X
    Categories: Bisnis

Mengenal Asuransi Perjalanan Dinas dan Urgensinya

Apakah Anda atau karyawan Anda sering bepergian ke luar daerah untuk menangani urusan bisnis? Jika iya, Anda harus mengerti tentang pentingnya asuransi perjalanan dinas. Artikel ini akan memberi Anda informasi tentang asuransi perjalanan dinas.

Asuransi ditujukan untuk memberi rasa aman dan nyaman kepada nasabah. Asuransi bekerja dengan menjamin pemberian penggantian atas risiko-risiko atau hal-hal yang tidak diinginkan yang mungkin terjadi pada nasabah. Pun demikian halnya dengan asuransi perjalanan, khususnya asuransi perjalanan dinas.

Pentingnya Asuransi Perjalanan Dinas

Keberadaan asuransi tidak hanya dapat memberi rasa aman dan nyaman pada kliennya. Produk asuransi perjalanan dinas juga dapat menjadi penyelamat bagi Anda yang sering melakukan perjalanan bisnis. Pekerjaan yang memungkinkan Anda untuk bepergian atau traveling secara rutin memang sekilas menggiurkan, Anda dapat bekerja dan menjadi produktif sekaligus berlibur dengan mengunjungi  tempat yang mungkin baru dan mengenal kehidupan sosial dan budaya disana. Tidak harus ke luar negeri, ke luar kota pun akan menyenangkan. Apalagi ditambah dengan fasilitas akomodasi penerbangan dan penginapan unggulan.

Hal tersebut terdengar mengasyikan. Tetapi pada realitanya, perjalanan dinas yang tampak seru tersebut menyimpan berbagai risiko yang menyertainya. Mulai dari hal sepele seperti badan kelelahan, sibuk dengan mobilitas yang tinggi sehingga telat makan. Perjalanan dinas bukan berarti asal traveling, Anda juga harus melakukan persiapan sebelum keberangkatan, seperti materi untuk meeting dan sebagainya. Hal tersebut memungkinkan Anda untuk mengalami stres. Selain itu ada risiko menengah seperti mabuk perjalanan, pusing, jetlag, sampai alergi. Beberapa penelitian juga mengatakan bahwa melakukan perjalanan secara rutin dengan jarak yang jauh dapat melemahkan daya tahan tubuh. Risiko lain seperti kehilangan dokumen, bencana, kerusuhan, atau kecelakaan juga akan selalu ada.

Membekali karyawan dengan asuransi perjalanan dinas akan menumbuhkan kesan positif bagi perusahaan Anda. Hal tersebut menunjukkan bahwa instansi memiliki kepedulian kepada karyawan dan menganggap karyawan sebagai aset penting perusahaan. Dengan demikian, karyawan akan semangat bekerja tanpa dirundung kekhawatiran, yang mana hal tersebut akan membuat karyawan merasa aman dan terlindungi selama perjalanan dinas. Loyalitas karyawan terhadap perusahaan Anda juga akan meningkat.

Bagaimana Meminimalisir Risiko Perjalanan Dinas?

Sederet risiko di atas dapat mengganggu produktivitas karyawan yang berdampak pada perusahaan. Tidak ada yang diuntungkan dari terjadinya hal-hal tersebut. Apabila tidak ada pihak yang menjamin, Anda atau karyawan Anda harus menanggung sendiri biaya pengobatan jika terkena risiko-risiko seperti sakit karena kelelahan, alergi, atau kehilangan dokumen dan gawai saat dalam perjalanan. Tentunya dengan uang pribadi.

Ada satu cara yang dapat dilakukan guna meminimalisir risiko  dari perjalanan dinas. Anda harus memastikan bahwa perjalanan dinas tersebut terjamin atau terlindungi asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan dapat melindungi Anda dari berbagai dampak negatif yang terjadi sehingga perjalanan dinas menjadi lebih aman dan nyaman. Manfaat asuransi perjalanan juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan nasabah. Anda sebagai nasabah juga dapat membeli premi lain untuk memaksimalkan perlindungan dalam perjalanan dinas.

Jenis Asuransi Perjalanan Dinas

Ada beberapa opsi asuransi perjalanan yang biasa disediakan oleh layanan perusahaan asuransi komersil. Anda dapat memilih sesuai kebutuhan dan kemampuan perusahaan Anda. Umumnya, asuransi dibedakan sesuai jangka waktunya, di antaranya:

1. Asuransi single trip

Jenis asuransi yang satu ini memiliki masa berlaku hanya untuk satu kali perjalanan pulang-pergi. Asuransi ini dapat dimanfaatkan untuk melindungi karyawan yang melakukan perjalanan dinas sesekali atau tidak rutin terjadwal.

2. Asuransi annual travel

Selanjutnya ada asuransi annual travel. Di mana pada jenis asuransi ini biasanya berlaku selama satu tahun. Asuransi annual travel cocok untuk perusahaan dengan karyawan yang memiliki frekuensi mobilitas perjalanan dinas yang tinggi dan teragendakan setiap tahunnya.

Selain itu, ada juga asuransi yang didasarkan pada jumlah tertanggung. Asuransi jenis ini dibedakan menjadi perjalanan dinas individu dan asuransi perjalanan dinas kelompok. Untuk asuransi kelompok, biasanya perusahaan asuransi menawarkan premi yang lebih terjangkau daripada asuransi individu. Ada juga pembagian asuransi berdasarkan tujuan perjalanan, yaitu asuransi perjalanan domestik dan perjalanan dinas luar negeri atau antarnegara.

Perlindungan pada Asuransi Perjalanan Dinas

Manfaat produk asuransi yang satu ini tidak hanya memberi ganti rugi saat mengalami kecelakaan. Selain itu terdapat beberapa perlindungan lain yang dapat di-cover oleh asuransi perjalanan dari perusahaan. Berikut di antaranya:

1. Perlindungan Barang Pribadi

Apabila ada kesalahan pihak maskapai yang menyebabkan kerugian pada Anda atau karyawan Anda, secara hukum maskapai terkait wajib bertanggung jawab dan memberikan ganti rugi. Hal ini tertuang secara formal dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 77 Tahun 2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara, bahwa penumpang yang kehilangan bagasi mempunya hak untuk memperoleh ganti rugi sebesar Rp 200 ribu per kg atau maksimal Rp 4 juta per penumpang. Kerusakan pada bagasi dan barang pribadi Anda akan diproses sesuai kriteria dan prosedur yang berlaku.

2. Gangguan Perjalanan

Delay hingga reschedule penerbangan adalah hal yang tidak dapat dihindari. Dengan adanya asuransi ini, Anda berpeluang mendapatkan kompensasi daripada mereka yang tidak. Tentunya sesuai dengan jenis asuransi yang dipilih.

3. Kecelakaan dan Biaya Medis

Asuransi perjalanan yang diberikan oleh perusahaan juga memunginkan Anda untuk lepas dari perasaan cemas akan biaya saat tiba-tiba terserang penyakit dan membutuhkan perawatan medis. Umumnya perlindungan kecelakaan dan biaya perawatan medis meliputi:

  1. Biaya perawatan akibat kecelakaan
  2. Perawatan untuk penyakit khusus
  3. Biaya perawatan akibat sakit
  4. Serta perawatan lanjutan di negara asal

4. Bantuan Keadaan Mendesak

Kehilangan dokumen perjalanan seperti paspor dan tiket pesawat akibat pencurian juga merupakan risiko yang menyebalkan. Beberapa perusahaan asuransi melindungi Anda dari kemungkinan buruk ini.

Ke-empat perlindungan di atas adalah yang paket perlindungan yang umum disediakan oleh perusahaan asuransi. Tidak menutup kemungkinan perusahaan asuransi lainnya menyediakan layanan lain yang dapat memenuhi kebutuhan perjalanan Anda seperti biaya komunikasi darurat, kunjungan darurat anggota keluarga, serta perlindungan keadaan kerusuhan atau bencana, yang pada intinya Perlindungan-perlindungan tersebut dapat menghilangkan was-was dan menekan risiko finansial yang mungkin terjadi saat melakukan perjalanan dinas.

Cara Mengklaim Asuransi Perjalanan

Pada umumnya terdapat dua cara klaim asuransi perjalanan yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Klaim langsung

Klaim langsung dapat dilakukan jika perusahaan asuransi memiliki rekanan terhadap rumah sakit. Namun yang perlu diingat, bahwa perusahaan asuransi menjalin kemitraan hanya dengan rumah sakit tertentu. Sehingga tidak semua perusahaan asuransi menyediakan layanan ini.

2. Penggantian biaya (reimbursement)

Klaim ini dapat dilakukan jika nasabah atau pemegang polis melakukan pengobatan saat perjalanan dinas dengan menggunakan biaya pribadi.  Pemegang polis lalu dapat mengajukan klaim ke perusahaan asuransi dengan menyertakan kwitansi rumah sakit atau surat keterangan dokter yang bersangkutan.

Penutup

Demikian penjelasan tentang asuransi perjalanan dinas dan urgensinya bagi perusahaan Anda. Oleh karena itu, jika perusahaan Anda sering mengadakan perjalanan dinas ke daerah lain, memiliki asuransi perjalanan dinas adalah pilihan yang bijak. Anda dapat mengatur keuangan perusahaan untuk dialokasikan pada produk asuransi yang satu ini.

Untuk dapat mengelola keuangan tersebut, JojoExpense hadir untuk Anda. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengontrol budget untuk asuransi perjalanan dinas dimana saja. Penggunaan JojoExpense juga dapat menghemat waktu Anda karena semua prosesnya otomatis sehingga Anda dapat berfokus pada hal lain yang lebih penting.

Karni Fadhillah:

This website uses cookies.