X
    Categories: Bisnis

Bisnis Pembukuan Dan Cara Pelaksanaan Yang Efektif

Dalam sebuah usaha, memperhatikan bisnis pembukuan adalah hal yang cukup penting. Tanpa sistem pembukuan yang tepat tentunya keuangan perusahaan tidak bisa tercatat dan dikendalikan dengan baik. Bisa jadi terdapat kerugian yang dialami perusahaan tanpa monitoring dari pengeluaran perusahaan. Oleh sebab itu melalui adanya pembukuan maka hal ini bisa sedapat mungkin dihindari. Bila ingin memahami lebih lanjut bagaimana bisnis pembukuan ini, cara kerja serta manfaat dan tujuannya, berikut informasi lebih lanjut berkenaan dengan hal tersebut.

Tentang Bisnis Pembukuan

Adapun bisnis pembukuan ini sebenarnya sama halnya dengan akutansi keuangan perusahaan. Yaitu merupakan langkah untuk mencatat segala pengeluaran maupun pemasukan yang diterima perusahaan. Sehingga nantinya bisa melihat lebih jelas mana komponen biaya yang diperlukan untuk dikeluarkan atau untuk diterima dalam suatu perusahaan tersebut.

Tentu saja menentukan pengeluaran dan pemasukan ini bukan hal yang mudah. Tim keuangan perusahaan harus teliti mencatat satu demi satu untuk memastikan tidak ada yang terlewat. Umumnya ada beberapa langkah dalam penyusunan pembukuan di perusahaan. Lebih lanjutnya ada di paragraf berikut ini.

Melaksanakan Bisnis Pembukuan

Dalam pelaksanaannya, bisnis pembukuan membutuhkan pemikiran serta langkah kerja yang efektif. Jangan sampai ada yang tidak tercatat atau jangan sampai ternyata perusahaan mengalami rugi yang tidak menyenangkan. Oleh sebab itu dalam pelaksanaan sebuah bisnis serta mengerjakan pembukuannya, sebaiknya lakukan hal berikut ini untuk hasil yang lebih optimal:

  • Pastikan untuk selalu meminta bukti fisik pengeluaran perusahaan seperti misalnya berupa bon dan kuitansi yang bisa dipertanggung jawabkan oleh setiap pengguna dana perusahaan. Sehingga lebih mudah dalam melakukan input keuangan pemasukan maupun pengeluaran perusahaan lebih seksama.
  • Lakukan input secara hati-hati dan teratur. Pastikan mencatat jumlahnya dengan tepat serta catat pula tanggal dan tujuan dari pemasukan atau pengeluaran tersebut. Sehingga tidak ada yang terlewatkan nantinya.
  • Sebaiknya lakukan pula kontrol terhadap pengeluaran perusahaan dengan melihat apakah ada dana yang tidak wajar atau kurang sesuai. Supaya nantinya keuangan perusahaan tetap sehat secara maksimal dan tidak mengalami kerugian berarti.
  • Ada baiknya untuk memastikan memiliki sistem yang baik dan terpadu. Cara manual sering kali menghabiskan banyak tenaga dan waktu. Lain halnya menggunakan program dan sistem yang lebih ekonomis serta otomatis. Tentu menghemat biaya dan usaha dalam pembukuan itu sendiri.

Manfaat Bisnis Pembukuan

Tentunya saat perusahaan melaksanakan sistem pembukuan yang baik hal ini bisa memberikan manfaat yang sangat banyak bagi sebuah perusahaan. Sering kali perusahaan merasa meremehkan hal ini tanpa melihat lebih jauh mana manfaat yang bisa diteriman oleh perusahaan. Berikut ini beberapa manfaat bisnis pembukuan dalam sebuah perusahaan yang efektif dan efisien.

  • Pembukuan yang baik umumnya berguna untuk memastikan bagaimana kesehatan keuangan perusahaan. Sehingga dengan demikian dapat diketahui lebih jelas bagaimana sistem keuangan perusahaan bekerja sepenuhnya.
  • Pembukuan juga memberikan manfaat mudah mengatur keuangan perusahaan sepenuhnya. Mana yang harus dikontrol dananya serta mana yang bisa cukup bebas untuk dilakukan. Dengan demikian ini merupakan sarana yang tepat dalam melakukan penghematan keuangan perusahaan.
  • Melakukan pembukuan juga bisa memberikan manfaat positif berupa kontrol yang lebih terjamin. Semua pemasukan dan pengeluaran memiliki bukti fisik yang harus diberikan pada tim keuangan untuk pencatatan yang lebih optimal. Sehingga bisa dilihat lebih jelas mana sector yang membutuhkan banyak dana dalam sebuah perusahaan.
  • Melalui sistem pembukuan ini maka perusahaan juga bisa menetapkan laba dalam perusahaan lebih optimal dengan jalan mencari tahu mana dana yang bisa dipangkas untuk mendapatkan efisiensi yang tepat tersebut.

Tujuan Bisnis Pembukuan

Tidak hanya memiliki beberapa manfaat di atas, ada beberapa tujuan tertentu dari pembentukan pembukuan perusahaan ini. Oleh sebab itu sebaiknya lakukan sistem secara otomatis dan efisien. Supaya tujuan berikut ini bisa tercapai dengan mudahnya:

  • Mengetahui kondisi keuangan perusahaan secara tepat, apakah keuangan perusahaan dalam kondisi sehat atau tidak. Dalam pembukuan yang baik maka dapat diketahui tingkat profit maupun kerugian perusahaan secara detail.
  • Memastikan seluruh pemasukan dan pengeluaran perusahaan tercatat dengan baik, sehingga dapat diketahui kondisi kedua hal tersebut di dalam perusahaan.
  • Mengatur dan merapikan keuangan perusahaan agar mudah untuk dikontrol, sehingga tidak terjadi resiko kesalahan dalam perhitungan laba rugi perusahaan maupun menghindari resiko terjadinya penipuan di keuangan perusahaan.

Kelemahan Sistem Pembukuan Manual

Memastikan sistem pembukuan bisa dilakukan baik secara otomatis maupun manual. Pada beberapa bisnis kecil-kecilan sering kali memutuskan untuk melakukan hal tersebut secara manual. Padahal ada beberapa kelemahan yang bisa terjadi dari cara ini. Berikut ini kelemahan perhitungan pembukuan manual yang sebaiknya dihindari:

  • Terjadi resiko salah input akibat human error, oleh sebab itu perlu pengecekan ulang dari hasil inputan dan pembukuan manual karyawan, sehingga dapat diminimkan dari resiko kesalahan tersebut.
  • Resiko terjadi kecurangan keuangan juga lebih besar, karena sistem tidak bisa mendeteksi secara otomatis bila terjadi kecurangan yang tidak diinginkan, sehingga berpotensi mendatangkan kerugian.
  • Memerlukan waktu yang lebih lama karena harus menuliskan input satu demi satu. Untuk bisnis skala besar tentu hal ini merupakan bukan tindakan yang efisien namun membuang banyak waktu yang digunakan tim keuangan perusahaan. Sehingga bila dipandang bisa jadi merupakan pemborosan jam kerja serta usaha kerja yang dilakukan.

Memang mengatur bisnis pembukuan yang tepat dan sesuai adalah hal penting yang wajib dilakukan perusahaan. Mengatur dan memastikan pemasukan maupun pengeluaran perusahaan yang ideal merupakan hal penting untuk menjaga agar laba dan pendapatan perusahaan tetap positif. Oleh sebab itu ada baiknya beralih pada sistem yang jelas lebih mudah dan lebih otomatis. Salah satunya yaitu dengan menggunakan JojoExpense, dimana dengan program dan sistem tersebut maka pengaturan keuangan perusahaan jauh lebih optimal dan maksimal. Selain itu dengan sistem dan program yang tepat, maka nantinya kebocoran serta kerugian dalam perusahaan bisa dihindari secara maksimal.

Tentu saja hal ini berkat adanya fitur yang terdapat di dalam JojoExpense untuk membantu terciptanya pembukuan yang lebih kondusif. Misalnya yaitu berupa fitur program sebagai berikut:

  • Auto Reimbursement
  • Auto Generate Expense Report
  • OCR (Auto Read Receipt)
  • Cash Advanced
  • Real Time Direct Transfer
  • Custom Approval Flow
  • Custom/Advance Approval Policy
  • Custom Reports Field
  • Custom Expense Transaction Field

Serta ada banyak lain lagi fitur menarik yang bisa dicoba perusahaan untuk membantu sistem keuangan yang lebih memadai. Dengan penggunaan program tersebut, maka keuangan serta pembukuan perusahaan dijamin lebih lancar dan terkontrol. Oleh sebab itu jangan khawatir lagi, segera pilih JojoExpense dan dapatkan coba gratis dari program yang satu ini pada perusahaan Anda. Biarkan sistem keuangan yang ada pada perusahaan Anda bekerja lebih efektif dan efisien. Serta biarkan bisnis pembukuan Anda berjalan lebih kondusif dan maksimal. Ayo, segera coba ya!

Bivisyani Questibrilia:

This website uses cookies.