X
    Categories: Marketing

Influencer Sebagai Media Pemasaran Perusahaan

Influencer mungkin sebagian orang memahami dengan jelas apa artinya. Istilah ini menjadi lebih sering didengar karena mungkin Anda sering mendengarkan kata influence. Jika dipahami secara sederhana berarti istilah ini bisa diartikan sebagai seseorang yang dapat memberikan pengaruh pada masyarakat. Ada banyak orang yang bisa menjadi influencer di sekitar kita misalnya seperti selebritis atau mungkin youtuber serta public figure yang sosoknya dianggap penting dan sangat berpengaruh bagi masyarakat.

Seseorang bisa saja dianggap sebagai influencer ia memiliki pengaruh yang kuat pada masyarakat. Apa saja yang dilakukan dan dikatakannya bisa saja menjadi sumber inspirasi bagi orang lain. Bahkan segala perbuatan dan perkataannya tersebut terkadang juga bisa menambah motivasi Anda. Terkadang orang yang bisa memberikan pengaruh seperti ini akan menjadi trend setter baik dalam lingkup kecil maupun lingkup besar. Terlebih lagi di masa modern seperti sekarang ini yang ditandai dengan semakin banyaknya orang yang membuka bisnis sendiri. Mulai dari bisnis kecil-kecilan saja hingga bisnis berskala besar tampaknya menjadi suatu hal yang menarik bagi kebanyakan orang sekarang ini.

Tentu untuk mengembangkan suatu bisnis tidak hanya diperlukan modal yang cukup saja. Namun untuk mengembangkan suatu bisnis juga diperlukan sumber inspirasi dan motivator yang tentunya dapat membantu menyemangati Anda dalam menjalankan bisnis. Dengan adanya motivasi tersendiri maka bisnis atau usaha dapat dijalankan dengan baik. Sekalipun ada hambatan atau kendala namun motivasi bisa membuat Anda untuk bisa tetap semangat dalam menjalankan bisnis dan tetap berjuang keras menjalankan bisnis.

Memilih Influencer yang Tepat

Jika ingin memilih influencer yang tepat sebagai representatif usaha atau produk yang kita miliki, sebaiknya lakukan beberapa tips berikut ini:

1. Menyesuaikan dengan budget.

Budget atau anggaran seringkali menjadi hal utama yang turut menjadi pertimbangan dalam melangkah. Termasuk pula dalam hal bisnis yang tentunya harus mempertimbangkan segala sesuatunya dengan memperhitungkan anggaran atau budget secara tepat. Demikian pula pada saat memilih tokoh yang akan dijadikan sebagai motivator sebaiknya tetap disesuaikan dengan budget yang telah tersedia. Jika memang budget yang tersedia itu terbatas maka Anda bisa bekerja sama dengan seseorang yang dapat memberikan pengaruhnya kepada orang lain dan sering berinteraksi secara intens.

2. Menyocokkan dengan target pasar.

Target pasar pada dasarnya bisa berguna untuk mengetahui sasaran atau konsumen Anda. Menentukan target pasar memang menjadi bagian yang penting dalam hal menjalankan bisnis. Oleh karena itu saat Anda menentukan public figure untuk dijadikan sebagai contoh atau untuk menambahkan motivasi pada Anda dalam menjalankan bisnis maka Anda mungkin bisa memilih seseorang yang sering melakukan posting berkitan dengan target pasar Anda. Misalnya saja jika Anda sedang menjalankan usaha di bidang pakaian anak-anak maka mungkin saja Anda bisa menjadikan public figure yang seringkali memberikan panduan mengenai parenting.

3. Menentukan skala promosi.

Skala promosi bisa menjadi langkah awal bagi Anda untuk menentukan jalannya bisnis Anda. termasuk pula dalam hal promosi atau memasarkan produk Anda. Dalam menjalankan usaha atau bisnis tentu Anda perlu menentukan tujuan promosi sehingga Anda bisa memilih public figure yang tepat. Jika memang skala promosi besar maka Anda bisa bekerja sama dengan tokoh atau public figure yang telah terkenal sehingga bisa menggebrak pasar. Namun jika memang skala promosi Anda tergolong kecil maka Anda bisa bekerja sama dengan public figure dengan budget yang tidak banyak.

4. Memiliki reputasi yang baik.

Pilihlah tokoh atau public figure dengan reputasi yang baik untuk dijadikan sebagai sumber inspirasi atau motivator bagi Anda. Bagaimanapun bentuk dan jenis pengaruh yang diberikan oleh seorang tokoh atau public figure namun bekerja sama dengan orang yang memiliki reputasi baik akan membuat Anda merasa lebih nyaman dan lebih tenang. Jika public figure yang digunakan pernah atau sering terlibat masalah dengan hukum maka hal ini akan berpengaruh pada produk yang Anda jual atau sedang dipromosikan. Oleh karena itu pilihlah tokoh dengan reputasi yang baik sehingga hal ini dapat membantu mengembangkan bisnis Anda.

5. Intensitas update konten cenderung baik.

Posting di media sosial sebenarnya secara tidak langsung bisa memberikan masukan bagi Anda apakah public figure yang melakukan posting tersebut bisa dijadikan sebagai influencer dalam bisnis yang sedang Anda jalankan ataukah tidak. Jika seorang public figure seringkali melakukan posting dalam satu hari maka kemungkinan besar konten promo Anda akan menjadi lebih cepat hilang. Tentu hal ini bisa berdampak pada produk Anda karena konsumen pada akhirnya tidak melihat produk Anda. Oleh karena itu cermatilah kebiasaan public figure yang akan bekerja sama dengan Anda terutama dalam hal mengelola posting.

6. Perjanjian kerja sama jelas.

Perjanjian kerja sama yang dibuat antara Anda dan public figure atau tokoh tertentu haruslah dilakukan dengan jelas dan terperinci. Sebisa mungkin hak dan kewajiban masing-masing pihak haruslah jelas. Dengan adanya pola kerja sama yang jelas maka tidak akan tidak akan terjadi kesalahpahaman di kemudian hari.

Manfaat Influencer dalam Pemasaran Produk

Dengan hadirnya seorang tokoh atau public figure dalam bisnis Anda maka bisnis And aakan menjadi pusat perhatian bagi masyarakat. kehadiran public figure sebagai influencer memang bisa menambah kepercayaan konsumen pada perusahaan Anda sehingga produk yang dijual dalam bisnis Anda bisa menjadi lebih meningkat. Demikian pula dengan permintaan pasar juga akan semakin meningkat karena hadirnya public figure. Penggunaan influencer rupanya bisa menjadi salah satu strategi promosi terbaik. Sebab promosi dengan menghadirkan public figure dirasa lebih efektif. Hal ini bisa menjadi salah satu dari sekian strategi marketing untuk memasarkan produk. Oleh karena itu memilih tokoh atau public figure harus dilakukan dengan langkah yang tepat. Sebab kehadiran public figure akan menjadi pusat perhatian bagi para pelanggan Anda.

Menggunakan influencer memang akan bermanfaat dalam meningkatkan pemasaran dan keuntungan perusahaan. Sama halnya jika menggunakan produk yang tepat untuk pengaturan keuangan perusahaan. Salah satunya menggunakan JojoExpense, dimana produk ini terbukti dapat memberikan manfaat mulai dari catatan pengeluaran dan pemasukan yang detil serta akurat, sistem rembus yang cepat dan efektif, hingga sistem kas yang otomatis dan mudah dilakukan.

Tentunya aneka manfaat dari JojoExpense ini berkat beberapa fitur menarik yang memang tersemat di dalamnya. Contohnya yaitu fitur Multi-stage Approval & Disbursement Flow, Approval Status Tracking Monitor, Monitoring Requester’s Budget Limit, Custom Expense Categories, serta beberapa fitur menarik lainnya. Dengan fitur ini tentu akan semakin memantapkan keputusan untuk beralih pada produk yang jauh lebih efektif dan efisien tersebut. Jadi, tunggu apa lagi, dapatkan coba gratis di perusahaan Anda sekarang juga. Mantapkan pilihan hanya pada penggunaan JojoExpense, bukan yang lain!

Bivisyani Questibrilia:

This website uses cookies.