X

Era Digital Juga Butuh Advertising!

Advertising bukan hanya sekedar kegiatan mengenalkan suatu produk kepada calon konsumen semata. Namun advertising lebih dari itu, saat ini di zaman yang terus berkembang kegunaan advertising juga jadi lebih meluas dan dapat digunakan untuk beberapa kepentingan seperti kepentingan politik, sebagai medium dalam penyampaian suatu informasi, dan membangun citra perusahaan atau perseorangan.

Dalam dunia bisnis, advertising menjadi sebuah saran penting untuk memkasimalkan tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan.  Masuk ke era internet yang semakin cepat dam mudah untuk didapatkan, memunculkan berbagai sarana digital yang dapat meningkatkan digunakan untuk advertising.  Lalu bagaimana cara melakukan advertising di era digital? apakah keuntungan yang didapatkan perusahaan?

Apa itu Advertising

Advertising merupakan sarana komunikasi dengan penggunaan produk atau layanan.Suatu iklan berbayar yang digunakan untuk memperkenalkan suatu produk kepada orang-orang atau mempengaruhi orang lain. Advertising akan selalu hadir meskipun Kmu tidak menyadarinya. Di dunia yang maakin canggih seperti saat ini, advertising menggunakan setiap media yang apapun yang memungkinkan untuk menyampaikan suatu informasi. Media yang digunakan dapat berupa televisi,cetak (majalah,surat,koranjurnal,dll), radio,pers,internet, direct selling, sponsor,poster, acara, warna, suara,visual dan bahkan orang-orang.

Advertising tidak akan terlepas dari yang namanya ide, dalam membuat iklan Kamu membutuhkan ide yang baru dan kreatif berbeda dengan yang lain. Adapun tujuan utama dari advertising yaitu memberi informasi, untuk membujuk, dan mengingatkan.

  • Informative Advertising :  Jenis advertising ini dibuat untuk membuat kesadaran akan merek, produk,layanan, dan ide. Pada bagian ini, perusahaan akan memberitahukan produk dan program baru.
  • Persuasive Advertising : Iklan jenis ini mencoba meyakinkan pelanggan bahwa layanan atau produk ini merupakan yang terbaik, dan itu berfungsi untuk mengubah persepsi dan juga untuk meningkatkan citra perusahaan atau produk. Tujuannya adalah untuk mempengaruhi konsumen untuk mengambil tindakan dan mengganti merek,mencoba produk baru, atau tetap loyal pada merek saat ini.
  • Reminder Advertising : Tujuan advertising digunakan untuk mengingatkan orang tentang kebutuhan mereka akan suatu produk atau layanan atau fitur dan manfaat yang akan diberikan ketika mereka membelinya.

Dengan berkembangnyateknologi, sebenarnya Kamu dapat melakukan hal diatas secara bersamaan menggunakan digital advertising. Kamu dapat melakukan ini secara mandiri atau jika kamu mempunyai budget lebih, kamu bisa membayar agensi untuk mengurus semua iklan digital yang kamu inginkan.  Digital advertising atau online advertising sudah terbukti akan sangat menguntungkan baik untuk bisnis kecil meupun besar.

Hasil menunjukan berdasarkan data Effectiveness of online marketing dari invespro, bahwa sekitar 95% dari pendapatan Google berasal dari iklan online. Selain itu rata-rata pengguna internet diberikan 1.700 advertising. Oleh karena itu bisnis telah berhasil menigkatkan merek hingga 31%.

Indonesia merupakan negara di urutan ke-2 sebagai negara yang memiliki jumlah populasi jiwa terbanyak dengan dilanjutkan oleh Amerika di urutan ke-3. Dengan jumlah 267 jiwa, Indonesia memiliki potensi sebagai pasar bagi bisnis advertising. Hal ini makin diperkuat dengan data dari PubMatic memperkirakan belanja iklan di Indonesia mencapai $2,6 miliar ( Rp 36,5 triliun). Lalu angka ini meningkat sebanyak 26% dibandingkan tahun 2018. Data tersebut menjadi sebuah bukti bahwa kedepannya bisnis-bisnis banyak yang akan menggunakan tehnik ini sebagai sarana pemasaran.

Kegiatan advertising di era yang serba digital saat ini, menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan agar mengoptimalisasikan informasi mengenai produk barang atau jasa yang ditawarkan.

Dengan menggunakan digital advertising, Kamu dapat memperluas jangkauan bisnis yang Kamu miliki. Selain itu dan yang dikeluarkan tidak akan semahal jika kamu masih menggunakan cara tradisional mareting. Sehubungan dengan pembahasan yang diatas, berikut merupakan keuntungan dari menggunakan digital advertising:

Mendekatkan Diri Ke Calon Konsumen

Jika kamu memiliki produk atau jasa dengan target konsumen anak muda, apakah Kamu akan tetap menggunakan cara tradisional ?  Sedangkan ada 51% anak muda yang mengaku menggunakan media sosial instagram,facebook atau twitter selama minimal 3 jam dalam sehari.

Bukankah data diatas menunjukan peluang? dengan menggunakan Instagram Ads atau Facebook Ads, serta membuat konten digital marketing yang baik maka Kamu dapat dengan mudah untuk menarik pelanggan. Ketepatan dalam meilih media sosial dan keyword yang tepat dalam kolom pencarian akan meningkatkan efektivitas pemasaran yang kamu buat.

Kata “Viral” Sebagai Potensi Bisnis

Viral marketing memiliki kesamaan seperti word of mouth yang merupakan metode penyebara informasi atau pesan kepada konsumen melalui kata-kata. Teknik ini berfungsi untuk mendorong pengguna jejaring sosial untuk menebarkan kembali informasi produk atau jasa yang ditawarkan secara berkala dan berkelanjutan. Dengan cara ini , calon konsumen akan memiliki daya ingatan terhadap produk atau jasa yang Kamu tawarkan lebih tinggi.

4.0 Kemudahan Dalam Mengakses Informasi

4.0 merupakan fase ke-4 dari perjalanan revolusi industri dengan perubahan yang sangat cepat termasuk dengan kemudahan mengakses segala informasi. Dengan menggunakan teknik digital advertising ini, semua golongan atau strata sosial dapat mencari informasi mengenai Produk yang kamu punya. Bahkan Kamu dapat melihat data dan informasi mengenai siapa saja yang melihat dan membeli produk Kamu.

Efektivitas Biaya

Menggunakan digital advertising sebagai sarana pemasaran untuk menyebarkan informasi dapat memudahkan kamu dalam memotong biaya pengeluaran. Berbeda ketika kamu menggunakan traditional marketing seperti menyebarkan brosur atau poster, yang akibatnya biaya yang akan dikeluarkan juga cukup mahal. Biaya tersebut berupa untuk jasa cetak dan menyebarkan brosur yang telah dibuat.

Selain memiliki kelebihan, digital advertising juga memiliki beberapa kekurangan yang diantaranya:

Pemahaman yang kurang

Banyak para calon konsumen yang masih belum melek akan kemajuan teknologi, sehingga mempersulit Kamu untuk memasarkan produk yang Kamu punya. Berbeda dengan generasi milenial yang memiliki melek teknologi lebih cepat dari beberapa generasi sebelumnya.

Perdagangan Online terus berkembang

Media digital memiliki yang cenderung cepat, sehingga Kamu sebagai seorang pemasar harus selalu update akan perkembangannya. Sehingga nantinya strategi yang kamu pakai tidak akan tertinggal oleh perkembangan.

Solusi Penggajian Karyawan Secara Otomatis!

Mudahkan pengerjaanmu dengan menggunakan JojoPayroll. JojoPayroll dapat menjadi solusi untuk Kamu dalam penggajian, kelola keuangan dengan hanya sekali klik dan secara mobile. Jojopayroll merupakan solusi berbasis cloud untuk mendukung bisnis Kamu dan transfer ke karyawan secara real-time.

JojoPayrpoll teraktualisasi secara otomatis dengan slip gaji yang juga dikeluarkan secara cepat. Sistem penggajian yang terhitung dengan sendirinya, integrasi yang mudah untuk sistem HRIS saat ini, basis data yang dimiliki komprehensif untuk analisis.

JojoPayroll sudah digunakan di +345 perusahaan, dengan menggunakannya Kamu  dapat memudahkan pekerjaan hingga 85%. Mari gunakan JojoPayroll dan rasakan kemudahan yang diberikan.

Bivisyani Questibrilia:

This website uses cookies.