Kenali Bunga Deposito Beserta Karakteristiknya

Bila kalian tidak memiliki usaha sampingan atau tambahan apapun, maka deposito bisa menjadi sebuah andalan untuk memperoleh penghasilan tambahan setiap bulannya dari bunga deposito  yang ditawarkan.

Seperti yang telah kita ketahui, jika deposito memiliki beberapa jenis produk yang berbeda baik dari sistem maupun juga cara melakukannya.

Bagi para ibu rumah tangga, produk simpanan berupa deposito ini sering kali menjadi alternatif tabungan yang ideal.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HR Suites hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Karena deposito memiliki jangka waktu. Sama halnya seperti tabungan, hal yang sering menjadi pertimbangan untuk memilih produk deposito adalah bunga yang ditawarkan deposito lebih tinggi dari pada tabungan biasa.

Untuk lebih mengenal apa itu pengertian bunga deposito yuk mari kita baca pada artikel berikut ini!

Pengertian Deposito

Secara pengertian, deposito adalah produk simpanan di bank yang penyetorannya maupun penarikannya hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu saja.

Apabila dana yang disimpan diambil sebelum waktunya, maka siap-siap lah untuk terkena denda penalti. Menariknya lagi, semakin besar dan semakin lama Kamu menyimpan dana dalam bentuk deposito, maka semakin besar pula bunga yang ditawarkan.

Selain berfungsi sebagai tabungan berjangka, manfaat lain dari deposito yaitu sebagai salah satu produk investasi yang paling menguntungkan.

Mengutip pendapat dari PT Bursa Efek Indonesia, Selasa (5/5/2015), bahwa ternyata produk investasi berupa deposito memiliki rerata keuntungan yang relatif stabil dibanding produk lainnya seperti saham, emas dan obligasi pemerintah.

Bahkan, sampai 20 April 2015 ini, produk deposito menduduki rerata keuntungan nomor dua terbesar setelah saham, yaitu dengan persentase 7,21% dengan imbal hasil dari deposito adalah rata-rata bunga deposito 1 bulan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HR Suites hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Artinya, peluang untuk berinvestasi berupa deposito masih memiliki peluang yang bagus dari tahun ke tahun. Selain itu, deposito juga memberikan keamanan yang lebih tinggi dibandingkan, misalnya, investasi saham.

Meskipun memang, dalam hal investasi dikenal prinsip ‘high risk high return’, di mana risiko yang lebih tinggi akan menghasilkan keuntungan yang juga lebih tinggi.

Karakteristik Deposito Sebagai Instrumen yang Memberikan Keuntungan Pada Uang

Ada beberapa karakteristik deposito sebagai instrumen yang memberikan keuntungan tambahan, yaitu :

Nominal Minimal Deposito

Berbeda dengan tabungan biasa, bank biasanya menetapkan nominal minimal yang wajib dimiliki untuk mulai mendapatkan deposito.

Bank tertentu ada yang menetapkan minimal Rp 5.000.000, di sisi lain ada juga yang menetapkan Rp 10.000.000.

Risiko yang Terbilang Rendah

Seperti yang sudah disebutkan, bila kita membandingkannya dengan saham, risiko yang terdapat di deposito bisa dikatakan jauh lebih rendah.

Umumnya karakteristik deposito dari segi keamanan sama seperti menabung di bank dan membiarkan nilainya tumbuh berdasarkan bunga yang ditetapkan, oleh karena itu risikonya bisa dibilang jauh lebih rendah.

Jenis Deposito yang Beragam

Deposito pun memiliki beragam jenis. Jenis-jenis deposito antara lain:

  • Deposito Berjangka: jenis deposito yang paling sering digunakan, dan hanya bisa ditarik setelah tanggal jatuh tempo yang sudah pernah ditetapkan.
  • Sertifikat Deposito: deposito jenis ini juga ditetapkan berdasarkan jangka waktu antara 3, 6, hingga 12 bulan, hanya saja disertai dengan sertifikat. Sertifikat tersebut bisa digunakan untuk dijual/dipindahtangankan kepada piihak lain
  • Deposito On Call: berbeda dengan jenis deposito yang lain, deposito ini umumnya jauh lebih singkat jangka waktunya yakni tujuh hari hingga kurang dan paling lama tidak sampai sebulan.

Pengertian Bunga Deposito

Bunga Deposito adalah nilai yang harus diberikan oleh pihak bank kepada nasabah sebagai imbalan atas simpanan nasabah saat ini yang akan dikembalikan bank pada kemudian hari.

Sama halnya dengan suku bunga simpanan yang lain, tingkat suku bunga ditentukan oleh beberapa faktor yang saling terkait satu sama lain bahkan antara simpanan dan pinjaman yang dikelola oleh bank  ikut  menjadi salah satu faktor penentu suku bunga yang diberlakukan oleh perbankan.

Dengan mendepositkan atau menyimpan uang di bank dalam jangka waktu tertentu, seseorang dapat menerima sejumlah imbalan yang besarnya sesuai dengan tingkat suku bunga yang telah ditetapkan dari jumlah pokok simpanan, yang disebut juga dengan bunga deposito.

Tingkat suku bunga deposito 3% sampai 7% bahkan ada bank yang menawarkan tingkat suku bunga hingga lebih dari 9%. Dengan tingkat suku bunga sebesar ini kita dapat menjaga nilai uang yang dimiliki dari inflasi.

Meskipun deposito tidak bisa dicairkan kapan saja, akan tetapi ada beberapa bank yang memberikan kemudahan bagi nasabahnya untuk mengambil bunga deposito bank.

Pastinya, sesuai dengan interval waktu yang ditentukan sehingga nasabah dapat menjadikannya sebagai pendapatan rutin layaknya gaji.

Jenis deposito yang paling sering diterapkan dalam perbankan di Indonesia adalah time deposit. Dalam bahasa Indonesia, time deposit adalah deposito berjangka yang juga memiliki berbagai macam bentuk.

Bank memiliki kewajiban untuk membayar sejumlah bunga yang ditetapkan kepada nasabah dalam jangka waktu tertentu yang dipilih oleh nasabah dan dana tersebut bisa dicairkan pada jangka waktu tertentu pula.

Jenis Bunga Deposito yang Disebut Time Deposit

Dalam deposito berjangka, disediakan tiga bentuk yang memiliki kebijakan sekaligus sistematis yang berbeda dari deposito berjenis rekening koran, yaitu :

Deposito Tabungan dan Buku Kas atau Pas Book

Jenis deposito ini lebih dikenal diantara jenis lainnya ataupun simpanan rekening yang lebih bervariasi. Untuk jenis tabungan dan buku kas, tidak ada sama sekali jatuh tempo atau waktu khusus yang ditetapkan.

Dalam prakteknya, dana nasabah yang didepositokan ke dalam rekening akan ditambahkan serta ditarik kembali di waktu yang sesuai bagi nasabah yang memiliki depositonya.

Hanya saja, tingkat bunga yang dibayarkan lebih rendah dibandingkan deposito berjangka lainnya.

Sertifikat Deposito Berjangka

Sertifikat ini adalah bukti jika seseorang atau perusahaan yang memiliki landasan hukum sudah mendepositokan dana dengan nilai tertentu paa sebuah bank yang dipilih.

Dana yang telah disetorkan tidak bisa ditarik kembali oleh nasabah pemiliknya dalam jangka waktu minimal 30 hari atau lebih sekaligus sertifikat yang dijual dalam bentuk denominasi bersifat tetap.

Ada pula pihak lain yang menyebutkan jika sertifikat deposito ini merupakan simpanan berjangka.

Hal ini pastinya dengan ijin dari otoritas moneter yang dikeluarkan oleh pihak bank sebagai tanda bukti simpanan yang bisa diperjualbelikan bahkan dipindahtangankan pada pihak ketiga.

Bunga bisa dibayar di muka dan dipotong dari jumlah nominal ketika sertifikat dari deposito telah dibeli.

Deposito Berjangka dan Rekening Terbuka

Terbuka disini maksudnya adalah para pemilik deposito dapat mengembangkan jumlah barang dari deposito sesuai dengan keinginan tanpa ada unsur paksaan apapun dari pihak bank.

Itu artinya bank tidak ikut menentukan jumlahnya. Hanya saja pengembangannya harus disesuaikan dengan prinsip-prinsip deposito dan tidak boleh ditarik seblum tiba waktunya sesuai dengan perjanjian.

Tersedia dua jenis dari deposito terbuka ini yaitu Deposit on Call dan Deposit Automatic Roll Over. Deposit on call artinya adalah simpanan yang terdapat dan disimpan oleh bank selama nasabah membutuhkannya.

Hal ini tentu saja berbeda dengan jensi deposito berjangka lainnya dimana jika seseorang ingin menarik dana simpanannya, maka dirinya harus menghubungi pihak bank terlebih dahulu sesuai dengan jangka waktu yang tertera di dalam perjanjian.

Banyak orang yang tinggal di luar negeriu menyukai jenis ini karena lebih praktis dan mudah. Sementara deposit automatic roll over sedikit berbeda dimana bila deposito yang telah melewati jatuh tempo namun pinjaman pokok belum bisa dicairkan dan hal itu artinya uang nasabah menganggur begitu saja tanpa adanya bunga.

Nah, untuk membantu keuangan kamu menjadi lebih mudah, mulai sekarang ayo coba JojoExpense untuk mengelola seluruh anggaran perusahaan hanya dengan ponsel anda. Serahkan setiap proses pengajuan cash advance dan reimbursement pada JojoExpense dan biarkan prosesnya berjalan otomatis. Ayo buruan coba!