Work From Home (WFH) Konsep Melakukan Pekerjaan di Rumah

analisis pekerjaan

Work From Home (WFH) merupakan konsep dimana karyawan dapat melakukan pekerjaannya dari rumah. Bekerja dari rumah memberikan jam kerja yang fleksibel kepada karyawan serta pekerjaan bagi pemberi kerja dilakukan dengan mudah. Bekerja dari rumah sangat membantu untuk memberikan keseimbangan kehidupan kerja kepada karyawan, dan juga membantu perusahaan dalam menyelesaikan pekerjaan. Saat ini, sebagian besar pengusaha menawarkan opsi ini kepada karyawan mereka.

Bekerja dari rumah (Work From Home) adalah pendekatan kerja modern yang dimungkinkan melalui internet dan mobilitas di mana terlepas dari lokasi fisik dari pekerjaan individu dapat dilakukan. Bekerja dari Rumah juga dikenal sebagai Bekerja Jarak Jauh atau telecommuting yang menyiratkan bahwa karyawan tersebut bekerja dari lokasi terpencil biasanya di rumah.

Pentingnya Konsep Work From Home

Bekerja dari rumah sebagai konsep sangat penting di masa sekarang. Ini membantu menjaga produktivitas karyawan tetap sama atau bahkan lebih baik dan pada saat yang sama mendukung karyawan untuk berada bersama keluarga atau menangani beberapa pekerjaan pribadi. Juga dalam kasus karyawan menghadapi beberapa masalah kesehatan diri atau keluarga,

Bekerja dari Rumah (WFH) dapat menjadi alat yang hebat untuk membantu karyawan tetap di rumah dan bekerja pada saat yang sama. pada tahun 2020, selama Pandemi Coronavirus (COVID-19), Bekerja dari Rumah memungkinkan banyak perusahaan untuk tetap produktif dan tetap relevan. Peran seperti TI, Manajemen, Desain, Media, dll. Terus bekerja dengan opsi WFH

Keuntungan Work From Home

Ada banyak keuntungan saat bekerja dari rumah.

  1. Ada lebih banyak pelamar pekerjaan untuk pekerjaan tertentu dengan orang-orang tertentu dengan kendala lokasi atau penyandang cacat dapat melamar pekerjaan tersebut. Bahkan orang tua dengan anak yang cenderung meninggalkan pekerjaan dapat dipertahankan untuk pekerjaan itu.
  2. Ada lebih banyak keseimbangan kehidupan kerja. Banyak orang mengklaim bahwa ada suasana yang lebih tenang atau bersahabat di rumah yang membantu untuk berkonsentrasi pada pekerjaan serta dapat menyelesaikan pekerjaan yang ditugaskan dengan cepat.
  3. Ada banyak penghematan sehubungan dengan biaya infrastruktur kantor seperti ruangan, tagihan listrik, dll.
  4. Karyawan merasa termotivasi karena mendapatkan keseimbangan kehidupan kerja yang baik, dan meningkatkan produktivitas mereka

Kekurangan Work From Home

Ada banyak kekurangannya juga

  1. Selalu ada masalah besar dalam memantau pekerjaan.
  2. Biaya infrastruktur teknologi yang diperlukan untuk menerapkan konsep tersebut.
  3. Selalu ada masalah keamanan dengan data yang ditransfer dan tidak dapat dimonitor dengan mudah.
  4. Tidak semua pekerjaan tidak cocok untuk konsep bekerja dari rumah. Terkadang masalah komunikasi antar karyawan membuat pekerjaan menjadi bermasalah.

Tips Work From Home

Perusahaan harus mendorong karyawan untuk WFH tetapi harus memberikan tip tertentu untuk memungkinkan Bekerja dari Rumah yang efektif seperti

  1. Meminta karyawan untuk bekerja pada jam-jam yang akan dia lakukan jika tidak di kantor
  2. Pertahankan jadwal kerja yang tepat
  3. Jika istirahat pribadi diambil untuk pekerjaan pribadi, status yang tepat harus dikirim ke manajer
  4. Tentukan tempat di rumah di mana pekerjaan dapat dilakukan dalam lingkungan profesional
  5. Pastikan kamu memiliki koneksi internet dan seluler yang tepat (banyak perusahaan juga memberikan kebijakan penggantian)
  6. Miliki rutinitas yang baik dengan istirahat

Perusahaan yang Melakukan Work From Home

Perusahaan sebelum mengizinkan bekerja dari opsi harus diaktifkan sebagai organisasi seluler

  1. Pastikan bahwa karyawan dapat bekerja dari rumah dengan aman
  2. Sediakan laptop dan perangkat keras kantor jika pekerjaan harus dipastikan dengan keamanan yang tepat
  3. Memiliki mitra profesional untuk konferensi video dan audio
  4. Menerapkan kebijakan WFH yang tepat untuk dipatuhi oleh karyawan
  5. Pastikan kamu memiliki kebijakan penggantian untuk internet, tagihan seluler, dll.

Ada keuntungan dan kerugian dengan konsep bekerja dari rumah ini. Tetapi sebagian besar perusahaan masih menawarkan ini kepada karyawannya dan ini telah menjadi tren baru akhir-akhir ini. Namun beberapa orang berpikir bahwa cara yang ideal adalah membagi minggu dengan beberapa hari bekerja dari rumah dan hari lain mengunjungi kantor, dengan melakukan itu banyak jebakan dapat diatasi. Jadi ini tergantung pada majikan prosedur mana yang harus diikuti.

Bagaimana Bekerja Work From Home Secara efektif

Baik kamu bekerja jarak jauh satu hari per minggu (atau lebih) atau penuh waktu karena pilihan atau karena situasi kesehatan atau cuaca buruk penting untuk memastikan bahwa kamu siap untuk menjadi produktif. Ini termasuk memiliki ruang kerja yang ditentukan dengan teknologi yang tepat; cara menangani anak-anak, hewan peliharaan, dan gangguan potensial lainnya; dan jadwal yang memungkinkan terjadinya kontak sosial dan stimulasi yang biasanya berasal dari berada di tempat kerja dengan orang lain. Berikut adalah strategi dan tip untuk sukses sebagai pekerja jarak jauh.

Ketahui aturan dasarnya

Apakah majikan kamu memerlukan jadwal pukul sembilan sampai lima, atau apakah ada fleksibilitas? Apakah kamu diizinkan bekerja di Wi-Fi publik? Alat teknologi apa yang mungkin kamu perlukan, seperti Zoom untuk konferensi video, Slack atau Microsoft Teams untuk obrolan grup, atau Trello untuk manajemen proyek? Jika kamu bekerja untuk orang lain, penting bagi atasan kamu untuk menjelaskan aturan dasar dan memastikan kamu memiliki peralatan yang sesuai, seperti laptop, serta akses jaringan, kode sandi, dan instruksi untuk login jarak jauh, termasuk otentikasi dua faktor. Pastikan untuk melakukan uji coba dan selesaikan masalah yang mungkin menghambat pekerjaanmu. Jika kamu bekerja untuk diri sendiri, kamu mungkin membutuhkan banyak alat yang sama.

Siapkan ruang kerja fungsional

Tidak semua orang memiliki kantor pusat yang ditunjuk, tetapi penting untuk memiliki ruang pribadi yang tenang untuk pekerjaanmu. Jika bisa, pisahkan area kerja kamu dari ruang pribadi dan gunakan hanya untuk bekerja, bukan untuk aktivitas lain.

Dapatkan kecepatan internet yang kamu butuhkan

Jika kamu memiliki anak, kebiasaan FaceTiming dan Xbox mereka dapat memperlambat koneksi dan kecepatan unduhmu. Bergerak sedekat mungkin ke router Wi-Fi dapat membantu (perangkat yang jauh cenderung menggunakan bandwidth), atau kamu dapat mempertimbangkan untuk beralih ke Ethernet. kamu mungkin membutuhkan dongle karena laptop tidak memiliki port Ethernet akhir-akhir ini, ditambah kabel Ethernet untuk menghubungkan komputer kamu ke router. Ingin tahu apakah situs web kamu yang paling sering digunakan sedang tidak aktif?

Gunakan aplikasi telepon

Jika pekerjaan kamu melibatkan melakukan panggilan jarak jauh dan / atau internasional, Google Hangouts, WhatsApp, dan Skype memungkinkan kamu menelepon melalui Internet di seluruh dunia dengan harga murah. Dan jika kamu dan orang yang kamu panggil menggunakan layanan yang sama, panggilan tersebut akan gratis.

Minimalkan gangguan

Jika kamu memiliki anjing yang menggonggong atau pekerja jack-hammering di luar jendelamu, pertimbangkan untuk membeli headphone peredam bising, seperti Apple’s AirPod Pro. Dan jika anak-anak ada di rumah dan kamu tidak memiliki pengasuhan anak (misalnya, selama musim panas atau keadaan darurat alami), lihat apakah kamu dan pasangan kamu (atau tetangga dalam situasi serupa) dapat bergiliran dengan hati-hati — yang mungkin berarti kamu harus untuk berbicara dengan manajer kamu tentang jam kerja malam.

Rencanakan interaksi sosial ekstra

Beberapa orang menyukai pemikiran untuk bekerja dalam kesendirian, tetapi bahkan yang paling tertutup di antara kita dapat mulai merasa sedikit sesak setelah beberapa minggu di rumah, sendirian, menatap proyek yang sama selama berjam-jam. Itu bisa sepi. Bersiaplah untuk itu, dan cobalah untuk menjadwalkan waktu untuk berhubungan dengan dunia luar, seperti kencan makan siang (bahkan jika kamu melakukannya pada pukul 3 sore), obrolan video dengan teman, atau kelas olahraga.

  • Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  • Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  • Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Jadi, jangan ragu untuk beralih pada JojoExpense. Daftarkan perusahaan Anda sekarang juga serta dapatkan coba gratis selama 14 hari untuk membuktikannya.