X

Kerja Saat Puasa : Tips yang bisa anda aplikasikan dirumah anda!

Kerja Saat Puasa di bulan Ramadhan merupakan salah satu bentuk ibadah wajib yang wajib diikuti oleh semua umat Islam. Namun banyak dari kita yang sudah bekerja pasti akan merasa bahwa berpuasa dengan bekerja itu sulit berkonsentrasi.

Hanya saja pekerjaan itu sangat melelahkan, dan perut kosong pasti akan membuat orang sulit berkonsentrasi dan menurunkan produktivitas. Meski begitu, puasa sebaiknya jangan dijadikan alasan untuk mengabaikan kewajiban Anda yang lain, termasuk bekerja seperti biasa.

Agak sulit sih, tapi yang namanya kewajiban yang harus dijalankan dengan benar yaitu beribadah dan bekerja. Oleh karena itu, agar puasa berjalan lancar dan tetap menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, lakukan tindakan sederhana berikut.

Rencanakan Buka Puasa dengan teman kerja

Berbuka puasa bersama teman bisa membuat Anda merasa nyaman dan lebih semangat dalam bekerja. Yang harus dilakukan adalah Bicarakan hal-hal kecil yang menarik, seperti masakan tagil, menu makanan, dan tempat makan, agar bisa cepat makan saat istirahat bersama rekan kerja nanti.

Yang pastinya akan membuat kamu semakin semangat dan akan bertemu setelah lelah jam kerja Ingatlah beberapa hal yang dinanti-nantikan. Hindari untuk mengabaikan pekerjaan hanya untuk merencanakan acara buka puasa. Paket buka puasa bisa dicicil selama waktu senggang atau istirahat. Untuk pekerjaan harus dilakukan seperti biasa untuk menghindari penumpukan.

Perhatikan komposisi makanan saat makan

Ketahuilah bahwa Anda akan melakukan aktivitas rutin, meski bukan berarti Anda bereaksi berlebihan saat menyiapkan sahur. Bahan makanan yang tidak seimbang saat sahur tidak akan memberikan efek energi tambahan saat beraktivitas, begitu pula sebaliknya. Komposisi makanan yang seimbang harus tetap menjadi menu utama Anda di setiap sahur.

Pastikan Anda selalu memasukkan sayur dan buah saat sahur untuk memenuhi kandungan vitamin yang dibutuhkan tubuh Anda. Kurangi konsumsi gorengan, mungkin sesekali tetapi tidak setiap hari. Cobalah makanan yang direbus, seperti sup ayam sayur. Hindari Makan terlalu banyak makanan yang mengandung kalori dan lemak bisa membuat Anda lemas bahkan sampai sakit kepala saat bepergian.

Perhatikan konsumsi air ketika Kerja Saat Puasa

Air sangat penting bagi tubuh kita. Selain mencegah dehidrasi pada tubuh manusia, mineral dalam air yang dimurnikan juga penting untuk menjaga kandungan oksigen di otak yang mempengaruhi perhatian kita saat bekerja.

Nah, karena harus berpuasa, pastikan minum air putih minimal 2-3 gelas saat sahur. Saat akan makan sahur, setelah makan dan sebelum putusan. Selain itu, pastikan untuk minum air putih minimal 2 gelas saat berpuasa dan minimal 2 gelas air putih saat Anda tidur.

Dengan melakukan operasi rutin ini selama berpuasa, maka kebutuhan air dan mineral dalam tubuh tetap dapat terpenuhi. Hindari Saat berpuasa, harap terlalu banyak mengonsumsi minuman manis dan dingin. Jika Anda ingin minum minuman manis yang dingin dan segar, itu sudah cukup.

Kerja Saat Puasa usahakan Cukup tidur

Selama bulan puasa, tidak hanya perubahan pola makan, tapi juga pola tidur. Oleh karena itu, sangat penting untuk mempersiapkan tubuh agar tidak mudah sakit saat berpuasa. Sekalipun waktu makan Anda dipersingkat, Anda harus tetap bisa cukup tidur.

Anda dapat pergi tidur lebih awal dari waktu tidur biasanya dan mencoba untuk tidur sebentar di kantor agar lebih baik daripada pintar. Hindari Begadang dan banyak minum minuman berkafein, minuman ini akan membuat tidur kurang nyenyak dan nyenyak.

Kurangi aktivitas ketika Kerja Saat Puasa

Bekerja sudah menjadi aktivitas yang memakan banyak energi, tentunya pekerjaan menjadi prioritas utama, artinya sebelum bekerja usahakan untuk tidak menghabiskan banyak energi untuk hal-hal lain. Perlu diingat bahwa dibutuhkan banyak energi untuk berkonsentrasi dan berkonsentrasi dalam waktu yang lama.

Lakukan Joging selama 30 menit setiap pagi, atau jika Anda masih ingin mengikuti rencana olahraga Anda setiap hari, lakukan joging sebelum istirahat. Hindari Terlibat dalam hobi yang mencakup olahraga ringan dan berat, seperti seni bela diri, menari, atau maraton.

Istirahat selama 10 menit setiap 2 jam

Saat Anda terlalu sibuk dengan pekerjaan, energi Anda akan lebih cepat habis. Karena konsentrasi akan memakan banyak tenaga, apalagi jika berpuasa terlalu lama. Anda mungkin mengalami migrain dan bahkan anemia.

Yang harus dilakukan, jika Anda terlalu lelah, sebaiknya luangkan waktu 10 menit untuk mengistirahatkan mata dan tubuh Anda. Anda bisa tidur siang selama 10 menit, mengobrol sebentar dengan rekan kerja, atau duduk lama dalam posisi yang sama untuk meregangkan otot kaku Anda.

Hindari Terlalu terang untuk mengatur cahaya monitor komputer atau laptop yang Anda gunakan. Memantau cahaya yang terlalu terang atau terlalu gelap dapat dengan cepat membuat mata Anda lelah dan menyebabkan sakit kepala.

Bekerja seefisien mungkin

Bekerja selama bulan puasa bukan berarti beban kerja Anda berkurang. Bahkan, karena libur lebaran tidak ada cukup lama, Anda bisa menyelesaikan liburan sepi dan riang sepanjang mungkin dalam waktu singkat.

Yang harus dilakukan, Jika tidak sebelumnya, Anda tidak memiliki daftar pekerjaan prioritas. Sebaiknya coba buat daftar prioritas selama Ramadhan supaya bisa cepat menentukan tugas mana yang bisa diselesaikan, sehingga bisa menyusun tugas lain yang mungkin memakan banyak waktu, agar bisa mencicil dan menyelesaikannya. pada waktunya.

Selain itu, selama berpuasa sebaiknya tidak menghabiskan waktu terlalu lama saat istirahat. Misalnya, Anda biasanya menghabiskan 1 jam untuk istirahat, jadi kurangi menjadi 30 menit. Toh, bekerja bisa menyelamatkan Anda dari rasa lapar dan haus saat berpuasa.

Hindari melakukan 2 pekerjaan sekaligus. Multitasking membutuhkan perhatian yang tinggi dan tentu saja menghabiskan lebih banyak energi. Ini tidak hanya akan memengaruhi kecepatan Anda, tetapi juga produktivitas Anda.

Kesimpulan

Jangan gunakan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan. Bagi seluruh umat Islam, puasa adalah ibadah wajib, dan itu terjadi setiap tahun. Oleh karena itu, saat Anda memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan puasa, puasa tidak bisa dijadikan alasan untuk bermalas-malasan. Ingatlah selalu untuk menjaga kesehatan tubuh, konsumsi lebih banyak vitamin, dan kurangi makanan berminyak saat sahur atau puasa.

Bekerja saat bulan puasa terkadang bisa mengurangi semangat, bukan? Karena suasana kantor yang dingin dan perut yang kosong pasti akan membuat Anda ingin tidur. Tolong, jangan gunakan Ramadhan sebagai alasan untuk malas. Agar Anda semakin semangat bekerja selama bulan puasa, jojonomic memberikan tips untuk Anda. Yuk, baca di sini!

JojoExpense Membantu Anda Mengelola Pengeluaran Perusahaan dengan Lebih Efisien dan Hemat Waktu. Mengelola Data Klien Menjadi Lebih Mudah, JojoExpense memberi Anda akses mudah menuju keuangan perusahaan Anda tidak peduli tempat dan waktu.

Baik Anda mau mengajukan request reimbursement atau mengizinkan cash advance, semua dapat dilakukan melalui telepon genggam Anda. Anda dapat mengajukan request Anda secara langsung atau simpan untuk nanti, misalnya Anda ingin cek ulang aplikasi Anda. Semuanya tergantung Anda yang berkuasa soal manajemen finansial Anda sendiri.

Ketika Anda sudah duduk di meja Anda, Anda bisa fokus sepenuhnya pada tugas-tugas penting dan serahkan manajemen sampingan pada proses otomatis. Yuk pakai aplikasi expense management dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!

Hayyu Anindita:

This website uses cookies.