Word of Mouth Sebagai Strategi Pemasaran Terbaik

Word of mouth menjadi bagian dari proses pemasaran akan sebuah produk. Proses ini terjadi saat seseorang membicarakan sebuah produk yang digunakannya atau mungkin diketahuinya dengan orang lain. Mungkin saja dalam hal ini seseorang memberikan rekomendasi mengenai produk tertentu sehingga orang lain mulai tertarik dengan produk yang dibicarakan. Membicarakan suatu produk kepada orang lain memang bisa memberikan pengaruh tersendiri bagi orang yang mendengarnya. terlebih lagi bila rekomendasi produk ini dilakukan oleh orang yang mudah dipercaya oleh orang lain.

Cara penyampaian juga bisa saja menjadi suatu hal yang menarik bagi orang lain sehingga orang menjadi berminat akan produk yang sedang dijadikan sebagai topik pembiacaran. Word of mouth di zaman yang lebih modern ini tetaplah dapat dilakukan misalnya melalui penggunaan telepon dan bahkan internet. Saat terjadi komunikasi di antara dua orang atau lebih maka peluang terjadinya pemasaran produk sangatlah besar. Sebab pada dasarnya komunikasi merupakan cara dan media bagi terjadinya proses penyampaian suatu produk barang atau jasa.

Kelebihan Word of Mouth

Menggunakan metode word of mouth ini sebenarnya dapat memberikan berbagai macam kelebihan, misalnya yaitu sebagai berikut:

1. Sebagai sumber informasi

Word of mouth pada dasarnya dapat bermanfaat sebagai sebuah sumber informasi mengenai suatu produk barang atau jasa yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan. Mungkin informasi ini bisa datang dari sekumpulan orang terdekat Anda atau orang yang Anda jumpai setiap hari. Tentu informasi mengenai suatu produk yang dilontarkannya lebih bersifat obyektif sehingga bisa lebih dipercaya. Sebab orang dekat Anda tentunya tidak ada asosiasi dari perusahaan yang menciptakan atau membuat produk. Tentu saja informasi yang dilontarkan lebih bersifat obyektif. Oleh karena itu tingkatkan kualitas dari sebuah produk agar produk Anda bisa menjadi rekomendari dari konsumen pada orang lain.

2. Bisa disesuaikan dengan topik pembicaraan

Kelebihan lainnya yang bisa diperoleh dai adanya word of mouth adalah kemudahannya untuk bisa dibicarakan di setiap situasi dan kondisi. Dalam proses pembicaraan antara orang yang satu dengan yang lain memang selalu ada sebuah topik di dalamnya. Sedangkan merekomendasikan produk tertentu bisa dilakukan pada topik apapun. Umumnya orang yang membicarakan suatu produk barang atau jasa biasanya pernah menggunakannya. Jadi ia bisa membicarakan produk yang telah digunakannya tersebut pada orang lain. Hal mengenai rekomendasi produk ini bahkan bisa saja menjadi topik utama. Namun bukan tidak mungkin bahwa orang membicarakannya di tengah topik lainnya. Bagaimanapun juga pembicaraan mengenai rekomendasi suatu produk sangat efektif bila dilakukan untuk memasarkan produk.

3. Iklan informal

Saat seseorang berbicara mengenai suatu produk maka sebenarnya hal ini merupakan bagian dari sebuah promosi. Maka bisa juga pembicaraan yang menyangkut topik pemasaran produk menjadi hal yang menguntungkan terutama bagi perusahaan yang menghasilkan produk yang direkomedasikan. Hal ini juga bisa disebuat sebagai sebuah strategi promosi yaitu saat produk dijadikan sebagai bahan rekomendasi oleh seseorang pada orang lain. Tindakan ini sebenarnya cukup menunjukkan adanya iklan mengenai produk yang dibicarakan. Namun dalam hal ini iklan bersifat informal. Artinya iklan mengenai produk tersebut dilakukan tanpa adanya batasan ruang dan waktu. Selain itu iklan ini bisa dilakukan kapan saja selagi ada kesempatan. Pembicaraan bisa dilakukan baik saat berbicara dengan keluarga atau teman dan lainnya.

4. Menyebar secara cepat

Proses pembicaraan sebuah iklan dari suatu produk yang dilakukan dari satu orang ke orang lain sangatlah mudah untuk dilakukan. Jadi rekomendasi mengenai sebuah produk bisa saja menyebar dari satu orang ke orang yang lainnya dalam waktu yang sangat cepat. Proses penyebaran informasi dari suatu produk bisa dilakukan dengan sangat cepat terutama pada proses percakapan atau pembicaraan. Proses pembicaraan hingga saat ini masih menjadi cara yang paling sering terjadi dalam sistem pemasaran produk. Proses ini bahkan sangat efisien karena tidak membutuhkan biaya yang relatif mahal. Namun perusahaan perlu mnejaga kualitas produk agar selalu bisa menjadi bahan rekomendasi bagi orang lain di sekitar pembicara.

Unsur Word of Mouth

Adapun perlu diketahui bahwa dalam penyampaian word of mouth ini ada beberapa unsur penting untuk dipahami, beberapa di antaranya yaitu sebagai berikut:

1. Pembicara

Pembicara yang membicarakan tentang suatu produk barang atau jasa bisa siapa saja. Misalnya seperti teman atau kerabat dan tetangga serta lainnya. Umumnya seorang pembicara sangat antusias dalam berbicara. Ia bahkan dapat menceritakan setiap pengalamannya dengan sangat bersemangat sehingga pembicaraannya ini selalu menjadi fokus perhatian.

2. Topik

Topik adalah sesuatu yang selalu dibicarakan oleh pembicara. Dalam hal ini tentunya topik yang dibicarakan oleh seseorang selalu berkaitan dengan barang atau jasa yang ditawarkan dan dijual oleh sebuah perusahaan. Topik ini umumnya sangat menarik sehingga sangat memikat orang. Tentunya orang jadi suka membicarakan topik yang tampak menyenangkan ini.

3. Alat

Alat yang dimaksud disini adalah alat yang digunakan untuk menyebarkan sebuah topik. Alat ini akan digunakan oleh pembicara sehingga topik dapat dibicarakan dan pesan dari topik itu bisa tersampaikan. Alat yang digunakan biasanya cukup mudah untuk digunakan dan bisa menyalurkan topik dengan cepat dari satu orang ke orang yang lain. Alat mungkin bisa berupa telepon atau gadget dan lainnya.

4. Partisipasi

Suatu topik tentu saja hanya akan dibicarakan jika terdapat pembicara dan topik. Selain itu dibutuhkan pula kehadiran orang lain yang bersedia untuk turut berpartisipasi ke dalam proses pembicaraan tersebut. Suatu hal memang bisa disampaikan oleh seseorang jika memang ada orang yang menjadi lawan bicaranya. Oleh karena itu kehadiran partisipan sangat penting dalam word of mouth.

5. Pengawasan

Pengawasan merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk melihat dan memantau respon atau perilaku konsumen. Dengan adanya tindakan pengawasan ini maka perusahaan dapat mempelajari segala hal yang berkaitan dengan perilaku konsumen. Jadi perusahaan dapat meningkatkan produknya supaya dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

Memakai word of mouth dalam pemasaran tentu membantu meningkatkan pemasaran secara efektif. Sama halnya menggunakan sistem payroll yang tepat untuk perusahaan. Misalnya melalui penggunaan JojoPayroll, dimana produk ini bisa memberikan manfaat seperti misalnya:

  • Pembayaran payroll yang lebih efektif dan efisien serta bisa dilakukan otomatis setiap bulannya.
  • Membantu pemotongan pajak dan BPJS secara otomatis.

Tentunya semua manfaat yang menarik ini bisa didapat berkat dari adanya fitur-fitur andalan di JojoPayroll. Beberapa fitur itu meliputi sebagai berikut:

  • Multiple Deduction Type
  • Government Standard BPJS Calculation
  • Customized BPJS Calculation
  • BPJS Ketenagakerjaan with 5-tier Risk Level Calculation
  • Auto Calculation for Bonuses & THR

Nah, jadi tidak perlu ragu lagi jika ingin menggunakan JojoPayroll. Segera dapatkan coba gratis di perusahaan Anda sekarang juga. Dapatkan manfaatnya bagi sistem payroll yang lebih efektif dan efisien di perusahaan Anda.