X

Pencurian di Tempat Kerja Yang Wajib Dipantau Perusahaan

Pencurian di tempat kerja umumnya seringkali dijumpai. Adanya pencurian di suatu perusahaan memang bukanlah hal asing dan tidak jarang terjadi. Seringkalipula pencurian dilakukan oleh orang dalam misalnya seperti karyawan perusahaan atau mungkin saja tenaga kerja lainnya seperti cleaning service ataupun satpam dan lainnya. Semua karyawan bisa saja melakukan pencurian baik pencurian benda kecil ataupun benda besar. Pencurian bisa terjadi juga baik dalam jumlah uang yang cukup besar maupun sedikit. Memang kejahatan bisa terjadi di mana saja termasuk di tempat kerja yang kita datangi setiap hari dan bahkan seolah menjadi rumah kedua bagi kami. Siapapun di tempat kerja juga bisa menjadi pelaku kejahatan. Oleh karena itu seringkali saat kita kehilangan kita pun menaruh curiga terhadap seseorang yang disangka merupakan pelaku tindak pencurian. Pencurian yang terjadi di tempat kerja atau di kantor sebenarnya tidak hanya terjadi dalambentuk benda yang terlihat secara kasat mata saja. Tetapi pencurian di tempat kerja juga bisa saja terjadi secara tak kasat mata misalnya seperti pencurian data digital. Jika karyawan mengambil suatu data di komputer kantor tanpa izin maka hal ini sebenarnya bisa disebut sebagai bentuk pencurian. Oleh karena itu tidak ada sakahnya bila Anda selalu berhati-hati saat berada di tempat kerja. Sebaiknya jangan pernah tinggalkan benda berharga agar tidak menjadi sasaran pencurian dan tidak menimbulkan keinginan bagi seseorang untuk mengambilnya. Lakukan pula penyimpanan data dengan benar agar data Anda tidak sampai diambil oleh rekan yang lain.

Adanya Kesempatan

Suatu pencurian bisa saja terjadi karena beberapa faktor penyebab. Misalnya saja seorang karyawan sedang mengalami masalah dalam hal keuangan sehingga ia memiliki niat untuk melakukan tindak pencurian karena kondisi yang memaksanya. Masih banyak faktor lainnya yang bisa menyebabkan terjadinya pencurian di tempat kerja. Pencurian salah satunya juga bisa terjadi karena adanya seseorang yang memiliki gangguan kejiwaan sehingga ia memang memiliki kebiasaan untuk mengambil benda yang bukan miliknya.

Tidak hanya kedua hal itu saja tapi masih banyak faktor lainnya yang dapat menyebabkan seseorang melakukan tindakan pencurian di tempat kerja. Namun bagaimanapun juga segala bentuk pencurian bisa saja terjadi karena adanya peluang atau kesempatan yang memungkinkan seseorang untuk melakukan pencurian. Seringkali seorang tenaga kerja yang melakukan tindak pencurian menyatakan bahwa adanya kesempatan membuat dirinya melakukan pencurian.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • 0 of 500 max characters

Kesempatan untuk mencuri bisa saja terjadi karena adanya pengawasan yang lemah baik dari atasan atau pimpinan maupun dari sistem keamanan perusahaan. Lemahnya pengawasan tentu dapat menimbulkan hal-hal yang buruk misalnya seperti pencurian. Seorang pencuri tentunya tidakakan dapat melakukan pencurian jika tidak ada kesempatan sekalipun jika pencuri tersebut ingin melakukan pencurian. Oleh karena itu sebaiknya Anda selalu berhati-hati agar peluang bagi seorang pencuri untuk melakukan pencurian itu tidak sampai terjadi.

Mencegah Pencurian

Suatu bentuk pencurian di tempat kerja memang bisa terjadi kapan saja dan di ruang mana saja. Sedikit saja Anda lengah maka pencurian bisa terjadi. Bahkan pencurian tidak selalu dilakukan oleh orang yang tidak dikenal. Pencurian di tempat kerja justru bisa dilakukan oleh orang yang kita kenal dan kita jumpai setiap hari. Oleh karena itu sebaiknya Anda selalu melakukan upaya pencegahan dari segala bentuk pencurian di tempat kerja.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya pencurian di perusahaan. Misalnya saja dengan selalu berhati-hati dan selalu menjaga segala benda berharga serta keuangan Anda di tempat yang tersembunyi agar tidak mudah terlihat. Selain itu Anda juga bisa mencegah pencurian di tempat kerja dengan cara menyimpan data di folder yang tidak akan diketahui oleh orang lain. Sebaiknya penyimpanan data dilakukan secara diam-diam agar orang lain tidak sampai tahu dimana And amenyimpan data Anda. Masih banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya pencurian di tempat kerja. Misalnya saja dengan peningkatan pengawasan keamanan oleh pihak perusahaan. Memang mencegah pencurian juga membutuhkan perhatian dan kerja sama dari pihak perusahaan agar bisa dilakukan secara maksimal.

Peningkatan pengawasan keamanan salah satunya dapat dilakukan dengan pemasangan cctv di beberapa area yang bisa menjangkau seluruh bagian ruang di sebuah perusahaan. Adanya cctv tentunya akan membantu perusahaan sehingga orang yangtadinya berniat melakukan pencurian menjadi takut karena bisa saja perbuatannya langsung diketahui oleh pengamat cctv. Pencegahan pencurian dengan cara ini tentu sangatlah efektif sehingga banyak perusahaan yang menggunakan cctv mulai dari perusahaan perorangan dan perusahaan skala kecil hingga besar. Tidak hanya itu namun sebaiknya satpam perusahaan juga dilatih agar bisa menjadi lebih sigap dalam kasus kriminalitas seperti pencurian.

Mengatasi Pencurian

Dalam mengatasi pencurian yang telah terjadi di tempat kerja sebaiknya Anda melakukan cara yang tepat. Namun hal ini sangatlah membutuhkan peran dari orang lain misalnya dari pimpinan perusahaan atau bisa saja dari HRD. Jika memang terjadi pencurian di suatu tempat kerja atau perusahaan maka sebaiknya pastikan siapa pelaku pencurian.

Untuk mencari pelaku pencurian tentunya pimpinan perusahaan bisa mengumpulkan seluruh tenaga kerja untuk diselidiki lebih lanjut. Melalui penyelidikan maka diharapkan agar kasus pencurian dapat terungkap. Namun biasanya kebanyakan perusahaan dalam mengatasi kasus pencurian yang cukup berat akan menggunakan bantuan dari pihak yang berwajib. Pihak berwajib akan membantu perusahaan untuk melakukan penyelidikan sehingga bisa terungkap siapa orang yang menjadi pencuri di perusahaan selama ini.

Tentu saja mengatasi hal semacam ini perlu ketegasan dari pihak perusahaan. Supaya pelakunya tidak mengulangi hal tersebut kembali. Bahkan untuk kasus fatal secara tidak langsung berhubungan dengan hokum. Maka dari itu sangat penting untuk memberikan catatan pada karyawan yang pernah terlibat pencurian di tempat kerja dalam bentuk apapun. Jika ingin hal ini tercatat secara otomatis dan sistematis, sebaiknya gunakan saja JojoTimes. Dengan software tersebut maka data karyawan dapat disimpan secara baik dan rapi. Bahkan di satu sisi juga lebih aman dan tidak mudah diakses oleh siapapun kecuali tim dari HRD perusahaan sendiri. Menggunakan software tersebut artinya juga memberikan efisiensi waktu dan tenaga yang jauh lebih optimal. Sehingga sudah tentu lebih baik dan bermanfaat.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • 0 of 500 max characters

Hal-hal ini dapat dilakukan melalui berbagai macam fitur JojoTimes yang menarik, mulai dari fitur berikut ini:

  • Secured Cloud Based System
  • Import and Export Employee Data
  • Integrated Attendance System

Serta masih banyak lagi fitur menarik JojoTimes lainnya yang akan membantu mempermudah sistem dalam perusahaan Anda. Oleh sebab itu sebaiknya segera tentukan dari sekarang dan jangan ragu lagi. Bila ingin tahu lebih detail cara kerja software ini, sebaiknya dapatkan segera coba gratis JojoTimes di perusahaan Anda. Sehingga dalam waktu singkat seluruh data karyawan tersimpan lebih baik dan lebih memadai.

Bivisyani Questibrilia:

This website uses cookies.