Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna dan Contohnya

Pasar persaingan sempurna ialah pasar dengan jumlah penjualan dan pembelinya sangat banyak dengan berbagai varian produk yang dijual, namun memiliki jenis yang sama dan serupa. Contoh barang yang dijual pada bentuk pasar persaingan sempurna adalah beras, gandum, batu bara, kentang, dan lain sebagainya. Pasar persaingan sempurna merupakan pasar di mana penjual dan pembeli tidak dapat memengaruhi harga, sehingga harga di pasar benar-benar merupakan hasil kesepakatan dan interaksi antara penawaran dan permintaan. Permintaan yang terbentuk mencerminkan keinginan konsumen, sementara penawaran mencerminkan keinginan produsen. Dalam pasar, penjual dan pembeli sama sekali tidak mempunyai kemampuan untuk memengaruhi harga pasar karena sudah ada ikatan batin bahwa antara penjual dan pembeli mengetahui struktur dan informasi yang ada di dalam. Struktur dalam pasar persaingan tersebut dapat dikatakan paling sempurna dan akan terjadi sebuah jaminan jika dalam menjalankan proses produksi barang serta jasa menjadi lebih efisien dibandingkan pasar persaingan jenis lainnya.

Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna

1. Terdiri atas Penjual & Pembeli yang banyak

Adanya sifat ini, mengakibatkan perilaku penjual dan pembeli tidak bisa mempengaruhi keadaan pasar karena mereka hanya sebagian kecil dari unsur pasar secara keseluruhan. Interaksi antara penjual dan pembeli dianggap sebagai pengikut harga (price taker) yang menyebabkan harga di pasar ini bersifat harganya tetap berapapun jumlah barang yang dijual, karena mekanisme pasar yang menentukan harganya melalui interaksi antara kekuatan permintaan dan penawaran di masyarakat.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi JojoCRM hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

2. Adanya Kebebasan untuk Membuka dan Menutup Perusahaan (Free Entry and Free Exit)

Artinya adalah bukan halangan apabila suatu perusahaan ingin memulai sebuah bisnis baru jika dianggapnya menguntungkan, dan menutup usahanya jika ternyata merugikan. Tidak seperti pasar lain yang mungkin ada keterikatan dalam membuka dan menutup pasarnya dengan keterikatan surat perjanjian.

3. Barang yang Diperjualbelikan Bersifat Homogen

Perusahaan menghasilkan barang di mana barang tersebut merupakan pengganti yang sempurna terhadap barang yang diproduksi oleh perusahaan lain dalam semua aspek, sehingga produk identik sama atau tidak bisa dibedakan. Artinya, walaupun Anda membeli di suatu perusahaan, kemungkinan besar kualitas dan kuantitas produknya akan sama persis dengan perusahaan lain.

4. Penjual & Pembeli Memiliki Pengetahuan yang Sempurna tentang Pasar

Penjual dan pembeli sangat mengetahui tentang keadaan pasar dalam hal tingkat harga yang berlaku di pasar dan meliputi setiap perubahannya. Pengetahuan tentang keadaan ini yang mengakibatkan:

  • Semua sumber daya digunakan sepenuhnya untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal.
  • Tidak ada produsen yang menjual barang dangan harga yang lebih rendah dari harga pasar.
  • Tidak ada konsumen yang membeli barang dengan harga yang lebih tinggi dari harga pasar

5. Mobilitas atau Perpindahan Sumber Ekonomi yang Cukup Sempurna

Artinya adalah tidak ada kesulitan sedikit pun jika sumber daya atau faktor produksi ingin dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya. karena pada dasarnya semua tempat produksi memiliki kesamaan baik dalam metode pembuatan hingga penjualannya kepada pembeli.

Pasar persaingan sempurna dapat menjadi wadah yang bagus jika Anda memiliki bisnis produk atau jasa yang umum dilakukan oleh banyak orang. Kesuksesan bisnis dapat diperoleh di mana pun dan kapan pun asalkan Anda memiliki strategi yang matang, salah satunya dengan selalu melakukan pencatatan keuangan perusahaan di dalam laporan keuangan.

Contoh Pasar Persaingan Sempurna di Indonesia

Berikut merupakan 6 contoh pasar persaingan sempurna di Indonesia:

Pasar Beras

Beras merupakan suatu kebutuhan pokok, terutama di Indonesia ini. Pasar beras menjadi salah satu contoh atau yang paling mendekati. Dalam pasar beras, jumlah penjual dan pembeli sama-sama banyak. Selain itu, baik penjual atau pun pembeli tidak bisa mempengaruhi harga pasar yang sudah diatur. Meskipun ada perbedaan mutu dan kualitas, sifat pasar beras bisa dikatakan homogen karena diiringi oleh perbedaan harga. Terbentuknya harga yang terjadi pada pasar beras merupakan hasil dari tawar-menawar permintaan beras.

Pasar Sayur

Pasar sayur juga menjadi salah satu contoh pasar persaingan sempurna. Jumlah penjual sayur sangat banyak dan sama dengan jumlah pembelinya. Komoditas sayur pun memiliki harga pasar sendiri yang tidak bisa dipengaruhi baik oleh penjual atau pun oleh pembeli. Harga sayur ditentukan oleh interaksi jumlah penawaran dan permintaan pasar. Barang yang dijual pun homogeny, yaitu berupa sayur-sayuran. Pembeli pun tidak akan membeli sayur dengan harga di atas harga pasar, sebaliknya penjual juga tidak akan menjual sayur dengan harga di bawah harga pasar.

Pasar Buah

Sama seperti pasar sayur, pasar buah juga bisa dikategorikan sebagai contoh pasar pesaingan sempurna. Jumlah penjual buah dan pembeli buah memang sama-sama banyak dan bisa ditemui di mana-mana. Harga buah pun sudah dibentuk oleh mekanisme pasar melewati kurva permintaan dan penawaran. Namun mekanisme dan struktur pada pasar buah sudah mendekati pasar persaingan sempurna.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Pasar Gandum

Gandum adalah termasuk salah satu kebutuhan pokok. Gandum bisa digunakan untuk memproduksi tepung terigu untuk membuat roti, kue, biskuit dan olahan makanan lain. Tak heran jika gandum banyak dijual. Pasar gandum pun termasuk salah satu yang mendekati sebagai contoh pasar persaingan sempurna. Dalam pasar gandum, jumlah penjual dan pembeli sama banyaknya. Harga pasar gandum pun ditentukan lewat mekanisme dan kurva permintaan dan penawaran di pasar

Pasar Kentang

Sama seperti gandum, kentang juga termasuk salah satu kebutuhan pokok yang sering diperjualbelikan karena kentang bisa digunakan untuk berbagai olahan makanan. Jumlah penjual kentang pun cukup banyak dibandingkan jumlah pembelinya. Adapun sistem harga pasar kentang juga tidak bisa dipengaruhi oleh penjual dan pembeli. Maka dari itu, pasar kentang juga dapat dijadikan salah satu contoh pasar persaingan sempurna.

Pasar Modal (Bursa Efek)

Jika contoh di atas hanya membahas mengenai pasar kebutuhan pokok seperti beras, sayur atau gandum, maka contoh yang lainnya adalah pasar modal atau bursa efek. Pasar modal termasuk pasar persaingan sempurna karena sesuai dengan ciri-cirinya. Secara umum, peran pasar modal memang cukup penting untuk perekonomian negara. Dalam bursa efek, harga sudah ditentukan oleh sistem harga berupa permintaan dan penawaran saham dan instrumen pasar modal lainnya. Selain itu pemerintah tidak bisa melakukan intervensi, begitu pula dengan penjual dan pembeli yang tidak bisa mempengaruhi harga.

Nah itulah info pengetahuan mengenai 6 contoh pasar persaingan sempurna beserta alasan dan penjelasannya. Contoh-contoh tersebut termasuk pasar persaingan sempurna karena memenuhi ciri-ciri dan karakteristiknya. Meski beberapa tidak bisa dibilang sebagai pasar persaingan sempurna seutuhnya, namun contoh-contoh tersebut sudah mendekati sebagai pasar persaingan sempurna.

Salam hangat, jojonomic

#worksmartplayhard #thefutereofwork