X
    Categories: Bisnis

Apa itu Animasi dan Manfaatnya untuk Bisnis?

Sering menemui promosi produk dengan media animasi? tapi apakah Anda sudah tahu apa itu animasi dan manfaatnya untuk bisnis? Jika dibandingkan dengan media gambar konvensional seperti poster atau yang lainnya, animasi merupakan media kekinian yang tepat untuk mempromosikan bisnis Anda.

Dari segi konsep animasi, memiliki kekuatan story telling yang amat kuat dibandingkan media lainnya. Tak heran, banyak media hiburan saat ini dibuat dalam bentuk animasi. Bahkan dalam dunia bisnis pun kini mulai menggunakan media satu ini.

Sebelum tahu lebih banyak tentang animasi dalam dunia bisnis, Anda perlu tahu apa itu animasi. Yuk, simak ulasan berikut ini!

Apa itu Animasi?

Bagi Anda penyuka film kartun, tentu sudah tidak asing dengan film garapan Disney dan Pixar. Atau, mungkin Anda penonton setia film kartun asal Jepang, Doraemon? film-film tersebut merupakan bagian dari hasil karya animasi.

Apa itu animasi? animasi merupakan perubahan cepat yang terjadi pada gambar yang berurutan sehingga tercipta ilusi gerakan. Kata animasi sendiri berasal dari kata ‘animate’ atau dalam bahasa latin ‘animare’ yang artinya menghidupkan atau mengisi dengan napas.

Dalam proses penggarapannya, animasi dibuat dengan mengurutkan kumpulan gambar-gambar, yang kemudian kumpulan tersebut akan ditampilkan satu per satu dengan sangat cepat. Hal yang terjadi adalah gambar terlihat hidup dan bergerak.

Secara fakta, mata manusia, diketahui, dapat menyimpan satu gambar selama 1/16 detik saja.. Sehingga, ketika beberapa gambar muncul secara berurutan dengan cepat, maka dalam pandangan manusia akan tercipta gambaran yang bergerak.

Agar tercipta kesan gerakan yang halus, seorang animator harus membuat pertimbangan yang matang terhadap frame rate atau jumlah gambar berurutan yang ditampilkan per detik. Pada film animasi, biasanya frekuensi gambar animasi yang digunakan adalah 24 fps (frame per second) sehingga gerakan yang tercipta terlihat sangat smooth.

Tidak hanya digunakan dalam dunia perfilman, kini animasi juga mulai banyak digunakan untuk keperluan bisnis, seperti UI/UX dan advertising.

Penerapan Animasi dalam Bisnis

Meskipun sudah mulai banyak pengusaha yang melirik media animasi untuk keperluan bisnis mereka dan sudah paham tentang apa itu animasi, namun masih sedikit yang tahu penerapan animasi dalam bisnis yang efektif. Nah, di bawah ini akan di bahas tentang penerapan animasi dalam bisnis. Anda bisa mencoba menerapkannya agar bisnis Anda kian sukses dan maju.

1. Loading Pages

Pertama, Anda dapat menerapkan animasi pada loading pages. Ketika sedang membuka website, sebagian orang sering dihadapkan dengan waktu loading yang lama. Hal tersebut mungkin saja terjadi juga pada website Anda.

Menunggu adalah hal yang membosankan, apalagi jika harus menunggu dengan hanya menatap layar kosong. Nah, untuk menyiasati kekurangan tersebut, animasi adalah solusi yang pas. Cobalah menggunakan animasi yang menarik untuk membuat loading pages yang unik.

Dengan loading pages, audiens bisa menunggu website terbuka sambil ditemani animasi yang memanjakan mata mereka. Anda pun juga bisa memansukkan unsur brand usaha Anda di dalamnya agar lebih dikenal.

2. Iklan

Animasi yang menarik juga dapat Anda terapkan dalam iklan bisnis yang anti mainstream.  Mungkin Anda sering menemukan billboard digital di sepanjang jalan, biasanya perusahaan memanfaatkan billboard sebagai media promosi yang cukup efektif.  Jika sebelumnya billboard diisi dengan gambar tak bergerak, kini untuk menarik perhatian banyak orang, Anda dapat memasukkan animasi dalam tayangan billboard.

Ketika menghadapi kemacetan, orang-orang secara tidak langsung akan mencari perhatian lain dan bisa jadi billboard animasi Anda memiliki daya tarik tersendiri sehingga banyak orang memerhatikannya dan memahami pesan iklan dalam billboard animasi tersebut.

3. Video Tutorial

Seiring meningkatnya pengetahuan, tak jarang dalam membeli suatu produk atau jasa, orang-orang akan lebih tertarik dengan kehadiran penjelasan produk terkait.

Sebagai seorang pebisnis, Anda harus mampu memenuhi kebutuhan konsumen tersebut, salah satunya dengan menghadirkan instruksi atau tutorial penggunaan dan perawatan produk atau jasa.

Agar para konsumen semakin tertarik dengan produk bisnis Anda, cobalah menghadirkan tutorial produk dalam bentuk animasi. Buat poin-poin penting dari produk atau jasa bisnis Anda. Berikan sentuhan animasi dan storytelling yang apik untuk merepresentasikan poin penting produk Anda. Dan, pastikan video tutorial tersebut akan menarik dan mudah dipahami oleh para pelanggan setia Anda.

4. Transisi

Tampilan yang statis pada sebuah website tentu akan membosankan bagi para pengunjung. Agar tingkat kunjungan website bisnis Anda semakin meningkat, Anda dapat menambahkan fitur animasi sebagai transisi dalam bentuk fades, wipes dan swipes.

Mungkin hal tersebut terkesan biasa saja. Namun, dengan kehadiran transisi akan memberikan daya tarik tersendiri untuk aplikasi atau website bisnis yang Anda kelola.

5. Logo

Dalam usaha mem-branding sebuah produk, unsur utama yang harus terpenuhi adalah logo.Sebisa mugkin ciptakan logo yang relevan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Nah, penambahan animasi pada logo dapat Anda lakukan. Anda dapat mengkombinasikan antara logo dan animasi pada website, iklan atau video untuk kepentingan bisnis

Manfaat Animasi untuk Bisnis

Setelah mengetahui apa itu animasi dan bagaimana penerapannya, saatnya Anda mengetahui apa saja manfaat animasi untuk bisnis. Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

1. Lebih Informatif dan Mudah dipahami

Dengan membuat video penjelasan yang berisi ulasan informasi produk yang lengkap, promosi bisnis Anda akan mudah dipahami dan menarik calon pembeli.

Dengan bantuan media video animasi, para pelanggan tidak usah repot membayangkan bagaimana produknya, di mana lokasinya, bagaimana cara memesannya dan lain sebagainya.

Anda dapat memberikan informasi lengkap terkait brand Anda dalam bentuk teks, audio dan video pada animasi.

2. Dapat Meyakinkan Pembeli

Jika Anda hendak berbelanja suatu produk, tentunya sebelum membeli, Anda akan mencari informasi lengkap tentang produk melalui foto atau video terkait. Ya, pastinya Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang ‘calon’ produk yang hendak Anda beli itu, kan?

Oleh karena itu, sebagai pemiliki usaha, wajib hukumnya, menyajikan informasi produk (bisa) melalui video atau animasi. Dengan begitu, pelanggan akan mengetahui secara spesifik prudk yang hendak dibelinya. Dan, setelah mengetahui informasi produk dengan baik dan menarik tidak butuh waktu lama pelanggan Anda akan memutuskan untuk membeli produk tersebut.

Itulah pembahasan tentang apa itu animasi dan manfaatnya untuk bisnis. Yuk, bikin animasi yang menarik agar produk atau jasa yang Anda tawarkan makin menarik!

Memanfaatkan animasi untuk bisnis sama pentingnya dengan menggunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic. Dengan beragam fitur unggulan, seperti budgeting controlling, mobile approval, capture expenses dan lainnya, aplikasi JojoExpense bisa membantu perusahaan Anda untuk mengatur pengeluaran dengan efektif. Selain itu, aplikasi ini juga bisa memperingatkan perusahaan dari berbagai percobaan penipuan keuangan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Yuk gunakan aplikasi JojoExpense sekarang juga! Dapatkan demo gratis 14 hari dengan cara klik di sini.

Danti Wibowo:

This website uses cookies.