X

Sistem Payroll Ideal Untuk Perusahan Lebih Baik

Sebagai seorang karyawan pasti anda sudah sering  mendengar sistem payroll ideal. Payroll sendiri berarti sebuah sistem pembayaran gaji yang dilakukan oleh HR. Perhitungan dengan sistem ini digunakan setiap bulannya serta besaran gaji setiap karyawan tergantung dari hasil kalkulasi payroll.

Penggunaan sistem payroll ideal berguna untuk mempermudah HR saat mengkalkulasikan biaya yang harus dibayarkan kepada setiap karyawan. Kemajuan teknologi juga mendukung handirnya aplikasi payroll untuk HR sehingga pekerjaan mereka lebih terbantu.

Dulu perhitungan payroll sangat rumit karena masih menggunakan metode manual, bayangkan saja menghitung gaji 100-1000 karyawan hanya dengan 5-10 orang HR. Belum lagi hasil kalkulasinya masih bisa terjadi eror karena dilakukan manual.

Dengan sistem payroll ideal para HR bisa sedikit bernafas lega karenanya. Perusahaan juga akan mengambil untung karena bisa menghemat biaya karena penggunaan sistem payroll berbasis aplikasi perhitungan gaji 100-1000 karyawan hanya membutuhkan 2-3 orang HR saja.

Perbedaan Payroll Pada Karyawan Tetap Dan Kontrak

Status karyawan tetap dan kontrak juga menerima gaji yang berbeda, tentu saja apabila masih memakai metode manual ini akan menjadi penghambat tersendiri saat payroll oleh HR. Lalu akan semakin memakan waktu saat pengerjaannya.

Tapi dengan sistem payroll ideal secara otomatis aplikasi bisa membaca serta membedakan data karyawan tetap dan kontrak. Perhitungan gaji yang diterima bagi karyawan kontrak biasanya tergantung dari banyaknya ia masuk dalam satu bulan.

Sedangkan karyawan tetap lebih ke berapa lama ia telah berkerja di perusahaan dan menerima lebih banyak tunjangan untuk kesejahteraannya. Karyawan kontrak hari libur tidak termasuk dibayar berbeda dengan yang tetap.

Menurut peraturan dari dirjen pajak 31/PJ/2009,  bahwa karyawan tetap adalah pegawai yang telah lama berkerja diperusahaan serta menerima gaji terus menerus secara teratur dan melaksanakan kewajibannya bagi perusahaan.

Karyawan kontrak atau lepas adalah seorang pegawai dimana ia akan diberikan upah menurut jumlah hari atau bulannya berkerja dan lamanya sesuai dengan kontrak. Maka dari sini sudah sangat  jelas perbedaan upah yang akan diterima kedua jenis pegawai itu.

Wewenang Serta Jenis Pekerjaan Yang Berbeda

Setiap karyawan memiliki jenis pekerjaan dan wewenangnya sendiri sehingga satu serta lainnya akan berbeda. Semakin tinggi resiko dalam menjalankan kewajibannya untuk perusahaan maka upah yang diterima biasanya lebih besar.

Saat calon pegawai telah resmi diterima sebuah perusahaan biasanya data serta gaji yang telah disepakati akan masuk kedalam sistem payroll ideal  yang dimiliki oleh HR. Apabila kedepannya ternyata terjadi kenaikan jabatan atau pangkat maka data-data ini secepatnya akan diperbaharui oleh HR agar tidak terjadi kekeliruan saat pembagian upah.

Landasan HR untuk mengatur besar kecilnya upah adalah dari undang-undang ketenagakerjaan nomor 13 tahun 2003, pada pasal 90 juga tertera bahwa pemerintah melarang pemberian gaji dibawah upah minimun yang telah diatur.

Sistem Payroll Ideal Dengan Perhitungan Waktu Kerja

Kadang kala saat pesanan sedang membludak atau banyak pekerjaan yang mesti diselsaikan dengan deadline sangat  dekat karyawan sering diminta untuk lembur. Dalam perundang-undangan pekerja maksimal menerima lembur selama 3 jam sedangkan untuk 1 minggu hanya boleh 14 jam.

Lalu perhitungan jam lembur bisa diperhitungkan dengan menggunakan sistem payroll ideal oleh HR. Apabila ingin menghitung secara manual maka bisa memakai rumus 1/173 dibagi dengan gaji total yang diterima oleh karyawan tersebut selama satu bulan.

Atau upah yang dibayarkan setiap jamnya juga bisa disepakati sebelum melakukakan lemburan misalnya untuk satu jam maka ia akan dibayar Rp 50.000,- maka dala satu haru karyawan ini bisa menerima Rp 150.000,- maksimal.

Waktu berkerja untuk karyawan juga tidak boleh lebih dari 8 jam dalam satu hari dan ini berarti 40 jam dalam satu minggu. Karyawan tersebut hanya berkerja dari senin sampai jumat 5 hari kerja dan sabtu-minggu menerima libur.

Besaran dari upah yang akan ia terima berdasarkan ketentuan daerahnya masihng-masing. Harus diingat bahwa memang setiap daerah di Indonesia memiliki kebijakan sendiri tentang besaran upah minimun bagi pekerja.

Pembayaran Fasilitas BPJS Untuk Karyawan

Dalam sistem payroll ideal juga sudah termasuk pemotongan biaya fasilitas BPJS bagi setiap karyawan. Karena jumlah upah yang akan diterima oleh setiap pegawai berbeda-beda maka potongan untuk BPJS juga akan tidak sama satu sama lain.

Asuransi hari tua  atau pensiun nilai yang harus dibayarkan oleh setiap karyawan adalah 2% dari upah mereka dalam sebulan. Contohnya apabila gaji perbulannya Rp 3.000.000,- maka potongan yang dikenakan adalah sebesar Rp 60.000,-.

Untuk menghindari salah perhitungan menggunakan aplikasi sistem payroll ideal bagi HR sangat dianjurkan. Karena apabila terjadi kesalahan besar pemotongan pada gaji karyawan atau bahkan lebih memberikan upah akibatnya keuangan perusahaan bisa rusak.

Berbagai Tunjangan Yang Diterima Lebih Mudah Dengan Payroll

Fasilitas serta tunjangan yang diterima oleh setiap karyawannya akan berbeda. Tunjangan paling sering diterima adalah transport dan makan, perhitungan tunjangan ini juga sudah termasuk dalam sistem payroll ideal sehingga sangat praktis.

Payroll adalah sistem paling efektif yang bisa dipilih oleh HR, semua perhitungan mengenai gajian karyawan sudah ada didalam satu paket. Bahkan anda bisa menghitung lebih rinci menggunakan payroll dan lebih jelas dengan hasil terbaik.

Untuk menghindari berbagai kesalahan fatal saat melakukan perhitungan gaji karyawan HR dizaman sekarang diwajibkan mampu dan memahami sistem payroll ideal ini. Sebenarnya payroll ini hanya tinggal memasukan angka-angka saja disesuaikan dengan data yang sudah ada lalu dicek ulang untuk menghindari kesalahan.

Sistem Payroll Ideal Dengan Menggunakan Aplikasi

Seperti yang sudah anda pahami bahwa dibutuhkan sebuah aplikasi agar membuat perhitungan sistem payrol ideal. Perhitungan manual yang menghabiskan dan membuang waktu bisa anda rubah dengan menggunakan Aplikasi ini.

Seakurat apapun manusia apabila sudah kelelahan pasti akan terjadi eror berbeda dengan menggunakan aplikasi. Disini aplikasi perhitungan payroll otomatis memiliki tingkat akurasi perhitungan yang sangat tinggi, sehingga hasil yang diberikan akan akurat.

Nah, Komponen addon sistem payroll ideal Jojopayroll sangat fleksibel. Artinya apabila ada penambahan tunjangan atau potongan anda tidak perlu ribet menghapus  atau menghitung ulang dari awal hanya sisipkan addonnya saja.

Jojopayroll juga sudah termasuk dengan perhitungan pajak serta kerpeluan pemotongan BPJS. Semua persentasenya bisa anda setting sedemikian rupa sesuai dengan keperluan didalam perusahaan anda.

Jangan sia-siakan waktu melakukan perhitungan manual yang menyiksa mulailah menggunakan jojopayroll untuk hasil lebih akurat dengan lebih mudah. Jojopayroll satu aplikasi solusi sistem payroll ideal bagi perusahaan anda. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur utama seperti perhitungan payroll akurat, kemudahan saat transfer bank dan juga komponen add-on payroll fleksibel.

Coba demo dari payroll gratis untuk perusahaan anda, lalu apabila anda cocok lanjutkan dengan menggunakan paket perusahaan berisi lebih banyak lagi fitur didalamnya. Kunjungi jojonomic untuk menikmati aplikasi demo gratis jojopayroll permudah penghitungan upah karyawan.

Bivisyani Questibrilia:

This website uses cookies.