Focus

Berfokus pada satu usaha yang memiliki dampak positif paling besar.

Advantage

Keuntungan yang menjadi target wirausaha.

Creativity

Memiliki pemikiran yang kreatif dalam pengenalan produk serta persaingan pasar.

Ego

Pandai mengatur ego sendiri, bagaimana mensikapi masalah dan sebagainya.

Team

Dalam berwirausaha tetap diperlukannya kerjasama tim yang struktural untuk menunjang pengelolaan usaha.

Social

Diperlukannya jiwa sosial agar produk yang dibuat dapat dengan mudah diterima masyarakat luas.

Memulai Usaha

Setelah berhasil menggali potensi diri, kamu bisa memulai untuk merintis usahamu sendiri. Untuk membuka usaha, kamu bisa memulainya dengan menjadi salah satu diantara 4 (empat) kategori berikut ini:

Penemu

Menjadi otak pemikir dalam berwirausaha, meliputi konsep, dan metodologi.

Inovator

Memecahkan masalah baru, pengembangan teknologi baru.

Marketer

Menganalisis serta mengidentifikasi kebutuhan pasar serta mengelola agar produk baru memenuhi pasar atau produk substitusi lebih efisien.

Oportunis

Menyesuaikan antara kebutuhan serta jasa yang akan diperoleh.

Kemampuan yang Diperlukan

Terakhir, kamu harus memiliki kemampuan ini untuk menjadi seorang wirausahawan yang sukses. Adapun keterampilan yang dibutuhkan entrepreneur biasanya dikelompokkan menjadi tiga, yaitu:

Teknis

Kegiatan yang termasuk di dalamnya seperti menulis, mendengar, presentasi, pembinaan pengorganisasian, bekerjasama.

Management

Selanjutnya ada management yaitu memulai, pengembangan, serta pengelolaan perusahaan seperti, membuat keputusan, memasarkan, pengelolaan keuangan, produksi dan sebagainya

Kewirausahaan

Terakhir ada kewirausahaan, di mana keterampilan ini termasuk kedisiplinan, pengambilan risiko, pemikiran inovatif, jiwa kepemimpinan dan orientasi perubahan.

Wirausahawan mungkin sering pula disebut dengan istilah enterpreneur. Mungkin menjadi seorang enterpreneur ini tidaklah begitu mudah. Namun sebenarnya pula menjadi enterpreneur juga tidaklah terlalu sulit asalkan Anda mengetahui berbagai trik yang tepat. Dengan menjalankan beberapa trik dan tips yang tepat maka tentunya menjadi enterpreneur bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Seorang enterpreneur yang mengerti bagaimana menjadi wirausahawan yang baik tentu akan berhasil dalam menjalankan bisnisnya. Bisnis atau usaha yang dijalankannya akan suksesdan tentunya bsia mencapai tujuan seperti yang telah ditetapkan atau direncanakan sejak awal. Target bisa tercapai sehingga eksistensi usaha juga bisa terus berlangsung. Oleh karena itu kenali berbagi hal yang bisa membantu menjadikan Anda sebagai wirausahawan sukses.

Tips Wirausahawan Startup

Startups Pictures | Download Free Images on Unsplash

Penuh kreasi

Seorang wirausahawan atau enterpreneur sudah seharusnya memiliki banyak kreasi. Polapikirnya cenderung kreatif sehingga bisa mengembangkan bisnis atau usahanya dengan baik. Bahkan mengembangkan usaha bisa dilakukan dengan mengacu pada ice yang cemerlang. Pemikiran yang penuh kreasi bisa saja bersifat out of teh box sehingga nantinya usaha bisa berjalan dengan lebih baik lagi.

Inovatif

Selain penuh kreasi rupanya seorang enterpreneur juga seharusnya selalu inovatif. Dalam hal ini Anda bisa mencipatakan sesuatu yang baru. Apa yang diciptakan ini juga sebaiknya bisa diterima pasar sehingga nantinya produk yang dijual bisa laku keras di pasaran. Dengan kreasi dan inovasi maka usaha yang dirintis atau dimulai nantinya akan terus berjalan.

Berani mengambil resiko

Setiap usaha yang baru dimulai pastilah menemukan kendala atau hambatan. Berjalannya sebuah usaha terlebih lagi jika usaha baru dirintis tentu saja tidak bisa mulus. Berbagai kesulitan pastilah dijumpai dan kesulitan tersebut tidak dapat dihindari. Namun bagaimanapun juga wirausahawan haruslah berani  mengambil keputusan dan menjalankan keputusannya tersebut. bahkan setiapresikoyang mungkin terjadi juga harus tetap dihadapi dan diselesaikan.

Berpikir jangka panjang

Saat ini tampaknya semakin banyak bermunculan pengusaha muda. Ada usaha yang terus bertahandan berjalan namun adapula usaha yang berakhir misalnya karena bangkrut dan lain sebagainya. Namun sebenarnya wirausahawan selalu memikirkan kelangsungan usahanya untuk jangka panjang. Jangan hanya memikirkan usaha yang berlagsung dalam waktu singkat saja. tetapi sebaiknya setiap usaha yang dijalani bisa berumur panjang.

Jiwa kepemimpinan tinggi

Menjadi seorang wirausahawan juga harus disertai dengan adanya jiwa kepemimpnan yang cukup tinggi. Dengan demikian maka usaha yang dijalankan bisa terus eksis sekalipun di dalamnya sempat ditemui berbagai kendala. Oleh karena itu untuk wirausahawan yang baru saja merintis usaha perlu mengembangkan sikap leadership.

Selalu bersemangat

Dalam menjalankan bisnis atau usaha tentunya juga perlu dilakukan dengan penuh semangat. Jiwa yang penuh semangat perlu menjadi ciri dari seorang enterpreneur. Karena denagna danya semangat inilah maka enterpreneur bisa membangun usaha atau bisnisnya. tidak hanya itu saja tetapi bisnis juga bisa dikembangkan sehingga bisa semakin sukses.

Analisis tepat

Tips lainnya yang sangat berguna bagi Anda jika ingin menjadi enterpreneur pemula adalah memiliki analisis yang selalu tepat. Analisis ini meliputi berbagai hal yang berkaitan dengan usaha atau bisnnis. Mulai dari analisis pasar hingga analisis produk dan lainnya. Berbagai analisis yang dilakukan nantinya bisa membantu perkembangan bisnis agar hasil bisnis bisa diterima oleh pasar.

Perilaku hemat

Tips terakhir yang juga perlu dimiliki oleh seorang enterpreneur adalah sikap  hidup hemat. Perilaku hemat bisa mendatangkan banyak keuntungan. Terutama bagi setiap orang yang ingin membangun dan menjalankan usaha. Perilaku hidup hemat akan semakin mengirit pengeluaran sehingga pengeluaran bisnis bisa semakin ditekan atau diminimalkan.

Menjadi Wirausahawan Sukses

three people sitting in front of table laughing together photo – Free  People Image on Unsplash

Mengembangkan skill wirausaha

Salah satu hal yang dapat dikembangkan oleh Anda sekalian untuk menjadi wirausahawan sukses adalah selalu mengembangkan skill. Tentunya skill ini meliputi segala keahlian dan kemampuan yang dapat mendukung jalannya usaha atau bisnis. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan skill wirausaha. Diantaranya melatih kemampuan manajemen dan kemampuan berkomunikasi ataupun yang lainnya.

Wirausahawan mengumpulkan modal

Sebuah usaha tidak mungkin langsung besar tetapi usaha pasti dimulai dari kecil. Untuk membangun usaha diperlukan adanya modal yang cukup. Demikian pula diperlukan modal yang lebih besar untuk dapat mengembangkan bisnis yang telah dirintis. Untuk itu diperlukan modal yang cukup besar agar bisnis bisa dikembangkan. Pengumpulan modalbisa dilakukan dengan berbagai cara. Bahkan bisa saja modal didapatkan dengan menggunakan sistemkerja sama atau 

Wirausahawan memiliki banyak akses

Menjalankan sebuah usaha tentu memerlukan banyak akses. Yang dimaksud dengan akses disini adalah jaringan yang bisa menghantarkan Anda untuk mendapatkan berbagai kemudahan dalam menjalankan bisnis. Semakin banyak akses yang dimiliki maka akan semakin besar peluang bagi bisnis untuk bisa berkembang dan mencapai kesuksesan.

Wirausahawan menawarkan solusi

Berbagai hal termasuk pulakendala dan rintangan pasti pernah terjadi dan harus dihadapi. Untukmenghadapi berbagai hal yang bisa menghambat jalannya bisnis diperlukan suatu solusi terbaik. Solusi harus bisa menjadi jalan keluar yang terbaik bagi bisnis dan dapat mempertahankan eksistensi bisnis di tengah pasar yang tak menentu.

Wirausahawan memanfaatkan kesempatan

Pepatah yang mengatakan kesempatan tidak datang dua kali mungkin akan menjadi hal yang sangat efektif bagi Anda. Maka setiap kesempatan baik yang datang bisa diambil demi keberhasilan bisnis. Gunakan dan manfaatkan kesempatan yang ada denganbaik maka usaha yang Anda jalankan akan mencapai target atau tujuan dengan lebih mudah.

Wirausahawan mengelola usaha

Untuk menjadi seorang wirausahawan yang sukses maka diperlukan pula keahlian dalam mengelola usaha. Kemampuan mengelola usaha bisa menjadi salah satuupaya terbaik dalam menjalankan bisnis. Jika bisnis dikelola dengan tepat maka nantinya bisnisbisa mendatangkan keuntungan. Tidak hanya iu saja tetapi melalui pengelolaan usaha yang baik maka nantinya akan didapatkan hasil yang maksimal.

Wirausahawan mengatur keuangan

Upaya terakhir yang tak boleh dilewatkan adalah melakukan pengelolaan keuangan dengan baik. Pisahkan keuangan bisnis dan keuangan pribadi. Selain itu gunakan uang untuk keperluan mendesak saja demi menekan pengeluaran. Jika memang mengatur keuangan masih belum bisa dilakukan secara sepenuhnya maka gunakan jasa ahli keuangan dan Anda bisa belajar dari ahli tersebut.

Wirausahawan Inspiratif

Wirausahawan yang sukses ke depannya tentu akan menjadi salah satu tokoh yang menginspirasi banyak orang. Bahkan segala hal termasuk tips ataupun berbagai macam strategi dan kiat menjadi pengusaha yang diberikan akan menjadi suatu masukan tersendiri bagi banyak orang. Maka banyak orang yang akan semakin termotivasi sehingga bisa menjalankan bisnis atau usahanya dengan lebih baik lagi.

Maka dari itu menjadi seorang enterpreneur perlu dilakukan dengan sungguh-sungguh sehingga Anda dapat membuahkan hasil. Bahkan hasilnya tidak hanya berguna bagi diri sendiri tetpai juga bisa menjadi motivasi tersendiri bagi wirausahawan lainnya.

jojonomic

Bagaimana? Apakah dengan artikel ini kamu menjadi tertantang untuk mencoba peruntungan menjadi seorang entrepreneur? Nah, untuk membantumu dalam menjalankan bisnis, kamu bisa menggunakan aplikasi JojoExpense! Aplikasi ini akan membantumu untuk mengelola keuangan perusahaan.

Kamu juga bisa meningkatkan efisiensi manajemen pengeluaran perusahaan hingga 76%! Sangat cocok bagi kamu yang berkeinginan merintis usaha. Ayo coba demonya, dan rasakan sendiri manfaat yang akan didapat. Selamat mencoba!