Yuk Kenali Bagaimana Contoh Invoice Perusahaan Jasa

Join Invoice

Untuk menulis Invoice untuk layanan yang diberikan, usaha kecil harus mengembangkan dan mengikuti templat Invoice layanan Kenali Bagaimana Contoh Invoice Perusahaan Jasa.

Bisnis berbasis layanan mengandalkan pembayaran reguler dari klien untuk layanan mereka. Bisnis harus memastikan bahwa Invoice layanan mereka mencakup daftar terperinci lengkap dari layanan yang mereka berikan, perincian kontak bisnis mereka, tanggal jatuh tempo Invoice tertentu, dan jumlah total terutang pada Invoice.

Template Invoice layanan gratis dirancang khusus untuk konsultan, penyedia layanan , dan usaha kecil lainnya. Koleksi sekarang berisi banyak desain yang berbeda.

Invoice dasar berguna untuk mencantumkan deskripsi dan jumlah, dan kami memiliki desain lain untuk penyedia layanan yang mengenakan biaya berdasarkan tarif per jam.

Jika bisnis Kamu menjual dan mengirimkan produk, Kamu mungkin lebih tertarik dengan template Invoice penjualan. Jika Kamu menjalankan bisnis TI, lihat Template Invoice Konsultan TI baru.

Cara Invoice untuk Layanan

Untuk menulis Invoice untuk layanan yang diberikan, usaha kecil harus mengikuti langkah-langkah pembuatan Invoice berbasis layanan ini:

1. Kembangkan Template Invoice Berbasis Layanan

Semua bisnis berbasis layanan harus mengembangkan dan mengikuti templat Invoice yang sesuai untuk mereka. Template harus menampilkan branding bisnis termasuk logo, font umum, dan palet warna.

Templat Invoice layanan harus sederhana, profesional, dan harus menampilkan informasi terpenting pada Invoice: informasi bisnis Kamu, jumlah terutang, dan tanggal jatuh tempo Invoice.

Kamu dapat membuat desain template Invoice Kamu sendiri, atau Kamu dapat mengunduh template Invoice layanan gratis untuk digunakan.

2. Cantumkan Nama Bisnis dan Informasi Kontak Kamu

Di tajuk Invoice layanan Kamu, sertakan logo bisnis Kamu dan cantumkan dengan jelas nama bisnis Kamu, alamat bisnis Kamu, alamat email Kamu, dan nomor telepon Kamu, sehingga klien Kamu dapat dengan mudah menghubungi Kamu dengan pertanyaan apa pun tentang Invoice layanan Kamu.

contoh invoice perusahaan jasa

3. Sertakan Nama Klien Kamu dan Detail Kontak

Selanjutnya pada Invoice layanan Kamu, Kamu akan ingin mencantumkan nama klien dan detail kontak Kamu, termasuk nama kontak, alamat bisnis, nomor telepon, dan alamat email.

Saat menagih klien baru untuk pertama kalinya, merupakan praktik yang baik untuk memeriksa dengan kontak utama Kamu siapa penghubung terbaik untuk Invoice layanan Kamu.

Terutama dengan perusahaan yang lebih besar, kontak penagihan sering kali merupakan orang yang berbeda dari kontak Kamu sehari-hari untuk masalah pekerjaan.

4. Tetapkan Nomor Invoice Layanan

Setiap Invoice layanan yang Kamu buat harus menyertakan nomor Invoice unik yang tercantum dengan jelas pada tagihan.

Nomor Invoice berfungsi sebagai referensi penting ketika Kamu perlu mendiskusikan Invoice tertentu dengan klien dan juga membantu merampingkan proses pembukuan Kamu. Nomor Invoice dapat mencakup angka, huruf, atau campuran keduanya.

contoh invoice perusahaan jasa

5. Tulis Tanggal Penerbitan untuk Invoice Layanan Kamu

Sertakan tanggal Invoice pada Invoice layanan Kamu. Kamu dapat mencantumkan tanggal tertentu saat Kamu mengeluarkan Invoice, atau sebagai gantinya, Kamu dapat menyertakan periode penagihan.

Periode penagihan akan bergantung pada siklus Invoice yang diikuti bisnis Kamu. Jika Kamu menagih klien setiap bulan, periode penagihan Kamu bisa dari 1 Desember hingga 31 Desember, misalnya, dan Invoice layanan Kamu akan mencakup semua pekerjaan yang Kamu berikan untuk klien Kamu dalam periode tersebut.

6. Daftar Semua Layanan yang Diberikan

Invoice layanan harus menyertakan daftar terperinci yang menjelaskan semua layanan yang Kamu berikan untuk klien selama siklus penagihan. Untuk mencantumkan layanan Kamu pada Invoice, Kamu harus:

  • Buat daftar layanan dengan deskripsi singkat tentang pekerjaan yang diselesaikan
  • Cantumkan jam kerja atau jumlah yang disediakan di samping setiap layanan
  • Buat daftar tarif pembayaran untuk setiap layanan yang diberikan
  • Terakhir, buat daftar subtotal untuk setiap layanan yang terdaftar

7. Sertakan Pajak yang Berlaku untuk Layanan Kamu

Pajak yang Kamu kenakan kepada klien untuk layanan Kamu akan sangat bergantung pada lokasi bisnis Kamu dan cara bisnis Kamu disiapkan.

Negara bagian yang berbeda mengharuskan usaha kecil untuk membebankan jumlah pajak penjualan yang berbeda. Tax Foundation menawarkan panduan bermanfaat untuk tarif pajak penjualan negara bagian dan lokal.

contoh invoice perusahaan jasa

8. Uraikan Metode Pembayaran yang Kamu Terima

Tentukan metode pembayaran yang akan Kamu terima dari klien untuk layanan Kamu. Ini dapat mencakup cek, kartu kredit, uang tunai, pembayaran online, dan setoran bank langsung.

Merupakan ide bagus untuk menawarkan sebanyak mungkin opsi yang masuk akal untuk bisnis Kamu, untuk memberikan fleksibilitas kepada klien Kamu. Pastikan untuk memberikan detail pada Invoice layanan Kamu tentang semua metode pembayaran yang Kamu tawarkan.

9. Tunjukkan Tanggal Jatuh Tempo Invoice Layanan

Sertakan tanggal jatuh tempo pembayaran tertentu pada Invoice layanan Kamu. Gunakan bahasa langsung daripada instruksi yang tidak jelas.

Cantumkan tanggal jatuh tempo yang tepat, yaitu “Pembayaran jatuh tempo 31 Desember 2018” sehingga klien Kamu tidak bingung. Pastikan informasi ini ditampilkan dengan jelas pada Invoice layanan Kamu sehingga menarik perhatian klien.

10. Sertakan Jumlah Total yang Harus Dibayar

Terakhir, Invoice layanan Kamu harus mencakup jumlah total terutang untuk layanan yang Kamu berikan. Seperti tanggal jatuh tempo Invoice, informasi ini harus menonjol, dengan font besar dan tebal yang muncul dari warna latar belakang Invoice Kamu.

Apa itu Invoice Layanan pada Contoh Invoice Perusahaan Jasa

Invoice layanan adalah dokumen akuntansi yang dikirim oleh bisnis berbasis layanan kepada kliennya untuk meminta pembayaran atas layanannya.

Adanya invoice layanan memberi klien jumlah terutang pada Invoice, tenggat waktu pembayaran, dan daftar terperinci layanan yang diberikan. Invoice layanan bertindak sebagai tagihan untuk layanan yang diberikan oleh bisnis kepada klien.

Apa itu Bisnis Berbasis Layanan pada Contoh Invoice Perusahaan Jasa

Bisnis berbasis layanan adalah perusahaan yang menyediakan layanan profesional kepada klien untuk pembayaran, bukan menyediakan produk. Pekerjaan bisnis berbasis layanan cenderung berbasis proyek. Contoh industri berbasis jasa antara lain:

  • Pengacara
  • Konsultan bisnis
  • profesional TI
  • Penulis
  • Fotografer
  • Penata taman

Template Invoice Berbasis Layanan Gratis

Untuk bantuan lebih lanjut tentang cara menulis Invoice untuk layanan yang diberikan, Kamu dapat mengunduh templat Invoice layanan dari FreshBooks . Ini mencakup desain Invoice profesional yang jelas dan mencantumkan semua informasi yang ingin Kamu sertakan pada Invoice layanan Kamu. Templat Invoice layanan tersedia dalam format Word, Excel, dan PDF.

Penutup

Jojo Times

Onboarding sendiri merupakan hal penting yang harus dilakukan perusahaan terutama untuk para karyawan baru. Karena dengan proses onboarding yang baik kaan menjadikan karyawan yang potensial dan berkualitas kedepannya. Salah satu yang dapat anda lakukan untuk memantau karyawan baru adalah menggunakan sistem absensi dari Jojo Times

Jojo Times merupakan aplikasi absensi online yang berbasis cloud sehingga sangat cocok sekali untuk digunakan pada perusahaan. Perangkat lunak yang satu ini mempermudah Anda dalam memantau absensi karyawan secara realtime kapan dan dimanapun.