X

HR Gap Analysis Merupakan Cara Mudah Dapatkan Indikator Kemajuan

Cara termudah untuk mengetahui kemajuan SDM adalah dengan HR gap analysis, seorang HR harus mampu membuat sebuah analisa yang baik untuk bisa menghasilkan sebuah keputusan bagi perusahaan. Maka menggunakan metode gap analysis merupakan salah satu cara yang sering digunakan.

Lalu apa itu gap analysis?, analysis gap adalah sebuah cara untuk mendapatkan berbagai langkah yang lebih pasti kedepannya. Langkah yang diambil berdasarkan gap analysis ini untuk kemajuan perusahaan itu sendiri, jadi metode ini penting sekali bagi setiap bisnis.

HR gap analysis cenderung kepada sumber daya manusia didalam perusahaan, karena fokus human resource memang kepada karyawan dan sebagainya. Menggunakan analysis gap anda bisa mendapatkan langkah yang perlu diambil serta akan mengetahui berbagai masalah penyebab kemunduran sebuah perusahaan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • 0 of 500 max characters

Didalam gap analysis terdapat berbagai komponen yang bisa menjadi indikator progess sebuah perusahaan. Anda perlu mengetahui berbagai komponen itu sebelum memakai gap analysis ini, agar hasil dari analysis yang diberikan maksimal.

Komponen Didalam HR Gap Analysis

Untuk bisa menggunakan analisa gap anda terlebih dahulu harus menentukan berbagai komponennya. Tentu saja komponen ini berdasarkan fakta-fakta yang terjadi dilapangan, serta data yang telah terkumpul dari hasil perfoma SDM.

Daftar Dari Karateristik SDM

Daftar karakteristik adalah acuan utama dari analisa menggunakan gap. Didalam point yang akan dianalisa terdapat beberapa hal, seperti atribut, kompetensi dan terakhir adalah tingkat kinerja. Apabila ketiga point itu digunakan kepada sumber daya manusia maka akan menghasilkan beberapa analisa.

Atribut dari sumber daya manusia, anda bisa mulai menganalisa dari sikap mereka ketika melaksanakan pekerjaannya. Atribut menjadi acuan utama bagi HR untuk menilai baik buruknya seorang pegawai, karakter seorang karyawan akan terjamin dari atributnya.

Kompetensi disini adalah kemampuan dari setiap sumber daya manusia yang dianalisa menggunakan gap. Karena setiap karyawan pasti memiliki keterampilannya sendiri dalam menyelsaikan masalah ataupun pekerjaanya.

Tingkat kinerja atau produktifitas, ini adalah point terakhir tapi tidak boleh luput dari analisa karena juga mempengaruhi hasil yang diberikan. Produktifitas seorang pegawai bisa dipengaruhi berbagai faktor mulai dari mood hingga lingkungan tempatnya berkerja.

Membuat Rancangan Kedepannya

Setelah mengamati atribut, kompetensi serta tingkat kinerja maka selanjutnya dalam HR gap analysis anda harus membuat rancangan kedepannya. Disini HR harus memiliki pemikiran tentang kemungkinan buruk serta baik apa yang harus diambil.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HR Suites hari ini.
  • 0 of 500 max characters

Mengenali segala resiko dari pengambilan keputusan serta solusi terbaik yang harus diambil adalah bagian dari pembuatan rancangan ini. Intinya semakin terbiasa untuk melakukan gap analysis ini maka resiko dalam suatu perusahaan akan bisa ditekan sekecil mungkin.

Mulai dari resiko finansial sampai produksi bisa diatasi dengan HR gap analysis ini. Jadi acuan pembuatan langkah kedepannya memang harus memakai metode gap, sebaliknya tidak menerapkan metode gap analysis apabila hendak mengambil keputusan dalam perusahaan justru beresiko mendapatkan kerugian dari berbagai elemen didalamnya.

Kesenjangan Didalam Perusahaan

Point terakhir dalam gap analysis adalah memasukan kesenjangan didalamnya. Kesenjangan disini juga berarti jarak, misal pekerja A memiliki produktifitas 10 sedangkan si B hanya 7 maka nilai kesenjangannya adalah 3. HR harus mengetahui apa yang menyebabkan nilai 3 kesenjangan tersebut dan bisa mengetahui jalan terbaik agar bisa memiliki produktifitas yang sama.

Kesenjangan dalam suatu perusahaan akan sangat mempengaruhi produktifitas maupun finansialnya, semakin kecil jarak perbedaan diantara karyawan maka akan lebih baik. Itu berarti setiap karyawan memiliki performa yang baik, tentu standar dari nilai kesenjanganpun harus tinggi.

Apabila standarnya rendah lalu semua karyawan memiliki kesenjangan yang sama berati mereka semua memiliki performa buruk. Melakukan analisa seperti ini memang terbilang rumit, tapi dari kerumitan ini bisa dihasilkan sebuah solusi yang pas untuk berbagai kendala didalam sebuah perusahaan.

Ketiga komponen didalam HR gap analysis bisa berdasarkan hasil kerja sebelumnya dari karyawan. Lalu setelah mendapatkan hasil dari analisa HR harus segera memikirkan langkah selanjutnya yang akan diambil demi kepentingan perusahaan.

Dalam dunia bisnis sebenarnya analisa gap bisa diterapkan kedalam berbagai jenis laporan, disini kami hanya akan menjelaskan metode gap untuk HR saja. Karena metode ini juga ternyata memberikan hasil baik ketika diterapkan kedalam permasalahan HR.

Tentu saja sebelum melaksanakan analisa ini HR harus menggali data-data terakit sebelumnya, biasanya performa serta kebiasaan karyawan yang paling berperan didalam analisa ini. Faktor lain seperti mood dan permasalahan lingkungan kerja sering kali diabaikan karena ditakutkan menambah kemungkinan lainnya.

Titik utama dari HR gap analysis adalah tercapainya SDM yang lebih baik bagi perusahaan. Sumber daya manusia didalam perusahaan harus selalu berkembang jangan sampai diam dititik itu terus, perkembangan dari kemampuan karyawan tergantung dari hasil analisa HR dan program apa yang akan diterapkan selanjutnya.

Metode Terbaik Untuk Pengambilan Keputusan

Bagi HR menggunakan analisa gap bisa memberikan banyak keputusan terbaik, karena didalamnya akan terlihat jelas kompetensi serta kesenjangan setiap karyawan. Hal yang sering kali luput dari analisa menggunakan metode lain akan terlihat jelas apabila menggunakan gap.

Walapun saat pengumpulan datanya memang dibutuhkan waktu yang tidak sebentar gap selalu memberikan hasil terbaik bagi HR. Maka tidak heran banyak HR yang rela menghabiskan waktunya di kantor untuk melakukan analisa ini.

Adakah solusi untuk melakukan HR gap analysis tapi tidak memakan waktu serta tenaga?, jawabannya hanya satu yaitu dengan memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini melalui software canggih yang tersedia di internet.

Software utama yang bisa anda gunakan untuk mempermudah pekerjaan HR adalah dari jojonomic yaitu jojotimes. Anda pasti penasaran kenapa harus jojotimes?, selain menggunakan pemerograman terbaik jojotimes memberikan gap analisis yang akurat dalam kalkulasinya. Ia juga menggunakan seluruh data yang ada didalam perusahaan sehingga sangat konkrit.

Mulailah memanfaatkan kemajuan teknologi untuk meringankan beban pekerjaan anda. Andapun perlu waktu bersantai agar produktifitas tidak terganggu, pekerjaan yang dulu sangat menjadi beban sekarang sudah bisa diselsaikan dengan segera.

Jojotimes memiliki keunggulan memonitor aktifitas karyawan anda dengan sangat akurat. Karena didalam software ini menggunakan pengenalan wajah dan GPS, sehingga alasan bolos kerja seperti urusan keluarga yang tidak jelas bisa diketahui dengan mudah.

Sangat menghemat waktu ketika anda menggunakan software jojotimes untuk membuat laporan HR gap analysis. Data yang dibutuhkan akan diberikan secara cepat oleh sotware ini, sebanyak apapun data tetap akan diselsaikan dengan hitungan menit.

Tidak perlu lagi berlama-lama didepan monitor atau berkas, anda cukup memasukan perintah kedalam software jojotimes dan tunggu hasil yang diberikan secara otomatis. Penasaran bukan? Ingin segera memakai aplikasi ini.

Caranya mudah anda cukup mencoba demo yang diberikan oleh tim pengembang secara gratis di jojonomic, lalu selanjutnya cukup download demo jojotimes dan nikmati kemudahan pekerjaan anda.

Bivisyani Questibrilia:

This website uses cookies.