X

5 Hal Ini Mempengaruhi Customer Satisfaction, Wajib Diperhatikan

Customer satisfaction memiliki arti yang sama dengan kepuasan pelanggan. Istilah ini juga bisa menggambarkan adanya tingkat kepuasan yang dialami oleh para pelanggan. Tingkat kepuasan ini tentunya diukur berdasarkan kepuasan yang dialami oleh para pelanggan saat pelanggan menggunakan produk barang atau jasa yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan. Kepuasan konsumen tentu menjadi tujuan utama dari pengeluaran produk oleh perusahaan. Adanya kepuasan konsumen ini menandakan bahwa produk telah diterima dengan baik oleh para konsumen.

Customer saticfaction pada dasarnya bisa saja timbul bila konsumen dapat menerima produk dengan baik. Sebenarnya kepuasan konsumen ini bisa diraih melalui berbagai macam upaya yang dilakukan oleh perusahaan. Namun tetap saja hal mendasar yang dilakukan oleh perusahaan adalah dengan memahami apa yang menjadi permintaan pasar. Pembuatan produk berdasarkan pada permintaan pasar tentu akan membuat produk semakin laku keras. Tidak hanya itu saja tetapi produk akan membuat konsumen menjadi puas dengan kehadiran produk.

Pemicu Customer Satisfaction

Perlu dipahami bahwa pada dasarnya ada beberapa hal yang memicu timbulnya customer satisfaction. Sehingga sebaiknya sebuah usaha atau bisnis memperhatikan poin-poin yang terkait tersebut berikut ini.

1. Kualitas produk

Untuk menimbulkan adanya kepuasan bagi para konsumen atau pelanggan maka sebaiknya kualitas produk yang dikeluarkan atau diluncurkan semakin ditingkatkan. Setiap orang tentu akan merasa puas jika barang yang dibelinya memiliki kualitas yang tinggi. Demikian pula jasa yang dibeli atau digunakannya bisa memberikan layanan terbaik. Artinya kualitas produk sangat menentukan kepuasan konsumen. Penambahan varian dari suatu produk juga sangat disarankan agar konsumen bisa memilih opsi produk dengan lebih leluasa. Namun tetap saja dalam hal ini kualitas produk harus tetap di nomor satukan sehingga produk bisa digunakan atau dimanfaatkan oleh konsumen dengan baik. Dengan adanya kualitas produk yang baik maka konsumen akan puas terhadap produk dan akan terus menjadi pelanggan.

2. Jasa pelayanan

Sebuah perusahaan tentu di samping mengeluarkan produk juga menyediakan layanan untuk pelanggan. Di sinilah customer service bisa berperan yaitu memberikan pelayanan kepada pelanggan. Layanan yang diberikan umumnya berupa pemberian informasi mengenai produk yang diluncurkan oleh perusahaan. Di samping itu layanan juga menerima pengaduan dari para konsumen atau pelanggan. Bahkan layanan ini juga menerima berbagai informasi dari klien atau mitra bisnis lainnya. Tentunya pelayanan dalam hal ini harus diberikan dengan baik. Sikap ramah dan tutur kata yang sopan bisa menjadi kunci utama bagi tim penyedia jasa layanan sehingga bisa memuaskan para konsumen atau pelanggan yang membutuhkan informasi mengenai suatu produk.

3. Harga relatif murah

Pelanggan juga bisa saja merasa puas terhadap sebuah produk karena harganya yang bisa dibilang cukup terjangkau. Harga produk yang relatif murah tentu akan membuat para konsumen menjadi lebih tertarik sehingga melakukan pembelian produk. Entah kualitas produk baik ataukah cukup baik dan bahkan terkadang kurang namun harga produk yang murah cenderung banyak disuka. Konsumen dengan kondisi keuangan yang tidak berlebih tentu akan memilih untuk melakukan pembelian produk dengan harga relatif terjangkau. Kepuasan konsumen akan menjadi semakin meningkat bila produk yang dibeli tersebut menarik dan sesuai dengan harapan. Terlebih lagi bila kualitas produk bagus dan barang bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup panjang serta awet.

4. Kemudahan akses

Produk yang diperoleh konsumen dengan mudah akan membuat konsumen merasa puas. Terlebih lagi bila produk yang dibeli tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Adanya kemudahan akses untuk mendapatkan produk akan membuat produk semakin laris di pasaran. Terlebih lagi bila produk yang diperoleh tersebut memiliki kualitas yang cukup tinggi. Tentu hal ini akan menimbulkan rasa puas bagi konsumen. Oleh karena itu sebaiknya perusahaan bisa melakukan pemasaran produk dengan mempertimbangkan segi kemudahan akses bagi konsumen. Semakin mudah konsumen mendapatkan produk maka semakin loyal para pelanggan terhadap produk dan perusahaan yang mengeluarkan produk tersebut.

5. Faktor pribadi atau emosional

Beberapa orang mungkin suka atau gemar berbelanja. Ada beberapa konsumen yang memiliki pola belanja berlebih dan hal ini bisa menimbulkan kepuasan pada dirinya. Terlebih lagi bila produk yang dijual memiliki harga relatif terjangkau. Produk yang menarik dan bisa didapatkan dengan mudah juga menambah nilai plus bagi produk sehingga mendorong konsumen untuk melakukan pembelian produk. Mungkin saja motif pembelanjaan berhubungan dengan faktor pribadi yang terdapat di dalam diri konsumen. Customer satisfaction memang bisa saja dipengaruhi oleh faktor pribadi dalam diri konsumen. Seseorang merasa puas jika telah berbelanja atau membeli suatu produk. Bahkan terkadang konsumen tidak berpikir lebih jauh tentang fungsi produk yang telah dibeli dan apakah produk tersebut bisa digunakan atau tidak. Kualitas produk juga tidak menjadi hal utama dalam pertimbangan konsumen.

Meningkatkan Customer Satisfaction

Customer satisfaction sekarang ini kian menjadi fokus bagi beberapa perusahaan. Kepuasan konsumen terhadap produk yang dibelinya bisa diartikan sebagai suatu kesuksesan atau keberhasilan bagi perusahaan. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk bisa meningkatkan kepuasan konsumen. Salah satunya adalah memahami keinginan pasar. Hal ini salah satunya bisa dilakukan misalnya dengan mengadakan survey mengenai keinginan para konsumen. Dengan adanya survey ini maka perusahaan bisa memahami apa yang menjadi permintaan bagi para konsumen.

Di samping itu perusahaan juga harus berfokus pada kualitas produk. Semakin baik kualitas produk yang dijual maka semakin besar peluang bagi konsumen untuk merasa puas dengan produk yang dibelinya. Selain peningkatan kualitas tentunya perusahaan juga perlu melakukan peningkatan dalam hal layanan. Jasa layanan yang baik akan membuat konsumen merasa puas. Terlebih lagi jika segala keluhan yang mungkin disampaikan oleh para konsumen diterima dengan baik. Tidak hanya itu saja tetapi adanya solusi dari perusahaan juga semakin meningkatkan kepuasan konsumen terhadap suatu produk. Dengan adanya perhatian dari perusahaan mengenai hal-hal tersebut maka kepuasan konsumen semakin meningkat.

Tujuan Customer Satisfaction

Memastikan customer satisfaction tersebut, terutama dalam menjalankan sebuah bisnis, tentunya memiliki beberapa tujuan penting. Oleh sebab itu hal ini harus diperhatikan oleh perusahaan sebaik mungkin dan diterapkan semaksimal mungkin seperti yang diinformasikan sebelumnya. Melalui peningkatan dalam hal ini, maka diperoleh beberapa tujuan utama, seperti misalnya yaitu beberapa tujuan berikut ini.

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Salah satu tujuan penting dalam peningkatan pada kepuasan para pelanggan yaitu untuk memastikan bahwa loyalitas pelanggan tetap terjaga secara maksimal. Hal ini sangat penting karena tentunya berakhir pada tujuan untuk mempertahankan pelanggan yang lama. Sehingga dalam hal ini tidak ada pelanggan yang beralih pada produk yang lainnya atau kemudian berhenti menggunakan produk dan jasa yang diberikan oleh bisnis yang dijalankan.

Tentunya sangat penting untuk melihat sejauh mana produk yang dihasilkan dapat mempertahankan preferensi pelanggan. Sehingga akhirnya bisnis tidak kehilangan pelanggan lama dan tetap mendapatkan pemasukan dari penjualan produk ataupun jasa yang dilakukan oleh para pelanggan lama tersebut.

Menambah Pelanggan Baru

Tidak hanya berfokus pada pelanggan yang lama saja, tetapi dalam meningkatkan kepuasan pelanggan juga ada unsur untuk menambah pelanggan baru supaya tertarik pada produk dan jasa yang ditawarkan. Sehingga pada akhirnya jumlah pelanggan dapat meningkat dengan cepat. Tentu saja hal ini secara tidak langsung juga membuat peningkatan pada penjualan dan pendapatan perusahaan. Maka dari itu sangat penting memastikan bahwa seluruh produk dan jasa yang diberikan perusahaan sudah sesuai dengan keinginan pelanggan tersebut.

Mencapai Target Pemasaran

Salah satu tujuan dari customer satisfaction berikutnya yaitu untuk mencapai target pemasaran yang telah ditetapkan oleh bisnis dan perusahaan. Sehingga dalam hal ini target untuk meraih pemasukan perusahaan yang ditetapkan dapat tercapai secara maksimal. Dengan keberhasilan dalam meraih target tentu saja hal ini memimpin pada perkembangan perusahaan yang lebih optimal juga.

Dasar Inovasi Dan Pengembangan Produk

Tujuan penting yang umumnya ingin didapatkan dari adanya parameter kepuasan pelanggan yaitu sebagai dasar inovasi dan pengembangan produk yang dilakukan oleh perusahaan. Sering kali perusahaan kehabisan ide untuk melihat apa yang harus diterapkan atau inovasi apa yang harus diberikan pada produk maupun jasa yang dihasilkan. Melalui adanya parameter kepuasan pelanggan maka dapat dilihat mana yang harus ditingkatkan dari produk yang telah diluncurkan. Sehingga dengan demikian bisnis dan perusahaan dapat mengembangkan teknologi yang sesuai supaya dapat diterima oleh pelanggan ke depannya. Terutama karena tuntutan perkembangan jaman yang semakin meningkat pesat, sehingga dalam hal memproduksi barang dan jasa, tentunya pengusaha juga dituntut untuk tetap kreatif berinovasi dalam menghasilkan produk-produk baru yang memuaskan.

Langkah Evaluasi Customer Satisfaction

Tidak hanya menerapkan implementasi saja, tetapi sangat penting untuk melakukan evaluasi terhadap kepuasan pelanggan atau customer satisfaction tadi. Tentunya dalam melakukan evaluasi ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh perusahaan. Sehingga didapatkan gambaran yang akurat tentang pendapat pengguna produk dan jasa yang diluncurkan, apakah produk dan jasa tersebut sudah sesuai atau tidak. Beberapa langkah evaluasi tersebut umumnya dilakukan melalui beberapa hal berikut ini.

Melalui Kuisioner

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk melakukan evaluasi terhadap kepuasan pelanggan umumnya bisa dilakukan dengan jalan memberikan kuisioner. Hal ini adalah hal yang paling sering dipilih oleh perusahaan untuk mengukur seberapa besar minat dan kepuasan pelanggan terhadap produk dan jasa yang diberikan. Oleh karena itu tidak ada salahnya selalu memberikan kuisioner kepada para pelanggan baik pelanggan lama maupun yang baru. Bisa pula melalui sistem kuisioner online yang jauh lebih mudah diakses oleh semua pelanggan.

Melalui Media Sosial

Langkah evaluasi selanjutnya terhadap kepuasan para pelanggan yaitu dengan cara melihat respon pelanggan pada media sosial resmi perusahaan. Dari sini umumnya ada banyak pendapat yang bisa dicari dan diminta dari para pengguna produk dan jasa perusahaan. Sehingga dalam hal ini akan lebih mudah untuk menyaring masukan yang diberikan oleh para pelangga di media sosial tersebut.

Maka dari itu penggunaan media sosial resmi perusahaan adalah hal yang sangat penting. Terutama di masa sekarang dimana penggunaan dunia maya meningkat drastis dan media sosial lebih menjadi preferensi untuk memberikan informasi dan bertukar pikiran. Dengan memiliki pengelolaan media sosial yang baik, maka perusahaan dapat lebih mudah untuk mengevaluasi respon pasar terhadap produk dan jasa yang diluncurkan.

Melalui Kotak Saran

Meski terbilang konvesional, namun kotak saran masih dapat dibilang efektif untuk menampung saran dan masukan dari pelanggan tentang produk dan jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu menyediakan kotak saran di tempat tertentu misalnya di area publik bisa menjadi langkah yang mudah untuk menyaring pendapat para pelanggan. Sehingga perusahaan bisa memperoleh gambaran yang jelas sejauh mana produknya dapat diterima oleh pasar.

Manfaat Customer Satisfaction Dalam Peningkatan Bisnis

Di dalam bisnis tentunya customer satisfaction ini sangat penting untuk dijadikan pedoman dan parameter. Hal tersebut untuk memberikan manfaat yang lebih baik lagi pada perusahaan. Banyak hal yang bisa didapatkan dari parameter kepuasan pelanggan tersebut, di antaranya yaitu menfaat sebagai berikut.

Meningkatkan Kreativitas Bisnis

Tanpa disadari saat perusahaan berkaca pada respon dan masukan pelanggan, maka secara tidak langsung perusahaan telah berusaha untuk meningkatkan kreativitas mereka dalam memproduksi barang dan jasa yang baru. Sehingga customer satisfaction ini adalah parameter yang tepat untuk meningkatkan nilai produk dan jasa yang diberikan perusahaan pada pelanggan.

Meningkatkan Pendapatan

Dengan melihat kepuasan pelanggan yang tercipta dari produk dan jasa yang dihasilkan, tentu saja hal ini dapat menjadi langkah terbaik untuk meningkatkan pendapatan secara maksimal. Otomatis saat pendapatan perusahaan meningkat, maka kesejahteraan karyawan perusahaan juga akan lebih baik. Bisnis berkembang lebih besar dan lebih pesat. Sehingga tentunya membawa manfaat positif bagi perusahaan itu sendiri. Terutama dalam hal pemasukan keuangan perusahaan yang dapat meningkat dan memberikan keuntungan yang lebih optimum pada bisnis itu sendiri.

Mendukung Ekspansi Bisnis

Kepuasan pelanggan yang maksimal juga bisa menjadi parameter terbaik untuk mengembangkan bisnis. Contohnya jika mendapat respon yang baik dari para pelanggan tertentu di wilayah tertentu, artinya area tersebut berpotensi untuk menjadi area bisnis yang baru. Dengan demikian maka melihat customer satisfaction juga menjadi cara yang paling mudah dalam melakukan ekspansi bisnis yang paling tepat.

Tentunya sangat penting melihat secara lebih jauh bagaimana pengaruh customer satisfaction tersebut pada bisnis yang dijalankan. Sehingga perusahaan juga dapat menentukan apa langkah terbaik yang dapat diambil kedepannya. Sehingga harapan untuk memajukan bisnis dan mengembangkan inovasi produk yang dipasarkan juga dapat terwujud lebih maksimal. Dengan demikian tentu saja secara tidak langsung hal ini mengarah pada perkembangan bisnis yang lebih baik dan optimal.

Customer satisfaction pada dasarnya merupakan hal yang cukup penting untuk mempertahankan konsumen. Sama pentingnya dengan menggunakan sistem absensi yang lebih efektif dan efisien pada perusahaan. Yaitu dengan menggunakan produk berupa JojoTimes. Dengan produk ini maka perusahaan bisa lebih mudah dalam melihat dan memastikan absensi harian karyawan. Selain itu produk ini juga bermanfaat untuk membantu menghitung cuti karyawan secara tepat dan akurat. Termasuk memastikan data karyawan yang detil dan lengkap secara tersistem.

Semua manfaat tersebut berkat beberapa fitur menarik yang ada pada JojoTimes. Mulai dari fitur Monitor Team Location via Geotagging, Fingerprint Feature, Check In & Check Out Monitoring, Multiple clock-in and clock-out, Leave Management, dan berbagai macam fitur menarik lainnya. Oleh karena itu segera dapatkan coba gratis pada perusahaan Anda. Gantilah sistem absensi perusahaan Anda dengan yang lebih baik hanya bersama JojoTimes.

Aufa Atila:

This website uses cookies.