X

Gawai Adalah; Pengertian, Fungsi, Beserta Jenisnya

Gawai adalah perangkat masa kini yang tercipta seiring berkembangnya teknologi. Jadi jangan heran, jika gawai mampu mempermudah manusia di berbagai aspek kehidupan. Namun, apakah sebenarnya gawai yang istilahnya masih asing bagi sebagian orang ini?

Pengertian gawai adalah

Gawai berasal dari padanan kata gadget. Jika mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), istilah satu ini memiliki dua makna yang cukup berbeda. Makna pertama dari kata gawai ini adalah n kerja; pekerjaan. Artinya, gawai berada di kelas kata nomina yang memiliki makna ‘kerja’ atau ‘pekerjaan’.

Sementara makna kedua adalah n perkakas yang berarti gawai termasuk dalam golongan kata kl (klasik). Makna tersebut tergolong dalam kelas kata nomina bermakna ‘alat’ atau ‘perkakas’. Dalam setiap petunjuk kamus, singkatan kl yang berasal dari kata klasik digunakan pada kata-kata dalam kesusastraan Melayu Klasik.

Dari kedua makna di atas, ada dua homonim kata gawai, yaitu kerja; pekerjaan dan alat; perkakas. Untuk makna pertama sejatinya digunakan sebagai pembentuk kata pegawai yang mengacu pada pekerja di kantor ataupun karyawan. Makna pertama ini masih sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Namun untuk makna kedua hampir tidak pernah digunakan lagi dalam kosakata sehari-hari. Oleh sebab itu, makna tersebut ditandai dengan singkatan kl di dalam kamus. Makna kedua yang mengacu pada alat atau perkakas penunjang pekerjaan ini pada akhirnya menjadi padanan kata berbahasa Inggris, yaitu gadget.

Menurut Wikipedia berbahasa Indonesia, gawai adalah suatu peranti yang bertujuan dan berfungsi praktis. Secara spesifik, gawai dirancang sebagai alat yang lebih canggih ketimbang perangkat teknologi yang telah diciptakan sebelumnya.

Pengertian gawai secara umum

Secara umum, gawai bisa diartikan sebagai suatu perangkat elektronik yang memiliki model penggunaan cukup praktis dan memiliki fungsi khusus. Tentu saja fungsinya bisa sebagai media untuk mempermudah berbagai pekerjaan manusia, sebagai alat komunikasi ataupun media hiburan.

Gawai juga bisa dikategorikan sebagai perangkat elektronik portabelkarena gawai bisa digunakan tanpa harus tersambung dengan stop kontak beraliran listrik.

Fungsi gawai adalah

Seperti yang telah disebutkan di atas, secara umum gawai berfungsi sebagai media komunikasi dan lain sebagainya. Untuk bisa mengklasifikasikan fungsi dari gawai tersebut, maka harus dilihat lagi jenisnya. Pasalnya, ada banyak jenis gawai memiliki fungsi yang berbeda-beda seperti berikut ini:

Media komunikasi

Sebagian besar pengguna gawai pasti sangat merasakan fungsinya sebagai media komunikasi. Cukup berdekatan dengan gawai, maka seseorang bisa berkomunikasi dengan pengguna gawai lainnya meskipun tidak berada di lokasi yang sama.

Membantu akses informasi

Beberapa jenis gawai juga diketahui memiliki fungsi untuk mengakses informasi, seperti misalnya smartphone, smartwatch, dan lainnya.

Menambah wawasan

Gawai bisa membantu kita dalam mengakses segala bentuk informasi secara mudah. Dengan demikian, kita bisa sedikit lebih maju dan menambah wawasan. Ketika komunikasi lancar, maka segala bentuk informasi tentu bisa lebih mudah didapatkan.

Sarana hiburan

Salah satu cara mengakses internet dengan cara menggunakan gawai. Melalui internet, kita bisa mendapatkan beragam bentuk hiburan, mulai dari musik hingga video.

Gaya hidup masa kini

Salah satu fungsi gawai yang tidak bisa dipungkiri adalah kenyataan dalam memperkuat kepercayaan diri seseorang. Semakin mewah gawai yang dimiliki, maka semakin terlihat pula gaya hidup orang tersebut.

Berbagai jenis gawai

Sebagian orang menganggap, bahwa gawai adalah sama dengan handphone atau smartphone. Faktanya, kedua istilah ini tidak memiliki arti yang sama. Sebab, handphone (HP)adalah salah satu jenis gawai.

Berikut ini beberapa jenis gawai berdasarkan fungsi dan kegunaannya masing-masing.

Handphone /smartphone

Ketahuilah, handphone (HP) atau yang juga sering disebut dengan smartphone adalah salah satu jenis gawai yang paling banyak digunakan saat ini. Seiring berkembangnya teknologi, ada banyak ragam handphone yang dijual di pasaran. Setiap pabrikan handphone menggunakan operating system yang berbeda-beda, seperti misalnya Android, iOS, ataupun Windowsphone.

Selain digunakan sebagai media komunikasi seperti telepon ataupun pesan singkat, handphone juga kerap digunakan sebagai media hiburan. Pasalnya, handphone atau smartphone masa kini bisa dengan mudah tersambung pada internet. Dengan begitu, para penggunanya pun semakin bebas mengakses segala jenis hiburan, seperti musik, video, hingga film.

Komputer/laptop/notebook

Selain HP, gawai lain yang juga banyak penggunanya adalah komputer, laptop, ataupun notebook. Biasanya, jenis gawai satu ini paling banyak digunakan untuk mendukung aneka pekerjaan. OS pendukung gawai ini juga sangat beragam. Mulai dari Windows, Mac, Linux, dan lain sebagainya.

Tablet

Dengan bentuk sedikit lebih lebar daripada HP, tablet jadi gawai paling populer berikutnya. Jika dibandingkan dengan HP, keunggulan tablet terletak pada layarnya yang lebih lebar sehingga para pengguna gawai ini lebih nyaman dan puas, baik untuk streaming, bermain game, hingga menggambar secara digital.

iPad

Sebagai pabrikan gawai nomor satu di Amerika Serikat, Apple turut mengeluarkan iPad yang jadi perpaduan antara tablet dan juga komputer. Hampir semua aktivitas yang bisa dilakukan oleh komputer juga bisa kamu lakukan di iPad. Gawai satu ini memang sangat ideal digunakan untuk belajar ataupun menyelesaikan pekerjaan.

Kamera digital

Kamera digital juga termasuk dalam kategori atau jenis gawai, baik itu yang model poket, DSLR, ataupun mirrorless. Gawai satu ini biasa digunakan untuk mengabadikan berbagai momen penting melalui jepretan foto.

Headphone/headset/earphone/airpods

Siapapun pasti setuju, jika salah satu cara terbaik menikmati musik adalah dengan menggunakan HP yang kemudian dibantu lagi dengan penggunaan headphone/headset. Sebab, mendengarkan musik menggunakan gawai satu ini terbilang lebih tenang dan nyaman untuk dinikmati. Selain itu, menggunakan headphone/headset saat mendengarkan musik bisa lebih menjaga privasi diri sendiri maupun orang lain di sekitar.

Selain jenis-jenis gawai yang telah dijelaskan tadi, masih ada beberapa jenis lain seperti misalnya, powerbank, drone, mouse wireless, media player (MP3/Ipod), smartwatch, dan lain sebagainya.

JojoPayroll jadi solusi kebutuhan human resources yang bisa diakses melalui gawai

Di balik perkembangan teknologi yang sedemikian canggih saat ini, gawai ternyata bukan hanya mampu digunakan untuk menunjang kegiatan komunikasi maupun hiburan saja. Ada banyak aplikasi pendukung pekerjaan yang juga bisa diunduh melalui gawai. Salah satunya adalah JojoPayroll.

JojoPayroll merupakan aplikasi yang jadi solusi kebutuhan human resources di perusahaan kamu. Melalui aplikasi satu ini, kamu bisa melakukan digitalisasi sistem payroll supaya lebih efisien dalam melakukan proses penggajian karyawan perusahaan. Selain itu, aplikasi ini didesain dengan teknologi super canggih sehingga memungkinkan kamu untuk menghitung payroll secara akurat dan prorate secara otomatis.

Bahkan, JojoPayroll mampu mengkonfigurasikan pemanfaatan berbagai data untuk menghitung tunjangan, deduction, dan juga lembur karyawan. Tak ketinggalan, perhitungan BPJS kesehatan dan ketenagakerjaan, serta PPH21 setiap karyawan juga akan dihitung secara otomatis sekaligus praktis.

Menarik bukan fitur yang ditawarkan oleh aplikasi persembahan dari Jojonomic satu ini? Jika kamu menginginkan sistem penggajian yang lebih efisien dan jauh dari kata rumit, segera unduh JojoPayroll dan dapatkan versi gratisnya selama 14 hari melalui tautan gambar di bawah ini ya!

Hanan Kuncoro:

This website uses cookies.