X
    Categories: Bisnis

Mengenal Model Bisnis Lean Canvas

Tantangan terbesar bagi seorang pengusaha adalah mewujudkan idenya menjadi kenyataan. Metode bisnis Lean Canvas merupakan metode perencanaan yang bisa dilakukan para pengusaha untuk membantu merubah idenya menjadi nyata. Namun, beberapa pemula yang baru merintis usahanya mungkin belum mengetahui lebih jauh apa itu Lean Canvas sebenarnya. Berikut ini akan kami ulas secara lengkap apa itu model bisnis Lean Canvas.

Apa Itu Lean Canvas?

Lean canvas merupakan template rencana bisnis yang dapat membantu memecah ide supaya lebih mudah dibaca dan dipahami. Metode lean canvas diadaptasi dari business model canvas (BMC) yaitu Alexander Osterwalder.

Lean canvas menjadi suatu solusi agar memudahkan ide yang rumit menjadi lebih mudah dipahami, lean canvas juga membantu menemukan informasi kunci yang diperlukan dalam sebuah bisnis dengan mudah. Pendekatan yang digunakan lean canvas sangat efisien untuk bisnis, terutama pada saat membangun ide bisnis.

Secara struktur lean canvas juga mengadopsi model BMC, namun tetap disertai dengan perubahan-perubahan yang membedakan diantara keduanya. Lean canvas lebih berfokus terhadap masalah, solusi, nilai kompetitif, dan parameter kunci. Selain itu lean canvas juga bisa dimanfaatkan untuk mengukur risiko dan ketidakpastian bisnis.

Pada dasarnya model bisnis lean canvas ini ditujukan untuk pengusaha agar ia bisa membuat ide tentang bisnis secara lebih sederhana. Sangat memungkinkan untuk memvisualisasi seluruh rencana bisnis dalam satu tampilan sederhana dengan model rencana bisnis lean canvas.

Komponen Dalam Lean Canvas

Lean canvas menyertakan faktor risiko dan ketidakpastian sehingga pengusaha dapat lebih waspada tentang apa yang akan terjadi pada bisnisnya di masa yang akan datang. Untuk itu terdapat beberapa komponen dalam model bisnis lean canvas. Tiap komponen dalam lean canvas ini mewakili aspek utama yang diperlukan dalam bisnis, komponen dalam lean canvas adalah sebagai berikut.

1.      Problem

Problem atau masalah adalah tempat pengusaha mencari, merangkum, dan menuliskan permasalahan yang terkait dengan bisnis yang dijalankannya, dan yang pengusaha ingin selesaikan dengan produk atau jasa yang dijualnya. Misalnya Anda seorang pengusaha yang membuat aplikasi pembayaran online dengan QR code atau nomer telepon untuk pembayaran e-commerce, pembayaran uang kuliah, pembayaran perbelanjaan, maka permasalahannya seperti dibawah ini.

  • Pembayaran secara tunai tidak efisien karena pasti memerlukan uang kembalian
  • Tidak bisa memantau pengeluaran
  • Kurang efisien dalam hal waktu dan tenaga

    #1 Aplikasi HR Suites di Indonesia

    • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
    • 0 of 500 max characters

2.      Existing Alternatives

Existing alternatives merupakan alternatif lain apabila masyarakat tidak menggunakan produk Anda. Misalnya jika masyarakat tidak bisa melakukan pembayaran e-commerce dengan produk kita, maka kemungkinan masyarakat akan berlalih menggunakan produk lain seperti Gopay atau OVO. Bisa juga masyarakat menggunakan uang tunai. Maka permasalahannya adalah seperti:

  • Membayar dengan aplikasi pembayaran online lain
  • Membayar secara tunai

3.      Solution

Solution atau solusi adalah penawaran yang Anda berikan kepada pelanggan apabila pelanggan tersebut menggunakan produk yang Anda keluarkan. Tawaran yang diberikan bisa bermacam-macam dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Contohnya adalah:

  • Memberikan diskon atau potongan pembayaran
  • Gratis top-up
  • Pembayaran bisa lebih cepat jika dengan scan QR code produk Anda

4.      Key Metrics

Key metrics merupakan langkah yang harus ditempuh oleh pelanggan jika menggunakan produk kita. Langkah-langkah yang diberikan haruslah lebih efisien dibandingkan dengan problem disegmen pertama. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi
  • Lakukan topup via alfamart/ indomaret/ bank
  • Lakukan pembayaran dengan scan QR Code

5.     Unique Value Proposition

Unique value proposition merupakan nilai lebih yang dimiliki oleh produk yang Anda keluarkan dibandingkan dengan produk lainnya. Contohnya adalah:

  • Produk lebih cepat tanpa error dan delay
  • Banyak promo dan cashback

6.      Hight Level Concept

Hight level concept merupakan kalimat yang menjelaskan produk yang Anda keluarkan. Atau bisa dikatakan sebagai kata-kata atau kalimat yang mendeskripsikan produk Anda secara lebih singkat dan jelas. Contohnya adalah:

  • Lakukan pembayaran dengan mudah hanya sekali klik
  • Bayar pesananmu hanya dengan sekali scan QR code

7.      Unfair Advantage

Unfair advatage merupakan keunggulan yang dimiliki oleh produk Anda. Keunggulan yang dimiliki tidak bisa ditiru. Keunggulan tersebut juga bisa dilakukan dengan bekerjasama dengan instansi lain. Contohnya adalah:

  • Pembayaran UKT dengan UGMPay bisa diterima diseluruh PTN di Indonesia
  • UGMpay merupakan karya mahasiswa UGM

8.      Customer Segment

Customer Segment merupakan segment customer yang telah menggunakan produk Anda. Target customer segment bisa disesuaikan dengan fungsi produk tersebut, misalnya untuk remaja berumur 9 – 18 tahun atau dewasa berumur 19 – 25 tahun.

9.      Early Adopters

Early adopters merupakan perkiraan pelanggan yang sering menggunakan produk Anda. Perkiraan penggunaan ini bisa digunakan untuk meningkatkan fitur dan informasi produk Anda. Misalnya:

  • Produk banyak digunakan oleh anak muda maka bisa ditingkatkan dengan menambahkan fitur pembayaran untuk game online.
  • Produk banyak digunakan orang tua maka bisa ditambahkan fitur untuk mengatur gaji.

10. Cost Structure

Cost structure merupakan list biaya-biaya yang dikeluarkan. Mulai dari proses pembuatan dan pengembangan sampai dengan pemasaran dan periklanan.

11. Revenue Streams

Revenue stream merupakan sumber pendapat bisnis yang Anda peroleh dari pelanggan. Pendapatan ini bisa digunakan untuk meningkatkan bisnis, menggaji karyawan, investasi, dan lain-lain.

Keunggulan Lean Canvas

Terdapat beberapa keunggulan yang dimiliki lean canvas dalam kaitannya dengan perencanaan bisnis. Keunggulan utamanya terkait efisiensi waktu, tenaga, dan anggaran, selain itu juga metode lean canvas sangat sederhana dan efektif.

Ø  Lebih Cepat

Bila dibandingkan dengan menulis rencana bisnis yang biasa saja, tentu memerlukan waktu hingga berbulan-bulan lamanya. Pengusaha dapat bisa langsung membuat kerangka model bisnis lean canvas hanya dalam waktu beberapa menit saja.

Ø  Mudah

Model bisnis dalam satu halaman lebih mudah dibagikan dengan orang lain. Artinya pasti akan ada banyak orang yang membaca ide bisnis Anda, akan banyak masukan yang didapat untuk Anda. Dengan ide bisnis yang lebih sederhana, maka memungkinkan orang lain mengetahuinya secara cepat dan memberikan masukan kepada Anda dengan cepat pula.

Ø  Efektif

Entah berperan sebagai investor atau sebagai bagian tim proyek, lean canvas bisa membantu mengurai kemungkinan masalah yang mungkin muncul sehingga secara efektif dan bisa ditangani dengan cepat.

Ø  Ringkas

Hanya berbentuk lembaran saja, lean canvas sudah memuat semua ide yang diperlukan bisnis. Selain itu lean canvas juga akan memaksa pengusaha untuk lebih memerhatikan nilai penting yang ada dalam suatu produk.

Lean canvas merupakan alat paling berguna yang bisa membantu mengidentifikasi risiko utama saat memulai bisnis baru. Dengan memahami apa itu lean canvas, ide bisnis akan teraktualisasi dengan mendekati sempurna.

Kini Anda dapat mengatur pengeluaran bisnis Anda dengan mudah melalui aplikasi JojoExpense. Kumpulkan data secara otomatis, tingkatkan produktivitas dan cegah penipuan keuangan serta pegang kendali penuh anggaran perusahaan dengan mudah dan kapanpun dimanapun dengan JojoExpense. Lebih cepat, mudah, tanpa perlu repot. Coba gratis sekarang juga di jojonomic.com

Agni Haryanto:

This website uses cookies.