X
    Categories: Bisnis

Keunggulan dan Persiapan Affiliate Marketing

Ada banyak cara untuk berbisnis apalagi jika berkaitan dengan internet. Salah satu bisnis tersebut adalah dengan cara affiliate. Para prinsipnya, affiliate marketing ini merupakan sistem penjualan yang berbasis pada komisi. Sehingga jika anda berhasil menjual produk tersebut maka anda akan mendapatkan komisi.

Pengertian Affiliate Marketing

Masih banyak orang yang bingung, apakah affiliate sama dengan dropship ataupun reseller? Jawabannya adalah berbeda. Affiliate marketing merupakan sistem bisnis yang membayar jasa seseorang kala orang tersebut sudah berhasil untuk menjual produk dari perusahaan atau milik orang lain lewat internet.

Jadi, jika Anda merupakan marketernya, maka Anda tidak perlu memiliki barang tersebut. Dengan kata lain, anda hanya akan menjadi penjualnya saja bukan pihak yang membuat. Walaupun terdengar sama, namun affiliate berbeda dengan dropshipping dan reseller. Perbedaannya yaitu:

1.     Sistem Affiliate Marketing

Jika dilihat dari sistemnya, dropshipping dan affiliate memiliki sistem yang hampir mirip. Bedanya, affiliate harus mendaftar dahulu di tempat tertentu, misalnya di online shop yang menyediakan layanan affiliate. Butuh persetujuan dari pemilik online shop dan biasanya tidak perlu waktu cukup lama.

Sedangkan dropshipping hanya meminta atau mengemukakan maksudnya. Bahkan dengan menggunakan marketplace, Anda sudah bisa melakukan dropship. Lain lagi dengan reseller. Untuk menjadi reseller maka Anda harus memiliki produknya. Sedangkan baik affiliate ataupun dropship, tidak perlu memiliki produknya. Hanya perlu gambar dan keterangan untuk memasarkannya.

2.     Komisi Affiliate Marketing

Dropship, affiliate dan reseller memiliki komisi yang berbeda. Untuk dropship, biasanya sesuai dengan ketentuan pemilik produk misalnya hanya 5-10% dari harga produk. Sedangkan affiliate memiliki komisi sekitar 20-40% dan reseller memiliki komisi paling besar yaitu sekitar 30-80%.

3.     Tempat Jualan Affiliate Marketing

Untuk tempat jualan , dropship bebas untuk menjual dimanapun. Misalnya dengan menggunakan media sosial, ataupun dengan marketplace. Sedangkan reseller biasanya menggunakan website ataupun menjualnya langsung ke konsumen.

Lain halnya dengan affiliate marketing, untuk berjualan dengan sistem affiliate, maka Anda harus memiliki website terlebih dahulu. Website tersebut juga akan didaftarkan ke toko utama, tempat dimana Anda menjadi marketernya. Jika sudah disetujui maka Anda akan bisa mengambil gambar dan informasi dari website tersebut untuk Anda gunakan di website Anda.

Keunggulan Sistem Affiliate Marketing

Tidak ada salahnya untuk mencoba berbisnis dengan sistem affiliate marketing karena keuntungan seperti berikut ini:

1.     Proses Mudah

Untuk menjadi seorang marketer dengan sistem affiliate, proses yang dilalui cukup mudah. Anda hanya perlu memiliki website terlebih dahulu. Kemudian pastikan apa saja ketentuan dari toko yang menyediakan tempat untuk affiliate. Ini karena masing-masing toko tersebut memiliki ketentuan yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Ketentuan tersebut juga akan berpengaruh pada besar komisi yang diperoleh nantinya. Setelah proses selesai, Anda bisa langsung berjualan.

2.     Biaya Murah

Dibandingkan dengan reseller, affiliate jauh lebih murah. Anda bisa membeli domain dan menggunakan hosting yang sudah ada atau patungan dengan teman Anda. namun, ada pula perusahaan yang mensyaratkan affiliate untuk membeli produknya. Jika Anda memilih perusahaan tersebut, pastikan produknya bisa Anda pergunakan dan butuhkan. Sehingga yang Anda keluarkan sebanding dengan yang Anda terima.

3.     Menjadi Passive Income dan Waktu Fleksibel

Saat ini, Anda tidak bisa sepenuhnya mengandalkan gaji seperti pekerja kantoran. Sehingga mau tidak mau harus menyiapkan ‘cadangan’ seperti sistem affiliate marketing. Anda bisa mengerjakan pekerjaan ini, dengan menjual produk tersebut ke orang lain, kapan saja Anda memiliki waktu luang.

Karena berbasis online, sasaran pasar juga akan lebih tinggi. Sehingga tingkat penjualan juga akan semakin lebih besar, terutama jika Anda bisa bahasa inggris.

4.     Tidak Terikat 1 Affiliate

Menjadi affiliate seperti memiliki pekerjaan paruh waktu. Sehingga Anda bisa bebas mengambil atau memiliki lebih dari 1 affiliate. Karena hal tersebut, jika bisnis anda sukses, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan atau komisi yang besar.

5.     Memperoleh Ilmu Baru

Bekerja di dunia marketing membuat Anda mau tidak mau harus belajar sesuatu yang baru. Hal ini disebabkan karena perubahan pasar, situasi dan kondisi sehingga mau tidak mau harus menyesuaikan hal tersebut. Dengan begitu, setiap harinya Anda akan mendapatkan ilmu baru yang bisa diaplikasikan juga untuk keperluan yang lainnya.

Persiapan Berbisnis Affiliate

Untuk sukses dalam dunia affiliate marketing, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan. Persiapan tersebut diantaranya adalah:

1.     Media Promosi

Jelas jika Anda butuh tempat atau wadah untuk mempromosikan apa yang Anda jual. Anda tidak hanya sekedar mengandalkan website untuk menarik pembeli namun juga media lainnya. Misalnya dengan menggunakan media iklan, media sosial ataupun ajakan secara langsung kepada orang lain. Tujuannya agar orang lain semakin tahu produk apa yang Anda jual.

Jika semakin banyak orang yang tahu bisnis Anda, maka kesempatan produk dijual lebih banyak juga akan semakin tinggi. Karena hal tersebut, selain website untuk jualan, harus juga menyiapkan website untuk berjualan namun juga media promosinya.

2.     Product Knowledge

Adalah hal wajib untuk tahu mengenai produk apa yang dijual. Bukan perkara mudah untuk bisa menjangkau pembeli agar mau membeli produk tersebut. Apalagi jika orang yang Anda tawari belum pernah mengetahui produk aslinya.

Karena hal tersebut, sebelum anda menjual produk tertentu dengan cara affiliate, ada baiknya Anda tahu tentang produk tersebut. Lebih baik jika Anda memilih yang benar-benar Anda sukai. Dengan begitu saat Anda menawarkan atau menjual akan dianggap lebih terpercaya.

3.     Kemampuan Menjual

Ada beberapa cara untuk menjual dan salah satunya adalah dengan copywriting. Ada baiknya Anda mempelajari cara untuk menulis iklan yang menarik. Dengan begitu, orang yang melihat produk juga akan tertarik. Selain itu, dalam affiliate marketing, Anda juga bisa menjual produk dengan membuat konten seperti gambar yang menarik.

Ketika Anda sudah sukses, Anda bisa memperkerjakan admin yang bisa membantu pekerjaan Anda. sedikit demi sedikit, affiliate marketing yang dijalankan bisa berjalan dengan baik. Jika Anda sudah memiliki banyak pekerja, Anda tidak bisa menghabiskan banyak waktu hanya untuk menghitung berapa gaji yang harus dibayarkan.

Gunakan JojoPayroll untuk Mendukung Affiliate Marketing Anda

Ada JojoPayroll yang akan membantu Anda untuk mengatasi hal tersebut. Di JojoPayroll ini sudah dilengkapi dengan perhitungan payroll yang otomatis. Semuanya disesuaikan dengan perhitungan yang ditetapkan pada kebijakan perburuhan Indonesia. Selain itu, aplikasi ini juga bisa membantu Anda untuk mencetak slip gaji secara otomatis.

Jadi, setelah Anda transfer ke bank untuk membayar karyawan Anda, gaji bisa langsung dicetak sebagai bukti, “Ini lho bukti kerja keras dalam affiliate.” Untuk tahu lebih lanjut apa itu JojoPayroll, klik https://jojonomic.com/produk/jojopayroll-penggajian-online/. Anda akan memperoleh semua informasi yang dibutuhkan.

Tertarik untuk mencoba? Anda bisa langsung mencoba versi gratisnya dan bandingkan, nyaman dan efisien yang mana untuk bekerja apalagi jika karyawan Anda cukup banyak. jangan tunggu lagi, coba sekarang!

Bivisyani Questibrilia:

This website uses cookies.