X

Mac vs Windows : Manakah yang Terbaik diantara mereka?

Untuk bekerja, Anda tentu membutuhkan komputer atau laptop. Sistem operasi mana yang lebih baik antara Mac vs Windows? Jawaban terpendek adalah tidak. Kira-kira kenapa, ya? Penjelasan lengkapnya ada di artikel ini.

Pembeli komputer saat ini dapat memilih antara dua standar platform perangkat lunak yang sangat baik pada Windows dan Mac, tetapi batasan antara jenis komputer tidak lagi jelas, dan kebanyakan dari mereka memiliki CPU Intel®.

Di dunia komputasi, “PC vs. Mac” telah lama menjadi topik perdebatan, dan pendukung kedua kubu yakin bahwa pandangan mereka lebih baik, jadi lebih baik mengklarifikasi topik ini daripada terlibat dalam perdebatan sengit. Meskipun Mac dan PC masih memiliki pengikut setia, perbedaan antara kedua komputer telah berkurang secara signifikan selama bertahun-tahun. Hasilnya adalah keputusan Anda tergantung pada preferensi Anda sendiri-tetapi Anda benar-benar tidak bisa salah. Sekarang bukan lagi perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi gaya dan selera pribadi.

Mac vs Windows

Sebelum masuk ke pembahasan PC vs Mac, mari pahami dulu kelebihan dan kekurangan keduanya, yuk kita mulai! Dari rangkuman Business News Daily, berikut informasinya untuk Anda.

Mac

Mac dan MacBook telah lama dianggap sebagai alat desain. Beberapa aplikasi grafis hanya tersedia untuk macOS. Sistem operasi ini juga dianggap aman. Dibandingkan dengan Windows, Mac lebih tahan terhadap berbagai virus dan malware.

Harga perangkat Apple ini terlalu tinggi. Fakta ini menghasilkan kedua sisi pisau. Di satu sisi, menggunakan macOS dapat memberikan perasaan mewah kepada orang-orang. Tapi, tentu saja, Anda harus membayar sejumlah besar uang untuk mendapatkannya.

Lebih penting lagi, satu-satunya perusahaan yang memperkenalkan Mac dan MacBook adalah Apple. Ini akan membatasi opsi perangkat Anda. Menurut artikel ini, tidak ada perangkat macOS yang menyediakan fungsionalitas layar sentuh. Ini tentu saja harus dipertimbangkan ketika membandingkan macOS dan Windows. Bahkan, ada Touchbar di perangkat MacBook Pro. Meski begitu, tentu berbeda dengan layar sentuh.

Windows

Berikutnya adalah PC dengan sistem operasi Windows. Meski dimiliki oleh Microsoft, ada banyak perusahaan yang memproduksi perangkat yang menggunakan sistem operasi ini. Oleh karena itu, ada banyak sekali PC yang bisa Anda pilih.

Apakah Anda ingin laptop portabel? Ingin laptop yang bisa diubah menjadi tablet layar sentuh? Ingin menggabungkan keduanya? Jangan khawatir, semua ini tersedia di dunia Windows. Anda juga dapat menyesuaikan pembelian PC Anda sesuai dengan anggaran Anda. Selalu ada laptop Windows yang harganya kurang dari Rp. Lebih dari 5 juta rupiah. 40 juta.

Meski begitu, sistem operasi Windows bukannya tanpa kekurangan. Anda harus mengetahui hal ini saat membandingkan PC dan Mac. Microsoft sering merilis pembaruan rutin yang memengaruhi efisiensi kerja. Selain itu, Windows juga lebih rentan terhadap virus, malware, dll.

Mac vs Windows saat dipakai Kerja

Jadi, sekarang, ketika membandingkan PC dan Mac, mana yang lebih baik? Jika Anda seorang desainer UX, saya sangat menyarankan Anda menggunakan Mac. Aplikasi desain seperti Sketch hanya tersedia di sistem operasi ini. Selain itu, ada banyak aplikasi desain lain yang didedikasikan untuk macOS.

Itu juga ditulis oleh PCMag. Mac menyediakan aplikasi di banyak bidang kreatif, sementara Windows menyediakan banyak aplikasi bisnis dan produktivitas umum. Jadi, pikirkan software apa yang Anda butuhkan dalam pekerjaan Anda, OK! Hal ini tentu saja menjadi pertimbangan penting bagi Anda ketika berbicara tentang macOS dan Windows.

Jika Anda hanya mendukung sistem operasi tertentu, Anda pasti akan memilih sistem operasi itu. Meski begitu, di era sekarang ini banyak sekali aplikasi berbasis cloud. Itu juga ditulis oleh Intel. Aplikasi ini tidak mempertimbangkan sistem operasi yang Anda gunakan. Selama Anda memiliki Internet dan browser, Anda dapat bekerja.

Perbandingan

Selain aplikasi apa yang akan digunakan, Anda juga bisa mempertimbangkan cara menggunakan aplikasi tersebut. Apakah Anda sering menggunakan beberapa aplikasi sekaligus? Jika demikian, Windows mungkin menjadi pilihan yang tepat.

Sistem operasi memiliki fungsi multitasking yang sangat interaktif. Anda dapat mengatur layar hingga mengisi dua hingga empat program sekaligus. Anda juga dapat mengatur ukuran jendela program ini. Cukup seret garis di antara dua tampilan program.

Ini tidak dapat dilakukan di sistem operasi macOS. Jika perlu, Anda harus mengatur dua hingga empat program secara manual hingga rapi. Namun demikian, perlu diingat bahwa Windows lebih rentan terhadap serangan yang tidak perlu. Saat mengolah dan menyimpan data kantor, Anda tentu tidak menginginkan hal ini terjadi bukan?

Harga

Dibandingkan dengan PC, Mac telah lama dikenal karena harganya yang mahal, meskipun para pendukungnya akan mengatakan bahwa ini hanyalah harga yang harus dibayar untuk komponen berkualitas tinggi dengan kinerja dan keandalan yang lebih baik.

Membandingkan harga PC dengan Mac pada pijakan yang sama selalu rumit, karena PC dan Mac biasanya sudah diinstal sebelumnya dengan berbagai perangkat lunak dan komponen yang berbeda, seperti kartu grafis, port, dan kecepatan prosesor. Model Mac standar cenderung menyediakan lebih sedikit memori dan ruang hard disk, jadi Anda perlu mempertimbangkan spesifikasinya.

Karena harganya yang lebih murah, PC biasanya menjadi pilihan orang yang membutuhkan fungsi komputasi dasar (seperti pengolah kata dan penjelajahan web), sementara profesional kreatif yang melakukan tugas seperti desain atau pengeditan video rela mengeluarkan uang ekstra untuk produk Apple. Dengan kata lain, premi untuk penggemar Apple tampaknya hanya beberapa ratus dolar lebih, dan harga adalah pertimbangan kedua.

Perawatan Mac Vs Windows

Karena Mac menawarkan beberapa opsi, sistem cenderung tetap dalam kondisi ini, biasanya hanya hard drive dan RAM yang dapat ditingkatkan. Ada banyak model PC dari vendor yang berbeda, yang biasanya memungkinkan penggantian komponen perangkat keras individu, dari unit pemrosesan pusat (CPU) ke tampilan. Hal yang penting mungkin bergantung pada cara Anda menggunakan komputer, berapa lama Anda berencana untuk memeliharanya, dan apakah Anda pandai menangani tugas pemeliharaan tertentu sendiri.

Karena Apple memproduksi perangkat keras dan perangkat lunak, ketika Anda mengalami masalah, Anda memiliki tujuan utama, dan masalah biasanya dapat diselesaikan dengan cepat. Untuk PC, vendor yang berbeda membuat perangkat keras dan perangkat lunak serta pemecahan masalah menjadi lebih rumit. Sebagian musim ini, Apple telah sangat dipuji oleh pengguna Mac untuk layanan pelanggannya.

Kesimpulan Mac vs Windows

Terakhir, setiap sistem operasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Itu semua tergantung pada preferensi Anda, kebutuhan, dan tentu saja anggaran Anda. Bagaimana denganmu? Antara macOS dan Windows, sistem operasi mana yang Anda sukai? Apa saja pertimbangannya?

Tingkatkan Efisiensi Manajemen Pengeluaran Perusahaan Anda Hingga 76%

Kumpulkan data secara otomatis, tingkatkan produktivitas dan cegah penipuan keuangan serta pegang kendali penuh anggaran perusahaan dengan mudah dan kapanpun dimanapun dengan JojoExpense. Lebih cepat, mudah, tanpa perlu repot.

Mengelola Data Klien Menjadi Lebih Mudah

JojoExpense memberi Anda akses mudah menuju keuangan perusahaan Anda tidak peduli tempat dan waktu.

Baik Anda mau mengajukan request reimbursement atau mengizinkan cash advance, semua dapat dilakukan melalui telepon genggam Anda.

Anda dapat mengajukan request Anda secara langsung atau simpan untuk nanti, misalnya Anda ingin cek ulang aplikasi Anda. Semuanya tergantung Anda—Anda yang berkuasa soal manajemen finansial Anda sendiri.

Ketika Anda sudah duduk di meja Anda, Anda bisa fokus sepenuhnya pada tugas-tugas penting dan serahkan manajemen sampingan pada proses otomatis. “Yuk pakai aplikasi expense management dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari”

Karni Fadhillah:

This website uses cookies.